Setup Menus in Admin Panel

Apa Probis itu?

 

Video ini merupakan sambungan dari video sebelumnya mengenai apa sih pentingnya mempelajari proses bisnis. Pada video sebelumnya (link https://klc.kemenkeu.go.id/pknstan-apa-pentingnya-belajar-probis/) pembelajar diajak untuk mensimulasikan estimasi kewajiban pajak yang dibayar oleh penjual mi rebus.
Pada video kali ini, kita diajak untuk memahami konsep paling dasar dari proses bisnis, sebelum ke materi-materi selanjutnya. Pertanyaan mendasarnya adalah apa itu proses bisnis? Untuk tahu jawabanya, simak videonya dan ikuti terus tutorial pada channel ini.

Rating: 5.0/5. From 109 votes.
Please wait...

Views : 621

130 responses on "Apa Probis itu?"

  1. Terima kasih Pak, ini serius videonya simple tapi keren bgt.. Karena secara tidak langsung saya jadi paham kalau proses bisnis itu terdiri dari tiga langkah sederhana, yaitu input (kalau di cost accounting mungkin ada raw material dan overhead) , process (by division mungkin ya, di mana dikerjakan oleh labor, karena biasanya Wajib Pajak memiliki lebih dari satu divisi dengan tugas berbeda namun berkesinambungan, mungkin masih berbentuk barang work in process ya) , dan output (finished goods).. Alhamdulillah jadi terbantu dalam memahami materi proses bisnis, terima kasih Pak ?

  2. Jika di video sebelumnya Bapak bercerita mengenai pentingnya probis dalam pemungutan pajak, pada video yang apik ini bapak menceritakan ternyata Probis bukanlah sesuatu yang rumit dan dapat disederhanakan menjadi suatu rangkaian dari Input-Process-Output. Penjelasan sederhana ini tentu dapat membantu saya yang baru saja belajar mengenai Probis. Semoga terdapat video-video lanjutan yang dapat saya pelajari mengenai Probis ini. Terima kasih untuk video pembelajarannya pak.

  3. Terimakasih Pak, video Bapak sangat luar biasa. dengan konsep yang sederhana tetapi jelas dan mudah dipahami . dari video tersebut saya menjadi tahu bahwa Proses Bisnis adalah suatu rangkaian yang terdiri dari Input ( masukan , segala hal yang dibutuhkan ) , process , dan output ( keluaran , hasil yang diperoleh ) .

  4. Terima kasih pak videonya. Videonya singkat namun mudah dipahami, sehingga saya mengetahui bahwa proses bisnis ada tiga tahapan yaitu adanya input, proses, dan output.

  5. Terima kasih atas video pembelajarannya yang menarik dan bermanfaat. Dari video tersebut, dapat diketahui bahwa proses bisnis merupakan keseluruhan proses yang mengubah satu atau beberapa input menjadi output (yang mempunyai nilai tambah). Semoga terdapat video-video selanjutnya yang menjelaskan lebih rinci mengenai proses bisnis. Salam.

  6. Berdasarkan video yang berjudul ‘apa probis itu’ yang merupakan lanjutan dari video ‘apa pentingnya belajar probis’ dapat dimengerti bahwa terdapat konsep paling dasar dari Proses Bisnis yaitu input (start), process dan output (end). Video ini sangat bermanfaat. Terima kasih atas video Bapak.

  7. Terima kasih, Pak, videonya lugas, simpel, dan jelas dalam pemaparan arti dari proses bisnis dengan menganalogikan proses penjualan mi di warung mi instan. A series of steps designed to produce a product or service menurut Rummler and Brache (1995) tampak dalam analogi di video ini, tentunya berkembang lebih kompleks dalam usaha yang lebih besar. Input, proses, dan output dalam proses bisnis dapat saya pahami melalui video ini. Sangat bermanfaat bagi saya dan tentu teman-teman semua! Salam Takzim, Joshua.

  8. Terima kasih Pak, video tersebut memberikan gambaran awal yang sangat jelas mengenai profil bisnis yang akan saya pelajari kedepannya. Ternyata di dalam proses bisnis itu terdiri dari tiga tahapan yaitu input – process – output, saya menantikan video- video berikatnya yang memberikan penjelasan lebih jauh lagi. Terima kasih Pak

  9. Terimakakasih pak atas videonya, video tersebut membuka pikiran saya kalau dalam hal menghadapi Wajib Pajak tidak hanya Outputnya yang saya ketahui, tetapi saya juga harus mengetahui apa saja Inputnya secara jelas, selain itu prosesnya pun harus saya ketahui, sehingga ketika kita mengetauin semuanya secara menyeluruh maka Potensi Pajak akan semakin jelas dan bahkan bertambah karena kita mengetahui dari akarnya hingga hasilnya. mantabbb Pak..

