Setup Menus in Admin Panel

Cara Awam Mengetahui Rokok Ilegal

Tidak cuma pelekatan pita cukai yang menentukan rokok menjadi legal. Apa saja? Mengapa sebagai orang awam kita perlu mengetahuinya?
Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar.

Rating: 4.8/5. From 33 votes.
Please wait...

Views : 0

63 responses on "Cara Awam Mengetahui Rokok Ilegal"

  1. sangat bermanfaat pak terkait video cara awam mengetahui rokok ilegal, karena dapat kami teruskan atau sosialisasi bagi penjual rokok kecil yang sering kami dapatkan dipasar, mengingat banyak penjual di pasar-pasar tradisional yang tidak mengetahui bagaimana mendeteksi atau melihat secara fisik bahwa rokok tersebut itu ilegal tanpa menggunakan alat. sangat bermanfaat,terima kasih pak.

  2. Sebutan “rokok ilegal” juga dikenakan terhadap rokok berlogo khusus kawasan bebas yang diperdagangkan diluar kawasan bebas. Orang awam perlu mengetahui ciri/bentuk rokok ilegal karena didalam produk hasil tembakau ada hak negara yang harus dipenuhi. Izin menyampaikan masukan Pak terkait produk HT ilegal dengan kategori “salah personalisasi” kurang diulas, padahal banyak orang awam yang belum mengerti, mungkin cara mudahnya apabila 2/3 huruf awal kode person pada pita cukai tidak sama dengan suku kata pertama nama produsen yang tercantum pada kemasan mengindikasikan pita cukai salah personalisasi, namun ketentuan ini dikecualikan terhadap perusahaan gol.1 yg tidak menggunakan kode person.

  3. Dear Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, kami sangat berterima kasih apabila diberikan masukan untuk tema, materi, maupun saran lainnya untuk meningkatkan kualitas video KLC, semoga dapat membawa manfaat bagi siapa saja yang membutuhkan.

  4. Menurut saya dengan kita mengetahui rokok legal dan ilegal agar kita bisa mengurangi dan mencegah adanya peredaran rokok ilegal, karena sbagaimana yang kita ketahui bahwa rokok hasil tembakau juga adalah andalan penerimaan negara terbesar di negara kita, maka masyarakat kita seharusnya dapat membedakan rokok legal dan rokok ilagal, sedangkan di beberap daerah atau wilayah kita sering menjumpai rokok – rokok ilagal maka tentu penerimaan negara dapat dirugikan.

    • Terima kasih pak Ambakaraeng, saya sepakat dengan Bapak. Tentu kita berharap ke depannya jumlah pelanggar semakin sedikit bahkan muncul kesadaran yang luas dari masyarakat untuk menghindari yang ilegal

  5. terima kasih pak penjelasannya, sangat bermanfaat.

    • Alhamdulillah jika demikian pak Slamet Do’a Sufrengki. Kami berharap video-video yang kami upload ke dalam situs kemenkeu learning center dapat bermanfaat untuk pembelajaran di Pusdiklat Bea dan Cukai, di pembelajaran mahasiswa jurusan Bea dan Cukai PKN STAN dan lebih luas lagi dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kami persilakan jika ingin menyebarluaskan video kami pak. Mohon masukan dan saran untuk video-video berikutnya, Terima kasih

  6. Terima kasih atas penjelasan bapak tentang cara awam mengenal produk rokok ilegal, insyaAllah bermanfaat pak. Mohon ijin menyampaikan pendapat pak, identifikasi rokok ilegal mungkin juga dapat dilakukan dengan mencocokkan jenis hasil tembakau pada etiket (kretek, filter, atau sigaret putih) dengan keterangan (singkatan jenis HT) yang ada pada pita cukai (SKM, SPM, SKT, SPT, SKTF, SPTF), meskipun kecil kemungkinan para produsen rokok ilegal melekatkan pita yang tidak sama jenis HTnya pada rokok produksinya. Dan tentu saja sebelumnya perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait cara identifikasi rokok ilegal dan istilah/singkatan yang terdapat pada pita cukai seperti jenis HT dll. Terima kasih.

