Setup Menus in Admin Panel

Meningkatkan Mutu Layanan

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki mutu layanan dari aparatur penyelenggara pemerintahan kepada publik. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan memahami fungsi, tugas pokok dan peran yang diberikan institusi, memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaannya, merencanakan target mutu layanan yang akan ditampilkan.

Pada bulan Oktober 2019, Direktorat P2 Humas DJP memperoleh IPRA Golden World Awards 2019 untuk kategori Public Sector. IPRA adalah International Public Relations Associations yang diserahkan oleh Pejabat Pajak Armenia. DJP diwakili oleh Ani Natalia Pinem menerima penghargaaan tersebut. DJP baru kali ini mengikuti lomba ini, dan langsung memperoleh penghargaan tersebut. Video ini akan fokus kepada apa yang dilakukan DJP, dan bagaimana cara humas DJP memperbaiki mutu layanan kepada publik. Diharapkan video ini dapat memperkaya contoh pelayanan publik yang telah dilakukan di Kementerian Keuangan (selain video yang sudah ada di youtube)

Rating: 4.7/5. From 12 votes.
Please wait...

Views : 78

29 responses on "Meningkatkan Mutu Layanan"

  1. Materi yang informatif menyediakan konsep komitmen mutu beserta dimensinya serta pencapaian dari realisasi komitmen mutu di lingkungan kementerian keuangan.

  2. Video ini membahas tentang meningkatkan komitmen mutu. Setiap orang memiliki persepsi masing-masing tentang komitmen mutu yang harus dipenuhi suatu instansi. Dimensi karakteristik yang digunakan pelanggan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan adalah tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Layanan bermutu harus terus ditingkatkan dan diperbaiki agar pelayanan dapat memenuhi dan bahkan melebihi harapan pelanggan. Kementerian Keuangan mendapatkan penghargaan IPRA Golden World Awards 2019 pada bulan Oktober 2019 di bidang PR Assisting dan Public Sector. Memperoleh penghargaan internasional merupakan suatu hal yang sangat membanggakan. Hal ini juga menunjukkan bahwa Kementerian Keuangan senantiasa meningkatkan komitmen mutunya untuk memenuhi ekspektasi pelanggan.

  3. sangat membantu dan bermanfaat, Bu

  4. Video yang seru dan menyenangkan, membahas tentang mutu layanan yang dibagi menjadi 5 dimensi karakteristik yang digunakan pelanggan dalam menilai mutu pelayanan yaitu : Tangibles, reliability, responsive, assurance, dan empaty

  5. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu layanan oleh para pejabat dan aparatur negara. Namun, suatu kualitas dari mutu layanan tetap tergantung kepada persepsi setiap orang yang menerima layanan itu sendiri. Ada 5 dimensi yang merupakan karakteristik penilaian mutu layanan yaitu, a. Tangible adalah bukti langsung seperti pegawai, sarana dan perlengkapan. b. Reliability adalah kemampuan memberi layanan yang memuaskan sesuai dengan janji. c. Responsiveness adalah daya tangkap aparatur negara sehingga dapet memberi layanan dengan tanggap. d. Assurance adalah kemampuan untuk memberikan perlindungan dari keragu-raguan. e. Empathy adalah kemudahan untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan. Ada satu contoh penghargaan yang pernah di terima oleh salah satu instansi di Kementerian Keuangan pada bulan Oktober 2019, Direktorat P2 Humas DJP memperoleh IPRA (International Public Relations Associations) Golden World Awards 2019 untuk kategori Public Sector. IPRA adalah yang diserahkan oleh Pejabat Pajak Armenia. DJP diwakili oleh Ani Natalia Pinem menerima penghargaaan tersebut.

  6. Sangat informatif dan luar biasa video ini sangat cocok untuk mereka yang ingin belajar lebih banyak tentang mutu layanan. Mutu layanan adalah mekanisme jaringan yang memungkinkan suatu pelayanan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Mutu pelayanan terbagi atas 5 dimensi karakteristik yaitu tangibles, reliability, responsive, assurance, empathy yang digunakan oleh pelanggan dalam menilai mutu pelayanan

  7. Terima kasih atas penyampaiannya bu. Sangat informatif dan membuka pikiran saya mengenai layanan yang bermutu tidak boleh berhenti ketika kebutuhan customer sudah terpenuhi. Layanan hari ini harus lebih baik dari kemarin dan layanan hari esok harus lebih baik dari hari ini.