  10. Terima kasih pak atas video pembelajaran yang berjudul “Apa itu probis”. Dari video bapak dapat saya pelajari bahwa untuk menguasai suatu bisnis, harus mempelajari proses bisnisnya juga karena ketika kita sudah mengetahui proses yang terjadi maka kita dapat dengan mudah mengembangkan bisnis tersebut. Begitu pula sebagai fiskus yang baik dan benar, ketika sudah menguasai proses bisnisnya maka penggalian potensi dapat dilakukan dengan maksimal bagi pemasukan ke kas negara.

  11. Terimakasih Pak atas videonya, video tersebut menambah pengetahuan bagi saya bahwa secara sederhana proses bisnis tersegmentasi menjadi 3 bagian (Input, Proses, dan Output). Selain itu dengan mengetahui proses bisnis, fiskus tentunya dapat mengoptimalkan penggalian potensi pajaknya sehingga dapat meningkatkan penerimaan pajak

  12. Intinya proses bisnis terdiri dari tiga bagian utama yaitu input, proses, dan output. Ilustrasinya yang sederhana membuat materinya jadi lebih mudah dipahami.? Terima kasih, Pak.

  13. video ini menjelaskan bagaimana struktur utama dari suatu proses bisnis, dimulai dari input, proses hingga output. dengan memahami bagian bagian tersebu, makat akan semakin memudahkan fiskus untuk menggali potensi pajak terutang disetiap prosesnya. Mantap pak, terimakasih.

  14. Terima kasih atas video pembelajaran yang sungguh luar biasa dan sangat bermanfaat, Pak. Berkat video ini saya memiliki gambaran tentang apa itu proses bisnis. Ternyata proses bisnis terdiri dari 3 unsur penting yaitu input, proses, dan output. Sehingga kalau boleh saya menyimpulkan bahwa proses bisnis adalah serangkaian aktivitas yang merubah input menjadi output yang memiliki nilai tambah. Ditunggu video-video berikutnya, Pak.

  15. Dari video ini kita tahu bahwa setiap entitas usaha baik skala kecil maupun besar pasti punya aktivitas2 yang mengubah input menjadi output melalui proses, rangkaian ini yg disebut proses bisnis. Terima kasih atas video pembelajarannya pak.

  16. Dari video tersebut, saya memahami kalau proses bisnis terbagi dalam tiga bagian, mulai dari input, kemudian diproses, dan menjadi output. Terima kasih pak, sangat bermanfaat.

  17. Terima kasih pak atas videonya yang menarik dengan ilustrasi yang imaginatif :)) Dengan penggambaran yang mudah dipahami, kita jadi mengetahui bahwa proses bisnis terdiri dari 3 step yaitu input, proses, dan output. Dari setiap step tersebut, petugas pajak dapat melakukan penggalian potensi sesuai peraturan perpajakan.

  18. Ilustrasi pada video diatas, memudahkan saya untuk lebih memahami Proses Bisnis itu. Bahwa Proses Bisnis terdiri dari 3 langkah penting yaitu input/start, process, dan output/end. Di dalam proses bisnis itu terdapat aktivitas yang terukur dan terstruktur yang menghasilkan produk/jasa bagi pelanggan. Terima kasih atas videonya Pak.

  19. Terima kasih Pak atas videonya, saya jadi tahu mengenai proses bisnis. bahwa dalam sebuah proses bisnis membutuhkan analisis input, proses, dan output

  20. Terima kasih atas pemaparan yang sangat sederhana dan jelas. Seperti halnya suatu system, proses bisnis merupakan suatu proses kegiatan yang dilakukan untuk mengolah input menjadi output yang diinginkan.

  21. Terima kasih Pak, atas videonya yang sangat sederhana dan cukup jelas. saya menjadi tahu bahwa proses bisnis terdiri dari tiga tahapan, yaitu input, proses, dan output

  22. Terimakasih pak atas videonya. Dari penjelasan sederhana yg mudah dipahami tersebut menambah pengetahuan saya mengenai proses bisnis dan tiga komponen utama dalam proses bisnis tersebut ( input, proses, output ).

  23. Wahh Video ini sangat menarik Pak, sayang Judulnya Indomie tapi gambar yang dipakai untuk ‘input’ merk lain hehehe Videonya keren Pak penjelasannya tak bertele-tele. Saya juga dapat menyimpulkan definisi ProBis itu sendiri dengan bahasa yg lebih mudah.

  24. Terima kasih bapak atas videonya. Videonya dikemas dengan sangat menarik dan mudah dipahami. Contoh yang diberikan sederhana sehingga materi tersampaikan dengan sangat baik.

  25. Video ini memperjelas lagi dari video sebelumnya tentang apa dan bagaimana ilmu manajemen dan proses bisnis ini digunakan. Dengan memahami proses bisnis wajib pajak kita bisa menentukan dengan tepat kewajiban wajib pajak dan berapa besar pajak yang harus dibayar dengan mengetahui biaya dan omsetnya. Video yang dibuat juga sangat bermanfaat dan,mudah untuk dipahami. Terimakasih banyak Pak.