    • Terima kasih atas masukannya bu. Saran ibu akan kami masukkan dalam video berikutnya, semoga bermanfaat secara luas. Harapan kita bersama bahwa masyarakat semakin memahami mana yang legal dan mana yang tidak sehingga dengan sukarela/sadar menghindari perbuatan yang melanggar hukum

  7. Terima Kasih Pak atas penjelasannya. sosialisasi terkait rokok polos harus terus ditingkatkan mengingat masih banyak rokok polos yang beredar di pasaran.

    • Terima kasih pak Wahyudin Halim, kami sangat mendukung program sosialisasi kepada masyarakat agar kesadaran untuk tidak melanggar UU Cukai semakin luas. Berbagai fakta di lapangan, para pelaku pelanggaran biasanya adalah masyarakat awam yang berpendidikan tidak tinggi dan mengaku tidak tahu tentang ketentuan di bidang Cukai

  8. terima kasih atas penjelasan singkat yang mudah dipahami secara awam, luar biasa

    • Terima kasih pak Mochamad Abdul Muntalip. Dalam beberapa momentum bersama teman-teman petugas Bea dan Cukai, kami mengetahui bahwa masyarakat awam sulit mengetahui mana produk sigaret yang legal dan mana yang ilegal. Berharap video ini bisa membantu memahamkan masyarakat. Mohon tunggu video kami berikutnya ya pak. Terima kasih

  9. Terima kasih buat penjelasannya Pak.. Materi yang sangat bagus sekali untuk di sosialisasikan kepada masyarakat supaya menjadi paham mana yang legal dan ilegal. Namun faktanya adalah, ketika melakukan sosialisasi HT di pasar, masyarakat terutama pedagang kecil sudah pada ketakutan dan bahkan resistant terhadap kedatangan dan niat baik Bea Cukai. 🙂 🙂 🙂

    • Terima kasih tanggapannya pak. Ternyata tidak mudah ya pak untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Penolakan masyarakat tersebut bukan sebagai hambatan, namun lebih sebagai tantangan agar kita bisa berbuat yang lebih baik. Saya rekan-rekan di lapangan akan menemukan jalan untuk dekat dengan masyarakat dan memahamkan masyarakat. #BeaCukaiMakinBaik

  10. Ijin menyampaikan diskusi: 1. Produk TIS yang dijual dan dikemas untuk penjualan eceran, sepengetahuan saya tidak diharuskan menggunakan kemasan karton sebagaimana disampaikan pada video tersebut, mungkin saya yang kurang paham karena di PMK-62/PMK.04/2014 tidak diatur seperti itu, hanya ada penekanan “dilekatkan pada kemasan HT yang harus rusak saat kemasan dibuka dan tidak menutupi nama pabrik” pada PER-23/BC/2015. Mohon pencerahan 2. sedikit update peraturan PMK-120/PMK.04/2017 tentang Perubahan atas PMK-47/PMK.04/2012, penjualan BKC hasil produksi TLDDP untuk dikonsumsi penduduk di Kawasan Bebas, telah distandarisasi penulisan “Khusus Kawasan Bebas” nya, dari segi jenis dan ukuran font, menguraikan jelas sampai ke tempat Kawasan Bebasnya (misal “Khusus Kawasan Bebas Karimun”), serta letak tulisan khusus kawasan bebas di depan kemasan bagian bawah. 3. Selain kode personalisasi sebagaimana yg disampaikan Mbak Ayunanda, ada tools satu lagi yang paling mudah yaitu penggunaan seri pita cukai pada jenis BKC tertentu. Karena sejak 2017 (PER-42/BC/2016) dan tahun 2018 (PER-29/BC/2017) sudah diatur penggunaan pita cukai seri 1 (panjang) hanya untuk jenis tertentu salah satunya SKT,dan pita cukai seri 3 (pendek) hanya untuk jenis tertentu salah satunya SKM. Sehingga apabila di tahun 2018 ditemukan produk SKM berpita panjang, dapat dipastikan itu ilegal.

    • Terima kasih banyak pak Bintang atas masukannya yang luar biasa. Kami senang sekali rasanya. Mohon izin menanggapi : 1 & 2 : Betul, terima kasih masukan dan koreksinya pak. Kami sedang dan masih mengusahakan untuk mendapat contoh kemasan yang lebih banyak dan lengkap, sehingga nanti bisa dimunculkan dalam video. 3 : Betul sekali pak. Di video berikutnya (tentang pemakaian pita cukai, saat ini masih dalam proses editing) insyaAllah kami munculkan informasi seperti ini. Sekali lagi terima kasih dan kami sangat mengapresiasi saran dan kritik demi pengembangan pembelajaran di Pusdiklat Bea dan Cukai.

