Setup Menus in Admin Panel

Pendekatan ilmiah dan inovatif

 

Dalam materi terkait Komitmen Mutu, terdapat 6 karakteristik nilai dasar orientasi mutu. Salah satunya adalah pendekatan ilmiah dan inovatif dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

Seorang PNS di BPKP memperoleh penghargaan sebagai salah satu dari 5 besar ASN Inspiratif tahun 2018. Akhmad Basori menyusun aplikasi yang digunakan untuk melakukan Pengelolaan Keuangan Desa. Saat melaksanakan tugasnya di BPKP Sulawesi Barat, Om Bas menyusun aplikasi yang digunakan untuk melakukan Pengelolaan Keuangan Desa. Aplikasi ini membantu memberikan kemudahan serta menjaga akuntabilitas perangkat desa dalam menjalankan pengelolaan keuangan.

Rating: 5.0/5. From 12 votes.
Please wait...

Views : 256

32 responses on "Pendekatan ilmiah dan inovatif"

  1. Video yang sangat menarik dan informatif! Video ini membuat saya mengerti tentang efektivitas, efisien, dan inovasi. Kinerja suatu perusahaan/ institusi pemerintahan dinilai dari efektivitas dan efisiensi. Efektivitas organisasi adalah sejauh mana organisasi mencapai tujuan yang ditetapkan atau sejauh mana organisasi berhasil mencapai apapun yang coba dikerjakan. Efektivitas organisasi tidak hanya diukur dari performance untuk mencapai target (rencana) mutu, kuantitas, ketepatan waktu, dan alokasi sumberdaya, melainkan juga diukur dari kepuasan dan terpenuhinya kebutuhan pelanggan (customers) atau memberikan barang/jasa yang dihargai pelanggan. Sedangkan efisiensi organisasi adalah jumlah sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan, ditentukan oleh banyaknya bahan baku, uang, dan manusia yang dibutuhkan untuk menghasilkan jumlah keluaran tertentu. Inovasi muncul karena adanya dorongan kebutuhan organisasi/perusahaan beradaptasi terhadap perubahan-perubahan di pasar, tekonologi, dan persaingan. Aspek Inovasi di sektor pemerintahan yaitu nilai-nilai kelembagaan, perubahan cara kerja, teknologi yang digunakan, pelayanan sistem manajemen, dan mindset orang-orang di dalam organisasi. Salah satu contoh inovasi oleh pegawai Kemenkeu adalah aplikasi sistem keuangan desa.

  2. Video yang sangat menarik! Pak Ahmad Basori merupakan salah satu contoh ASN ispiratif dengan membuat aplikasi tentang pengelolaan keuangan desa. Dari video tersebut juga membuat kita mengerti apa itu efektif dan efisien, serta makna sebenarnya dari inovasi seperti yang dilakukan oleh Pak Ahmad Basori.

  3. Komitmen mutu dapat dilihat dari 3 aspek yakni efektivitas (sejauh mana tujuan dicapai), efisiensi (berapa sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan), serta inovasi (muncul karena adanya kebutuhan untuk beradaptasi dengan tuntutn perubahan). Tindakan Pak Ahmad Basori membuat aplikasi sistem keuangan desa, merupakan bentuk peningkatan komitmen mutu yang digunakan untuk mendukung akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Latar belakang pembuatan aplikasi, diantaranya perubahan regulasi yang memperbolehkan pengelolaan keuangan secara mandiri, sumber daya terbatas yang perlu dikelola dengan baik, dalam rangka mendukung tugas organisasi, serta pendekatan ilmiah dan inovatif untuk mencapai solusi. Pak Ahmad Basori menunjukkan bahwa sebagai PNS hendaknya memberikan kontribusi terhadap negara secara maksimal sesuai kemampuan masing-masing serta terus mengupayakan peningkatan mutu dalam pelayanan publik.

  4. Komitmen mutu yang dapat dipelajari dari video tersebut yaitu aspek efektivitas (tidak hanya diukur dari performa untuk mencapai target tetapi diukur juga dari kepuasan pelanggan), efisiensi (mengenai jumlah sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut) dan inovasi (dilakukan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi, adanya perubahan dan persaingan pasar). Inovasi yang dikembangkan Pak Akhmad Basori tentang Aplikasi Sistem Keuangan Desa merupakan contoh dari peningkatan komitmen mutu yang dapat mendukung akuntabilitas keuangan desa. Selain itu, aplikasi ini digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban dari pemerintah desa terkait laporan keuangan yang dibuat secara mandiri karena adanya perubahan regulasi. Dari 6 karakteristik nilai dasar orientasi mutu, inovasi dari Pak Akhmad Basori sudah menunjukan salah satunya yaitu pendekatan ilmiah dan inovatif dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan yang dapat dijadi semangat sebagai PNS untuk bisa mengembangkan inovasinya dan meningkatkan mutu pelayanan publik.

