Setup Menus in Admin Panel

Kemenkeu Learning Center

30

Nov'20

Pengelolaan Transaksi Khusus sebagai Program Bagian Anggaran BUN

Pada video ini, Bapak Achmad Zunaidi (Widyaiswara Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan) memberikan pemahaman tentang salah satu anggaran belanja yang dikelola Menteri Keuangan yaitu transaksi khusus. Video ini akan membahas apa saja kegiatan terkait dengan transaksi khusus, dimana transaksi khusus dicatat dalam postur APBN dan siapa unit yang mengelolanya.

Read More

30

Nov'20

Sistem Akuntansi Belanja Subsidi

Pada video ini, Bapak Mukhtaromin (Widyaiswara Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan) menjelaskan tentang Sistem Akuntansi Belanja Subsidi adalah subsistem dari Sistem akuntansi BUN yang mencatat dan melaporkan transaksi subsidi. Sistem akuntansi belanja subsidi mencakup unit akuntansi BUN belanja subsidi, dokumen sumber sebagai input proses jurnal standar dan laporan keuangan belanja subsidi sebagai output.

Read More

30

Nov'20

Apa yang Anda Dapatkan pada Saat Melakukan Perjalanan Dinas Jabatan?

Pada video ini, Bapak Budi Sudarso (Widyaiswara Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan) memberikan penjelasan tentang hak pelaksana SPD saat melakukan perjalanan dinas jabatan, yaitu Surat Tugas, Uang Harian, Biaya Transpor, Biaya Penginapan, uang representasi, sewa kendaraan dalam kota, biaya menjemput/mengantar jenazah.

Read More

30

Nov'20

Manajemen Keuangan BLU

Pada video ini, Bapak Noor Cholis Madjid (Widyaiswara Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan) membahas dasar hukum pengelolaan BLU berdasarkan PP 23/2005 dan PP 74/2017 serta Peraturan Menteri Keuangan terkait tata kelola dan investasi pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum.

Read More

30

Nov'20

Jenis-Jenis Laporan GFS dan Proses Penyusunannya

Pada video ini, Ibu Yuniar Yanuar Rasyid (Widyaiswara Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan) menjelaskan jenis laporan GFS, perbedaan dengan laporan keuangan, unit mana yang tercakup dan proses penyusunannya.

Read More

30

Nov'20

Sistem Akuntansi Badan Lainnya

Pada video ini, Bapak Sutiono (Widyaiswara Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan) menjelaskan bahwa salah satu transaksi keuangan pemerintah adalah transaksi yang dilakukan oleh unit badan lainnya. Apa saja yang termasuk unit badan lainnya dan bagaimana cara mempertangungjawabkan transaksi oleh badan lainnya sesuai dengan sistem akuntansi badan lainnya? Video ini akan menjelaskan unit akuntansi, dokumen sumber dan perlakuan akuntansi atas transaksi oleh badan lainnya.

Read More

30

Nov'20

Sistem Akuntansi Belanja Lain-lain

Pada video ini, Bapak Sutiono (Widyaiswara Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan) menjelaskan bahwa salah satu jenis belanja pemerintah adalah belanja lain-lain. Bagaimana cara mempertangungjawabkan transaksi belanja lain-lain sesuai dengan sistem akuntansi belanja lain-lain? Video ini akan menjelaskan unit akuntansi, dokumen sumber dan perlakukan akuntansi atas transaksi belanja lain-lain.

Read More

30

Nov'20

Azas-azas Pengelolaan Keuangan Negara

Pada video ini, Bapak Haris Premadi (Widyaiswara Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan) menjelaskan bahwa dalam pengelolaan keuangan negara salah satu yang harus dipahami selain prinsip-prinsip dasar pengelolaan keuangan negara juga diperlukan memahami azas-azas pengelolaan keuangan negara, sehingga dalam melaksanakan pengelolaan keuangan negara tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Read More

30

Nov'20

Prinsip Dasar Pengelolaan Keuangan Negara

Pada video ini, Bapak Haris Premadi (Widyaiswara Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan) menjelaskan salah satu hal yang harus dipahami dalam pengelolaan keuangan negara adalah prinsip-prinsip dasar pengelolaan keuangan negara, sehingga dalam melaksanakan pengelolaan keuangan negara tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Read More

27

Nov'20

Warta Fiskal Edisi III 2020 – PEN : Mitigasi Perlambatan Ekonomi

Warta Fiskal Edisi III 2020 Pandemi COVID-19 telah memporakporandakan perekonomian dunia dan berdampak besar ke Indonesia. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pandemi ini sebagai perfect storm atau “wabah sempurna” (Townhall Meeting, 19/06/2020). Andrew Stern (2008) mengartikan perfect storm sebagai “badai yang sangat dahsyat” yang timbul dari kombinasi langka faktor meteorologi yang merugikan. Sementara Dictionary Cambridge mengartikan perfect storm sebagai keadaan yang sangat buruk atau kritis, yang timbul dari sejumlah faktor negatif dan tidak dapat diprediksi. Kata “perfect storm” ini kemudian digunakan juga sebagai metafora untuk suatu hubungan dalam lagu hit populer seperti Dark Horse yang dinyanyikan Katy Perry (bait …

Read More