Setup Menus in Admin Panel

Mekanisme Pertahanan Ego

Mekanisme pertahnan ego adalah strategi psikologis yang dilakukan seseorang untuk melingdungi egonya. Mekanisme ini muncul secara sadar maupun tidak sadar, ketika seseorang berusaha untuk melindungi ego/diri/pikiran dari kecemasan yang antara lain dipicu karena adanya reaksi social yang tidak menyenangkan.

Mekanisme ini seperti sebuat “tempat persembunyian” dari situasi yang tidak sanggup untuk dihadapinya. Setiap individu pasri pernah menggunakan mekanisme pertahnan ego ini selama hidupnya. Namun demikian, mekanisme tersebut dapat menjadi patologis apabila digunkan secara terus menerus. Seseorang yang terlalu sering menggunkan mekanisme pertahanan ego ini, justru membuatnya berperilaku maladatif yang pada gilirannya dapat mengganggu kesehatan fisik dan/atau mentalnya.

Dengan memahami apa itu mekanisme pertahanan ego, maka seseorang dapat menggunkannya secara bijak dan terukur, sehingga dapat terhindar dari perilaku yang tidak bermanfaat. Yuks kita simak video berikut untuk lebih memahami apa itu mekanisme pertahanan ego yang dibawakan oleh Widyaiswara BDK Malang, Widyarini.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Views : 365

30/12/2019

1 responses on "Mekanisme Pertahanan Ego"

  1. Denial, rasionalisasi, proyeksi, kompensasi, dan pindah kantor eh…salah pindah. Ditunggu seri selanjutnya Bu Widya…

Leave a Message