  5. Dari video tersebut dapat kita ketahui tentang komitmen mutu yang didalamnya ada efektivitas, efisiensi, serta inovasi. Diberikan contoh berupa pengembangan Aplikasi Sistem Keuangan Desa, yg bertujuan untuk mempermudah perangkat desa dalam menyusun laporan keuangannya sebagai bentuk pertanggungjawaban penggunaan anggaran. Hal tersebut merupakan salah satu tindakan inovatif dan patut diapresiasi, sehingga Pak Akhmad Bashori masuk sebagai nominasi ASN Inspiratif 2018

  6. Sesuai dengan komitmen mutu, aplikasi siskeudes dibuat untuk menciptakan efektivitas dan efisiensi karena didalam hal tersebut pemerintah desa bisa menggunakan layanan tersebut sesuai keahlian dan juga dapat mencapai tujuannya dalam mengelola keuangan daerah. Inovasi yang diciptakan oleh BPKP berupa siskeudes merupakan aplikasi untuk mengelola keuangan desa yang akan digunakan oleh pemerintah desa dalam mengelola keuangan di desanya masing-masing. Pak Ahmad Bashori memberikan contoh yang begitu baik dan kreatif bagi ASN lainnya untuk bisa memberikan kontribusi terhadap negerinya dengan cara melihat masalah-masalah yang terjadi disekitar kemudian berpikir dan mengembangkan ide-ide kreatif yang dimilikinya untuk dapat diciptakan sebuah produk yang dapat bermanfaat bagi sekitar dan meningkatkan mutu pelayanan publik.

  7. Video nya sangat menarik. Dari video tersebut dapat diambil nilai dasar orientasi mutu yaitu pendekatan ilmiah dan inovatif dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Pak Akhmad Basori menunjukan bahwa ASN dapat memberikan kontribusi pada negeri dengan pelaksanaan kebijakan publik yaitu mendorong akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Atas perkembangan jaman dan birokrasi yang memberikan kewenangan bagi desa untuk mengurus dan mempertanggungjawabkan keuangan yang telah dialokasikan mendorong untuk berfikir kreatif dalam menjalankan amanat tersebut. Berfikir kreatif akan menghasilkan suatu inovasi. Dari inovasi tersebut akan dihasilkan kerja yang efektif dan efisien

  8. Pemaparan yang diberikan sangat mudah dipahami dan jelas, dari video tersebut kita bisa mengetahui, inti dari komitmen mutu itu terdiri atas, efektivitas yang dinilai dari tercapai atau tidaknya suatu tujuan organisasi yang menjadi penilaian efektivitas tersebut, lalu efisiensi bagaimana suatu organisasi menggunakan sumber daya, tenaga, biaya, dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai suatu tujuan organisasi, dan inovasi yakni suatu proses yang dilakukan oleh organisasi untuk beradaptasi dengan perubahan dan dinamika yang terjadi yang begitu cepat dan apabila kita tidak terus berinovasi kita akan terjebak atau mati. Salah satu contoh kerja inovatif dilampirkan dalam video di atas, menceritakan tentang kisah inspiratif Pak Akhmad Bashori yang menciptakan suatu aplikasi untuk mengawasi dana yang diberikan kepada desa desa.

  9. Video yang menarik. Komitmen mutu yang tergambar dalam video ini adalah aspek efektifitas dan inovatif. Efektifitas disini,ia membuat sebuah aplikasi pelaporan dana desa yang dapat membantu para kepala desa untuk melaporkan keuangannya,sekaligus membantu kerja organisasi BPKP untuk melakukan pengawasan,sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Inovatif disini ia membuat suatu hal baru yang sebelumnya belum ada,membuat produk baru dalam melayani para pengguna jasa dalam hal ini para kepala desa.