  26. Terima kasih atas video pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami ini pak. Jika pada video sebelumya telah dijelaskan mengenai pentingnya mempelajari proses bisnis wajib pajak bagi seorang fiskus, setelah menonton video ini saya dapat menyimpulkan pengertian dari proses bisnis.

  27. Terima kasih atas video pembelajarannya, Pak. Berkat video ini saya menjadi lebih mengetahui pentingnya Proses Bisnis Wajib Pajak terkait kewajiban perpajakannya. Selain itu, materi yang disampaikan dibawakan dengan bahasa yang komunikatif dan jelas, sehingga tidak menyulitkan untuk dipahami. Terakhir, materi yang ada memang singkat tetapi poin yang ingin dibahas benar-benar tepat sasaran dan tidak bertele-tele. Oleh karena itu, pemahaman proses bisnis secara singkat ini dapat diambil intinya dengan sangat baik bagi saya yang melihat.

  28. Terima kasih atas video pembelajarannya, Pak. Konsep dasar proses bisnis diilustrasikan dengan gambar yang mudah dipahami. Setelah menonton video ini, saya jadi mengetahui bahwa dalam proses bisnis terdiri dari input, proses dan output.

  29. Ada input (bahan), ada proses dan ada output (hasil), ternyata proses bisnis dapat didefinisikan sesederhana itu. Terima kasih untuk video pembelajarannya, Pak. Sangat bermanfaat.

  30. Dari video kedua ini semakin memperjelas apa yang akan kita pelajari dari mata kuliah proses bisnis. Setiap wajib pajak pasti memiliki usaha atau bisnis yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya, setiap kegiatan atau bisnis tersebut memiliki 3 poin utama, yakni ada input, proses, dan output. Dengan membagi suatu proses dari kegiatan usaha ke dalam 3 kelompok tersebut, kita akan lebih mudah untuk mempelajari materi selanjutnya. Video pembelajaran yang dikemas sangat menarik, terutama alunan musiknya. Terima kasih Pak,

  31. Sungguh ilustrasi yang sangat sederhana namun mengena dalam memberikan pemahaman. Terima kasih, alhamdulillah sangat bermanfaat, Pak.

  32. Terimakasih video pembelajarannya pak, ilustrasi yang sederhana nan ringkas dapat menjelaskan inti dari probis sebagai rangkaian proses pengolahan input hingga menjadi output yang diharapkan

  33. Terimakasih pak, jadi memang proses bisnis itu sangat penting kita pelajari. Karena proses bisnis sendiri merupakan aktivitas yang dilakukan secara terstruktur yang nanti nya menghasilkan output untuk pelanggan tertentu.

  34. wah sangat mudah dipahami, ga sabar dengan video selanjutnya

  35. terimakasih pak. videonya sanat membantu sekali. Sangat mudah dipahami.Dari sini saya belajar tahapan dari proses bisnis yaitu input, proses, dan output

  36. Dari video lanjutan ini saya jadi lebih memahami bahwa proses bisnis itu terdiri dari beberapa tahapan yaitu mulai dari input , pemrosesan hingga menghasilkan suatu output. Contoh yg diberikan memberikan gambaran yg sederhana namun jelas dan mudah dimengerti..terimakasih bapak ??

  37. Terima kasih pak atas video pembelajarannya, Melalui video ini, saya mengerti konsep proses bisnis yang dijelaskan secara sederhana yaitu Input-Process-Output, dan dengan ilustrasi yang diberikan juga dapat memberikan pemahaman tentang proses bisnis

  38. Terimakasih atas video nya yang sederhana namun mudah dimengerti, Pak ? Dari video diatas saya mengetahui bahwa proses bisnis memiliki 3 komponen yaitu input, adanya proses yang mengubah input, dan output sebagai hasil.

  39. Terima kasih atas video yang sangat menarik ini, Pak. Video lanjutan dari “Apa pentingnya belajar probis” ini menjelaskan bahwa proses bisnis adalah suatu proses yang runtut mulai dari input, process hingga output. Sebagai petugas pajak, kita harus mengetahui apa saja input-nya, bagaimana proses yang ada hingga menjadi ouput (barang siap jadi) secara jelas untuk dapat memperkirakan potensi pajaknya.

  40. Terima kasih atas videonya, Pak. Video tersebut memberikan penjelasan yang singkat namun sangat mudah dipahami. Dari tayangan dapat disimpulkan bahwa proses bisnis memiliki tiga komponen yang terstruktur dimulai dari input, proses, dan output.

  41. Terima kasih atas video pembelajarannya Pak. Dari video ini saya dapat mengetahui bahwa proses bisnis terdiri dari 3 komponen utama yaitu input yang merupakan awal dari proses bisnis, lalu proses yaitu bagaimana input tersebut diolah, dan output sebagai hasil akhirnya.

