Setup Menus in Admin Panel

Pajak Masukan Yang Tidak Dapat Dikreditkan

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di Indonesia menggunakan sistem pengkreditan (credit methode) dimana pajak masukan dalam suatu masa pajak dikreditkan dengan pajak keluaran dalam masa pajak yang sama. Namun, tidak semua pajak masukan dapat dikreditkan. Video Bapak Dudi Wahyudi, Widyaiswara Pusdiklat Pajak, ini akan menjelaskan pajak masukan yang tidak bisa dikreditkan berdasarkan Undang-Undang.

Rating: 5.0/5. From 17 votes.
Please wait...

Views : 10,056

4 responses on "Pajak Masukan Yang Tidak Dapat Dikreditkan"

  1. Saya mau bertanya mengenai nomor seri faktur pajak, bu. Jika nomor seri faktur pajaknya (NSFP) masih ada apakah NSFP yang masih ada itu dapat digunakan lagi? ini kasusnya NSFP nya sudah minta lagi yang baru, bu. mohon penjelasannya bu. terima kasih.

    • Nomor Seri FP yang sisa masih dapat digunakan untuk membuat faktur dengan catatan : 1. digunakan untuk mmebuat faktur di tahun yang sama, nyebrang tahun tidak bisa. 2. Tanggal pembuatan faktur harus diatas tanggal permintaan NSFP. http://www.wahyuddinrosi.com/p/about-us.html

  2. selama masih di tahun pajak yang sama dan penerbitan fakturnya tidak melebihi tanggal pemberian nomor seri faktur pajak ENOFA makan hemat saya dapat digunakan lagi.

  3. Pengkreditan PM pada masa Pajak tidak sama, Bagaimana perlakukannya jika pelaporan PM tersebut telah melewati 3 bulan yang telah disyaratkan. Ilustrasi Terdapat Faktur PM Masa Pajak Januari 2017 hanya bisa dikreditkan Masa Pajak Januari 2018, Februari 2017, Maret 2017, April 2017. Bagaimana apabila pelaporan PM tersebut di laporkan di Masa Pajak Maret 2017 (Pembetulan) dan dilaporkan pada tanggal 20 November 2017. Apakah Pengkreditan PM tersebut benar? Apakah seharusnya hanya bisa dilaporkan di Masa Pajak Januari 2017 karena telah melewati jangka waktu pengkreditan PM (3 bulan). Penafsiran Penjelasan Pasal 9. Mohon Pencerahaannya Terima Kasih

Leave a Message