Setup Menus in Admin Panel

Cost Accounting: Standard Costing Series – Seri 1

 

Pada video pembelajaran ini, Ibu Rahayu Kusumawati, Dosen PKN STAN dari Jurusan Akuntansi, menjelaskan seri materi cost accounting, yaitu standard costing series. Pada seri 1 ini membahas definisi dan input standard costing, serta pendekatan pengaturan biaya untuk standard costing system.

 

Tautan materi cost accountingstandard costing series sebagai berikut:

Seri 1: https://klc.kemenkeu.go.id/pknstan-cost-accounting-standard-costing-series-seri-1/

Seri 2: https://klc.kemenkeu.go.id/pknstan-cost-accounting-standard-costing-series-seri-2/

Seri 3: https://klc.kemenkeu.go.id/pknstan-cost-accounting-standard-costing-series-seri-3/

Seri 4: https://klc.kemenkeu.go.id/pknstan-cost-accounting-standard-costing-series-seri-4/

Seri 5: https://klc.kemenkeu.go.id/pknstan-cost-accounting-standard-costing-series-seri-5/

Rating: 4.9/5. From 48 votes.
Please wait...

Views : 0

51 responses on "Cost Accounting: Standard Costing Series - Seri 1"

  1. Wuoooo….terang benderang

  2. Nama: Made Ayu Budiyani No. Absen: 28

  3. nama : Ida Ayu Pradnya Wagiswari (24/4-07) komentar : terimakasih miss atas penjelasannya, berkat video ini saya jadi tau lebih banyak tentang standard cost. yang saya tau dulu standard cost adalah cost yg ditetapkan perusahaan, tapi saya jadi tau bahwa kita bisa menganalisa biaya2 yg kita keluarkan lewat standard costing ini sbg pembanding dengan aktual. jadi kita bisa evaluasi biaya2 yg sudah terjadi supaya kedepannya lebih efisien.dan juga bisa perbedaan2 biaya yg timbul bukan serta merta salah satu pihak saja, namun dipengaruhi oleh beberapa faktor/pihak

  4. Nama saya Lailatul Nur Fitriyah kelas 4-07 absen 27. Standard costing adalah biaya untuk satu unit finished good, yang diukur berdasarkan standard price&standard quantity untuk direct materials, standard rate&standar time untuk direct labor, serta standard rate untuk FOH. Perhitungan tersebut ditotal untuk menentukan berapa standard costing dari satu unit produk.

  5. Nama Kevin Arya Perdana absen 26

  6. Nama: Made Ayu Budiyani No. Absen: 28 Terima kasih atas penjelasan materi seri pertama standar costing, miss. Saya menjadi lebih paham mengenai konsep dasar dari standar costing. Menurut saya yang menarik dari materi seri pertama ini adalah standard costing system yang setiap item di material, labor, dan overhead memakai kata-kata standard, berbeda dengan yang telah kita pelajari pada Akbi 1 yaitu actual costing system yang memakai data-data aktual, dan normal costing system dimana ada yang memakai data aktual dan budgeted. Pada Standard Costing System ini nanti akan ada standard price dan standard quantity untuk materials, standard rate dan standard time untuk direct labor, serta pada factory overhead ada standard rate untuk fixed overhead dan variable overhead.

  7. Nama : Dinda Rilioda Purba No. Absen : 10

  8. Nama: Nurul Islamy Absen: 33 Terimakasih miss atas penjelasannya. Materinya cukup memberi pencerahan terkait apa-apa saja yang pada umumnya terjadi di perusahaan juga istilah-istilah yang digunakan. Disini saya lebih tahu bahwa standar itu mempermudah evaluasi dalam pengendalian harga dan juga sebagai tolak ukur untuk seorang manajeman dalam penentuan biaya standar. Biaya standar dapat berubah-ubah nantinya saat dilapangan. Dalam hal iini, manajemen akan melakukan evaluasi lagi untuk penentuan biaya standar menuju efisien.