  8. Konten video yang sangat informatif dan bermanfaat meliputi 5 dimensi karakteristik dalam menilai mutu pelayanan serta contoh perhargaan yang diraih oleh kementerian keuangan atas kinerjanya.

  9. Video yang bermanfaat dan sangat informatif. Saya jadi mengetahui 5 dimensi karakteristik mutu layanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy. Dan juga selamat kepada Kementerian Keuangan yang telan meraih 2 piala dalam IPRA GOLDEN AWARD 2019 dalam kategori PR on sustrain dan Public Sector.

  10. Komitmen mutu merupakan salah satu nilai yang harus melekat pada instansi negara agar dapat menjalankan tusi dengan baik. Sebagai contoh, DJP menyelenggarakan kampanye efilling dan berhasil menerapkan nilai komitmen mutu sehingga mendapatkan penghargaan IPRA Golden World Awards 2019.

  11. Video pembelajaran yang sangat informatif tentang penjelasan dimensi-dimensi karakteristik dalam penilaian mutu layanan yang menyenangkan untuk ditonton dan dipelajari.

  12. Video yang informatif dan penjelasan yang diberikan mudah dipahami. Dari video tersebut, kita mengetahui konsep komitmen mutu dan lima dimensi karakteristik penilaian mutu (tangibles, reliability, responsive, assurance, dan empaty). Dari video tersebut juga kita mengetahui bahwa Keuangan sebagai institusi pemerintahan menunjukkan keseriusannya dalam meningkatkan mutu layanan. Hal tersebut dibuktikan melalui penghargaan yang diterima oleh Kementerian Keuangan atas layanan yang diberikan, yaitu PR on Shoestring yang diterima oleh DJPPR dan Public Sector yang diterima oleh DJP.

  13. Komitmen mutu merupakan pelaksanaan pelayanan publik dengan berorientasi pada kualitas hasil untuk menjaga mutu kinerja pegawai. Dalam video ini dijelaskan bahwa komitmen mutu dibagi menjadi 5 dimensi karakteristik yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Semua dipaparkan dengan jelas. Video yang sangat informatif. Terima kasih atas ilmunya.

  14. Materi yang sangat membantu dalam mengingat tentang komitmen mutu lebih tepatnya tentang dimensi karakteristik yanh digunakan pelanggan dalam mengevaluasi kualitas pelayanan yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empaty. Salah satu realisasi layanan mutu dari kementerian keuangan yang mendapat penghargaan dalam penghargaan IKPA Golden World Awards 2019, yaitu kampanye efiling yang dilakukan DJP

  15. Video dikemas sangat menarik, materi yang disampaikan lengkap dan mudah dimengerti,terima kasih banyak bu. Ada satu kalimat di akhir video yang keren,dan bagus untuk dijadikan pegangan, bahwa “Layanan bermutu tidak boleh berhenti ketika kebutuhan customer sudah dapat kita penuhi,tapi harus terus ditingkatkan dan diperbaiki agar mutu layanan yang diberikan dapat melebihi harapan customer.”

  16. Melalui video di atas, dapat diketahui bahwa ada lima dimensi karakteristik yang digunakan pelanggan dalam evaluasi kualitas pelayanan, diantaranya adalah tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Dimensi-dimensi tersebut digunakan untuk mewujudkan komitmen mutu berupa kepuasan masyarakat terhadap layanan pemerintah. Salah satu contoh komitmen mutu yang telah diwujudkan oleh instansi pemerintah adalah Direktorat P2 Humas DJP yang memperoleh IPRA Golden World Awards 2019 untuk kategori Public Sector pada bulan Oktober 2019.

