Setup Menus in Admin Panel

UKI: Unit Kepatuhan Internal

 

Dalam menyelenggarakan kegiatan sehari-hari suatu instansi pemerintah diharapkan untuk transparan, efektif, efiesien dan akuntabel. Untuk mewujudkan hal ini dibutuhkan suatu usaha yang keras dari aparatur penyelenggara negara. Besarnya peluang untuk terjadinya korupsi, kolusi, dan nepotisme menyebabkan pemerintah perlu untuk merancang dan mengimplementasikan suatu sistem pengendalian yang handal.

Undang – Undang nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara menekankan bahwa dalam rangka menyelenggarakan pengelolaan APBN yang memadai, dan dalam rangka meningkatkan kinerja, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara, Pemerintah perlu untuk mengatur dan menyelenggarakan suatu sistem pengendalian internal. Amanat UU ini ditindaklanjuti oleh pemerintah dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP). SPIP sendiri didefinisikan sebagai proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi.

Berdasarkan UU serta PP tersebut, dapat dilihat bahwa penerapan SPIP merupakan tanggung jawab pokok dari manajemen. Di lain pihak Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) memperkuat dan menunjang efektivitas SPIP melalui pengawasan internal. Sejak tahun 2011, Kementerian Keuangan semakin meningkatkan pengendalian internal dengan menerbitkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 152/KMK.09/2011 tentang Peningkatan Penerapan Pengendalian Intern di Lingkungan Kementerian Keuangan. Implementasi Pengendalian internal ini secara terus menerus dikembangkan dan disempurnakan oleh unit Inspektorat Jenderal.

Bapak Alexander Zulkarnain (Inspektur III Inpektorat Jenderal Kementerian Keuangan), Bapak Roberth Gonijaya (Inspektur VII Inpektorat Jenderal Kementerian Keuangan), dan Bapak Hendra Cahyadi (Auditor Madya Inpektorat III Inpektorat Jenderal Kementerian Keuangan) akan menjelaskan perkembangan penerapan unit kepatuhan internal di Kementerian Keuangan beserta tantangan yang dihadapi.

Video ini juga merupakan salah satu media pembelajaran pada Mata Pelajaran Konsep Dasar Pemantauan Pengendalian Intern di Kementerian Keuangan.

 

Silahkan tonton video knowledge capture tematik Pusdiklat Keuangan Umum lainnya pada tautan berikut ini:

Manajemen Risiko

Pengelolaan Surat Berharga Syariah Negara

Implementasi WiSe (Whistleblowing System) di lingkungan Kementerian Keuangan

Implementasi ALPHA di Lingkungan Kementerian Keuangan

Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan

 

 

Rating: 5.0/5. From 3 votes.
Please wait...

Views : 0

0 responses on "UKI: Unit Kepatuhan Internal"

Leave a Message