  9. Nama: Annisa Rofiatul Amaliah, Kelas: 4-07, No: 06. Sebelumnya terimakasih Miss atas penjelasannya. Di dalam video dijelaskan tentang standar cost, yang merupakan biaya yang ditetapkan dahulu untuk memproduksi 1 unit produk jadi. Dalam menentukan standar cost, ada 6 hal yang terkait, yaitu untuk direct material ada Standard Price (SP) dan Standard Quantity (SQ), untuk direct labor ada Standard Rate dan Standard Time, sedangkan untuk FOH ada Standard Rate variable dan fixed.

  10. Nama : Muhammad Naufal (31) Kelas : 4-07 Terima kasih miss atas penjelasannya, terdapat dua tingkatan yang menjadi acuan bagi perusahaan dalam menentukan suatu standar 1. Standar ideal : Merupakan level yang paling optimum dari suatu kinerja berdasarkan kondisi operasional yang terbaik 2. Standar Normal : Merupakan level yng paling efisien dari suatu kinerja yang masih mungkin dihasilkan pada kondisi operasional yang diharapkan.

  11. Nama : Faiz Ramadhany Kelas : 4-07 Absen : 17 Terimakasih miss atas penjelasannya dalam video, saya jadi lebih tau ternyata dalam menentukan suatu standar terdapat dua tingkatan. Pertana ada standar ideal yang merupakan level paling optimum dari suatu kinerja berdasarkan kondisi operasional yang terbaik. Kedua ada standar normal yang merupakan level paling efisiensi dari suatu kinerja yang masih mungkin bisa dihasilkan pada kondisi operasional yang diharapkan.

  12. Nama : Evha Yemima P.M. No. Absen : 14 Kelas : 4-07 Terimakasih miss atas penjelasannya 😊 Standar cost yaitu biaya yang sudah ditetapkan terlebih dahulu untuk memproduksi satu unit produk jadi, bisa berupa standar fisik maupun standar harga. Input standar yaitu unit standard cost, standard quantity, standard price. Manfaat penggunaan standard costing yaitu bisa memfasilitasi perencanaan manajemen, menentukan harga jual produk. Dan dalam memnentukan suatu standar, perusahaan memiliki 2 tingkatan yaitu standar ideal dan standar normal.

  13. Nama; Windi Nuraeni Afifah No. Absen 39. Terimakasih atas penjelasan tentang standard cost miss. Yang menarik dari video seri satu ini menurut saya adalah sub judul “sulit nggak sih menentukan biaya standard?”.

  14. Nama : Agnes Natasya Anggraeni Permatasari Absen : 02 Komentar: Terimakasih miss, divideo ini saya dapat penjelasan mengenai apa itu standart costing yaitu biaya yang sudah ditetapkan terlebih dahulu untuk memproduksi satu unit produk yang sebenarnya nantinya dapat berubah sesuai dengan kondisi di lapangan. Penentuan standart costing ini dapat membantu manajemen dalam mengevaluasi suatu produk, memantau harga dan menentukan apakah produk sudah diproduksi secara efisien atau belum.

  15. Nama : Viestiani Cahyaningtyas P, No : 37 Terima kasih atas penjelasannya miss. Standar yang digunakan dlm standard cost bisa berupa standar fisik maupun standar harga. Pada direct material ada standard price dan standard quantity, sedangkan dlm direct labor ada standard rate dan standard time, lalu pada variable overhead dan fixed overhead sama2 menggunakan standard rate

  16. Nama: Vinka Aurisa Arsalna. No Absen: 38. Terima kasih banyak atas penjelasannya, Miss. Pendekatan Cost Assignments ada tiga, yaitu Actual Costing System, Normal Costing System, dan Standard Costing System. Disini lebih cenderung memakai Standard Costing System dengan mengaplikasikan perhitungan secara standard ke DM, DL, dan FOH.