  42. Dari video ini saya menjadi mengerti apa itu proses bisnis yaitu input yang diproses untuk menghasilkan output yang bernilai. Video nya disajikan dengan simple namun sangat menarik dan mudah dimengerti sehingga saya menjadi tahu apa itu proses bisnis. Terimakasih Pak ?. Ditunggu video selanjutnya hehe 🙂

  43. Video kedua ini membuat saya lebih mengerti lagi terkait Probis dan tidak sabar untuk belajar dari video-video selanjutnya o(^▽^)o Terima kasih, Pak.

  44. Terima kasih atas video pembelajarannya pak. Video ini menjelaskan bahwa proses bisnis merupakan rangkaian aktivitas yang terdiri dari input, proses dan output sehingga menghasilkan suatu produk tertentu.

  45. Terimakasih videonya, Pak. Saya kira mi-nya indomie Pak, hehe. Ternyata probis itu tidak asing ya, sering kita temui dan ada kaitannya sama akuntansi biaya yang sudah dipelajari. Secara sederhana, probis adalah serangkaian proses mengubah input menjadi output (produk atau layanan) yang siap dinikmati konsumen. Kalau gitu, termasuk proses pemasaran juga kan, Pak?

  46. Dari video tersebut, saya dapat memahami dengan lebih sederhana apa yang dimaksud dengan proses bisnis. Terimakasih pak.

  47. Terimakasih pak atas video pembelajarannya. Dengan penyajian video yang singkat dan mudah dipahami ini sangat membantu dalam memahami apa itu proses bisnis.

  48. Terimakasih banyak Pak untuk video pembelajaran ini. Saya menjadi mengerti bahwa terdapat 3 hal penting dalam proses bisnis yaitu input, process, dan output. Pemahaman akan input, process, dan output tersebut akan dapat memaksimalkan penggalian potensi pajak Wajib Pajak demi tercapainya penerimaan pajak nantinya.

  49. Terimakasih pak atas video pembelajarannya. Dalam video menampilkan infografis yang menarik dan membuat materi menjadi lebih mudah dipahami. Dari video ini dapat ditarik gambaran besar bahwasanya untuk memahami proses dari suatu bisnis tidak terlepas langkah-langkah untuk mengubah input (masukan/mentahan) menjadi output (keluaran/barang jadi). Sehingga kami mengerti bagaimana nantinya akan melakukan penggalian potensi pajak terhadap para Wajib Pajak secara maksimal.

  50. Terima Kasih Pak atas penjelasannya, pemahaman dasar Proses Bisnis ini menjadi lebih mudah dipahami dengan nalar, penjelasan yang sederhana namun sangat jelas.

  51. Wah, Pak.. ternyata video yang ini masih bikin laper juga hehe 😀 Selain bikin laper, video ini juga bikin saya sadar kalau sekompleks apapun sebuah bisnis, pasti tetap memiliki input-proses-output dalam menjalankan usahanya. Sebagai seorang pegawai pajak yang baik, tentu sangat penting untuk mengerti dan memahami tentang proses bisnis tersebut. Terima kasih banyak Pak Ragil, video ini sangat membantu 😀

  52. Penjelasan mengenai probis yang sangat sederhana namun mungkin akan selalu diingat dikarenakan diilustrasikan dengan aktivitas sehari-hari. Terimakasih pak, saya sedikit paham mengenai probis lewat vidio singkat ini bahwa proses bisnis adalah serangkaian aktivitas input proses dan output untuk mencapai tujuan tertentu pelaku bisnis

  53. Dari video tersebut, dengan ilustrasi sederhana kita dapat memahami probis dengan asik. Melalui video pembelajaran tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ada 3 komponen dasar yang akan selalu kita temui pada setiap proses bisnis yaitu input, proses, output. Dengan memahami 3 komponen tersebut maka kita dapat memahami secara menyeluruh terkait proses bisnis

  54. video yang kedua ini lebih ke pengertian umum tentang probis, dan setiap kegiatan usaha memiliki ke-unikan proses bisnis tersendiri masing-masing. tugas kita sebagai fiskus adalah memahami lebih dalam mengenai probis yang dilakukan wajib pajak.

  55. Dari video ini dapat saya simpulkan “DALAM BISNIS, SESUATU DIMULAI KEMUDIAN DIPROSES SEDEMIKIAN RUPA UNTUK BERTEMU AKHIR.” karena bisnis pasti punya tujuan. Input-process-output, that’s how it works. Terimakasih, Pak atas videonya. Bravo!

  56. Semoga mata kuliah ini memang sesederhana input (start) – process – output (end). Terima kasih pak atas penjelasan yang ringkas dan sederhana. #teamindomie #bukanmiesedaap

  57. Terimakasih atas video pembelajarannya pak. Videonya sangat bermanfaat dan juga dikemas dalam bahasa dan ilustrasi sederhana sehingga mudah dipahami. Melalui video ini saya jadi mengetahui kalau proses bisnis terdiri dari 3 proses utama, yaitu: Input, proses, dan output.

