Setup Menus in Admin Panel

Cost Accounting: Standard Costing Series – Seri 2

 

Pada video pembelajaran ini, Ibu Rahayu Kusumawati, Dosen PKN STAN dari Jurusan Akuntansi, menjelaskan seri materi cost accounting, yaitu standard costing series. Pada seri 2 ini membahas materials variance atau varian atas bahan baku.

 

Tautan materi cost accounting – standard costing series sebagai berikut:

Seri 1: https://klc.kemenkeu.go.id/pknstan-cost-accounting-standard-costing-series-seri-1/

Seri 2: https://klc.kemenkeu.go.id/pknstan-cost-accounting-standard-costing-series-seri-2/

Seri 3: https://klc.kemenkeu.go.id/pknstan-cost-accounting-standard-costing-series-seri-3/

Seri 4: https://klc.kemenkeu.go.id/pknstan-cost-accounting-standard-costing-series-seri-4/

Seri 5: https://klc.kemenkeu.go.id/pknstan-cost-accounting-standard-costing-series-seri-5/

Rating: 5.0/5. From 35 votes.
Please wait...

Views : 623

39 responses on "Cost Accounting: Standard Costing Series - Seri 2"

  1. Nama : FathurOzi, Absen 20. Yang menarik dalam video ini adalah kita dapat memperdalam pengetahuan kita mengenai Standar Costing khususnya Material Variance. Mengulas singkat mengenai video di atas, menurut video di atas, Variance ialah Ketidaksesuai antara kondisi actual dengan kondisi standar yang telah ditetapkan perusahaan baik dalam hal price maupun kuantitasnya. misal, jika biaya actual melebihi biaya standar maka ini disebut unfavorable. Jika biaya actual dibawah biaya standar maka ini disebut favorable. Lebih efisien. Total Material Variance = Material Price variance + Material Quantity variance

  2. nama : Ida Ayu Pradnya Wagiswari (24/4-07) komentar : terimakasih miss atas penjelasannya, berkat video ini saya jadi tau lebih banyak tentang standard cost. di video ini dibahas tentang variance2 yg ada di DM, jadi ketika ada perbedaan harga beli bisa menjadi salah satu faktor terjadi inefisiensi dalam operasi, wah saya baru tau…dan juga dgn informasi variance2 yg terjadi di DM dapat menjadi evaluasi bagi pihak2 yg bertanggungjawab..mantap miss

  3. Nama : Viestiani Cahyanongtyas P, No : 37 Varians terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara standard dengan aktualisasinya. Materials purchase price varians memiliki rumus yg sama dengan materials price usage varians, bedanya ada pada purchase dan usage nya itu sendiri.

  4. Nama: Nurul Islamy Absen: 33 Terimaakasih miss atas penjelasannya. Jadi Variance ini terjadi karna adanya perbedaan antara actual dan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Variance ini akan berpengaruh pada net income perusahaan. Variance ini juga dapat terjadinya karna adanya perbedaan harga beli oleh setiap supplier. Dalam arti lain bahwa Variance adalah sebuah pertanyaan bukan jawaban. Karna dalam pengendalian biaya, manajer harus tahu alasan dari variance yg terjadi dan penyebabnya serta tindakan efektif yang seharusnya dapat dilakukan.

  5. Nama: Made Ayu Budiyani No.Absen: 28 Terima kasih atas penjelasan seri ke 2 standard costing, Miss. Setelah mendengar penjelasan Miss, saya lebih paham mengenai materi variance. Yang menarik dari materi ini adalah pada saat menghitung total material variance ( materials price variance + materials quantity variance ) kita memecah lagi materials price variance dan material quantity variance tersebut menjadi materials purchase dan materials usage. Selain itu yang menarik lagi adalah penyebab terjadinya varians dalam direct material yang menyebutkan ada atau tidaknya diskon pembelian bahan baku serta metode pengiriman bahan baku tersebut ke gudang.

  6. Nama: Vinka Aurisa Arsalna. No. Absen: 38. Mantab sekali atas penjelasannya, Miss. Terima kasih. Bagian yang menarik di video ini yaitu pada kalimat, “jika biaya yang sesungguhnya melebihi biaya standarnya, maka varians yang terjadi dilaporkan sebagai unfavorable.” dan kebalikannya. Karena jika kata favorable maupun unfavorable diterjemahkan secara langsung dari bahasa Inggris artinya menguntungkan dan tidak menguntungkan, tetapi tidak disangka akan digunakan dalam bahasa cost accounting ini.

