Setup Menus in Admin Panel

Cost Accounting: Standard Costing Series – Seri 3

 

Pada video pembelajaran ini, Ibu Rahayu Kusumawati, Dosen PKN STAN dari Jurusan Akuntansi, menjelaskan seri materi cost accounting, yaitu standard costing series. Pada seri 3 ini membahas mengenai labor variance.

 

Tautan materi cost accounting – standard costing series sebagai berikut:

Seri 1: https://klc.kemenkeu.go.id/pknstan-cost-accounting-standard-costing-series-seri-1/

Seri 2: https://klc.kemenkeu.go.id/pknstan-cost-accounting-standard-costing-series-seri-2/

Seri 3: https://klc.kemenkeu.go.id/pknstan-cost-accounting-standard-costing-series-seri-3/

Seri 4: https://klc.kemenkeu.go.id/pknstan-cost-accounting-standard-costing-series-seri-4/

Seri 5: https://klc.kemenkeu.go.id/pknstan-cost-accounting-standard-costing-series-seri-5/

Rating: 5.0/5. From 36 votes.
Please wait...

Views : 0

39 responses on "Cost Accounting: Standard Costing Series - Seri 3"

  1. nama : Ida Ayu Pradnya Wagiswari (24/4-07) komentar : terimakasih miss atas penjelasannya, berkat video ini saya jadi tau lebih banyak tentang standard cost, di video ini dibahas bahwa selain di DM, variance bisa ditemukan di DL jugaa wah….pembayaran gaji DL pun bisa muncul variance jika tidak sama dengan standard yg telah ditetapkan, begitu juga dengan efisiensi jam kerjanya. juga melalui variance2 yg diketahui, dapat menjadi evaluasi bagi pihak2 yg bertanggung jawab….mantap miss

  2. Nama : Viestiani Cahyanongtyas P, No : 37 Dalam labor variance ada standard rate dan standard time, yang mana standard rate itu mirip seperti standard price pada material variance sedangkan standard time mirip dengan standard quantity

  3. Nama Nurul Islamy absen 33 variance labor ini termasuk labor varince yg sederhana. Dalam Labor varience hanya terdiri dari dua jenis yaitu perbedaan tarif yg disebut labor rate variance dan perbedaan hours labor disebut labor efisiesi variance.

  4. Nama: Made Ayu Budiyani No.Absen: 28 Terima kasih atas penjelasan seri ke 3 materi standard costing ini, Miss. Saya menjadi lebih paham atas penghitungan varians dalam direct labor dan factory overhead. Menurut saya, yang menarik dari materi kali ini adalah perhitungan varians labor yang sangat simple, tidak seperti perhitungan varians material di seri sebelumnya yang dipecah lagi menjadi materials purchase dan usage. Total labor variance hanya ada labor rate variance dan labor hour variance, dimana standard rate sama dengan standard price dan standard time sama dengan standard quantity.

  5. Nama : Fathurozi. Absen 20. Labor Variance pada dasarnya memiliki konsep yang sama dengan material variance, kalau labor membahas pekerjanya, kalau material membahas bahan bakunya. Jika material variance erat hubungannya dengan price dan kuantitas, kalau labor variance berhubungan dengan rate dan hours. Hanya 2 varians yang dijumapi dalam labor yaitu Labor rate variance dan labor efficiency variance.

  6. Nama: Vinka Aurisa Arsalna. No. Absen: 38. Terima kasih banyak atas penjelasan di video ini, Miss. Sangat membantu. Di video ini membahas tentang Labor Variance. Variasi yang ada di direct labor hanya ada dua jenis, yaitu Labor Rate Variance (terkait dengan selisih tarif aktual dengan standar) dan Labor Efficiency Variance (terkait dengan jam kerja penggunaan).

  7. Rumiris sirait (4-07/35) Trimakasih penjjelsannya miss.. Labor variance = labor rate variance + labor hour variance Varians yg ditemui dalam direct labor hanya ada 2 jenis,, yaitu.. Labor rate variance : price Labor efficiency variance : quantity

  8. Nama : Agnes Natasya Anggraeni Permatasari Absen : 02 Komentar: Sebelumnya terimakasih atas penjelasannya miss. Dengan ini saya lebih paham tentang labor variance dimana memiliki konsep yang mirip dengan material variance. Dan variance di direct labor hanya ada 2 yaitu labor rate variance dan labor hour variance. Untuk anggapan favorable dan unfavorable sama seperti sebelumnya yaitu dimana ketika actual < standart disebut favorable yang mana berarti efisien begitu juga sebaliknya.