  11. terkait dengan sudah mulai ramainya penjualan online mungkin perlu dilakukan pengawasan terhadap penjual-penjual online yang memperdagangkan HT polosan, karena ini yang menurut saya susah dijamah oleh petugas bea cukai.

    • Setuju sekali pak Sani, saat ini transaksi melalui platform e-commerce terus meningkat. Produk BKC juga banyak dijual secara online. Pengawasannya tentu menjadi tantangan tersendiri. Kita berharap Bea Cukai dapat menjawab tantangan ini dengan baik. #BeaCukaiMakinBaik

  12. terima kasih pak Edy atas penjelasannya, tapi sebagai masukan saja kedepan, sepertinya perlu di sosialisasikan juga bagaimana sikap atau tindakan masyarakat jika menemukan produk rokok ilegal yang dijual diwarung warung atau tempat penjualan lainnya, perlu di sampaikan secara visual sepertinya. demikian pula terhadap langkah atau tindakan kami sebagai aparat bea dan cukai jika menemukan atau mendapat informasi dari masyarakat (tetangga) jika diketahui terdapat penjualan rokok ilegal, karena tidak semua pegawai bea dan cukai mengerti langkah-langkah pengamanan yang harus diambil. demikian pak Edy, terimakasih

    • Terima kasih atas masukannya pak Ristiawan. Masukan Bapak akan kami pertimbangkan untuk dibuatkan videonya, mengingat ada beberapa masukan senada yang kami terima. Kami akan diskusikan terlebih dahulu dengan pengampu dan pihak-pihak yang terkait.

  13. Terima kasih Pak Edy. Video nya dikemas menarik dan mudah di mengerti. Sekedar saran, agar lebih diperbanyak sosialisasi ke masyarakat baik langsung atau melalui media massa tentang cara mengetahui rokok itu ilegal atau legal dengan disertai akibat hukum apabila membuat, menjual dan/atau mengedarkan rokok ilegal. Sosialisasi dengan video seperti ini, kemungkinan dapat mengurangi dan mencegah peredaran rokok ilegal di Indonesia.

    • Terima kasih pak Awaludin Lubis, betul pak untuk kali ini belum memasukkan ancaman sanksi pidana sesuai UU Cukai. Ancaman sanksi pidana kami rencanakan dalam video terpisah/berikutnya nanti. Ini semata-mata keterbatasan durasi yang diizinkan untuk setiap video (yang dibatasi 5 – 10 menit) dan agar tidak membosankan pemirsanya.

  14. terimakasih atas penjelasannya pak..perlunya bea cukai meningkatkan operasi pasar sekaligus mensosialisasikan ke masyarakat khususny daerah kabupaten yg diduga byk penjualan rokok ilegal..mmg nda mudah krn wilayah negara kita yg luas ini..smg bea cukai makin tegas utk menumpas rokok ilegal diseluruh wilayah negara Indonesia..

  15. terima kasih pak atas video nya… penjelasannya sangat bagus dan mudah dimengerti. video ini mungkin bisa dijadikan bahan sosialisasi kepada masyarakat yang lebih luas. dan bukan hanya dalam bentuk video saja tetapi juga mungkin dalam bentuk Brosur atau iklan iklan di media elektronik atau media massa yang ada. sehingga masyarakat luas menjadi tahu tentang mengidetifikasi atau mengetahui produk Hasil Tembakau yang Ilegal maupun yang Legal…. Bea Cukai Makin Baik…..

  16. Terima kasih pembelajaran videonya Bapak. InsyaAllah bermanfaat terutama untuk meng-edukasi masyarakat luas selaku penikmat rokok sehingga tidak memilih rokok illegal yang sudah tentu melanggar ketentuan perundang-undangan dibidang cukai. Implikasinya dengan masyarakat membeli atau mengkonsumsi rokok legal, hal ini diharapkan dapat meningkatkan penerimaan negara dari sektor cukai. Mari kita galakkan semboyan “ROKOK LEGAL, ROKOKNYA PARA PEROKOK (SEJATI)”…!