  10. Keren banget! Inovasi yang dilakukan oleh Pak Ahmad Basori sangat menginspirasi. Perubahan regulasi yang memberikan kewenangan bagi desa untuk mengelola keuangan secara mandiri, sumber daya terbatas, dan kualitas pendidikan rendah mendorong Pak Ahmad Bansori berpikir kreatif untuk membuat aplikasi sistem keuangan desa untuk memudahkan perangkat desa dalam membuat pertanggung jawaban keuangan desa secara efektif dan efisien. Inovasi tersebut merupakan salah satu pendekatan ilmiah dan inovatif dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Kita bisa mengambil hikmah dari Pak Ahmad bahwa kita juga dapat memberikan kontribusi untuk negeri dengan melihat isu-isu yang terjadi disekitar kemudian berpikir kreatif untuk menemukan solusi yang bermanfaat bagi orang banyak.

  11. Terimakasih bu octa atas videonya.. dari video itu saya dpt memahami efektifitas, efisiensi dan inovasi. Karna sebuah keberhasilan sebuah instansi dinilai dari tercapainya kinerja yg efektif dan efisien. Seperti dlm video itu inovasi yg dibuat oleh pak Ahmad Basori merupakan inovasi yang baik, efektif dan tentunya efisien bagi desa. Dengan adanya Aplikasi sistem keuangan desa tujuan penatausahaan pengelolaan keuangan desa yang dpt dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya dapat tercapai. Pak Ahmad Basori jg telah menjalankan salah satu perannya sbg PNS yaitu dengan mengembangkan kemampuannya dalam membuat aplikasi tersebut. Sehingga Pak Ahmad Basori menjadi ASN Inspiratif 2018. Semoga kita semua dpt mengembangkan kemampuan kita dan bisa memberikan inovasi2 di kementerian keuangan.

  12. 3 hal yang dapat kita pelajari dari video ini adalah efektivitas, efisiensi, dan inovasi. Ketiga hal tersebut saling berkaitan dan harus berjalan beriringan demi mencapai suatu mutu. Contoh pengembangan inovasi yang dicontohkan dalam video yaitu pembuatan aplikasi keuangan dana desa. Inovasi tersebut muncul salah satunya karena ada tuntutan perubahan lingkungan yaitu terbitnya undang-undang no 6 tahun 2014 tentang desa. Sebuah inovasi harus tetap menjaga nilai efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaannya agar tujuan dari kegiatan utama dapat tercapai secara maksimal. Capaian tersebut tentunya harus terukur berdasarkan tingkat ketercapaian target dan penggunaan sumberdaya.

  13. Video nya sangat menginspirasi! Melalui video ini saya lebih dapat memahami bagaimana suatu inovasi dapat sangat berpengaruh terhadap ketercapaian target sebuah instansi dan dapat memajukan instansi. Inovasi lahir dari berbagai faktor, yang paling utama ialah dikarenakan perubahan yang terjadi pada lingkungan yang menuntut untuk melakukan adaptasi agar tidak mengalami ketertinggalan. Kemudian terjadi proses berpikir kreatif agar dapat memecahkan masalah yang terjadi, dan muncullah sebuah ide kreatif, dalam hal ini ialah pembuatan aplikasi sistem keuangan desa. Sehingga, proses pengelolaan keuangan desa dapat dilakukan dengan mudah. Jadi dapat disimpulkan bahwa dari video tersebut mengandung komitmen mutu yaitu aspek efektifitas karena target dapat tercapai, aspek efisiensi karena adanya penghematan biaya, waktu, dan tenaga dalam menyelesaikan permasalahan, serta aspek inovasi karena hal tersebut merupakan sesuatu yang baru yang digunakan untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi

  14. Dari video tersebut, saya mendapat pemahaman bahwa kinerja suatu institusi dinilai dari efektivitas dan efisiensi. Efektivitas organisasi yaitu sejauh mana organisasi dapat mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Sedangkan efisiensi organisasi yaitu jumlah sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan. Dari contoh inovasi yang dikembangkan oleh Bapak Ahmad Basori mengenai aplikasi sistem keuangan desa, menujukkan bahwa sebagai ASN hendaknya terus memberikan inovasi-inovasi dan juga selalu berupa untuk meningkatkan mutu dalam pelayanan publik

  15. Dalam video tersebut menjelaskan tentang efiensi, efektivitas dan inovasi. Ketiga hal tersebut saling berkaitan untuk mencapai suatu tujuan perubahan ke depan menjadi lebih baik. Sebagai contoh Bapak Ahmad Basori yang membuat inovasi aplikasi sistem keuangan desa yang bertujuan untuk mendukung aktivitas pengeloloaan desa dalam melaporkan berbagai sumber keuangan desa secara mandiri dilanjutkan dengan menyusun anggaran pendapatan dan belanja desa secara efektif, efesien , dan dapat dipertanggung jawabkan.