  17. Nama : Dinda Rilioda Purba. No absen : 10. Komentar : Terimakasih Miss atas penjelasannya. Standard cost adalah standar yang sudah ditetapkan perusahaan sejak awal untuk menilai efektifitas penggunaan biaya. Jadi dapat mengunakan standar fisik dan standar harga. Standar cost terdiri dari standar fisik dan standar harga, bersifat variabel. Jadi apabila standar fisik ada 5, standar cost pun begitu. Cost assignment approach terdiri dari actuall costing system, normal costing system, dan standard costing system.

  18. Nama: Eka yuliati No.absen :12 Terimakasih miss atas penjelasannya. Sebuah perusahaan manufaktur seharusnya menggunakan standard costing dalam sebuah produksi karena standard costing memiliki banyak manfaat bagi perusahaan yaitu memfasilitasi perencanaan manajemen, menentukan harga jual suatu produk, memudahkan untuk memantau harga persediaan.

  19. Nama : Evi Malinda No absen : 15 Kelas 4-07 Dalam materi kali ini kita dapat mengetahui bahwasanya mempelajari Standar costing ini sangat penting untuk kepentingan perusahaan. Karena manfaat dari mempelajari standar costing ini ada banyak. Antara lain : dapat memfasilitasi perencanaan manajemen, dapat menentukan harga jual yang tentunya dengan perhitungan yang tepat dan tidak sembarangan menentukan harga jual produk tersebut, manfaat yang selanjutnya membantu manajemen dalam fungsi pengendalian terkait evaluasi atas pengendalian harga, menentukan ada tidaknya suatu varians, dan memudahkan untuk memantau harga persediaan.

  20. Nama saya Nurul Izzah absen 34, terimakasih atas penjelasannya miss. Dalam hal ini yang menarik adalah standar cost tidak hanya memperhatikan standar harga saja namun juga memperhatikan standar fisik. Nanti nya biaya-biaya tersebut juga akan dibandingkan yang selisih nya disebut dengan varians yang nantinya sebagai evaluasi manjemen agar biaya standar dapat efisien

  21. Nama: Mu’alimatul Ulya (29) Terimakasih miss atas penjelasannya. Pada video ini saya menjadi tau mengenai standard cost, dimana standard cost sudah ditetapkan lebih dulu untuk menghasilkan 1 unit produk. Unit standar cost merupakan produk yang dihasilkan dari standard price dan standard quality. Hal2 terkait unit standar meliputi direct material yang terdapat SP dan SQ, di direct labor ada Standard Rate dan Standard Time, serta pada variable FOH dan fixed FOH yang menggunakan Standard Rate

  22. Nama : Ghilba Dziba Bourguiba, Absen : 23. Terima kasih untuk penjelasan pembuka pada Bab ini Miss :). Setelah menonton video ini saya jadi mengerti bahwa perusahaan akan menetapkan standar untuk menghasilkan Finish Good dengan menggunakan standar fisik dan standar harga. Dimana unit standar cost adalah unit yang dihasilkan dengan standard quantity dan standard price (bagi DM). Untuk menentukan standard labor dan FOH akan digunakan standar rate dan standard hour. Setelah ditentukan masing masing, maka semua ditotal untuk mendapatkan standard cost atas suatu produksi.