  17. sangat bagus informasi yang diberikan pak, sekedar saran untuk penambahan di video mengenai penjelasan peraturan pemerintah no 109 tahun 2012 dan permenkes no. 28 tahun 2013, apakah apabila tidak sesuai dengan peraturan tersebut bisa disebut rokok ilegal? karena kita lebih fokus rokok ilegal pada pengenaan pita cukainya dan kemasannya, mohon pejelasannya, terimakasih.

  18. Sangat informatif videonya, semoga videonya bermanfaat bagi masyarakat umum. Komentar: 1.dalam pemaparan terkait Tembakau Iris, yang saya tangkap terkesan seperti mengarahkan “agar tidak dibungkus plastik” 2.memberikan contoh peletakan pita cukai yang salah dan contoh pita cukai yang tidak asli 3.memberikan contoh hasil tembakau selain rokok dan TIS Terima kasih

  19. Terima kasih pak Edy, berguna banget buat bagi PLI buat sosialisasi di jajaran lain, mudah dan gampang dimengerti.

  20. Terima kasih, pak atas tayangannya. Sebagaimana telah disampaikan rekan-rekan di atas, mungkin memang materi yang disampaikan untuk kita sebagai pegawai Bea Cukai kurang detail, masih kurang banyak informasi yang ditayangkan, tetapi jika kaitannya sesuai judul yang ditayangkan CARA AWAM MENGETAHUI ROKOK ILEGAL. sepertinya sudah sangat cukup. Pernah saya melihat berita sebuah kantor yang mensosialisasikan terkait cara mendeteksi pita cukai kepada masayarakt , disatu sisi kita memang membutuhkan masyarakat yang cerdas yang bisa membantu kita manakala menemukan kejanggalan dalam sebuah pita cukai, tetapi di sisi lain, mengingat pita cukai merupakan salah satu komponen yang memudahkan pengawasan oleh Bea Cukai dimana di dalamnya terdapat parameter-parameter untuk menunjukan pita cukai tersebut asli atau palsu (misalnya ukuran, warna, seri, foil hologram, lambang negara RI, lambang DJBC, tarif, tahun anggaran, HJE , kode personalisasi dll dll), maka sejatinya itu hanya diketahui oleh instansi penegak hukum/ yang tugasnya mengawasi saja, karena bukan tidak mungkin informasi tersebut justru malah bisa dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk membuat pita cukai palsu semirip mungkin dengan aslinya.

  21. super sekali penjelasanya sangat ditail sehingga mudah untuk di pahami..

  22. Terimakasih Pak Edy Purwanto, videonya sangat informatif dan mudah dipahami. Buat bekal operasi pasar, minimal dapat mengetahui Rokok ILEGAL dengan sangat mudah, terlepas dari penggunaan pita cukai asli atau palsu.

  23. Terima kasih Pak Video yang bermanfaat untuk identifikasi awal rokok illigal secara mudah. Namun mohon ijin menyampaikan terkait penjelasan pengenalan produk TIS Illegal terkait Kemasan TIS dalam VIDEO dijelaskan “seharusnya menggunakan kemasan seperti ini” dengan menunjukkan jenis pengemas TIS menggunakan kotak dengan bahan kertas akan menggiring opini pemirsa video bahwa kemasan selain dari kotak kertas adalah illegal, sementara dapat kita jumpai di pasar bahwa kemasan penjualan eceran produk TIS berupa pembungkus plastik yang memang legal. Mohon ijin menyampaikan juga , mungkin sebagai tambahan pengenalan secara awam produk berupa rokok illegal agar kita berhati hati jika melihat kemasan penjualan eceran rokok dengan Design yang sangat mirip dengan Design kemasan rokok dengan merk yang sudah dikenal oleh masyarakat namun ternyata rokok tersebut bermerk lain. terima kasih.

  24. Pemaparan materi secara sederhana sehingga mudah dimengerti Saya menjadi tahu cara membedakan rokok yang ilegal secara awam(sederhana), baik itu rokok tanpa pita cukai (rokok polos) ataupun rokok dengan pita cukai yang tidak sesuai peruntukannya. Demikian terima kasih.

