Setup Menus in Admin Panel

Mencari Penyebab Risiko Melalui Fishbone Ishikawa Diagram

 

Identifikasi kejadian risiko (Risk Event) merupakan bagian penting dalam proses manajemen risiko pada Unit Pemilik Risiko (UPR). Identifikasi penyebab kejadian risiko yang tidak berdampak pada sasaran organisasi, akan menyebabkan prosesnya tidak bermakna dan menambah beban volume pekerjaan.  Sebaliknya identifikasi penyebab kejadian risiko yang terlalu sempit, juga menimbukan risiko  baru, tidak teridentifikasinya potensial risiko yang berdampak pada sasaran organisasi.

Salah satu pendekatan yang optimal dalam  melakukan identifikasi penyebab kejadian  risiko yang  berdampak pada pencapaian tujuan organisasi  yaitu  melalui metode   cause effect  Ishikawa fish bone analysis;

Metode cause effect  Ishikawa fish bone analysis menggambarkan  logic model yang memberikan alur kejadian riskio; penyebabnya dan  konsekuensinya sehingga dampak yang dapat berpotensi menggagalkan sasaran organisasi, dapat teridentifikasi dengan benar.

Pada video ini, Bapak Widjanarko, Widyaiswara Ahli Utama Pusdiklat Keuangan Umum menjelaskan metode identifikasi risiko menggunakan Fishbone Ishikawa Diagram.

Video ini adalah suplemen untuk mata pelajaran Proses Manajemen Risiko Di Kementerian Keuangan pada Pelatihan Manajemen Risiko Kelas Manajerial.

 

Silahkan tonton video knowledge capture Bapak Widjanarko lainnya pada tautan berikut:

Membina Hubungan Dengan Media

Teknik dan Strategi Untuk Loan Negotiation Skill

Penggunaan Rasio Laporan Keuangan Untuk Mendeteksi Potensi Pajak Terutang

Rating: 5.0/5. From 3 votes.
Please wait...

Views : 0

0 responses on "Mencari Penyebab Risiko Melalui Fishbone Ishikawa Diagram"

Leave a Message