  23. Nama : Fathurozi. Absen 20. Manurut video diatas, Standard cost ialah biaya standar yang telah ditetapkan perusahaan agar tercapai efisiensi dalam proses prodksi. Standar cost juga memiliki fungsi yang penting dalam proses produksi antara lain: 1) membantu perencanaan manajemen, 2) menentukan harga jual produk, 3) Monitoring manajemen dan sarana evaluasi, 4) mengidentifikasi variance, dan 5) membantu memantau harga persediaan

  24. Nama : Deni Rahmat A, No. Absen : 08 Terima kasih untuk videonya miss, suaranya jernih. Untuk materi ini yang menarik adalah dikarenakan adanya standar yang harus kita tetapkan sejak awal dengan baik. Selain itu, untuk penghitungannya sendiri menggunakan standar yang telah ditetapkan tadi, dimana untuk DM menggunakan standard price dan standard quantity, DL menggunakan standatd rate dan standard time, dan FOH menggunakan standard rate baik untuk FOH variable dan FOH fixed

  25. Terimakasih atas penjelasannya miss, nama saya Dewanda Daffa Tegar Satriya kelas 4-07 nomor absen 09. Dalam materi standard costing yang di jelaskan diatas diberi tahu bahwa perusahaan biasanya sudah mentapkan biaya standar terlebih dahulu sebelum memproduksi satu unit produk jadi yang dinamakan standar cost. manfaat dari standard costing ini yaitu untuk menentukan harga jual, memantau harga persediaan, serta menentukan ada tidaknya varians.

  26. Nama : Fatin Azzahra Meida, No absen : 21. Terimakasih atas penjelasan mengenai materi standard costing di seri pertama. Standard costing berbeda dengan materi yang dahulu karena pada materi dahulu banyak membahas mengenai based on actual dan budgeted(normal costing dan actual costing), sedangkan untuk standard costing terdapat standar/rate dalam menentukan direct material, direct labor, dan overhead. Dalam sistem ini terdapat 2 standard yaitu standard price dan standard quantity. Dalam menentukan biaya standard ini dapat dikatakan mudah jika terdapat masukan dari orang yang bertanggungjawab atas biaya dan kuantitas yang ada, tetapi terdapat kendala dalam standar yang berubah-ubah

  27. Nama : Annisa, Kelas 4-07, Absen : 05. Terima kasih Miss atas penjelasannya. Dalam video ini dijelaskan bahwa terdapat 2 tingkatan dalam menentukan suatu standar yakni standar ideal dan juga standar normal. Standar ideal adalah level paling optinum berdasarkan kondisi operasional sedangkan standar normal adalah level paling efisien yang masih mungkin bisa dihasilkan pada kondisi operasional yang diharapkan oleh perusahaan

  28. Nama : RUMIRIS SIRAIT(4-07/35) Standar cost adalah biaya untuk membuat satu unit produk pada periode tertentu yang sudah ditetapkan standar Meliputi : Mamfaat dari standart cost : Membuat budget, mengontrol cost dan mengujur efisiensi, memudahkan prosedur penetapan biaya dan pembuatan laporan biaya, menetapkan cost material, wip, dan finished good dan menetapkan harga penawaran dan harga jual.. Ada 2 tingkatan , dalam perusahaan menentukan standar yaitu standar ideal dan standar normal

  29. Nama : Fannia Nuralvia Wardah (19) Kelas : 4-07. Terima kasih miss atas penjelasannya, hal yang menarik setelah saya menonton seri 1 ini yaitu adanya 6 hal terkait unit standard. 1. Direct Material, ada 2 yaitu : a. Standard Price dan b. Standard Quantity., 2. Direct Labor, ada 2 yaitu : a. Standard Rate dan b. Standard Time., 3. Factory Overhead, adanya fixed dan variable overhead yang keduanya menggunakan Standard Rate. kemudian dalam menentukan standar biaya, perusahaan memiliki dua tingkatan yaitu : A. Standard Ideal : Level yang paling OPTIMUM, B. Standard Normal : Level yang paling EFISIEN, wajar dalam perusahaan menetapkan standard pada level yang optimum (standard ideal) diatas standard normal.

  30. terimakasih miss atas penjelasannya, dari video ini saya jadi tau tentang standard cost. yang saya tau dulu standard cost adalah cost yg ditetapkan oleh perusahaan, tapi dalam video ini kita bisa menganalisa biaya yg dikeluarkan lewat standard costing ini sebagai pembanding dengan aktual. jadi kita bisa mengevaluasi biaya yg terjadi supaya kedepannya lebih efisien.

