Setup Menus in Admin Panel

Departementalisasi FOH – Reciprocal Method

Departementalisasi dalam akuntansi biaya terdiri dari supporting department dan operating departement.

Alokasi biaya memiliki 3 metode:
1. direct method
2. step-down method
3. reciprocal method

Ibu Rahayu Kusumawati untuk sesi ini akan menjelaskan mengenai step down method terkait departementalisasi FOH.

Rating: 5.0/5. From 155 votes.
Please wait...

Views : 2,134

220 responses on "Departementalisasi FOH - Reciprocal Method"

  1. Ternyata video nya ada di KLC juga. Thanks a lot miss ^_^

  2. Video edukatif di genarasi milenial sangat membantu dalam pembelajaran zaman now. Sukses selalu Miss Ayu ?? Janwaldi Silalahi (20) Kelas 4.7 D3K Akun AP

  3. Videonya sangat membantu buat belajar. Terima kasih Miss Ayu 🙂 Anton Edi Mulyono (06) Kelas 4-7 D3 Akun AP

  4. Videonya bisa dibuat bahan belajar buat UAS… Terima Kasih Miss Ayu… Semoga dapat memberi video pembelajaran lainnya… Ibrahim Sihotang (18) Kelas 4-7 AP… Semangattttt……..

  5. Metode Resiprokal ini yang sulit, videonya bikin jadi mudah Lalu Bayu Rialdi (23) Kelas 4-7 D3 Akun AP

  6. Wahh semenjak ada video ini, departementalisasi FOH menjadi lebih mudah dipahami. Terimakasih miss ayu ? Muhammad Al Kahfi (27) Kelas 4-07 D3K Akuntansi AP

  7. Materinya jadi lebih mudah untuk dipahami. Salah satu materi UAS, sangat membantu. Trimakasih miss Ayu☺️ Tenti Novianti Manurung (36) Kelas 4-07 D3 Akuntansi AP

  8. Sangat membantu untuk menambah pemahaman mengenai departementalisasi foh. Terimakasih Miss ? Aditya Firmansyah (02) Kelas 4–7 D3 Akun AP

  9. Mudah2an makin banyak video seperti ini, semoga berkah bagi Ibu Rahayu Kusumawati. Achmad Ade Irfansyah (01) Kelas 4-7 D3K Akuntansi AP

  10. Video Tutorialnya sangat membantu Miss. Saya ulang ulang terus karena Ketika lupa, saya bisa melihat video untuk memahaminya kembali dengan cepat. Semoga bisa upload video yg lain Miss, terutama video pembelajaran yg menyangkut 2 materi sekaligus. Seperti foh gabung abc. Madli Mulya 4-7 DIII Akun AP

  11. Video Tutorialnya sangat membantu Miss. Saya ulang ulang terus karena Ketika lupa, saya bisa melihat video untuk memahaminya kembali dengan cepat. Semoga bisa upload video yg lain Miss, terutama video pembelajaran yg menyangkut 2 materi sekaligus. Seperti foh gabung abc. Madli Mulya (24) 4-7 DIII Akun AP

  12. Terima kasih Miss Ayu atas untuk penjelasan videonya sangat bermanfaat bagi saya yang suka ngantuk dan seringnya nggak langsung paham kalau baca dari buku. Semoga semakin banyak video penjelasan seperti ini dari Miss Ayu. Buat channel di youtube Miss! Yoki Setyo P_38_4-7 Akuntansi AP

  13. Pembelajaran videonya mudah dimengerti, bisa buat bahan belajar UAS, ditunggu video untuk materi lainnya dari Miss Ayu.. Galih Wismoyo (14) 4-07, D3 Akuntansi AP

  14. Untuk saya yang nggk suka nyatet waktu kuliah, sangat terbantu sekali dengan video ini. Terima kasih miss ayu, semoga barokah Jainal Abidin 19 4-7 D3 Akuntansi AP