  7. Nama : Lailatul Nur Fitriyah (27/4-07). Pada video ini dijelaskan mengenai variance, yaitu selisih antara biaya standar dengan biaya actual. Ada 4 poin penting yang harus dipahami, yaitu menghitung selisih material yang dibeli dengan standar serta menghitung selisih material yang digunakan dengan standar. Baik dari sisi harga maupun jumlah bahan.

  8. Rumiris sirait(4-07/35) Varians terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara standar yang telah ditetapkan dengan kondisi yg sesungguhnya… Unfavorable jika biaya yang sesungguhnya melebihi biaya standarnya, dan sebaliknya favorable.. Penyebabnya karena adanya ketidaksesuaian antara standar yg telah ditetapkan dengan kondisi sesungguhnya.. Trimkasih miss

  9. Nama : Evha Yemima P.M. No. Absen : 14 Terimakasih miss atas penjelasannya 🌞 Dengan adanya video ini, saya jadi tahu lebih banyak tentang standard cost khususnya Varians. Varians terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara standar yang telah ditetapkan dengan kondisi yang sesungguhnya. Ada yg dikatakan unfavorable dan favorable. Unfavorable adalah jika biaya aktual melebihi biaya standar. Sedangkan Favorable adalah jika biaya aktual di bawah biaya standar. Dijelaskan juga mengenai total Material Variance yang terdiri dari Materials Price Variance dan Materials Quantity Variance. Ditunggu video selanjutnya miss 🌞

  10. Nama: Mu’alimatul Ulya (29) Terimakasih miss atas penjelasannya, sangat membantu saya dalam memahami materi. Pada video ini saya menjadi lebih paham terkait dengan material variance. Variance sendiri merupakan perbedaan antara standar yang telah ditetapkan dengan kondisinyang sesungguhnya. Jika biaya actual melebihi standar, dikategorikan Unfavorable(U). Sebaliknya, apabila biaya actual kurang dari biaya standar dilaporkan sebagai Favorable(F). Rumusnya sendiri, total material variance = material price varians (purchase dan usage) + material quantity varians (purchase dan usage)

  11. Nama : Agnes Natasya Anggraeni Permatasari Absen : 02 Komentar: Sebelumnya terimakasih miss, disini mempelajari apa itu variance yaitu gap yang terjadi antara actual yang standart yang ditetapkan, dimana keadaan ketika actual cost > standart disebut unfavorable (U) dan sebaliknya ketika actual cost < standart disebut dengan favorable (F). Dan jika terjadi variance harus ditelusuri tanpa adanya judgment terlebih dahulu pada bagian mana dia inefisien

  12. Nama : Ghilba Dziba B. Absen : 23. Yang menarik dari video ini adalah tentang varians. Diamana Varians ini muncul ketika terjadi perbedaan antara standar dengan kejadian yang sesungguhnya. dalam video ini dikatakan jika biaya sesungguhnya > biaya standar maka akan dilaporkan sebagai unfavorable dan sebaliknya maka akan dilaporkan sebagai favorable. Total Material varians = Material Price Varians ( terdiri dari puschase dan usage) + material Quantity Variance (terdiri dari purchase dan usage juga).

  13. Nama : Annisa, Kelas : 4-07, Absen : 05. Terima kasih Miss atas penjelasannya. Varians adalah perbedaan antara standar yang ditetapkan dengan kondisi sebenarnya. Jika biaya sesungguhnya lebih dari biaya standarnya maka dilaporkan sebagai unfavorable (disingkat U), sedangkan sebaliknya jika biaya sesungguhnya kurang dari biaya standar maka dilaporkan sebagai favorable (disingkat F). Total Material Variance terdiri atas Material Price Variance dan Material Quantity Variance.