  9. Nama : Evha Yemima P.M. No. Absen : 14 Terimakasih miss atas penjelasannya 🌞 Dengan adanya video ini saya jadi tau lebih banyak tentang standard cost khususnya Variance bisa ditemukan di DL. Varians yang ditemui dalam DL hanya ada 2 jenis, yaitu : Labor Rate Variance & Labor Efficiency Variance. Untuk Labor Rate Variance yaitu selisih antara tarif aktual dan tarif standar dikali dengan actual quantity. Sedangkan untuk Labor Efficiency Variance yaitu selisih antara actual quantity dan Standar quantity dikali dengan tarif standar. Mantapp miss 🌻🌻

  10. Nama : Eka yuliati No.absen : 12 Terimakasih atas penjelasannya miss. Pada labor variance terdiri dari 2 yaitu rate dan hour. Cara menghitung total labor variance yaitu dengan menjumlahkan labor rate variance dan labor hour variance.

  11. Nama : Lailatul Nur Fitriyah (27/4-07). Pada video ini dijelaskan mengenai labor variance, ada yang berdasarkan tarif (disamakan dengan harga) dan berdasarkan jam kerja (disamakan dengan kuantitas). Salah satu penyebabnya adalah adanya upah yang lebih tinggi dari yang dianggarkan. Terima kasih miss.

  12. Nama: Mu’alimatul Ulya (29) Terimakasih miss atas penjelasannya. Pada video ini saya menjadi lebih mengerti terkait Labor Variance. Rumusnya yaitu total labor variance = labor rate varians + labor hour varians. Labor rate variance merupakan (actual rate – standard rate)x actual hours. Labor efficiency variance didapat dari (actual hour – standard hour)x standard rate.

  13. Nama : Evi Malinda no absen 15 Pada labor variance terdapat 2 jenis variance : yang pertama labor rate variance yang berkaitan dengan selisih tarif pekerja dan kedua labor efficiency variance yang berkaitan dengan selisih jam kerja perkerja. Untuk rate dapat dipersamakan dengan price sedangkan untuk hours dapat dipersamakan dengan quantity

  14. Nama : Ghilba Dziba B. Absen : 23. Jika dalam seri 2 dijelaskan material variance, maka pada video ini saya mengerti mengenai labor variance. Dalam labor variance ada dua jenis yaitu Labor rate variance (terkait ratenya) dan Labor efficiency(terkait dengan hour). Perhitungan dalam menentukan total variance labor ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan Total material variance Terjadinya varians pada labor ini disebabkan oleh hal hal yang berkaitan dengan pekerja seperti upah dan jam kerja.

  15. Nama : Annisa, Kelas : 4-07, Absen : 05. Terima kasih Miss untuk penjelasannya. Dalam video ini dijelaskan mengenai labor variance. Total labor variance terdiri atas labor rate varians dan labor hour variance. Varians yang ditemui dalam direct labor hanya ada 2 jenis yaitu labor rate variance dan labor efficiency variance.

  16. Nama : Muhammad Naufal (31) Kelas : 4-07 Terimakasih penjelasannya miss, terkait Varians yang ada Labor variance hanya ada 2 jenis yaitu Labor Rate Variance dan Labor Efficiency Variance,

  17. Nama : Windi Nuraeni Afifah No: 39. terimakasih miss atas video seri ke-3 untuk mengetahui labor rate variance dan labor efficiency.

  18. Nama: Annisa Rofiatul Amaliah, Absen: 06. Terimakasih atas penjelasannya Miss. Seperti seri sebelumnya, seri ini membahas tentang varians, tepatnya labor variance. Untuk labor variance ini cukup simpel, karena hanya ada 2 jenis, yaitu Labor Rate Variance dan Labor Efficiency Variance. Dalam labor variance, rate dipersamakan dengan price sedangkan hour dipersamakan dengan quantity. Sama seperti material variance, labor variance juga ada 2 kondisi, yaitu favorable (f) dan unfavorable (u).

  19. Nama : Fajar Salam Maulana No Absen : 18 Terima kasih banyak bu atas video penjelasannya. Variance adalah ketidaksesuaian yg terjadi antara actual yg didapat dengan standar yg telah ditetapkan. jika biaya sesungguhnya lebih dari biaya standar, maka unfavorable. jika sebaliknya, maka favorable. total labor variance adalah penjumlahan labor rate variance dengan labor hour variance. Variance yg ditemui di materi ini hanya 2 yaitu Labor rate Variance dan labor efficiency varians.