  16. video yang menginspirasi. sebagaimana kita tau bahwa komitmen mutu tidak terlepas dari sikap kita yang inovatif terkhusus dalam melaksanakan tugas ditambah dengan nilai/aspek efisiensi dan efektifitas. dimana kedua aspek tersebut justru sering kita kesampingkan. inovasi dapat terjadi pada banyak aspek yang dapat mendorong adanya perubahan atau perkembangan yang baru. pada video diatas disampaikan bahwa ada aplikasi yang diciptakan oleh pegawai BPKP. aplikasi tersebut untuk meningkatkan tata kelola keuangan maka diciptakan aplikasi sistem keuangan desa. oleh karena itu kita sebagai pelayan publik maka salah satu tugas kita adaah memberikan pelayanan yang berkualitas dimana ini menuntut kita untuk bekerja dengan penuh tanggung jawab.

  17. Terima kasih atas Video pembelajaran yang menginspirasi. Dalam video tersebut dijelaskan efektif, efesien, dan inovasi. Efektif dan efesien sering disebutkan dalam sebuah perusahaan. Efektif adalah ketepatan dalam mencapai tujuan dan kepuasan dalam pelayanan yang di berikan sedangkan efesien adalah jumlah biaya, waktu, manusia yang dibutuhkan dalam menghasilkan keluaran tertentu. Asn sebagai pelayan publik harus peka terhadap perubahaan lingkungan sehingga dapat berinovasi atas perubahan yang ada dan menghasilkan pelayanan yang efektif dan efisien untuk pelayanan masyarakat. Contoh inovasi dalam video tersebut adalah aplikasi keuangan desa yg di buat oleh bpk Ahmad Basori, dengan melihat perubahan yang ada yaitu regulasi kewenangan desa dalam mengelola keuangan secara mandiri guna menjalankan tugas pemerintah (efektif), dengan keterbatasan yang ada (efesien) dan kepuasaan pihak terkait (efektif).

  18. Video yang sangat menarik dan bermanfaat! Dari video tersebut, kita dapat memahami bahwa komitmen mutu terdiri dari efektivitas, efisiensi dan inovasi. Suatu organisasi tentunya harus melakukan sebuah inovasi untuk beradaptasi terhadap perubahan yang ada saat ini. Seperti yang dilakukan oleh pak Akhmad Basori selaku ASN inspiratif. Inovasi yang dikembangkan pak Akhmad Basori sesuai dengan komitmen mutu yaitu Aplikasi Sistem Keuangan Desa yang berguna untuk meningkatkan tata keloka keuangan desa. Karena pemerintah desa diharapkan dapat mengelola keuangan desa dengan baik dan dapat dipertanggung jawabkan. Selain itu inovasi ini juga membantu kerja BPKP untuk melakukan pengawasan terhadap keuangan yang ada di desa-desa sehingga tujuan dari organisasi sendiri dapat tercapai dengan maksimal.

  19. komitmen mutu yang dapat dipelajari adalah efektivitas, efisiensi, dan inovasi. inovasi yang dikembangkan Oleh Bp. Akhmad Basori

  20. maaf tadi kekirim, belum lengkap. komitmen mutu yang dapat dipelajari adalah efektivitas, efisiensi, dan inovasi.efektivitas dan efisien sering terlupakan dalam mencapai saasaran organisasi. inovasi yang dikembangkan Oleh Bp. Akhmad Basori. mengenai Aplikasi Sistem Keuangan Desa yang mana merupakan hal baru untuk melakukan pengawasan atas pengelolaan keuangan daerah yang telah diberi kebebasan untuk mengatur keungannya sendiri dan membuat APBD dan meningkatkan tata kelola keuangan daerahnya masing-masing. BPKP melakukan perbaikan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan desa. juga menggunakan pendekatan ilmiah dan inovatif dalam inovasinya untuk beradaptasi akan kemajuan teknologi.