  14. Nama : Eka yuliati No.absen : Terimakasih atas penjelasannya miss. Materi tentang varians kali ini sangat menarik karena materi tersebut adalah materi baru bagi saya yang sebelumnya saya tidak tahu apa varians dari bahan baku itu sendiri. Barians terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara standard yang telah ditetapkan perusahaan dengan keadaan yg sesungguhnya

  15. Nama : Muhammad Naufal (31) Kelas 4-07 Terimakasih miss atas penjelasannya, Ada 2 hal yang perlu diketahui terkait varians yaitu, jika biaya sesungguhnya lebih besar dari biaya standarnya maka varians yang terjadi disebut unfavorable (U), jika biaya sesungguhnya lebih kecil dari biaya standarnya maka varians yang terjadi disebut favorable (F)

  16. Terimakasih atas penjelasannya miss, nama saya Dewanda Daffa Tegar Satriya kelas 4-07 nomor absen 09. Untuk dapat mengetahui penyebab terjadinya varians, perusahaan perlu menganalisis berbagai macam faktor yang mungkin terjadi contohnya ketika membeli bahan baku yang supliernya berbeda atau ketika melaporkan bahan baku tadi yang dibeli ternyata kualitasnya berbeda dari yang pernah dibeli sebelum-sebelumnya. Faktor-faktor seperti itu dalam realitanya dapat menyebabkan varians.

  17. Nama: Annisa Rofiatul Amaliah, Absen: 06. Terimakasih Miss atas penjelasannya. Dari video ini saya menjadi tahu tentang varians, tepatnya material variance, yang terjadi karena perbedaan antara standar yang telah ditetapkan dengan aktual atau kondisi yang sesungguhnya. Ada 4 jenis, yaitu Material Purchase Price Variance, Price Usage Variance, Inventory Variance, dan Quantity Usage Variance, yang masing-masing dapat terjadi 2 kondisi, yaitu favorable (f) dan unfavorable (u).

  18. Nama : Eka yuliati No.absen :12 Terimakasih atas penjelasannya miss. Materi tentang varians kali ini sangat menarik karena materi tersebut adalah materi baru bagi saya yang sebelumnya saya tidak tahu apa varians dari bahan baku itu sendiri. Barians terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara standard yang telah ditetapkan perusahaan dengan keadaan yg sesungguhnya

  19. Nama : Deni Rahmat A, No. Absen : 08. Variance adalah selisih dari aktual dan standard yang telah ditentukan sebelumnya. Di video ini saya mempelajari bahwa Material Variance ada 4 jenis dimana hasil perhitungannya nanti akan menghasilkan kesimpulan apakah kegiatan tersebut favorable atau unfavorable. Selain itu, kita juga harus melihat dari banyak faktor untuk menentukan penyebab adanya variance

  20. Nama : Evi Malinda No absen : 15 Dari materi yang disampaikan Miss Ayu pada seri kedua ini, kita tahu bahwa bisa saja terjadi situasi dimana ada ketidak sesuaian antara standar yang ditetapkan perusahaan dengan keadaan yang sebenarnya atau yang disebut dengan varians. Ini dapat segera di analisis dimana letak ketidak sesuaian ini agar dapat cepat diatasi. Ada beberapa kemungkinan-kemungkinan terjadinya varians pada direct material yaitu : kemungkinan pertama pada purchasing departement yang kedua tanggung jawab yang dibebankan pada production departement. Perusahaan dapat menilai dimana letak kesalahan dari kemungkinan-kemungkinan tersebut.

  21. Nama : Faiz Ramadhany Kelas : 4-07 Absen : 17 Terimakasih miss atas video penjelasannya, saya jadi lebih tau ternyata dalam material terdapat 4 macam varians yaitu: 1) Materials Purchase Variansce (Harga beli bahan – harga bahan standar) 2) Material Price Usage Variance (Harga bahan yang digunakan – harga bahan standar) 3) Material Inventory Variance (Jumlah bahan yang dibeli – jumlah bahan yang digunakan) 4) Materials Quantity Variance (Jumlah bahan yang digunakan – jumlah bahan sesuai standar)

  22. nama saya Nurul Izzah Absen 34, terimakasih atas penejelasannya miss. Hal yang menarik menurut saya adalah varians yang merupakan selisih antara standart cost dan actual cost. Nah jika actual cost lebih besar daripada standart cost maka disebut dengan unfavorable. namun jika actual cost lebih kecil daripada standart cost maka disebut favorable.