  25. sangat bermanfaat dan mudah dipahamim, cocok dijadikan sebagai bahan refrensi sosialisasi kepada masyarakat.

  26. video dikemas secara menarik, menambah wawasan terkait identifikasi awal rokok ilegal, sangat bermanfaat untuk pelaksanaan tugas di lapangan sekedar masukan agar sosialisasi di internal lebih diperbanyak menggunakan format seperti video mengingat materi lebih mudah dipahami karena dijelaskan sesuai yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas terima kasih pak

  27. Teriamakasih Pak atas videonya, sangat bermanfaat dan mudah dimengerti, untuk saat ini memang banyak rokok ilegal yang masih beredar dipasaran, khususnya di pasar tradisional, beredarnya rokok ilegal di pasar tradisional memang karena pemilik toko tidak tahu cara yang mudah untuk membedakan rokok ilegal dan rokok yang legal seperti apa. Dengan adanya video ini kita dapat dengan mudah untuk menjelaskan kepada masyarakat khususnya kepada penjual rokok yang ada di pasar tradisional bagaimana membedakan rokok yang legal dan rokok ilegal dengan cara cepat dan mudah tanpa menggunakan alat bantu apapun.

  28. Terima kasih atas video yang informatif pak.. sebenarnya yang saya agak bingung itu yang dikemas dengan kemasan plastik untuk dijual eceran, terutama TIS. Karena dipasaran yang saya jumpai kebanyak TIS dibungkus menggunakan plastik seperti dalam video tersebut. Pertanyaan saya apakah secara awam kita dapat menyimpulkan jika TIS atau rokok dibungkus menggunakan plastik pasti produk tembakau tersebut illegal tanpa dilakukan pengecekan lagi?

  29. Terima kasih atas penjelasannya Pak, bagus sekali. Ternyata selain dari keaslian pita cukai, rokok ilegal bisa di lihat dari kesesuaian jumlah batang per bunkus dengan yang tertera di pita (peruntukannya atau bukan), dan kerapian kemasannya juga. Untuk rokok di kawasan bebas (FTZ) khususnya di Karimun, menurut saya pengawasan akan lebih susah, di karenakan di Karimun yang notabene pulau kecil, akan tetapi ada 2 kawasan berbeda, sebagian kawasan bebas (FTZ) sebagian lagi bukan kawasan bebas (FTZ), dengan batas yang kurang jelas. Demikian terima kasih.

  30. terima kasih atas penjelasannya. saya sedikit saran, sebaiknya setiap sosialiasasi masyarakat umum disertai sarana pengaduan atau penyampaian informasi dari masyarakat misalkan ada masyarakat yang menemui penyimpangan sebagaimana sosialisasi tersebut, Disamping untuk menggali informasi di lapangan juga dapat untuk menilai sejauh mana keperdulian masyarakat atas pengawasan pemberantasan rokok illegal atau BKC illegal. Terima Kasih

  31. terima kasih penjelasannya pak. banyak orang awam yang hanya mengetahui kalau rokok legal adalah rokok yang dilekati pita cukai, namun yang jadi permasalahannya, mereka menganggap jika rokok telah dilekati pita cukai maka rokok tersebut sudah legal tanpa mencermati lebih dalam apakah pita cukai tersebut sesuai dengan peruntukkannya atau tidak. Kemudian, dalam hal rokok tersebut diperuntukkan untuk kawasan bebas maka rokok tersebut tetap legal tanpa dilekati pita cukai dengan catatan harus membubuhkan kata “Khusus Kawasan Bebas”. Sebagai orang awam kita perlu mengetahui mana rokok legal maupun ilegal, karena apabila kita mengetahui hal tersebut kita lebih peka terhadap peredaran rokok yang ada disekitar kita. Selain itu secara tidak langsung kita juga dapat membantu persaingan yang sehat antar pengusaha industri rokok yang legal dan juga berkontribusi dalam mengamankan kebocoran penerimaan negara. Sebagai saran, kebanyakan video/iklan yang dipublikasikan di beberapa media hanya fokus terhadap rokok yang tidak dilekati pita cukai dan tidak sesuai peruntukkannya. Akan lebih baik juga ditambahkan penjelasan tentang rokok yang beredar di Kawasan Bebas seperti Batam, Bintan, Karimun, dan Sabang.

