Setup Menus in Admin Panel

Bea Masuk Barang Kiriman Terlalu Tinggi? Ajukan Keberatan

Maksud hati ingin membeli barang dengan harga murah dan original dari luar negeri, ternyata jadi mahal karena terkena bea masuk dan pajak yang sangat tinggi. Hal ini mungkin pernah Anda alami.

Menjadi tugas Bea Cukai setiap kiriman barang yang berasal dari luar negeri yang masuk ke Indonesia, harus melewati proses pemeriksaan terlebih dahulu. Bea Cukai akan menghitung pajak yang harus dibayar oleh penerima barang sesuai jenis dan harga barang.

Untuk barang dengan nilai di bawah US$75 bebas dari pajak dan bea masuk, dan paket akan dikirim langsung ke tujuan atau alamat penerima. Namun, yang perlu diperhatikan adalah “nilai pabean barang” yang digunakan bea cukai sebagai dasar perhitungan yaitu CIF (Cost + Insurance + Freight).

Apabila penetapan bea masuk dan pajak dalam rangka impor barang kiriman berbeda dari perhitungan Anda dan dinilai terlalu tinggi, Anda dapat mengajukan Keberatan atas Bea Masuk dan Pajak Impor Barang Kiriman ke Bea Cukai.

Ibu Rita Dwi Lindawati (Widyaiswara Madya Pusdiklat Bea dan Cukai) dan KPPBC TMP C Kantor Pos Pasar Baru akan menyajikan bagaimana tata cara pengajuan keberatan atas pengenaan bea masuk dan/atau pajak impor barang kiriman oleh penerima barang.

Rating: 5.0/5. From 81 votes.
Please wait...

Views : 1,799

155 responses on "Bea Masuk Barang Kiriman Terlalu Tinggi? Ajukan Keberatan"

  1. terimakasih sudah memberikan penjelasan dengan lengkap, sangat terbantu dalam proses pembelajaran 🙂

  2. Terima kasih, Bea Cukai makin baik..

  3. Penjelasan sudah lengkap dan proses demi proses dijelaskan dengan baik. Terima kasih.

  4. Informasi disampaikan dengan jelas dan lengkap, memudahkan siapa saja yang ingin mempelajari pengajuan keberatan khususnya barang kiriman. Terima kasih.

  5. Video sangat membantu untuk memahami pengajuan keberatan. Terima kasih.

  6. sangat bermanfaat videonya. Terima kasih

  7. Alhamdulillah…sangat bermanfaat videonya terutama dalam proses pembelajaran…jadi tahu proses keberatan khususnya untuk barang kiriman…terima kasih.

  8. Makin mudah belanja dr Luar negeri Makin mudah proses nya Bea cukai makin baik…

  9. Terima kasih bu Rita atas videonya,, sangat membantu dalam proses belajar..

  10. Terimakasih Bu Rita, videonya sangat bermanfaat untuk membantu proses pembelajaran

  11. Sangat bermanfaat videonya, sangat membantu dalam proses belajar keberatan barang kiriman pos. Terima kasih.

  12. Informasi dan pembelajaran dari video ini tersampaikan dengan sangat baik, terima kasih.

  13. Videonya sangat membantu dalam proses belajar. terima kasih

  14. singkat padat dan jelas.. terima kasih atas video nya..

  15. Informasi dari video di atas sangat membantu dalam proses belajar, terima kasih.

  16. Terima kasih atas informasinya , sangat bermanfaat untuk kita yang awam akan hal tersebut

  17. Terima kasih atas informasinya , sangat bermanfaat untuk orang yang masih awam akan hal tersebut

  18. Sangat Membantu jadi makin mudah bila kedepan ada soal ujian tentang keberatan barang pos dan memudahkan untuk belanja ke luar negeri

  19. Sangat keren, semoga semakin berinovasi lagi terima kasih dan semoga djbc dan kemenkeu makin baik

  20. pas banget bahasannya sama hal yang kerap aku pertanyakan terkait barang kiriman. Terimakasih KLC dan Ibu Rita.