  58. Dalam menjalankan kegiatan usaha dalam proses bisnis pasti disertai langkah-langkah sebagai komponen untuk menghasilkan barang ataupun jasa serta aktivitas yang terstruktur dan saling berkaitan. INPUT->>PROCESS->> OUTPUT Itulah proses bisnis.

  59. terimakasih videonya Pak, video yang lumayan singkat tersebut namun jelas bagi kami apa itu proses bisnis, didalamnya pasti ada langkah-langkah tertentu untuk menghasilkan suatu output yang beragam tergantung klasifikasi jenis usaha WP,,.. namun terpenting kami menjadi paham bahwa ada 3 komponen utama dalam proses bisnis yaitu adanya input — proses —- output. semoga terhadap apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi kami dalam belajar proses bisnis Wajib Pajak khususnya saat melaksanakan tugas sebagai fiskus untuk memberikan pelayanan yang akuntabel.

  60. Terima kasih untuk lanjutan video pembelajarannya, Pak Ragil. Dari video ini saya dapat memahami konsep utama proses bisnis, yakni input -> proses -> output. Ketiga aspek ini menjadi suatu rangkaian aktivitas yang dapat digali potensi perpajakannya. Semoga akan ada video-video selanjutnya mengenai pelajaran proses bisnis ini.

  61. Bahasa yang disampaikan cukup singkat, namun dapat dipahami dan ditambah gambar-gambar yang mendukung.Proses bisnis memang pada dasarnya menghasilkan output ke pelanggan tertentu, namun dari video ini saya bisa menangkap bahwasanya Proses bisnis disini bukan terkait apa yang dihasilkan perusahaan tersebut, melainkan bagaiman perusahaan menjalan bisnisnya sehingga menjadi nilai jual ke konsumen.

  62. video yang bagus, materi yang telah disajikan di dalam video “apa itu probis” tersebut membuat saya memahami bahwa proses bisnis terdiri dari input (masukan) yang kemudian akan diproses dan menghasilkan suatu keluaran (output). terimakasih banyak pak ragil.

  63. Proses Bisnis seperti yang dijelaskan pada video intinya merupakan rangkaian kegiatan untuk memproses input sehingga dihasilkan output sesuai dengan target pasar yang diharapkan. Terima kasih atas video pembelajaran yang ringkas dan to the point ini Pak.

  64. Video ini sangat menarik, singkat namun tegas dan jelas. Saya jadi paham bahwa proses bisnis adalah hal yang sering bahkan selalu kita temui dalam hidup kita. dan rangkaian kegiatan input-process-output adalah hal yang penting untuk ditelaah dan dipelajari lebih dalam lagi karena berkaitan dengan usaha untuk menggali potensi perpajakan secara lebih optimal dan maksimal.

  65. Terimakasih Pak, videonya ilustratif, singkat namun mudah dipahami. Dari video tersebut dapat diketahui bahwa komponen dasar dari Proses Bisnis ada tiga yaitu input, proses dan output.

  66. Dari video saya tahu bahwa dasar untuk memahami proses bisnis adalah mengetahui apa input-nya, bagaimana cara memprosesnya dan apa yang dihasilkan dari proses tersebut. Terima kasih, Pak.

  67. Terima kasih pak Ragil untuk videonya yang singkat namun jelas. Dari video diatas dapat dengan mudah dipahami bahwa proses bisnis adalah suatu rangkaian kegiatan untuk mengubah input menjadi output tertentu melalui sebuah proses yang dijalankan.

  68. Terima kasih ats ilmu yang disampaikan melalui video ini pak.. sebelum mempelajari lebih lanjut tentang Proses Bisnis ternyata yang harus saya pahami terlebih dahulu adalah dasar atau konsep utama proses bisnis itu sendiri yang terdiri dari Input-proses-output, yang merupakan kumpulan aktivitas terstruktur dan saling berkaitan yang menghasilkan suatu produk atau tujuan tertentu.

  69. Terima kasih pak, video pembelajaran ini dikemas dengan sangat baik dan sangat menarik. Dari video ini saya menjadi lebih paham lagi mengenai apa itu proses bisnis. Intinya proses bisnis ialah suatu kegiatan yang terdiri dari 3 komponen yaitu input -> proses -> output.

  70. Video pembelajaran ini sangat membantu saya dalam memahami apa itu proses bisnis. Mungkin dulu saya hanya menganggap bahwa proses bisnis hanya terjadi pada sebuah perusahaan yang berskala besar saja, ternyata setelah melihat video ini kegiatan proses bisnis telah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari bahkan mungkin dari kita sekarang sedang atau pernah melakukan sebuah proses bisnis. Dari video ini juga telah memberi pengetahuan tentang tahapan dalam proses bisnis yang terdiri dari start- process-end. Terima kasih pak atas videonya. Ditunggu video-video pembelajaran proses bisnis yang lainnya.