  32. Terimakasih atas penjelasannya pak sangat bermanfaat..yang perlu di sosialisasikan ke masyarakat..terimakasih

  33. Jujur, saya sebagai petugas bea cukai saja merasa video ini sangat informatif. Selain pelekatan pita cukai ternyata jenis kemasan dan lokasi peredaran juga dapat mengindikasikan suatu rokok itu legal atau tidak legal. Terima kasih atas pembelajarannya.

  34. Terima kasih Pak atas penjelasannya melalui video yang sangat informatif, namun ada 2 hal yang kalau boleh ditambahkan di video selanjutnya yaitu: 1. cara mengetahui pita cukai yang salah personalisasi, 2. terkait penulisan “khusus kawasan bebas” menurut PMK-120/PMK.04/2017 harus ditambahkan wilayah kawasannya sesuai SK BP Kawasan. Sekian dan terima kasih.

  35. Terima kasih Pak Edy atas penjelasan melalui video yang sangat informatif dan mudah dipahami. Akan sangat baik seandainya video seperti ini dijadikan bahan sosialisi bagi masyarakat awam, karena yang terjadi di pasar memang sangat banyak toko penjual rokok yang belum mengerti perbedaan rokok legal dan ilegal, mungkin langkah selanjutnya adalah membagikan video seperti ini dengan media CD selain menempel stiker “STOP ROKOK ILEGAL”

  36. Terima kasih atas video penjelasan materinya, materi disampaikan dengan singkat, padat dan jelas sehingga membuka wawasan mengenai pelekatan pita cukai

  37. Terimakasih Pak Edy… mudahah mudahan pesan ini ( tentang rokok ilegal) setelah kami pahami. Bisa jadi dasar kami untuk menyampaikan kemasyarakat luas . sehingga rokok ilegal akan terpinggirkan bahkan harapkan kami rokok ilegal hilang dari peredaran. karena dengan hilangnya rokok ilegal akan meningkatkan daya jual rokok yang legal yang imbasnya penerimaan negara juga meningkat. walaupun sdh banyak upaya yang dilakukan Oleh Bea Cukai untuk melakukan pencegahan rokok ilegal seperti pembuatan stiker, sosialisasi langsung ke pasar-pasar, lewat media masa (radio/televisi) dan lewat media massa (FB).

  38. Pak Edy terima kasih atas videonya, sangat membantu, terus terang bahkan untuk petugas saja, terutama yang jarang bersentuhan dengan cukai, masih sulit membedakan mana yang asli atau yang palsu, apalagi masyarakat awam

  39. Terima kasih atas penjelasannya pak, sangat bermanfaat bagi petugas dan sangat membantu memudahkan untuk sosialisasi ke masyarakat

  40. Terima kasih Pak atas penyampaian materinya. Sangat menarik dan mudah dipahami, baik oleh masyarakat awam maupun pegawai bea cukai sendiri. Masyarakat awam yang notabene mengetahui rokok ilegal atau produk hasil tembakau lainnya hanya berdasarkan pelekatan pita cukai pada rokok tersebut. Bagi saya pribadi, adanya video ini dapat menjadi bekal pengetahuan untuk berbagi informasi dan pengetahuan kepada orang lain (masyarakat umum) sehingga masyarakat dapat mengetahui rokok legal dan ilegal. Sebagaimana telah disampaikan oleh Bapak, bahwa tidak semua rokok legal itu dilekati oleh pita cukai. Ada rokok legal yang tidak perlu dilekati pita cukai, dimana rokok tsb diproduksi untuk kawasan bebas, diproduksi di kawasan bebas, diproduksi untuk dijual kawasan bebas. Namun perlu diketahui juga, bahwa rokok yang dijual di kawasan bebas dimaksud, akan menjadi rokok ilegal apabila dijual di luar kawasan bebas. Selain rokok ilegal dapat diketahui dari kode personalisasi nya, sebenarnya masih banyak parameter-parameter yang dapat dijadikan dasar untuk pengawasan peredaran rokok di Indonesia. Pegawai bea cukai juga harus mensosialisasikan kepada masyarakat secara rutin. Pemahaman dan kesadaran masyarakat akan rokok ilegal dapat membantu pegawai bea cukai dalam mencegah dan mengurangi peredaran rokok ilegal.