  17. Peningkatan kualitas layanan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mutu dari sebuah organisasi. Penilaian mutu ditentukan oleh pihak luar yang menerima layanan dari organisasi tersebut. Ada 5 dimensi yang menunjukkan karakteristik layanan bermutu menurut Berry dan Pasuraman, yaitu: a. Tangible: bukti fisik langsung misalnya pegawai; b. Reliability: kemampuan memberi layanan sesuai janji; c. Responsiveness: daya tangkap ASN untuk memberi layanan dengan tanggap dan santun; d. Assurance: memberikan perlindungan dari keragu-raguan; e. Empathy: kemudahan berkomunikasi dan menjalin hubungan. Peningkatan mutu tidak boleh terhenti pada satu titik, peningkatan mutu harus selalu ditingkatkan walaupun sudah mendapat kepuasan publik. Hari esok harus lebih baik dari hari ini. Hasil tidak pernah menghianati usaha.

  18. Video yang sangat menarik tentang cara meningkatkan mutu layanan dari aparatur penyelenggara pemerintahan kepada publik. Selamat juga buat Direktorat P2 Humas DJP yang telah memperoleh IPRA Golden World Awards 2019 untuk kategori Public Sector.

  19. Komitmen mutu adalah usaha untuk terus meningkatkan mutu layanan. Instansi pemerintah selalu dituntut untuk meningkatkan mutu atau kualitas. Mutu atau kualitas tergantung pada persepsi penerima layanan. Jadi cara untuk mengukur karakteristik pelanggan dalam mengukur kualitas adalah sebagai berikut : 5 Dimensi untuk evaluasi 1. Tangibles : Bukti langsung (fasilitas fisik, perlengkapan, pegawai, sarana komunikasi, dan lain-lain) 2. Reability : Mampu memberikan pelayanan dengan sigap dan memuaskan pelanggan sesuai dengan janji layanan. Sehingga jaminan layanan sangat penting bagi institusi pemerintah. 3. Responsiveness : Ketanggapan/ daya tangkap untuk membantu pelanggan dalam mememenuhi keinginan dan kebutuhan. 4. Assurance : Jaminan dari staff,sistem dan institusi bagi pelanggan bebas dari risiko dan ragu-ragu. Dengan adanya assurance, tentunya akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap kita sebagai pemerintah. 5. Empaty : Terkait dengan perhatian yang tulus dan dekat kepada masing-masing pelanggan. Sehingga dapat terjadi kemudahan dalam pelaksanaan hubungan untuk membantu kebutuhan pelayanan pelanggan. Pada Oktober 2019 terdapat 2 Penghargaan yang diperoleh kementerian keuangan,yaitu : a. Kampanye Kehumasan dengan Anggaran Terbatas yang diperoleh Direktorat Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko. b. Public Sector, yang merupakan piagam penghargaan kehumasan kampanye e-filling yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Kampanye ini merupakan kampanye pertama yang diikuti oleh Direktorat Jenderal Pajak, namun langsung mendapatkan penghargaan untuk pertama kalinya. Hal tersebut tentunya adalah prestasi yang sangat memuaskan bagi seluruh pegawai DJP. Karena tentunya setiap individu memikirkan langkah perbaikan yang dapat dilakukan berdasarkan wewenang dan posisinya masing-masing. Layanan bermutu harus terus ditingkatkan dan diperbaiki agar dapat melebihi harapan pengguna layanan. Hari ini harus lebih dari kemarin, dan besok harus lebih baik dari pada hari ini. Usaha diperlukan dari setiap elemen organisasi sesuai dengan tugas, fungsi, wewenang dan posisinya. Setiap elemen harus saling gotong royong demi perbaikan dengan sepenuh hati. Karena usaha tidak pernah menghianati hasil.

  20. Video yang sangat informatif yang membahas mengenai mutu layanan. Terdapat 5 dimensi karakteristik layanan yang digunakan pelanggan dalam mengevaluasi kualitas pelayanan yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empaty. Video ini memotivasi untuk senantiasa meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat karena telah terdapat bukti penghargaan untuk kementerian keuangan yaitu Direktorat P2 Humas DJP memperoleh IPRA Golden World Awards 2019 untuk kategori Public Sector.

  21. Video yang menarik, memberikan informasi tentang bagaimana cara meningkatkan mutu pelayanan dan bagaimana cara pelanggan mengevaluasi kualitas pelayanan yang diberikan. Perbaikan kualitas harus terus dilakukan untuk memenuhi keinginan pelanggan yang terus meningkat. Perbaikan dapat dilakukan pada posisi mana saja, yang penting dapat bermanfaat bagi institusi. Dan selamat untuk Direktorat P2 Humas DJP yang telah memperoleh penghargaan IPRA Golden World Awards 2019 untuk kategori Public Sector.