  71. terima kasih telah meyajikan video pembelajaran ini, pak. yang dapat saya simpulkan, untuk menghasilakan suatu barang tidak luput dari yang kita sebut proses. serta dalam proses tersebut tidak hanya memerlukan bahan-bahan utama, tapi juga bahan-bahan pelengkap lainnya. hal ini seperti membutuhkan algoritma dalam pembuatan setiap barang ataupun jasa.

  72. Video ini membantu saya memahami proses bisnis, apalagi dicontohkan dengan penjual mie rebus. Jadi sederhananya probis itu terdiri dari input-proses-output atau disimbolkan dengan start-process-end. Terima kasih Pak..

  73. Terima kasih atas video edukatif ini, Pak Ragil. Saya sangat menyukai video yang Bapak buat, karena mudah sekali dipahami. Melalui video ini, saya jadi lebih memahami lagi, bahwa proses bisnis itu dapat terbagi menjadi input, proses, dan output. Mungkin saja pada mata kuliah Probis ini, nanti kami dapat belajar untuk menggali lebih dalam, tidak sekedar input dan hanya melihat outputnya saja, namun tentu pasti terdapat “sesuatu” dalam proses itu sendiri. Terima kasih sekali lagi saya sampaikan, atas ilmu yang bermanfaat, Pak. Semoga berkah untuk kami dan Pak Ragil juga. Aamiin.

  74. Secara garis besar proses bisnis terdiri dari tiga bagian utama yaitu input, proses, dan output. Ilustrasi yang sederhana sehingga membuat materinya jadi lebih mudah dipahami. Terima kasih, Pak.

  75. Penjelasan yang disampaikan cukup ringkas namun mencakup hal-hal yang perlu saya ketahui untuk memulai belajar tentang proses bisnis. Pengemasannya juga cukup menarik dan mudah dipahami.

  76. Dari video ini kami tahu bahwa probis yaitu kumpulan aktivitas terstruktur dan berkaitan yang menghasilkan suatu produk atau tujuan/ output tertentu. proses bisnis itu terbagi menjadi input, proses, dan output. Terimakasih bapak atas video pembelajarannya

  77. Dari video ini saya dapat memahami bahwa proses bisnis adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan barang/jasa yang relevan dengan kegiatan usaha/dijanjikan kepada pelanggan. Terimakasih banyak pak atas materinya..

  78. Video ini menjelaskan secara singkat dan jelas mengenai apa itu proses bisnis secara umum dan dibuat dengan sangat menarik sehingga memudahkan saya dalam memahami proses bisnis yang meliputi input, proses, dan output. Terimakasih atas video pembelajarannya Pak.

  79. Terima kasih pak atas video pembelajarannya, setelah menonton video ini saya jadi mengerti apa arti proses bisnis dan apa saja elemen-elemen penting yang ada didalamnya.

  80. Materi disampaikan dengan ilustrasi yang mudah dipahami melalui hal-hal yang sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. terima kasih atas videonya Pak

  81. Terima kasih videonya… Sya mnyimpulkan proses bisnis merupakan serangkaian siklus yang dilakukan oleh suatu entitas mulai dari persiapan dan bahan kemudian diolah menjadi suatu hasil yg diinginkan

  82. Setelah menyaksikan video tersebut, saya bisa memahami Proses Bisnis dengan mudah karena ilustrasi yang disuguhkan cukup mudah untuk dipahami

  83. Video yang bagus dan bermanfaat bagi kita untuk memahami tentang proses bisnis dengan cara yang mudah karena digambarkan dengan contoh kasus yang sederhana dan dekat dengan kita sebagai mahasiswa :))

  84. Terimakasih pak atas vidionya, dengan vidio yang singkat dan jelas ini sangat membantu saya dalam memahami apa itu proses bisnis

  85. Terima kasih pak, videonya sangat mudah untuk dipahami karena menggunakan ilustrasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Saya jadi paham mengenai apa itu proses bisnis beserta komponen-komponen penyusunnya yang berupa input, proses dan output.

  86. Terima kasih, Pak. Penjelasan yang terdapat pada video mudah untuk dimengerti. Ilustrasinya yang sederhana sangat menarik bagi penonton yang ingin belajar proses bisnis.