  20. Nama : Deni Rahmat A, No. Absen : 08 Pada seri ini dijelaskan mengenai Labor varians yg terbagi menjadi dua, yaitu Rate Variance dan Efficiency Variance. Keduanya dapat dicari dengan rumus yang cukup simpel dibandingkan dengan saat mencari Material Variance sebelumnya

  21. 03 Ahmad Adnan Manaf Kelas 4-07. hal yang saya dapatkan dari video ini bahwa standar yang telah ditetapkan dapat menjadi penimbang aktualisasi produksi (variance) yang menguntungkan (favorable) atau tidak menguntungkan (unfavorable). dalam direct labor terdapat 2 jenis variance yaitu labor rate variance dan labor efficiency variance.

  22. Nama : Fatin Azzahra Meida, No. Absen : 21, Kelas : 4-07. Terimakasih miss atas penjelasan mengenai standard costing seri 3. Ternayata varians tidak hanya terjadi dalam direct material, tetapi juga dalam direct labor. Varians yang ada dalam direct labor ada dua jenis, yaitu labor rate variance dan labor efficiency variance. Dan untuk perhitungan juga menghasilkan favorable(actual lebih kecil dari standard) dan unfavorable (actual lebih besar dari standard).

  23. Nama : Faiz Ramadhany Kelas : 4-07 Absen : 17 Terimakasih miss atas penjelasannya, varians pada labor hanya terdapat 2 jenis yaitu Labor Rate Variance [Actual Hour x (actual rate – standard rate)] dan Labor Effieciency Variance [standard rate x (actual hour – standard hour)]. dan ada info menarik yaitu kita dapat mempersingkat unfavorable menjadi u dan favorable menjadi f untuk mempermudah.

  24. Nama saya Nurul Izzah absen 34, terimakasih atas penjelasannya miss. Saya menjadi paham bahwa labor varians terdiri dari labor rate varians dan labor hours varians yang mana nantinya juga akan dibandingkan dengan standart costnya. Dari hal tersebut akan diketahui favorable atau unfavorable

  25. Terimakasih atas penjelasannya miss, nama saya Dewanda Daffa Tegar Satriya kelas 4-07 nomor absen 09. Seri tiga ini membahas tentang labor variance, labor variance ini tergolong yang paling simple karena hanya ada 2 jenis saja yang dibahas yaitu labor rate variance dan labor efficiency variance.

  26. Nama: Aisya Fakhira No. Absen: 04 kelas: 4-07 di video ini saya dapat mendalami lebih lanjut terkai labor variance. labor variance ini sendiri terdiri dari dua jenis yakni perbedaan tarif yaitu labor rate variance dan perbedaan hours labor disebut labor efficiency variance.

  27. Nama : Taufik Nur Fitrianto Absen : 36 Terimaksih miss atas penjelasannya, dari video diatas dapat diketahui dalam direct labor vatriance terdapat dua standar yang digunakan yaitu Labor rate variance dan labor efficiency variance

  28. Nama : Dinda Rilioda Purba. No absen : 10. Terimakasih banyak Miss penjelasannya. Didalam labor cost pun dapat terjadi varians. Ada dua tipe, yakni labor rate variance dan labor efficiency varians. Labor rate varians berarti selisih tarif aktual dan standar. Labor efficiency variance berarti selisih jumlah jam kerja aktual dan standar.

  29. Nama : Fannia Nuralvia Wardah (19) Kelas : 4- 07. Terimakasih atas penjelasannya miss.. hal menarik yang saya dapatkan pada seri 3 ini yaitu… dijelaskan mengenai Labor variance, dimana sudah dijelaskan sendiri Variance itu adalah perbedaan antara harga actual dengan harga standar, disebutkan di dalam labor variance ini ada 2 macam Labor variance yaitu : 1. Labor Rate Variance yaitu dengan menghitungnya : jam kerja aktual x (actual rate – Standard Rate) dan Labor Efficiency (hour) Variance yaitu dengan menghitungnya : Standard Rate x (jam kerja actual – jam kerja standar), dimana bisa persandingkan rate dengan harga, dan hour sama dengan quantity

  30. Nama : Kevin Arya Perdana. Absen 26 Labor Variance pada dasarnya memiliki konsep yang sama material variance, jika Labor membahas tentang tenaga kerjanya. Terdapat perbedaan dalam istilah yang digunakan labor variance berhubungan dengan rate dan hours. Hanya 2 varians yang terdapat dalam labor yaitu Labor rate variance dan labor efficiency variance.