  21. Keren bu, menambah pengetahuan kami tentang kepabeanan

  22. penjelasannya sangat membantu, mudah dipahami

  23. Sangat membantu dalam informasi tentang kepabeanan khususnya barang kiriman

  24. penjelasannya sangat lengkap sekali . terimakasih infonya

  25. Penjelasan sudah sangat jelas dan membantu, diharapkan pengguna jasa tidak kesusahan apabila mengajukan keberatan kedepannya

  26. Video dikemas secara menarik dan informasi yang disampaikan jelas dan hal ini sangat bermanfaat untuk berbagai pihak. Terima kasih.

  27. Izin berpendapat. Terima kasih atas videonya yang menarik dan memudahkan untuk memahami alur pengajuan keberatan atas penetapan pungutan terhadap barang kiriman. Selain barang hasil beli sendiri dari luar negeri, bisa saja penerima barang hanyalah penerima hadiah atau penerima kiriman dari kerabatnya yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri. Pada kasus seperti ini, cukup sulit menerapkan alur pengajuan keberatan dengan jaminan tunai dikarenakan karena penerima barang merasa tidak perlu mengeluarkan uang atas hadiah untuk dirinya atau memang tidak memiliki uang untuk dijaminkan.

  28. Sangat keren bu , Informasi yang membantu terutama bagi mereka yang tidak tau sama sekali dan penggunaan kata yang mudah dipahami

  29. informasi sangat jelas dan runtut, ilmu yang disampaikan sangat bermanfaat. Terima kasih

  30. Video yg sangat baik dan informatif, semoga bermanfaat bagi pengguna jasa, trimakasih bu Rita beserta tim.

  31. Penjelasan yang menjawab hampir semua pertanyaan orang awam terkait barang kiriman. Terima kasih

  32. penjelasan yang mudah dipahami terutama bagi masyarakat umum yang belum terlalu memahami hal-hal terkait barang kiriman

  33. Video sangat membantu dalam memahami terkait keberatan, recomended sekali. Terimakasih banyak

  34. Terimakasih videonya sangat membantu

  35. Terima kasih atas informasinya

  36. sangat bermanfaat menambah pengetahuan, terima kasih bu

  37. Video yang sangat bermanfaat dan menambah wawasan, terima kasih Bu

  38. Video yang sangat menambah wawasan, terima kasih penjelasannya Bu

  39. Jadi semakin paham dan tidak ragu lagi untuk pesan barang via pos. Terima kasih infonya

  40. Vidio yang sangat menarik dan mudah dipahami serta menambah pengetahuan dan wawasan untuk meningkatkan pelayanan. Terimakasih Bu

  41. Video yang sangat bermanfaat dan mengedukasi ?

  42. Sangat membantu bu atas informasi yang diberikan

  43. Terima kasih Bu atas informasi yang disampaikan lewat video ini, memberikan kesempatan pada masyarakat untuk lebih memahami tentang alur dan tata cara pengajuan keberatan untuk barang kiriman dari luar negeri.

  44. Sosialisasi peraturan juga merupakan ciri dari good governance

  45. video ini sangat menambah wawasan,terima kasih atas penjelasannya bu

  46. Kasus seperti di video tersebut sangat sering dialami oleh DJBC karena tidak semua orang mengetahui peraturan2 Bea Cukai.

  47. Semoga dengan adanya video ini, masyarakat menjadi paham bagaimana cara mengajukan keberatan atas bea masuk barang kiriman. Terima kasih Kemenkeu Learning Center

  48. sangat bermanfaat, semoga Bea Cukai makin baik kedepannya

  49. masyarakat pada umumnya tidak mungkin disamakan dengan para pegawai, yang mengerti bagaimana pentingnya pengenaan bea masuk dan pdri yang dikenakan pada barang kiriman. oleh karena itu diharapakan kita tetap mensosialisasikan tentang pengenaan bea masuk dan pdri pada mereka yang awam

  50. Video ini sangat berguna bagi masyarakat awam.

  51. video ini sangat membantu dan menambah wawasan, sangat berguna bagi masyarakat

  52. Sangat membantu dalam pemahaman tahap-tahap pengajuan keberatan dengan video yang ditayangkan. Semoga makin banyak video yang dibuat untuk pemahaman alur-alur kerja dan pelayanan DJBC kepada masyarakat. Terima kasih

  53. Terima Kasih Bu videonya sangat bermanfaat

  54. Terimakasih ibu, video nya sangat membantu untuk lebih memahami mekanisme pengajuan keberatan.

  55. Terima kasih ibu Rita atas videonya yang sangat informatif, penjelasan dari awal sampai akhir atas pengajuan keberatan pengenaan BM dan PDRI barang kiriman pos sangat mudah dipahami.