  15. Sangat membantu sekali, ditunggu untuk video selanjutnya miss Cahyo Setyo N -8 4-7 d3akunap

  16. Belajar FOH semakin mudah dengan adanya video ini, tinggal perbanyak latihan soal-soal saja di kelas dan dirumah :D…Terima Kasih atas inovasinya KLC dan Miss Ayu, semoga semakin banyak materi yang dibuat video pembelajaran seperti ini . Hesti Pratiwi (17) Kelas 4-7 D3 Akun AP

  17. Mantap, jadi bisa belajar dimana aja Dody Arya (10)/ 4-7AP

  18. Wah videonya sangat membantu saya sehingga lebih mudah untuk memahami materi ini, terima kasih miss Ayu atas materi yang dibawakan ini, sgt bermanfaat ? Dicky Dermawan Putra_4.7_09

  19. Materi yg paling susah, tapi dibuat mudah oleh miss ayu dan yg liat pun jadi semangat Makasih miss ayu WELLY KRISTIANTO (37) / DIII AKUN AP 4-07

  20. Video ini sangat bermanfaat buat saya dalam mempelajari metode yg cukup sulit ini. Terima kasih dan tetap semangat dalam berkarya buat Miss Ayu. Semoga video ini jg bermanfaat buat orang lain. Andrew Silvio Sebastian Sianipar (5)_Kelas 4-7 DIII Akun (AP)

  21. Materi terasa lebih menarik dengan pemaparan Miss Ayu. Mudah dipahami penjelasannya dan ga bikin ngantuk, Ditunggu next videonya. Melly Artha /4-7AP/25

  22. T. O. P. B. G. T. Miss Ayu, Materinya jadi mudah dipahami. terima kasih ilmunya. Loksa Restu Sianturi (22) Kelas 4-08 D3 Akuntansi AP

  23. Kolaborasi yang bagus antara PKN STAN & KLC, semoga konten video dengan tema yang sama bisa dikembangkan ke dalam ranah praktis dan aplikatif di lingkungan kerja Kemenkeu. Terima kasih Ibu Rahayu beserta tim, semoga menjadi amal jariyah, aamiin. Rahadhyan Purnama (31) Kelas 4-8 D3 AKAP TA 2018

  24. Berkat video ini mengulang materi dapat dilakukan dimana saja dengan mudah dan menyenangkan. Dwi Aryo Febrian / 10 / 4-8 / D3K AKAP 2018

  25. Terima Kasih Miss Ayu atas video materinya, saya jadi lebih memahami materi perkuliahan khususnya akuntansi biaya. Penjelasannya mudah dipahami dan setiap langkahnya jelas apa yang harus dilakukan jika menghadapi tipe problem seperti ini. Semoga dapat bermanfaat untuk semua kalangan tidak hanya di lingkungan kemenkeu sehingga menjadi ladang amal untuk Miss Ayu beserta tim pembuat. Harfi Fahmi (16) kelas 4/8 D3 Akuntansi AP

  26. This is honestly the most understandable video for Departementalisasi FOH – Reciprocal Method I have ever seen. thankyou Miss Ayu. Andre Faturrahman (05) Kelas 4-08 D3 Akuntansi AP

  27. Penjelasan yang sangat mudah dipahami. Dengan adanya video ini dapat belajar dimana dan kapan saja. Terima kasih Miss Ayu dan Tim, tetap semangat untuk berkarya. Muhammad Maulizar (27) Kelas 4-8 D3 Akuntansi Alih Program.