  87. Terimakasih atas video pembelajarannya pak. Videonya sangat mudah untuk dipahami. Melalui video ini dapat di tarik kesimpulan jika proses bisnis terdiri dari 3 proses utama, yaitu: Input – proses – output

  88. Terima kasih Pak videonya simpel tapi jelas. Saya merasa sangat terbantu untuk memahami. Tidak sabar untuk video-video selanjutnya. Semangat Pak

  89. Terima kasih atas video pembelajarannya yang menarik pak. Sekarang saya jadi tahu apa itu proses bisnis dan seberapa pentingnya bagi keberlangsungan usaha

  90. Noted: Input –> Proses –> Output. Terima kasih pak

  91. terimakasih pak sangat membantu

  92. Terima kasih Pak atas videonya, memudahkan pemahaman kami tentang apa itu proses bisnis

  93. Terimakasih Pak, video ini sangat membantu saya memahami konsep dasar dari pengertian Probis

  94. Terimakasih Bapak atas videonya untuk memahami konsep dasar Proses Bisnis yaitu Input, Proses sehingga menghasilkan Output yang diinginkan

  95. Video yang menjelaskan arti Proses Bisnis dengan cara yang simpel dan masuk ke ingatan para mahasiswa dengan ilustrasi Mie Rebus Anak Kos. Yang jelas sangat bermanfaat. Semoga berkah untuk kita semua. Makasih Pak 🙂

  96. Terima kasih pak atas videonya, saya berterima kasih karena dengan video ini saya dapat dengan mudah belajar dan mengerti apa itu proses bisnis. Hal tersebut tidak lepas dari penyajian video yang bagus, substansi materi yang jelas dan ditambah dengan contoh yang simpel, sehingga membuat materi yang telah disajikan dapat saya cerna dengan ringan.

  97. Penjelasannya sangat menarik karena perumpamaannya relate dengan kehidupan anak kos hehe terima kasih banyak Pak.

  98. Video tersebut sangat membantu kami dalam memahami apa yang dimaksud proses bisnis. Ilustrasi sederhana yang digunakan mempermudah dalam pemahaman, selain itu pendapat para ilmuwan semakin memperjelas ilustrasi yang disajikan.

  99. Terima kasih atas penjelasannya Pak. Sangat membuka wawasan. Ilustrasi penjelasan sebelum membahas mengenai pendapat beberapa ahli sangat membantu untuk memahami pengertian proses bisnis. Hal yang saya dapatkan dari video pembelajaran ini adalah untuk memulai suatu bisnis diharuskan adanya input dan proses yang sedemikian rupa untuk menghasilkan output. Proses itu sendiri merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengolah input menjadi output yang memiliki nilai tambah. Selain itu video ini memberikan saya pandangan bahwa “segala hal butuh proses untuk maju atau menghasilkan sesuatu”. Semoga video ini dapat berkontribusi besar untuk saya dan penonton lain yang sedang berproses ini.

  100. Videonya cukup singkat namun padat, jelas, dan ditambah dengan adanya ilustrasi membuatnya sangat mudah dicerna. Terimakasih, Pak

  101. Terima kasih pak, setelah menonton video ini saya jadi lebih tercerahkan. Melalui penjelasan materi-materi serta teori yang dibawakan dengan seru, sehingga mudah memahaminya.

  102. Materinya mudah dipahami karena ilustrasinya sederhana. Dari video tersebut dapat diketahui bahwa konsep dasar dari proses bisnis terdiri dari tiga bagian utama yaitu input, proses, dan output. Terima Kasih Pak atas videonya.

  103. Penjelasan singkat yang mudah menyebabkan kami semakin semangat untuk mempelajari dan memahami mata kuliah Proses Bisnis. Terimakasih pak ??

  104. Video ini sangat mudah dipahami. Terimakasih, Pak..

  105. Terima kasih kepada Bapak Antonius Ragil Kuncoro atas video pembelajarannya yang singkat dan jelas. Akhirnya sekarang saya jadi tau probis itu apa. Mantulizationable banged Pak.

  106. Terima kasih banyak Pak, video pembelajarannya membantu kami mengenal probis dengan sederhana sehinggga mudah dipahami. Kontennya sangat ilustratif Pak. Setelah mulai belajar probis menurut analisis saya secara garis besar output dari video pembelajarannya mantap Pak 😀 hehehe

  107. Mantap Pak, penggambaran sederhana yang memudahkan pemahaman awal tentang konsep dasar proses bisnis. Jadi tertarik belajar lebih dalam tentang proses bisnis nih…

  108. Ilustrasi sederhana dalam video ini dapat memberikan gambaran umum dalam mempelajari Proses Bisnis Wajib Pajak ini. Terima kasih sudah memberikan pedoman awal dalam mempelajari Proses Bisnis Wajib Pajak, Pak.

  109. Terima kasih banyak pak. Berkat penggambaran jelas dari video singkat ini mengenai proses bisnis, saya jadi lebih tertarik untuk mempelajarinya lebih dalam.

  110. Terimakasih atas videonya Pak. Penjelasannya sederhana tetapi mudah untuk dipahami, sangat to the point dan tidak bertele-tele. Saya menjadi memiliki gambaran seperti apa proses bisnis itu.