  21. Terima kasih Bu Okta, video yang sangat inspiratif. Dari video tersebut kita jadi tau bagaimana bersikap inovatif dalam pelaksanaan tugas. Jika berbicara tentang komitmen mutu maka tidak bisa lepas dari istilah efektivitas, efisiensi dan inovatif. Hal ini seringkali menjadi sorotan publik dalam memberikan penilaian terhadap kinerja suatu organisasi yang kenyataannya masih sering dilupakan. Efektivitas berarti sejauh mana organisasi dapat mencapai tujuan yang ditetapkan. Efisiensi berarti jumlah sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Sedangkan inovasi sendiri muncul karena adanya dorongan kebutuhan organisasi untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada. Contoh penerapannya di video ini bisa kita lihat juga dari kisah inspiratif Bapak Ahmad Basori. Beliau berhasil membuat aplikasi untuk Pengelolaan Keuangan Desa. Salah satu alasan beliau melakukan inovasi ini adalah kepekaan beliau terhadap kebutuhan masyarakat seiring dengan perubahan yang ada sehingga beliau berinisiatif memberikan solusi yang diharapkan dapat bermanfaat bagi institusi/negara sesuai dengan keahlian yang dimiliki dan berdasarkan pengalaman di tempat kerja. Dengan kegigihannya, beliau berhasil melakukan inovasi tersebut karena salah satu tugas ASN adalah memberikan pelayanan yang berkualitas dan profesional sehingga dibutuhkan kesungguhan, disiplin, motivasi, dan komitmen untuk melakukannya dengan penuh tanggung jawab.

  22. Video yang sangat menarik dan informatif! Terima kasih, Bu atas videonya. Dari video tersebut tentulah kita jadi lebih paham bagaimana cara agar menjadi pegawai yang inovatif. Komitmen mutu yang dapat dipelajari dari video tersebut adalah efektivitas yang mana terkait dengan pencapaian tujuan organisasi, efisiensi yakni tentang berapa banyak sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut, dan inovasi yang muncul karena adanya dorongan kebutuhan untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada. Dalam video ditunjukan contoh penerapan berinovasi yang dilakukan Bapak Ahmad Basori. Beliau berhasil melakukan inovasi yakni membuat aplikasi untuk Pengelolaan Keuangan Desa. Beliau membuat aplikasi tersebut karena terpikir oleh beliau ‘bagaimana cara mengawasi desa yang begitu banyak’, hal ini menandakan bahwa beliau memperhatikan dan peka terhadap sekitar. Beliau berinisiatif untuk membuat aplikasi sesuai dengan keahliannya dan pengalaman dalam pekerjaannya tersebut dengan tujuan agar bermanfaat bagi institusi/negara. Beliau berhasil menerapkan komitmen mutu dalam pekerjaannya karena telah berhasil melakukan inovasi yang bermanfaat, sesuai dengan tugas ASN yakni melayani publik dengan profesional dan berkualitas.

  23. Video ini sangat bermanfaat dan menarik, menyampaikan tentang salah satu kewajiban ASN untuk memberikan pelayanan publik yang profesional, salah satunya dengan bertindak dengan efektif, efisien, dan terus melakukan inovasi/perbaikan secara terus-menerus. Efektivitas organisasi tidak hanya diukur dari performance untuk mencapai target (rencana) mutu, kuantitas, ketepatan waktu, dan alokasi sumber daya, melainkan juga diikur dari kepuasan dan terpenuhinya kebutuhan customers. Sedangkan efisiensi organisasi ditentukan oleh berapa banyak bahan baku, uang, dan manusia yang dibutuhkan untuk menghasilkan keluaran tertentu. Inovasi adalah cara utama dimana suatu organisasi beradaptasi terhadap perubahan di pasar, teknologi, dan persaingan. Contoh Inovasi oleh ASN dalam hal ini dilakukan oleh ahmad ansori (pegawai bpkp) yaitu aplikasi sistem keuangan desa (siskudes), dapat digunakan untuk mendukung aktivitas keuangan desa (meningkatkan tata kelola keuangan desa secara keseluruhan). Pembuatan ini dilatarbelakangi bahwa aparatur desa memiliki kewajiban untuk mengelola dan melaporkan penggunaan dana desa, diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat membantu aparat desa dalam melaksanakan kewajiban tersebut dengan baik.