  22. Video yang sangat informatif dan menginspiratif. Dari video ini saya dapat belajar tentang lima dimensi karakteristik yang digunakan dalam menilai kualitas pelayanan yaitu tangibles, realibility, responsiveness, assurance, empaty. Selain itu saya dan memahami bahwa sebagai bagian dari instansi pemerintah kita dituntut untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan. Sebagai contoh nyata, Kementerian Keuangan memperoleh penghargaan Internasional dalam IPRA Golden Award 2019 kategori PR On Sustrain untuk DJPPR dan Public Sector untuk DJP.

  23. Video yang informatif dan menarik mengenai komitmen mutu guna meningkatkan mutu layanan yang disertai dengan informasi tentang cara kita mengetahui karakteristik pelanggan dalam mengevaluasi pelayanan kita melalui 5 dimensi yaitu dimensi tangible,reliability, responsiveneness,assurance,dan empaty. Selain itu dalam video ini ditampilkan penghargaan yang diterima DJP atas pelayanan yang baik sehingga daapt memotivasi instansi lainnya untuk terus memperbaiki mutu layananannya.

  24. Video ini berisi informasi mengenai bagaimana meningkatkan mutu pelayanan dan terdapat 5 dimensi yang digunakan pelanggan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan. Kementerian keuangan harus selalu meningkatkan mutu layanan dan memperbaikinya agar pelayanan dapat memenuhi harapan pelanggan

  25. Materinya sangat informatif. Saya jadi mengetahui bagaimana stakeholder sebagai penerima layanan mengevaluasi pelayanan kami, yang terdiri dari dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Prestasi yang diraih oleh DJP dan DJPPR juga sangat menginspirasi. Semoga semakin banyak yang mengukir prestasi di Kemenkeu! Semangat!

  26. Video yang sangat informatif dan menginspirasi tentang lima dimensi karakteristik yang digunakan pelanggan dalam mengevaluasi kualitas pelayananan yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy dan selamat untuk DJP yang meraih penghargaan golden world award 2019 yang menjadi contoh nyata dalam peningkatan kualitas komitmen mutu di lingkungan kementrian keuangan.

  27. Video yang sangat informatif dan memperluas pengetahuan, bahwa ada 5 dimensi untuk mengukur kualitas pelayanan menurut Berry dan Pasuraman yaitu, Tangible atau bukti yang terlihat langsung oleh stakeholder, Reliability yang merupakan pelayanan yang sesuai dengan janji kita, Responsiveness yaitu keinginan memberikan pelayanan yang tanggap, Assurance yaitu merupakan jaminan kepercayaan dari kita (Kemampuan, Kesopanan, & dapat dipercaya) kepada stakeholder, dan yang terakhir adalah Empathy yaitu ketulusan dalam melayani. Dari video ini juga kita dapat mengetahui bahwa 2 direktorat jenderal dari Kemenkeu, DJP & DJPPR mendapatkan Golden World Awards 2019, yaitu penghargaan kehumasan internasional. Hal ini dapat menjadikan contoh untuk kita untuk selalu melakukan improvement dalam setiap segi pelayanan kita terhadap para pemangku kepentingan, hal ini dilakukan untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan kepuasan stakeholder kepada institusi kita.

  28. Video yang sangat informatif dan inspiratif. Video ini memberikan pelajaran bagi saya tentang lima dimensi karakteristik yang digunakan dalam menilai kualitas pelayanan yaitu tangibles, realibility, responsiveness, assurance, dan empaty.Bahwa sebagai bagian dari instansi pemerintah kita dituntut untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan selain itu kita dapat mengetahui bahwa Kementerian Keuangan sebagai institusi pemerintahan menunjukkan keseriusannya dalam meningkatkan mutu layanan. Hal tersebut dibuktikan melalui penghargaan yang diterima oleh Kementerian Keuangan atas layanan yang diberikan, yaitu PR on Shoestring yang diterima oleh DJPPR dan Public Sector yang diterima oleh DJP.

Leave a Message