  111. Terima kasih atas penjelasannya Pak. Sangat membuka wawasan tentang seberapa pentingnya bagi para pegawai pajak (dan calon pegawai)/umum untuk memahami mengapa proses bisnis wajib pajak itu penting. setelah melihat pemaparan di video ini saya tersadarkan bahwa pemahaman mengenai proses bisnis wajib pajak adalah sesuatu yang harus dilakukan untuk meminimalisir potensi pajak yang hilang baik karena kurangnya ketersediaan informasi ataupun disembunyikannya suatu informasi. Terima kasih pak videonya sangat membantu.

  112. Penjelasan yang mudah dipahami, Pak. Cukup untuk memberikan pemanasan sebelum memulai tatap muka perkuliahan di kelas. Dari sini, saya mengetahui bahwa proses bisnis terdari dari tiga bagian penting yaitu suatu input yang diproses hingga menjadi ouput yang memiliki suatu nilai tambah. Terima kasih atas video-videonya Pak, ditunggu video pembelajaran selanjutnya.

  113. Video yg sangat cocok untuk memahami makna probis bagi pemula. Melalui video ini saya terbayang apa yg akan kami pelajari satu semester ke depan. Probis penting dipelajari untuk dapat menggali potensi pajak yg maksimal dari usaha wp. Terimakasih videonya pak

  114. Video yg oke banget pak. Singkat padat jelas. Probis terdiri dari input proses lalu output. Harus diawali masukan lalu diberi proses yg terstruktur dan terukur agar menghasilkan output atau keluaran. Apabila proses tsb dijelaskan melalui flowchart akan lebih jelas karena masing masing dari simbol flowchart itu memiliki makna berbeda. Kebetulan sy pernah mempelajari hal tsb dari suatu diklat. Lalu video ini sangat mewakili apa yg akan kita pelajari satu semester ke depan

  115. Terima kasih Pak Ragil atas unggahan videonya. Dari video tersebut saya mengerti bahwa Proses bisnis merupakan aktivitas menghasilkan output yang direncanakan dari input yang sesuai.

  116. Dari video ini kita dapat mengetahui bahwa dalam suatu proses bisnis terdapat input berupa material/ bahan apa saja yang dibutuhkan kemudian diproses dengan suatu metode yang nantinya menghasilkan suatu output berupa produk bisnis. Ilustrasi yang bapak sajikan membuat kami dapat dengan mudah memahaminya, Terimakasih pak, ditunggu video selanjutnya

  117. Terima kasih Pak, dari video ini kita dapat mengetahui konsep dasar dari proses bisnis, ilustrasi dibuat dengan penampilan yang menarik, sehingga mudah dipahami. Ditunggu video-video pembelajaran selanjutnya Pak.

  118. Walaupun kedengarannya rumit dan mungkin pada kenyataannya memahami proses bisnis itu rumit, namun dengan video pembelajaran ini, yang dibungkus dengan ilustrasi yang sederhana, saya jadi lebih memahami apa itu proses bisnis. Terima kasih Pak Ragil.

  119. Terima kasih kepada Bapak Antonius Ragil Kuncoro atas video pembelajarannya yang singkat dan jelas. Semiga video ini bermanfaat bagi kita semua.

  120. Videonya sangat membantu dan menarik. Terima kasih, ditunggu video pembelajaran berikutnya Bapak 🙂

  121. Video singkat yang sederhana namun sangat membantu untuk memberikan gambaran dan konsep dasar proses bisnis

  122. terima kasih pak atas video pembelajarannya, sangat mengedukasi mahasiswa . salam satu jiwa

  123. Terima kasih telah memberikan konsep dasar proses bisnis dalam video sederhana yang mudah dimengerti ini, Pak Ragil. ??

  124. Setelah melihat video pertama dan kedua, saya jadi memiliki gambaran tentang proses bisnis. Seketika mengingatkan saya ketika membeli indomie di warun*k up*norm*al saya jadi menghitung berapa keuntungan yang didapat dari penjualan indomie tersebut. dan seketika saya sadar betapa lebih baik saya membeli indomie sendiri. sangat bermanfaat sekali bapak ?? video yang mudah dimengeri menstimulasi untuk berfikir kritis. super sekali pak

  125. sangat mudah dipahami dan sangat mengedukasi, Terimaksih pak

  126. Terimakasih Pak atas video pembelajarannya sangat mudah dimengerti

  127. Terimakasih pak Ragil atas video pembelajaran mengenai konsep proses bisnis yang mudah dipahami. Dari video tersebut saya jadi paham dalam menghadapi wajib pajak kita juga harus mengetahui proses bisnis dari Wajib Pajak

  128. Mantap, Pak. Ilustrasinya memudahkan dalam memahami konsep proses bisnis. Ditunggu video pembelajaran lainnya, Pak. Terima kasih.

  129. videonya sangat membantu saya untuk memahami apa itu proses bisnis

  130. Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar di sini. Mohon maaf tidak bisa balas komen satu per satu. Salam sukses buat semuanya 🙂

Leave a Message