  24. Video yang sangat menarik dan bermanfaat. Dari video tersebut kita dapat mempelajari nilai-nilai komitmen mutu antara lain efektifitas, efisiensi, dan inovasi. Efektivitas dan efisiensi menjadi hal penting dalam penilaian capaian kinerja perusahaan atau institusi. Efektifitas yaitu sejauh mana organisasi dapat mencapai tujuan yang ditetapkan. Efektifitas berarti menyediakan barang/jasa yg dihargai oleh pelanggan. Sedangkan efisiensi yaitu jumlah sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi. Inovasi muncul karena adanya dorongan perubahan yang terjadi di sekitarnya. Inovasi merupakan cara utama suatu organisasi beradaptasi dengan perubahan, seperti perubahan teknologi, pasar, dan persaingan. Aspek inovasi di sektor pemerintah yaitu nilai-nilai kelembagaan, perubahan cara kerja, teknologi yang digunakan, layanan sistem manajemen, dan mindset orang-orang yang ada di dalam organisasi mendorong lahirnya inovasi di sektor pemerintahan. Salah satu contoh dalam penerapan komitmen mutu yaitu inovasi yang dilakukan oleh Bapak Akhmad Basori dengan mengembangkan aplikasi Siskeudes untuk mendukung akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas merupakan tugas pegawai ASN. Tentu hal ini menuntut kesungguhan, disiplin, motivasi, dan komitmen untuk menjalankannya dengan penuh tanggung jawab.

  25. Materi yang disampaikan sangat menarik, tentang kewajiban ASN untuk memberikan pelayanan publik yang maksimal dengan mempertimbangkan efektivitas, efisiensi dan juga melakukan inovasi. Inovasi dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Seperti inovasi yang dilakukan oleh Ahmad Ansori yaitu menciptakan aplikasi sistem keuangan desa (siskeudes), yang dapat digunakan untuk meningkatkan tata kelola keuangan desa secara keseluruhan. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah untuk memfasilitasi aparatur desa yang memiliki kewajiban mengelola dan melaporkan penggunaan dana desa secara efektif dan efisien. Dengan adanya aplikasi ini, aparat desa dapat melaksanakan kewajiban dengan maksimal.

  26. Terima kasih atas videonya yang sangat membantu saya dalam memahami lebih lagi materi Komitmen Mutu. Komitmen mutu dari video Bapak Akhmad Basori menjelaskan bahwa efektivitas (bukan hanya dapat diukur dari seberapa berhasil untuk mencapai target tetapi dapat juga dari satisfied pelanggan), efisiensi (mengenai jumlah sumber daya untuk mencapai tujuan) dan inovasi (penemuan baru teknologi, perubahan dalam menghadapi persaingan market). Inovasi yang telah dijelaskan Bapak Akhmad Basori mengenai Aplikasi Sistem Keuangan Desa adalah salah satu contoh dari penerapan komitmen mutu yang dapat membantu akuntabilitas keuangan desa dan sebagai bentuk pertanggungjawaban oleh pemerintah desa perihal laporan keuangan. Terima kasih Bapak Akhmad dan bu Okta atas penjelasannya, semoga kita siswa Latsar bisa membawa Kemenkeu menjadi lebih baik lagi. Amin

  27. Menarik sekali videonya! Terima kasih atas videonya, dengan video tersebut saya menjadi lebih paham bagaimana menjadi pegawai yang inovatif juga berkontribusi aktif dalam memajukan instansi. Inovasi yang dibuat Pak Ahmad Basori sangat menginspirasi, yaitu berupa aplikasi sistem keuangan desa yang memudahkan perangkat desa dalam membuat pertanggung jawaban keuangan desa. Dari video tersebut, saya belajar banyak mengenai komitmen mutu yang di dalamnya ada efektivitas, efisiensi, dan inovasi. Semoga dengan adanya aplikasi tersebut bisa memaksimalkan kinerja perangkat desa.