  56. Terimakasih ibu Rita, videonya sangat bermanfaat bagi setiap masyarakat yang ingin mengajukan keberatan dan membantu memahami proses mekanisme keberatan

  57. Terimakasih ibu Rita , videonya sangat bermanfaat bagi masyarakat yang belum paham terhadap mekanisme keberatan.

  58. Terimakasih ibu Rita, Informasi dan alur pengajuan keberatan di sampaikan dengan sangat jelas dalam video tersbut, sehingga sangat membantu masyarakat yang akan mengajukan keberatan atas barang Kiriman Pos.

  59. Terima kasih, video nya sangat bermanfaat bu

  60. Terima kasih Ibu Rita, sangat mudah dipahami penjelasan yang disampaikan mengenai cara pengajuan keberatan pengenaan BM dan PDRI dari barang kiriman, ilmunya sangat bermanfaat bagi saya yang baru belajar mengenai kepabeanan

  61. Terima kasih Ibu Rita atas penyajian video tersebut. Penjelasan mengenai tata cara dan dokumen yang digunakan untuk pengajuan keberatan mengenai barang kiriman sangat jelas, mudah dipahami, dan sangat bermanfaat bagi kami yang sedang belajar ilmu pabean dan cukai serta masyarakat yang akan mengajukan keberatan barang kiriman.

  62. Wah videonya sangat membantu bagi yang baru belajar bagaimana cara melayani keberatan atas pengenaan bea masuk dan pajak dalam rangka impor, bagaiman prosedur dan dokumen apa saja yang diperlukan, serta jangka waktu pemberitan keputusanatas pengajuan permohnan. Setiap proses dijelaskan dengan begitu jelas dan mudah dipahami. Terima kasih Bu Rita 🙂

  63. Video yang sangat bermanfaat bu,Alur pengajuannya Jelas,jadi makin paham tentang cara pengajuan keberatan tagihan Bea Masuk barang kiriman, Terima Kasih atas video yg sangat bermanfaat ini. ????

  64. Video nya bagus bgt bu rita, memudahkan kita dalam tata cara mengajukan keberatan untuk barang kirimian, serta memudahkan masyarakat umum juga untuk mengetahui nya

  65. Sangat bagus buk atas pemberian keterangan untuk proses keberatan nya buk, jadi mengerti dan mudah dipahami dalam pengajuan keberatannya.

  66. Terima kasih atas penyajian videonya bu, sangat membantu sekali terutama buat saya sendiri jadi mengerti tatacara atau alur pengajuan permohonan keberatan atas penetapan Bea Masuk terhadap barang kiriman.

  67. Videonya sangat bermanfaat, dan sangat membantu saya dalam memahami proses pengajuan keberatan untuk barang kiriman . Terimakasih Bu Rita.

  68. Video yang sangat mengedukasi. Lewat video ini dapat menjelaskan bahwa pemilik barang kiriman mempunyai hak untuk mengajukan keberatan atas penetapan bea masuk atas barangnya dan prosesnya sangat mudah. Lewat video ini dapat menginformasikan dan mematahkan anggapan bahwa mengurus barang kiriman sulit di bea cukai karena skrg sudah ada proses dan ketentuan yang jelas mengenai hak dan tahap” yang harus dilalukan oleh penerima barang. Terima kasih Bu Rita dan Tim atas fasilitas videonya.

  69. Penjelasan alur keberatan untuk barang kiriman dalam video jelas dan dilengkapi ilustrasinya sehingga mudah dimengerti. Terima Kasih Bu Rita atas videonya.