  23. Nama :Taufik Nur Fitrianto Absen : 36 Terimakasih miss atas penjelasannya, dari video di atas disampaikan bahwa varians merupakan ketidaksesuaian antara standar yang telah ditetapkan dengan kondisi actualnya. Jika actual > standardnya maka disebut unfavorable, sebaliknya jika actual < standardnya maka disebut favorable

  24. Nama: Aisya Fakhira absen: 04 Kelas: 4-07 Di video ini saya mempelajari tentang variance. Variance sendiri merupakan perbedaan antara standar yang telah ditetapkan dengan kondisi yang sesungguhnya (aktual). Jika biaya aktual > standar, dikategorikan Unfavorable atau disingkat menjadi U. Sebaliknya, apabila biaya aktual < biaya standar maka akan dilaporkan sebagai Favorable atau singkat F.

  25. Nama : Fannia Nuralvia Wardah (19) Kelas 4-07. terimakasih atas penjelasannya miss, hal menarik yang saya dapatkan setelah melihat seri 2 ini yaitu.. adanya varians yang terjadi karena adanya perbedaan antara actual cost dan standard cost, jadi apabila actual cost standard cost maka itu dianggap merugikan bagi perusahaan (unfavorable), hal itu digambarkan dengan actual cost yaitu biaya yang benar benar terjadi, dan standard cost adalah biaya yang telah ditetapkan sebelumnya. ada 4 material variance, yaitu : 1. Material Purchased Price Variance, 2. Material Price Usage Variance, 3. Material Inventory Variance, dan 4. Material Quantity Usage Variance

  26. Nama : Fajar Salam Maulana No Absen : 18 Varian ada karena terjadi perbedaan antara standar yg ditetapkan, dengan aktual yg terjadi. Bisa saja varians disebut favorable, maupun unfavorable. Total Material Variance adalah hasil penjumlahan antara Material Price Variance dan Material Quantity Variance

  27. Nama : Fatin Azzahra Meida, No. Absen : 21, kelas : 4-07. Terimakasih miss atas penjelasan dalam video seri 2 standard costing ini. Dalam video dibahas mengenai ketidaksesuaian antara standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan dengan aktualnya yang disebut dengan varians. Terdapat 4 macam material variance, yang akan menghasilkan perhitungan yang favorable dan unfavorable. Terdapat banyak penyebab dalam varians pada direct material, hal ini perlu analisisis lebih lanjut.

  28. Nama: Kevin Arya Perdana Absen: 26 Terimaakasih miss atas penjelasannya. Variance terjadi karna adanya perbedaan antara actual dan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Variance ini juga terjadi karena adanya perbedaan harga beli oleh setiap supplier yang dilakukan perusahaan. Dalam perhitungan total material variance yaitu material price variance+material quantity variance, akan dirinci lagi menjadi material purchase dan material usage.

  29. Nama : Elfira Damayanti (13) || Kelas : 4-07. Terima kasih penjelasannya Miss, sangat membantu sekali. Di video ini Miss ayu menjelaskan mengenai Material Variance. Varians terjadi akibat ketidaksesuaian antara standar yang ditetapkan dengan kondisi aktualnya. Situasi terkait biaya pada varians adalah Unfavorable (U) dan Favorable (F). Penyebab dari varians terdiri dari banyak faktor. Lalu dijelaskan juga bahwa secara keseluruhan material variance terdiri dari : Material Price Variance dan Material Quantity Variance. Terima kasih Miss ^^

  30. 03 Ahmad Adnan Manaf Kelas 4-07. hal yang saya dapatkan dari video ini bahwa standar yang telah ditetapkan dapat menjadi penimbang aktualisasi produksi (variance) yang menguntungkan (favorable) atau tidak menguntungkan (unfavorable). dalam direct material terdapat 4 variance (materials purchase price variance, materials price usage variance, materials inventory variance, dan materials quantity usage variance)

  31. Evriansari Nurrizqi (4-07/16) Terimakasih atas penjelasannya miss. Di video kedua ini saya mempelajari tentang varians yakni selisih atau perbedaan yang terjadi antara standar yang telah ditetapkan dengan kondisi aktual yang terjadi. Kemudian, dalam Material varians terdiri atas material purchased variance, material price usage variance, material inventory variance, material quantity usage variance. Adapun penyebab-penyebab terjadinya varians dapat ditelusur dan dibebankan di Departemen Pembelian atau Departemen Produksi.