  28. Terima kasih Miss Ayu. Yang awalnya saya belum terlalu mengerti, jadi lebih mantap memahami materi ini. Semangat buat video-video yang lain, Miss Ayu. Febby Putri Rohmawati (13) Kelas 4-8 D3 Akuntansi Alih Program

  29. Terima kasih miss Ayu. Videonya sangat membantu dalam memahami materi ini. Kami tunggu video” lainnya seperti ini. Ardi Wijayanta (06) 4.8 D3K Akuntansi AP

  30. Video edukasi yg sangat mmbantu mmudahkan plajaran ttg FOH, terima kasih Miss Ayu, ditunggu video2 lain ttg akuntansi biaya nya ?. Muhammad Muin Tanzil (28) kelas 4-08 D3 Akuntansi AP

  31. Terima kasih miss ayu, what a great job spreading knowledge trough this media. Bravo KLC Bravo PKN STAN Rizky Juliyanto (33) 4/8 D3K Akuntansi AP

  32. Terima kasih Miss Ayu, Dari Ketiga Metode FOH Departementalisasi, Materi FOH Departementalisasi – Reciprocal Method memang tersulit karena menggunakan asumsi persamaan yang nantinya disubstitusi satu sama lain. Semoga semakin banyak video pembelajaran materi-materi lainnya. Ganes Yudha Dwiyan Prakasa (14) Kelas 4-8 D3K Akuntansi AP

  33. terima kasih Miss Ayu, memahami reciprocal method menjadi lebih mudah setelah menonton video ini. Resnu Aryadipa (32) kelas 4-7 DIII Akuntansi AP

  34. Thankyouuu miss ayuuuuu… alhamdulillah makin paham, mantep videonya? Jefri Kurnia Putra (20) Kelas 4-8 D3K Akuntansi AP

  35. Sangat membantu memahami metode reciprocal method ini dalam belajar. Terima kasih miss ayu atas ilmunya. Panji Romadhona (30) 4-8 D3K Akuntansi

  36. Alhamdulillah, sangat membantu untuk memahami reciprocal jd lebih mudah, terima kasih Miss Ayu Sefta Andarin 4-8 (34) D3 AK AP

  37. Alhamdulillah, sangat membantu. Terima kasih Miss Ayu dan ditunggu video materi-materi pembelajaran lainnya. Arief Ardiansyah (7) Kelas 4-8 DIII Akuntansi AP

  38. Terimakasih Miss Ayu, saya izin bookmark untuk saya ulang ulang lagi, terutama reciprocal method. Sangat bermanfaat apalagi menjelang UAS. Farid Muhtadin (12) 4-8 D3K AKUNTANSI AP

  39. Sumber video materi sudah dekat, Beta sonde tidak ke bimbel lagi. Terimakasih miss ayu, dengan video ini kami bisa mengulang-ulang materi di kosan. Semoga semakin banyak video materi pembelajaran lainnya. Terimakasih. Mikhael Judema Sinaga (24) Kelas 4-8 DIII Akuntansi AP

  40. Videonya bermanfaat dan sangat membantu dalam proses belajar FOH departementalisasi metode resiprokal Terimakasih banyak miss ayu… Jatmiko Cahyoputro Utomo (19) Kelas 4-8 DIII Akuntansi AP

  41. Alhamdulillah sangat membantu sekali, memang reciprocal ini agak sulit dipahami, tapi dengan video ini Insha Allah dapat diulang ulang kembali, terima kasih Miss Ayu, KLC, dan Tim. Ridho Damara (32) Kelas 4-8 DIII Akuntansi AP

  42. Video departementalisasi FOH reciprocal method ini juga sangat membantu saya dalam proses memahami materi departementalisasi FOH khususnya reciprocal method, penyampaiannya ringan dan mudah dipahami, terimakasih banyak miss Ayu beserta tim, sukses selalu ??? Mahaji Suryoyudanto / D3 Akuntansi AP / 4-08 / 23

  43. Terimakasih Miss Ayuu, Video nya sangat membantu sekali miss, Ternyata materi FOH depertementalisasi- Reciprocal Method tidak sesulit yg dibayangkann.. Ditunggu video-video materi pembelajaran lainnya miss ayu dan tim Teguh Fragma Sakti (35) Kelas 4-8 DIII Akuntansi AP