  70. Videonya sangat menarik dan edukatif. Dari sisi pelayanannya, saya jadi mengerti bagaimana memproses pengajuan keberatan atas barang kiriman luar negeri secara umum. Dan dari sisi masyarakat, video ini menegaskan bahwa atas pengiriman barang kiriman dari luar negeri dapat diajukan keberatan lengkap dengan penjelasan dan persyaratannya, sehingga masyarakat tidak ragu lagi melakukan pengiriman barang dari luar negeri. Terima kasih Bu Rita dan KLC

  71. Video keberatan atas barang kiriman membuat saya menjadi paham karena ilustrasi dan penjelasannya mudah dimengerti. Pemohon yang mengajukan keberatan pun tidak repot karena tahap dan alurnya jelas. Terima kasih Bu Rita dan tim.

  72. Terima kasih Bu Rita, telah menyajikan video yg memudahkan saya dalam memahami tata cara pengajuan keberatan jika ada penetapan bea masuk dan PDRI yg terlalu tinggi dan sebagai petugas bea cukai, saya jadi mengerti langkah2 seperti apa yg harus saya lakukan untuk memproses pengajuan keberatan dari masyarakat.. sukses selalu untuk Bu Rita, ditunggu video2 edukatif lainnya.. 🙂

  73. Video tata cara pengajuan keberatan atas pengajuan bea masuk dan/atau pajak impor barang kiriman pos diatas sangat edukatif. Video disampaikan dengan alur dan penjelasan yang sangat menarik sehingga memudahkan masyarakat dalam memahami tata cara pengajuan keberatan atas barang kiriman. Terima kasih Ibu Rita dan Tim KLC 🙂

  74. penyajian video diatas sangat bagus, penjelasannya juga sangat lengkap dan jelas, dijelaskan runut sesuai dengan langkah-langkahnya, sehingga informasi terkait pengajuan keberatan atas penetapan bea masuk dan/atau pajak impor barang kiriman mudah dipahami.. terima kasih Bu Rita dan Tim atas penjelasan dan pemaparannya melalui KLC, sangat berguna dan bermanfaat..

  75. Video yg sangat bermanfaat. Terdapat penjelasan alur pengajuan keberatan atas impor barang kiriman pos yg sangat mudah dipahami. Terimakasih banyak Bu Rita ?

  76. Sangat membantu sy memahami bagaimana tata cara pengajuan keberatan atas penetapan Bea Masuk dan PDRI barang kiriman pos, karena penjelasannya yg sistematis dan runtut. sangat bermanfaat

  77. Penjelasan detail dan jelas, video sangat bermanfaat. Terima kasih bu rita?

  78. Terima kasih untuk Bu Rita dan tim yg telah membuat video ini, sangat bermanfaat dan mengedukasi. Disampaikan dengan kalimat yg mudah dimengerti dan dijelaskan alurnya dengan detail. Terima kasih, sukses terus KLC ?☺️☺️

  79. Videonya sangat membantu sekali. Materi disampaikan dengan bahasa yg mudah dimengerti ditambah visualisasi video yang bagus membuat penonton lebih paham mengenai alur keberatan, terutama untuk impor barang kiriman. Terimakasih Bu Rita dan tim???

  80. dalam videonya diberikan penjelasan yang mudah dipahami dan dengan alur yang sesuai prosedur. sangat menambah wawasan saya. terimakasih bu Rita beserta tim??

  81. video ini sangat membantu saya untuk memahami alur proses keberatan mengenai barang kiriman pos. Jika suatu saat saya ditanya oleh orang umum(diluar BC) mengenai barang kiriman pos mereka saya sudah mengerti sehingga kita bisa membantu menyelesaikan persoalan masalah keberatan bagi barang kiriman pos mereka. Semoga KLC semakin keren

  82. Wah video ini sangat menarik dan bermanfaat. Setelah menonton video ini saya memiliki gambara yang jelas mengenai alur permohonan pengajuan keberatan atas Bea Masuk Barang Kiriman yang diajukan oleh masyarakat yang mendapat barang kiriman dari luar negeri. Peragaan oleh para pemeran dalam video ini juga semakin menyempurnakan pemahaman saya, sangat jelas dan mudah dipahami, Terimakasih banyak Bu Rita dan Tim KLC telah memfasilitasi para pembelajar dan masyarakat pada umumnya untuk memahami tata cara pengajuan keberatan barang kiriman. Sukses selalu.