  28. Pemaparan yang mudah dipahami dan menarik. Menurut saya di dalam video ini dapat dipahami aspek komitmen mutu efektivitas dan inovatif.Bapak Ahmad membuat suatu inovasi berupa aplikasi pertanggung jawaban dana desa yang sebelumnya belum pernah ada , dengan tujuan agar pertanggungjawaban dana desa yang diberikan setiap tahunnya dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Menurut saya dengan dicptakannya aplikasi ini maka tujuan pertanggung jawaban dana desa yang diinginkan oleh pusat dapat berjalan lebih efektif karena dapat diawasi dari pusat secara digital

  29. Video yang sangat menginspirasi! terima kasih bu atas videonya.. Dari video ini kita dapat melihat 3 poin dari komitmen mutu yaitu efektif, efisien, dan inovatif. Pak Ahmad Basori sangat menginspirasi kita dalam berpikir inovatif, kita bisa mencontoh perilaku Pak Ahmad Basori diantaranya berpikir kreatif dan inovatif untuk membuat hal baru yang mebuat pekerjaan kita lebih mudah yakni mempermudah tugas desa dalam mengelola keuangan desa. Selain itu kita dapat mencontoh kepekaan Pak Ahmad Basori dalam melihat lingkungan sekitarnya sehingga kita bisa bisa berinovasi.

  30. Video yang ditampilkan sangat bagus dan juga menarik, di dalam video menampilkan konten yang membuat kita mengerti tentang inovasi efektif dan efisien.. Salah satu bentuk inovasi yang di tampilkan di video yaitu Siskeudes atau Sistem keuangan daerah yang dibuat oleh pa akhmad basori merupakan terobosan yang sangat baik! sangat berguna bagi tata kelola keuangan desa. Semoga pa Akhmad Basori bisa memotivasi saya dan teman teman dalam menjalankan tugas nantinya.

  31. Terimakasih atas penjelasannya Bu Okta, video yang sangat menarik. Dari video tersebut kita dapat mengetahui bahwa komitmen mutu sangat berkaitan dengan 3 hal, yaitu efektivitas, efisien serta inovasi. Efektivitas merupakan tercapainya target yang telah ditetapkan. Efisiensi merupakan banyaknya sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan atau target. Sedangkan inovasi merupakan sesuatu yang baru atau temuan baru serta bisa juga penyempurnaan dari yang sudah ada karena adanya tuntutan perubahan. Ketiga hal ini sangat penting untuk menjamin ketercapaiannya hasil kinerja. Dalam memberikan pelayanan kita dituntut untuk terus berinovasi agar dapat memberikan pelayanan sebaik mungkin. Inovasi yang sering dilakukan dalam instansi pemerintah adalah penggunaan teknologi untuk mempermudah pekerjaan, serta perubahan sikap dan budaya organisasi yang mengutamakan pada produktivitas dan kepuasan pengguna jasa. Dari video bapak Akhmad Bashori kita dapat mengetahui praktek inovasi dalam dunia kerja. Pak Akhmad melakukan inovasi dengan membuat aplikasi sistem keuangan desa, dengan aplikasi tersebut membuat pemerintah desa lebih mudah untuk menyusun anggaran bagi desanya masing-masing, serta memudahkan bagi BPKP untuk mengawasi penggunaan dana desa tersebut. Aplikasi ini lahir karena keresahan pak Achmad tentang bagaimana BPKP bisa mengawasi penggunaan dana desa yang banyak yang sekarang telah dikelola masing masing desa. Dari sini kita dapat belajar bahwa dengan adanya pengalaman bekerja, ilmu, kemampuan serta komitmen yang kuat kita bisa berinovasi untuk memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat.

  32. Dari video di atas, kita mempelajari tetang efektivitas, efisiensi, dan inovasi yang merupakan bagian yang tidak bisa terlepas dari komitmen mutu. Efektivitas organisasi diukur dari performance untuk mencapai target mutu, kuantitas, ketepatan, waktu, alokasi sumberdaya, kepuasan dan terpenuhinya kebutuhan pelanggan. Efisiensi organisasi ditentukan oleh jumlah sumberdaya yang digunakan untuk menghasilkan barang atau jasa. Inovasi muncul karena adanya dorongan/tuntutan dari perubahan yang terjadi di sekitarnya. Di lembaga pemerintahan, inovasi didorong oleh adanya nilai-nilai- kelembagaan, perubahan cara kerja, teknologi yang digunakan, sertalayanan sistem manajemen. Hal yang dilakukan Bapak Ahmad Basori menjadi contoh inovasi yang dilakukan di lembaga pemerintah. Pembuatan aplikasi menunjukkan bahwa inovasi tersebut didorong oleh teknologi yang semakin maju. Sebagai pegawai ASN, sudah seharusnya kita bekerja dengan sebaik-baiknya, ikhlas, dan bertanggungjawab sehingga kita bisa menciptakan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi lembaga dan Negara.

Leave a Message