Setup Menus in Admin Panel

Biaya Manajemen

This topic contains 3 replies, has 2 voices, and was last updated by  (NARASUMBER) Arik Sutiawan 2 years ago.

Back to course
Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)
  • Author
    Posts
  • #114000

    Aldi Amdefi
    Participant

    Bagaimana perlakuan oleh AR jika menemukan Akun Biaya Manajemen di Laporan L/R yang diberikan oleh A Ltd (Singapore) yang merupakan Parent Entity dari PT Z. Dimana kepemilikan PT Z berada 3 tingkatan dibawah A Ltd

    Catatan : Urutan kepemilikan PT Z oleh A Ltd : A Ltd – PT X – PT Y – PT Z

    #114151

    kepemilikan saham dari PT Z oleh A ltd secara tidak langsung berapa % ya Pak?

    #114154

    Aldi Amdefi
    Participant

    asumsi 20%

    #114184

    perlu dilakukan klarifikasi atas biaya apa? apakah benar2 biaya yang dikelurkan oleh perusahaan terkait usahanya. Kalau tidak bisa dilakukan koreksi atas biaya tersebut dan perlu juga diperhatikan bisa jadi, biaya manajemen merupakan deviden terselubung.

    Pemberian jasa atau aktiva tidak berwujud oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan seringkali dipergunakan untuk mendistribusikan keuntungan perusahaan kepada induk perusahaan atau holding company. OECD Guidelines 2010 memberikan rekomedasi untuk menguji kewajaran-kewajaran mengenai transaksi ini. Pengujian dilakukan untuk mengetahui apakah jasa maupun aktiva tidak berwujud benar-benar diberikan, dan dilihat apakah jasa atau aktiva tidak berwujud tersebut memberikan benefit pada perusahaan penerima jasa atau aktiva tidak berwujud. Uji kedua dilakukan untuk menilai kewajaran harga transfernya. Pengujian kewajaran dilakukan dengan cara yang sama yaitu dengan mencari pembanding transaksi sejenis yang tidak dipengaruhi hubungan istimewa.
    Hasil uji terhadap manfaat dan kewajaran transaksi tidak selalu mengindikasikan adanya praktek dividen terselubung. Didiven terselubung hanya bisa di tentukan jika terdapat aliran profit kepada pemegang sahamnya. Namun dapat juga terjadi aliran keuntungan dilakukan kepada afiliasinya dalam hubungan istimewa yang bukan merupakan pemegang saham. Jika didapatkan bukti yang cukup bahwa transaksi jasa dan aktiva tidak berwujud ini merupakan praktek pemberian dividen terselubung, maka koreksi yang dilakukan adalah mengenakan tarif pajak atas pembayaran dividen dan sekaligus mengkoreksi pengeluaran biaya-biaya terkait sebagai non deductible expenses. Namun jika bukan merupakan dividen terselubung, tentunya koreksi hanya dilakukan dengan cara menyesuaikan dengan kewajaran, sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku.

Viewing 4 posts - 1 through 4 (of 4 total)

You must be logged in to reply to this topic.