  83. Video yang sangat bermanfaat, Terimakasih.

  84. Video yang sangat membantu mengerti alur keberatan, dijelaskan dengan sangat runtut sehingga mudah dipahami. Terimakasih

  85. Video yang sangat membantu dalam memahami materi keberatan karena dibuat dalam bentuk yang mudah dipahami. Terima kasih.

  86. Apresiasi saya kepada Ibu Rita atas materi yang disampaikan dalam video ini. Selain menyinggung masalah BM dan PDRI, Video ini juga mengajarkan bagaimana cara mengajukan keberatan atas barang kiriman. Barang kiriman mungkin hal yang sensitif bagi masyarakat. Dengan adanya video ini, mungkin dapat memberikan edukasi bagi masyarakat. Terima Kasih.

  87. Assalamualaikum. Alhamdulillah, bermanfaat sekai video di atas karena saya menjadi tahu bahwa barang kiriman juga dapat diajukan keberatan. Hal ini merupakan info penting bagi masyarakat luas dan bahkan, bagi pegawai DJBC sendiri agar dapat melayani keberatan seperti ini. Bagi masyarakat umum, mengajukan keberatan adalah sebuah hak untuk menjaga keadilan dalam pungutan pajak/bea masuk. Terima kasih.

  88. Video ini sangat bermanfaat. Penjelasan tentang alur pengajuan keberatan barang kiriman pos pun dijelaskan dengan sangat jelas dan mudah dipahami. Terimakasih Bu Rita atas informasi dan ilmunya. ?

  89. Terimakasih ibu Rita. Video ini sangat bermanfaat, sangat jelas sehingga mudah untuk dipahami.

  90. Sangat mudah dipahami, menurut saya bukan hanya untuk proses pembelajaran namun video ini akan sangat bermanfaat sekali untuk pengguna jasa yang sering menggunakan jasa pengiriman barang dari luar negeri. Proses yang dikira rumit ketika membaca teori nya menjadi sangat sederhana. Terima kasih buk, sukses selalu.

  91. Informasi yg diberikan dalam video sangat jelas, dilengkapi dengan penjelasan di video dimana ada seorang petugas dan pengguna jasa, jd kita paham betul prosesnya seperti apa di lapangan, bukan hanya sekedar narasi penjelasan saja

  92. luar biasa sangat bermanfaat sekali.. apalagi untuk orang awam yang mendapatkan barang kiriman luar negeri dan merasa penentuan harga CIF oleh bea cukai tidak sesuai

  93. Terimakasih videonya bu. Mantap, bea cukai makin baik!

  94. Messsage substansi nya sudah nyampai. Angel shooting ngga flat. Kualitas suara jelas. Patut diapresiasi tinggi hasil karya yg bermanfaat buat banyak orang #kemenkeutepercaya

  95. Penjelasan yang sangat gamblang mengenai barang kiriman dari luar negeri, luar biasa. Bea cukai makin baik

  96. Video nya sangat detail dan jelas bu, recommended untuk dibagikan ke masyarakat yang sering mendapat barang kiriman dari luar negeri dan juga sbg pembelajaran bagi kami pegawai BC yg belum pernah menangani permasalahan ini. Nice! Sukses selalu Bu Rita 🙂

  97. terima kasih penjelasannya. Penjelasannya dan alur nya mudah di mengerti

  98. Videonya bagus, sangat mendetail dan jelas hanya saja dialog antara petugas dan pengguna jasa menurut saya terlalu panjang. Semoga bermanfaat, terima kasih.

  99. Wah! Ini nih untuk generasi milenial yg semakin sering olshop bahkan sampai dari luar negri atau dapat kiriman dari luar negri pasti bermanfaat bgt ni videonya. Karna petugas bea cukai selalu berusaha sebaik mungkin menetapkan CIF & pdri yang dikenakan, namun jika menurut penerima itu tidak sesuai, penerima barang dapat mengajukan keberatan. Menambah pengetahuan jg untuk petugas bea cukai! Videonya juga keren✨ #beacukaimakinbaik