  31. Nama : Yasir Mandiri, No. Absen : 40. Terima kasih atas penjelasannya miss, terdapat beberapa pendekatan biaya, di antaranya adalah actual costing system, normal costing system, dan standard costing system. Untuk menentukan standard unit cost di dalam standard costing system, kita harus memperhatikan 6 hal, yaitu : Standard price dan Standard quantity untuk direct material, Standard Rate dan Standard Time untuk Direct Labor, dan Standard Rate untuk masing-masing fixed overhead dan variable overhead.

  32. Nama: Muhammad Faizal Al Farizi Absen: 30 Unit standard cost adalah biaya yang telah ditetapkan untuk memproduksi satu unit FG. Bisa berupa standard price(sp)/standard quantity(sq). Standard Quantity (SQ): input yang dibutuhkan untuk menghasilkan 1 unit produk. Share Premium(SP): Berapa banyak uang yang diperlukan untuk input yang digunakan untuk menghasilkan produk. Hal yang perlu diperhatikan dalam standard costing adalah 1. Standard Price dan Standard Quantity digunakan untuk DM, 2. Standard Rate dan Standard Time digunakan untuk DL, Standard Rate digunakan untuk fixed dan variabel foh.

  33. Nama: Aisya Fakhira no. Absen: 04 kelas: 4-07 Di Video ini saya belajar bahwa Standar Costing Method ini menggunakan standard price dan standard quantity untuk DM, standard rate dan standard time untuk DL, dan standard rate untuk overhead untuk menentukan manufacturing cost sebagai pengganti actual price atau actual cost. di video ini juga dipaparkan terkait pengisian standard cost sheet, manfaat penggunaan standard costing, sulit tidaknya menentukan biasya standar dan dua tingkatan perusahaan dalam menentukan suatu standar.

  34. Nama : Taufik Nur Fitrianto Absen :36 Terimakasih atas penjelasannya miss, terdapat tiga pendekatan cost assignment approaches, salah satunya adalah standard costing. Manfaat penggunaan standard costing yaitu, dapat memfasilitasi perencanaan manajemen, menentukan harga jual produk, membantu manajemen dalam pengendalian terkait evaluasi atas pengendalian harga, menentukan ada atau tidaknya varians

  35. Maaf Miss itu ada salah ketik maksudnya Standard Price bukan Share premium

  36. Nama : Fajar Salam Maulana No Absen : 18 Terima kasih banyak bu atas videonya untuk materi hari ini. Yang dapat saya tangkap, standard costing adalah biaya finished good untuk 1 unit. Pengukuran biaya tersebut berdasarkan pada standar biaya dan standar jumlah untuk DM, standar biaya per satuan waktu dan standar waktu untuk DL, dan standar rate variable dan fixed untuk FOH

  37. Evriansari Nurrizqi (4-07/16) Terima kasih miss atas videonya. Dalam seri 1 ini, saya mempelajari hal baru yang menarik tentang standard cost. Standard cost adalah biaya yang ditetapkan di awal sebelum melakukan produksi. Standard ini terdiri atas standar fisik dan standar harga. Kemudian pada saat penentuannya, perusahaan memiliki dua tingkatan yakni standar ideal dan standar normal.