  41. identifikasi rokok ilegal dapat dilakukan dengan mencocokkan jenis hasil tembakau pada etiket (kretek, filter, atau sigaret putih) dengan hasil tembakau yang ada pada pita cukai (SKM, SPM, SKT, SPT, SKTF, SPTF), meskipun kecil kemungkinan para produsen rokok ilegal melekatkan pita yang tidak sama jenis hasil tembakau nya pada rokok produksinya. Dan tentu saja sebelumnya perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait cara identifikasi rokok ilegal dan istilah/singkatan yang terdapat pada pita cukai.

  42. Terimakasih atas pembelajaran videonya Pak Edy, sangat bermanfaat dan mudah dipahami sebagai bahan sosialisasi terutama masyarakat awam, yang menjual atau membeli dapat membedakan rokol ilegal atau legal dipasar tradisional, mungkin akan lebih bagus lagi kalau di lengkapi dengan hukuman atau efek jera atas pelanggaran tersebut.

  43. Video yang sangat informatif dan menarik bagi masyarakat awam dan khususnya bagi kalangan Petugas Bea dan Cukai yang sangat jarang sekali berhubungan langsung dengan sektor cukai. Terima Kasih Pak atas pemaparan materinya….

  44. terima kasih penjelasannya pak. saya ingin menanyakan masalah TIS yang tidak dikemas dalam kemasan karton yang bagus tadi (TIS yang dikemas menggunakan kemasan plastik), akan tetapi selama memenuhi persayaratan kemasan untuk penjualan eceran sesuai ketentuan kemasan perdagangan BCK dan telah dilekati pita cukai sesuai dengan hak dan peruntukannya apakah itu sudah dikategorikan TIS Legal? Dan Saya ingin menanyakan apakah boleh rokok “Khusus Kawasan Bebas” atau rokok “For Export Only” dilekati pita cukai?

  45. Pemaparannya mudah dipahami dan bisa menjadi edukasi kepada masyarakat awam yang belum paham terkait rokok ilegal. Diharapkan setelah memahami mana rokok yang legal dan mana yang termasuk ilegal, masyarakat akan ikut berperan aktif membantu / memberikan informasi atas rokok ilegal yang beredar dimasyarakat, sehingga akan membantu pemerintah mengurangi kebocoron penerimaan cukai akibat peredaran rokok ilegal.

  46. keren sekali pak videonya, magic bisa berubah seperti sulap jadi sangat menarik. Isinya sangat membantu buat saya jadi semakin mengerti cara mengidentifikasi rokok legal. Di atas sudah cukup banyak masukannya, diantaranya diliat dari personalisasi, panjang pendek pita cukai, dan standardisasi penulisan “khusus kawasan bebas”. Kalo dari saya, dilihat dari sudut harganya mungkin rokok ilegal jauh lebih murah dan kurang wajar jika dibandingkan dengan rokok yang legal. #beacukaimakinbaik

  47. Terimakasih Pak atas penjelasannya. video ini memberikan manfaat, terutama bagaimana cara memudahkan kita mensosialisasikan ke masyarakat awan cara membedakan rokok legal dan ilegal

  48. Terimakasih atas tutorial membedakan rokok ilegal. Saran saya: 1. ditambahakan contoh yang salah pelekatan pita cukainya, shg tidak rusak ketika dibuka kemasan 2. kan ada bbrp produk HT dan MMEA yang tidak dipungut cukai, salah satunya TIS tradisional dan arak yang tidak perlu dilekati pita cukai juga disampaikan disini pak, bolehnya yang seperti apa pengemasannya. 3. untuk rokok kawasan bebas, jika kemasan sudah dibuka, apa tetap dianggap ilegal jika berada diluar kawasan bebas?

  49. Terimakasih pemaparannya pak Edy. Video pembelajaran ini sangat berguna bagi yang awam untuk mengetahui rokok ilegal. Mohon ijin mungkin dapat ditambahkan informasi, setelah menemukan rokok ilegal, melalui saluran apa masyarakat dapat melaporkan adanya keberadaaan rokok ilegal tsb? Mengingat pentingnya cukai yang tidak hanya sebagai penerimaan negara/alat budgetair namun juga sebagai alat reulerend

Leave a Message