  100. Pembelajaran menjadi lebih menarik dengan adanya video ini. Saya juga merasa lebih terbantu dalam memahami materi keberatan. Semoga para pegawai bea cukai menjadi bertambah wawasannya dengan adanya visualisasi seperti ini. Terima kasih 🙂

  101. videonya mudah dipahami dalam hal pengajuan keberatan untuk barang kiriman pos

  102. videonya sangat menarik dan menambah wawasan Bu. Terima kasih Bu Rita

  103. Videonya sangat bagus dan mudah dipahami.

  104. Disini dijelaskan tata cara mengajukan keberatan terkait barang kiriman. Sangat membantu karena informasi yang sangat jelas disertai contoh praktek secara langsung

  105. videonya membuka wawasan baru di bidang barang kiriman pos

  106. Wah, ternyata proses pengajuan keberatan atas barang kiriman cukup gampang ya. Video ini akan sangat membantu membuka wawasan masyarakat bila suatu saat nanti ingin mengajukan keberatan atas penetapan BM untuk barang kirimannya, sehingga tidak ada lagi salah paham. Terima kasih Bu buat penjelasannya.

  107. Materinya keren wajib dishare ke sanak keluarga yang doyan belanja dari pada capek menjelaskan. Terimakasi

  108. Materinya bagus, videonya menarik, terima kasih ibu atas ilmunya. semoga ilmunya selalu bermanfaat untuk orang banyak dan khususnya bagi pegawai direktorat jenderal bea dan cukai.

  109. Video yg sangat bermanfaat, dapat menambah wawasan tentang keberatan terhadap bea masuk barang kiriman. Terima kasih ibu. Bea cukai makin baik

  110. Penjelasan disampaikan secara urut dan detail, pemilihan bahasa yang mudah dimengerti sehingga memungkinkan siapa saja yang mengakses video mengerti dengan cepat tatacara pengajuan keberatan atas barang kiriman

  111. Video yang sangat bermanfaat. Penjelasan disampaikan secara urut dan detail, pemilihan bahasa yang mudah dimengerti sehingga memungkinkan siapa saja yang mengakses video mengerti dengan cepat tatacara pengajuan keberatan atas barang kiriman

  112. Videonya terinci dengan jelas, menambah wawasan pegawai juga tentunya

  113. sangat menambah wawasan tentunya, sehingga pegawai dpt memahami lebih dalam tentang keberatan barang kiriman pos. Maju Terus Bu.

  114. Videonya sangat membantu, secara keseluruhan videonya sangat jelas dan rinci, tapi izin bu sekedar saran durasi videonya mungkin bisa dipersingkat. Terima kasih.

  115. Ternyata proses pengajuan keberatan untuk barang kiriman pos sangat mudah dan cepat. Terimakasih Bu Rita.

  116. informasinya sangat membantu baik dari pengguna jasa maupun untuk petugas bc, terima kasih bu

  117. Dengan semakin mudah berbelanja barang dari luar negeri, video ini juga menunjukkan semakin mudah pengurusan keberatan atas BM barang kiriman yang dirasa pembeli/penerima barang terlalu tinggi. Ini menunjukkan bahwa bea cukai selalu mengembangkan inovasi dan pelayanan yg mengutamakan kepuasan pengguna jasa. Terimakasih videonya bermanfaat Bu Rita.

  118. Melalui video ini disampaikan bahwa barang kiriman pos dari luar negeri juga dapat diajukan keberatan dengan mudah dan cepat, semoga terpublikasi lebih masif ke pengguna jasa

  119. videonya sangat step by step dan mudah dipahami. terima kasih bu, ditunggu video selanjutnya

  120. Sering ditemukan sehari-hari. Sekarang menjadi lebih paham bagaimana prosesnya dan dokumen-dokumen apa saja yg harus disiapkan ketika menghadapi kasus seperti ini. Terima kasih bu Rita ?