  38. 03 Ahmad Adnan Manaf Kelas 4-07. hal yang saya dapatkan dari video ini bagaimana standar digunakan oleh perusahaan dan manfaatnya bagi perusahaan. standar yang digunakan adalah standard price dan standard quantity

  39. Nama : Elfira Damayanti (13) || Kelas : 4-07. Terima kasih atas penjelasannya Miss. Di video ini dijelaskan tentang Standard Cost yaitu biaya yang sudah ditetapkan terlebih dahulu untuk memproduksi satu unit produk jadi. Standar yg digunakan juga bisa berupa standar fisik dan standar harga. Dijelaskan pula mengenai Cost assignment approach, pendekatan pengaturan harga ada yang menggunakan Actual Costing System, Normal Costing System, dan Standard Costing System. Terima kasih Miss ^^

  40. Nama : Dita Ayu Rahmadani. Absen : 11. Kelas : 4-07 Dalam video tersebut dijelaskan mengenai standar costing yang digunakan perusahaan yaitu biaya yang sudah ditetapkan terlebih dahulu untuk memproduksi satu unit produk jadi, dapat berupa standar fisik maupun standar harga, terdapat 3 input standar, manfaat standar costing dan terdapat 2 tingkatan standar yaitu standar ideal dan standar normal

  41. Terima Kasih Miss untuk ilmunya. Materi yang dapat saya pelajari dari video ini diantara mengenai jenis jenis standar cost dan bagaimana menghitung standar cost untuk suatu produk berdasarkan masing masing kategori standar pada DM, DL dan Overhead. Selain itu ada juga manfaat dan kesulitan dalam penentuan standar costing. Adies (4-06/01)

  42. Terima kasih Miss, saya jadi lebih mengerti mengenai jenis jenis standart dalam memproduksi suatu unit produk

  43. Nama : Aura Wahdayani Putri. No absen : 07. Komentar : Terimakasih Miss atas penjelasannya miss yg interaktif ini. Video diatas Menjelaskan tentang standar cost, ada 2 standar yaitu standar fisik dan standar harga. DM : standard price, standard quantity, DL : standard rate, standard time, vFOH : standard rate, fFOH : standard rate. manfaatnya antara lain memfasilitasi perencanaan manajemen, memudahkan perusahaan menentukan harga jual produk, memudahkan memantau harga persediaan. Dalam menentukan suatu standar, ada 2 tingkatan: standar ideal(paling optimum), standar normal(paling efisien).

  44. Nama : Nizamuddin Aulia Firdaus (32) Kelas : 4-07 Terima kasih miss atas penjelasannya, dalam video tersebut terdapat dua tingkatan yang menjadi acuan bagi perusahaan dalam menentukan suatu standar 1. Standar ideal : Merupakan level yang paling optimum dari suatu kinerja berdasarkan kondisi operasional yang terbaik 2. Standar Normal : Merupakan level yng paling efisien dari suatu kinerja yang masih mungkin dihasilkan pada kondisi operasional yang diharapkan

  45. Nama : Abyadh Nuruttimami (01) Kelas : 4-07 Terimakasih atas penjelasannya miss. Dalam menghitung standard costing seperti yang dijelaskan diatas yaitu bertujuan untuk menentukan harga jual, memantau harga persediaan, serta menentukan ada tidaknya varians sebelum perusahaan memproduksi satu unit produk jadi.

  46. Terima kasih Miss atas videonya Pada video ini menjelaskan tentang standard costing yaitu biaya yang telah ditetapkan untuk memproduksi unit produk. Pada saat input ada unit standard cost yang terdiri dari standard price dan standard quantity. Pada standard costing terdiri dari beberapa standard yaitu standard price dan quantity untuk DM, Standard rate dan time untuk DL dan Standard rate untuk FOH. Tujuan utama standard costing adalah untuk membantu manajemen untuk menentukan harga sebagai fungsi perencanaan. Nur Irwansyah M – 24 – 506 AP

  47. Terima kasih Miss atas videonya. Pada intinya di video ini dijelaskan mengenai standarid costing atau standar biaya yang sudah ditetapkan untuk memproduksi unit sebuah produk perusahaan. Kemudian terdiri dari standard price (sp) dan standard quality (sq) untuk DM juga terdiri dari standard rate dan time untuk DL, dan standard rate untuk FOH. 19 / Muhammad Fadhila Azzam Kelas 5-05 AP

Leave a Message