  31. Evriansari Nurrizqi (4-07/16) Terima kasih atas penjelasannya Miss. Pada seri ketiga ini menjelaskan tentang Direct Labor Variance yang terdiri atas Rate dan Efficiency Variance. Terjadinya rate variance dapat ditelusuri pada tenaga kerja itu sendiri seperti upah atau pengalokasiannya, sedangkan efficiency variance tentu terkait efisiensi tenaga kerja. Tentunya penelusuran penyebab unfavorable dan favorable variance tersebut harus lebih terliti atau mendalam karena penyebabnya bisa beragam.

  32. Nama : Yasir Mandiri, No. Absen : 40. Terima kasih atas penjelasannya miss. Disini dijelaskan varians selanjutnya, yaitu labor varians. Keadaannya mirip dengan varians pada material. Di dalam labor variance ada 2 keadaan, yaitu labor rate variance dan labor hour variance

  33. Nama: Muhammad Faizal Al Farizi Absen: 30 Total Labor variance= Labor rate variance + labor time variance. Dalam Direct Labor hanya ada 2 variance, yaitu Labor rate variance Dan labor efficiency variance. Labor rate variance yaitu menselisihkan tarif aktual (aq*ap) dg tarif standard (sp*sq) atau sama dengan aq*ap – sr. Labor efficiency variance: dihitung dengan cara jumlah jam aktual (aq) dikurangi jam standard (sq) dikali dengan standard rate (sr). Jika aktual lebih besar dari standard disebut unfavorable. Jika aktual lebih kecil dari standard disebut favorable. Penyebab variance DL, 1. Labor rate variance: upah yang dibayarkan terlalu tinggi, salah terjadi pengalokasian. 2. Labor efficiency variance: terkait dg efficiency tenaga kerja.

  34. Nama : Dita Ayu Rahmadani. No absen 11. Dalam seri ketiga ini dijelaskan mengenai Labor variance, Varians yang ditemui dalam direct labor hanya ada 2 (dua) jenis, yaitu Labor Rate Variance dan Labor Efficiency Variance Labor rate variance dapat ditelurusuri dari tenaga kerja tersebut yaitu menselisihkan tarif aktual dengan tarif standar. Sedangkan Labor efficiency variance berkaitan dengan terkait efisiensi tenaga kerja dihitung dengan cara jumlah jam aktual dikurangi jam standard dikalikan dengan standard rate. Jika biaya aktual>biaya standar = unfavorable, sedangkan jika biaya aktual<biaya standar = favorable

  35. Terima kasih Miss atas video pembelajarannya, saya jadi lebih mengerti mengenai konsep terhadap Variance DM dan DL

  36. Nama : Elfira Damayanti (13) || Kelas : 4-07 Terima kasih banyak Miss atas penjelasannya. Di video tersebut dijelaskan bahwa Total Labor Variance merupakan hasil penjumlahan antara Labor Rate Variance dengan Labor Hour Variance. Varians yang ditemui dalam direct labor ada dua jenis yaitu : Labor Rate Variance dan Labor Efficiency Variance. Terima kasih videonya Miss ^^

  37. Nama : Aura Wahdayani Putri, No absen : 07, Kelas : 4-07, Komentar : Terimakasih Miss Ayu atas penjelasannya. Video ini menjelaskan tentang Labor Variance. Rumus Total labor variance adalah Labor rate variance + labor hour variance. Hanya ada 2 jenis Labor Variance, yaitu Labor rate variance (selisih tarif) dan Labor efficiency variance ( jam kerja penggunaanya). Ada penyetaraan antara rate=price dan juga hourse=quantity.

  38. Nama : Nizamuddin Aulia Firdaus, Kelas: 4-07, absen: 32. Terimakasih atas penjelasannya miss, dalam video ini dijelaskan mengenai labor variance, ada yang berdasarkan tarif (disamakan dengan harga) dan berdasarkan jam kerja (disamakan dengan kuantitas). Salah satu penyebabnya adalah adanya upah yang lebih tinggi dari yang dianggarkan.

  39. Nama : Abyadh Nuruttimami Fahmi Ridho (01) Terima kasih miss penjelasan diatas menjelaskan labor variance dimana berhubungan dengan rate dan hours. Dan Hanya 2 varians yang dijumapi dalam labor yaitu Labor rate variance dan labor efficiency variance.

Leave a Message