  32. Nama : Dinda Rilioda Purba No absen : 10. Komentar : Terimakasih Miss. Saya jadi mengerti bahwa yang dimaksud dengan varians adalah ketidaksesuaian atau selisih antara standard dan aktual. Apabila biaya aktual lebih besar daripada standard, disebut unfavorable (U), dan sebaliknya disebut favorable (F). Menurut saya, varians sangat lumrah terjadi dalam proses bisnis. Dan materialitas suatu varians harus di perhatikan. Juga dalam menyikapi varians, kita tidak boleh langsung menyalahkan satu pihak, harus di analisis dulu. Seperti penyebab varians pada DM, biasanya terjadi pada purchasing department dan production department.

  33. Nama: WIndi Nuraeni Afifah Absen ; 39. Terimakasih miss atas penjelasan standard cost seri 2. variance dalam DM terbagi menjadi 4 yaitu purchase price variance, price usage variance, material inverntory variance, dan quantity usage variance.

  34. Nama: Muhammad Faizal Al Farizi Absen: 30 Varians adalah ketidaksesuaian antara standard dan kondisi yang sebenarnya. Biaya standard lebih rendah dari actual( unfavorable). Biaya standard lebih tinggi dari actual (favorable). Total materials variance= materials price varians( purchase dan usage ) + materials Quantity variance ( purchase dan usage ).

  35. Nama : Yasir Mandiri, No. Absen : 40. Terima kasih atas penjelasannya miss. Disini dijelaskan bahwa dalam Standard Costing ada yang disebut Varians. Varians adalah keadaan dimana biaya yang sesungguhnya tidak sesuai dengan standard yang telah ditetapkan sebelumnya. Jika biaya aktual lebih besar daripada varians, maka keadaan ini disebut unfavorable, dan jika lebih kecil maka disebut favorable. Di dalam material varians ada 4 jenis, yaitu material purchase price variance, material price usage variance, material inventory variance, dan material quantity usage variance

  36. Nama : Dita Ayu Rahmadani, No absen : 11. Dalam seri 2 ini dijelaskan mengenai varians yaitu terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara standar yang telah ditetapkan dengan kondisi yang sesungguhnya, yang terdiri dari unfavorable. (biaya actual > biaya standar) dan favorable (biaya actual < biaya standar) dalam video ini dijelaskan mengenai material variance yang terdiri dari Materials Purchase Price Variance, Materials Price Usage Variance , Materials Inventory Variance, Materials Quantity Usage Variance

  37. Nama : Aura Wahdayani Putri, No absen : 07, Kelas : 4-07, Komentar : Terimakasih Miss atas penjelasannya. Varians terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara standar yg ditetapkan dengan kondisi sesungguhnya. [U] Unfavorable (biaya sesungguhnya>biaya standar) dan [F] Favorable (biaya sesungguhnya<biaya standar). Untuk dapat mengetahui penyebab terjadinya varians, perlu menganalisis lebih dalam. Materials variance terdiri dari Material price variance ditambah Material quantity variance (purchase & Usage antara keduanya)

  38. Nama: Nizamuddin Aulia Firdaus, kelas: 4-07, absen: 32.terimakasih ataas penjelasannya miss. dari video tersebut, diketahui untuk dapat mengetahui penyebab terjadinya varians, perusahaan perlu menganalisis berbagai macam faktor yang mungkin terjadi contohnya ketika membeli bahan baku yang supliernya berbeda atau ketika melaporkan bahan baku tadi yang dibeli ternyata kualitasnya berbeda dari yang pernah dibeli sebelum-sebelumnya. Faktor-faktor seperti itu dalam realitanya dapat menyebabkan varians.

  39. Nama : Abyadh Nuruttimami Fahmi Ridho (01) terimakasih miss atas penjelasannya, disini mempelajari apa itu variance yaitu gap yang terjadi antara actual yang standart yang ditetapkan, dimana keadaan ketika actual cost lebih besar standart disebut unfavorable (U) dan sebaliknya ketika actual cost lebih kecil standart disebut dengan favorable (F). jika terjadi variance harus ditelusuri tanpa adanya judgment terlebih dahulu pada bagian mana dia inefisien

Leave a Message