Setup Menus in Admin Panel

Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah – Dasar Hukum, Era Otonomi di Indonesia, Kekuasaan Pemerintah dan Klasifikasi Urusan Pemerintahan

 

Pada video pembelajaran ini, Bp. Riya Dwi Handaka, Dosen PKN STAN dari Jurusan Akuntansi, menjelaskan tentang Dasar Hukum, Era Otonomi di Indonesia, Kekuasaan Pemerintah dan Klasifikasi Urusan Pemerintahan. Materi ini merupakan pokok bahasan Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah.

Rating: 5.0/5. From 66 votes.
Please wait...

Views : 262

26 responses on "Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah - Dasar Hukum, Era Otonomi di Indonesia, Kekuasaan Pemerintah dan Klasifikasi Urusan Pemerintahan"

  1. Penjelasannya sangat mudah diterima pak dan sangat membantu, terimakasih pak👍🏻(2-18/kelompok6)

  2. Terima kasih pak penjelasannya. Sangat membantu saya😊 2-18/kel 4

  3. Terimakasih pak, sangat membantu, sy jadi lebih paham setelah melihat video ini 👍😊 (2-18/kelompok 6)

  4. Terima kasih pak untuk penjelasannya. Saya jadi lebih paham 😊 (2-18/kelompok 6)

  5. Terima kasih pak saya jadi lebih memahaminya lagi😊 (2-18/kelompok 2)

  6. Medianya sangat membantu pak Terimakasih 2-18/ kelompok 2

  7. mantap pak, saya suka metode pembelajaran seperti ini. terima kasih pak 2-18/ kelompok 3

  8. Mantap penjelasannya pak, sangat membantu 😁😁 (2-01/kelompok 6)

  9. Penjelasan bapak mengenai dasar hukum, era otonomi di Indonesia, kekuasaan pemerintah dan klasifikasi urusan pemerintahan ini sangat membantu menambah pemahaman kami. Terimakasih telah berbagi ilmu pak. [2-01/Kelompok 7]

  10. Bagus pak penjelasannya, terimakasih

  11. Bermanfaat sekali pak, Terima kasih atas ilmunya,, saya jdi lebih memahami lagi tentang materi yg bapak sampaikan terutama klasifikasi urusan pemerintahan,, saya jdi dapat memahami betul mana sistem yang dibiayai APBN mana sistem yang dibiayai APBD. Penjelasannya mudah dipahami👍👏 Terima kasih banyak pak (2-18/Kelompok 1)

  12. terimakasih pak, penjelasannya membuat kami dari kelompok belajar 1 kelas 2-01 jadi lebih mudah memahami mengenai klasifikasi urusan pemerintahan absolut, konkuren, dan urusan pemerintahan umum, serta asas asas otonomi daerah, semoga akan lebih banyak lagi video pembelajaran interaktif yang dapat diakses kapan saja dimana saja seperti ini ^_^

  13. Mantab pak…penjelasannya sangat enak mudah dimengerti,,,semogaa ilmunya semakin berkah ya pak😊.. trimkasihh banyak pak 😄

  14. Bermanfaat sekali bagi kami dan akhirnya mudah kami pahami pak . Terima kasih banyak pak (Kelompok belajar 4 / 2-01)

  15. Terimakasih banyak atas penjelasannya pak, ringkas dan sangat mudah dimengerti (Kelompok belajar 2/2-01)

  16. Terimakasih pak atas video yang telah dibuat. Materinya sangat menarik sekali dan kami sekarang jadi lebih paham tentang Otonomi Daerah, Kekuasaan Pemerintahan, Klasifikasi Urusan Pemerintahan. (Kelompok belajar 3/2-01)

  17. Terimakasih Pak atas videonya, sangat bermanfaat dan lengkap sekali penjelasan Bapak. Jadi lebih paham tentang pembagian wewenang pemerintah pusat dan daerah, karena selama ini kita menganggap semuanya itu menjadi tanggung jawab pemerintah pusat (kelas 2-11/kelompok 1)

  18. terimakasih pak atas penjelasannya, jadi lebih paham dan efektif (kelompok 3/ kelas 2-11)

  19. wahhhh terimakasih banyak ya pak mengenai penjelasannya yang sangat jelas, lengkap, dan menarik sekali. (kelompok 4/2-11)

  20. Wah, terima kasih Pak Handaka. Saya jadi gampang akses materi-materi mengenai Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah, trus jadi tau urusan pemerintah itu pembagiannya apa aja dan dananya dari mana aja. Jadi bisa merefresh memori HKN abis UAS kemarin. Hehehe. Sukses Video-video pembelajarannya Pak. Terima kasih. (Kelompok 2/2-11)

  21. Mantap pak, sangat membantu😄 (kelompok 8/2-11)

  22. Terima kasih pak Handaka, video nya sangat membantu dan sangat bermanfaat. Terima kasih (kelompok 5/2-11)

  23. Terima kasih Pak Handaka atas ilmu yang telah disampaikan, sangat bermanfaat bagi kami sebagai mahasiswa PKN STAN. Terima Kasih (kelompok 6/2-11)

  24. Terima kasih banyak pak atas pemaparan yang diberikan pada video ini, memudahkan kami dalam memahami mengenai klasifikasi urusan pemerintahan absolut, konkuren, bahkan urusan pemerintahan umum. Selain itu juga dijelaskan mengenai asas-asas otonomi daerah. Penjelasannya sangat ringkas dan mudah untuk dipahami. Dengan video seperti ini juga memudahkan kami sebagai mahasiswa agar dapat belajar kapan saja dan dimana saja (Kelompok 7 / 2-11)

  25. Salah satu dana perimbangan adalah pendapatan asli daerah. Terdiri atas pajak, retribusi, dan pendapatan lain yang sah. Terimakasih atas informasinya, semoga dengan adanya sistem otonomi daerah dan mekanisme dana oerimbangan dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk menciptakan kesetaraan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Leave a Message