  121. Informasinya sangat membantu dan menambah wawasan

  122. video mudah di mengerti dan sangat membantu, terima kasih

  123. Videonya sangat informatif untuk menambah wawasan dalam penerapan di kantor masing-masing.

  124. Video sangat membantu dalam memahami terkait keberatan, recomended sekali. Terimakasih banyak Bu.

  125. terimakasih video ini sangat membantu untuk lebih memahami mengenai proses keberatan

  126. alur keberatan nya mudah dilakukan, video nya keren

  127. Video sangat bermanfaat dalam memahami dalam proses pengajuan keberatan, terima kasih atas videonya. semoga videonya bisa diperbaharui dengan adanya Aplikasi CEISA SIAPTANDING. terima kasih

  128. Video yang keren dan sangat bermanfaat dengan penjelasan yang mudah difahami mengenai alur pengajuan keberatan atas barang kiriman. Terimakasih..

  129. Simple, runut, rinci, jelas, sangat informatif serta mudah dipahami dalam melayani keberatan barang kiriman. Terima kasih..

  130. penjelasan yang detail dan lengkap mengenai alur pengajuan keberatan khususnya barang kiriman. terima kasih atas videonya

  131. Penjelasan sangat detail dan jelas serta dikemas dalam bentuk video sehingga lebih mudah dipelajari. Terima kasih bu rita

  132. Videonya sangat informatif dan mudah dipahami. Terima kasih..

  133. Terima kasih bu, videonya lengkap dan jelas. saya rasa info dalam video ini sangat penting saat ini untuk menjawab berbagai pertanyaan terkait keberatan atas barang kiriman.

  134. video sangan membantu memahami materi. terima kasih

  135. sangat bermanfaat. bea cukai makin baik.

  136. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat (ditunggu video pembelajaran lainnya). Bea Cukai Makin Baik

  137. Video yang sangat bermanfaat, materi video mudah dipahami bahkan oleh orang awam sekalipun.

  138. Terima kasih atas video yang sangat membantu dalam e-learning ini Bu. Semoga ke depannya akan ada lebih banyak video edukatif seperti ini.

  139. Video yang sangat berfaedah bagi siswa pelatihan dalam memahami tata cara pengajuan keberatan terhadap SPPBMCP

  140. vidionya sangat membantu dalam belajar. Pemaparannya sangat jelas dan mudah dimengerti. terimakasih

  141. Video ini sangat membantu bagi siswa pelatihan teknis perbendaharaan untuk memahami proses pengajuan keberatan atas SPPBMCP untuk barang kiriman melalui PT. POS Indonesia. Terima Kasih

  142. Terima kasih atas penjelasannya yang mudah dipahami. Sangat berguna bagi pegawai BC guna menjelaskan alur pengajuan keberatan atas kiriman pos kepada orang awam, terutama yagn bertugas di kantor pos.

  143. Video yang sangat mengedukasi karena sebelumnya kami belum pernah menghadapi kasus keberatan atas Barang kiriman. Kami berharap akan ada lagi video video mengedukasi seperti ini sehingga bisa memajukan dan membuat Bea Cukai Semakin Baik…

  144. Terimakasih Bu atas penjelasan materi mengenai tata cara pengajuan keberatan atas pengenaan bea masuk dan/atau pajak impor barang kiriman oleh penerima barang. Sangat jelas dan mudah untuk dipahami serta sangat bermanfaat.

  145. Terimakasih bu atas videonya. Sangat membantu dalam pembelajaran 🙂

  146. Terima kasih Bu Rita atas videonya, sangat informatif dan berguna untuk mengedukasi masalah pengajuan permohonan keberatan terhadap barang kiriman. Mantappp

  147. Terimakasih bu. Videonya sangat edukatif dan mudah dipahami. Kereeen ??

  148. Terimakasih bu. Videonya mudah dipahami dan sangat bermanfaat ?

  149. Video dapat dipahami sebagai contoh pengajuan keberatan atas penetapan BM barang kiriman. Mohon ijin Bu Rita, ijin mengajukan pertanyaan, bagaimanakah jika penerima barang ingin mengajukan keberatan berhubung barang tersebut adalah barang hadiah namun tidak mampu menaruh jaminan tunai sejumlah yang ditentukan, apakah ada mekanisme penicilan? Terima kasih bu

  150. Terima kasih atas videonya bu, sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran.

  151. Terima kasih atas penyampaian videonya bu, videonya sangat mudah dipahami bu terkait pengajuan keberatan atas Bea Masuk dan PDRI barang kiriman yang disampaikan secara detail dalam video tersebut.

Leave a Message