  44. Video ini sangat membantu utk memahami materi Departementalisasi FOH-Reciprocal Method dan jga utk persiapan UAS. Terimakasih Miss Ayu, ditunggu video2 pembelajaran selanjutnya. Enggi Dwi Putra (11) Kelas 4-8 D3 Akuntansi Alih Program

  45. FOH departementalisasi reciprocal method menurut saya lebih rumit dari 2 metode sebelumnya dan video ini sangat membantu saya dalam memahaminya , terimakasih Miss Ayu. Doan Wiro Pasaribu (09) Kelas 4-8, D-III Akuntansi Alih Program

  46. Terima kasih Miss Ayu atas penjelasannya. Sekarang mengerti bagaimana metode Reciprocal itu penyisihannya, dan sangat berguna untuk persiapan UAS. Semoga ilmunya berguna Miss untuk studi kami. Semoga angkatan kami sukses UAS nya Miss Jerry Verwiebe (21) Kelas 4-7 D3 Akuntansi Alih Program

  47. Terimakasih Miss atas penjelasannya yg menarik. Semoga ilmu yg diberikan berkah buat kami. Falsafa Amal I. D3akun AP 4-7/13

  48. abis liat vidiony alhamdulillah jd tercerahkan, bikin semangat belajar cost accounting buat uas besok, doumo arigatou miss ayu sensei ahmad ikhsan (03) 4-7 D3Akuntansi_AP

  49. though this method is a lil’ bit complicated than the previous two method-Direct and Stepped Down- but the way you explain Reciprocal Method make people easier to understand, You make it simple but not simpler. Good luck miss. Gamaliel B Siahaan (15) 4-07 D3K Akuntansi AP

  50. Video pembelajaran yang disajikan dengan ringan dan mudah dipahami, terima kasih Miss Ayu dan Tim yang telah menyajikan materi dengan baik sebagai bentuk Inovasi untuk membantu meningkatkan pemahaman kita tentang Materi FOH Departementalisasi. Hanan Eko Budiharjo (16) Kelas 4-7 D3 Akuntansi Alih Program

  51. Videonya singkat dan mudah dimengerti, pas banget untuk persiapan UAS. Terima kasih Miss Ayu! Muhammad Lukman Hakim (28) 4-7 D3 Akuntansi Alih Program

  52. Alhamdulillah sangat dimudahkan dengan adanya E-Learning dari Miss Ayu, membuat UAS makin yakin bismillah. Terima Kasih banyak Miss Ayu. Assadad Kamal (07) Kelas 4-7 D3 Akuntansi Alih Program

  53. Alhamdulillah dengan adanya KLC ini, bisa belajar dimana saja. Penjelasan juga mudah dimengerti untuk materi yang cukup sulit ini. Terima kasih miss Ayu M Iliyansyah Idham – D3 akun AP kelas 4-7 absen 29

  54. Alhamdulillaah bisa memahami penyampaian Miss Ayu tentang step down method,sehingga saya makin bisa, semoga nilai saya juga makin baik Terimakasih Miss Ayu. Raditya Mahendra Wirayoga (31) D3 Akuntansi Alih Program Kelas 4-7

  55. Terima kasih Miss Ayu, videonya sangat membantu dalam memahami materi FOH Departementalisasi Reciprocal Method. Yudha Prakoso (37) 4-8 D3 Akuntansi Alih Program

  56. Terima Kasih banyak Miss Ayu, penjelasannya simple dan mudah dimengerti dan yang pasti bisa di ulang-ulang terus. Sangat membantu ketika mau UAS. Muhamad Huda Ahanta (26) Kelas 4-8 D3 Akuntansi Alih Program

  57. Terima Kasih miss ayu, video ini sangat bermanfaat untuk memahami FOH departementalisasi, apalagi saat kek gini, menjelang UAS, semoga lebih banyak lagi video-video pembelajaran yang bermanfaat lainnya sukses miss Ayu 🙂 Kakana Tebigianti (22) Kelas 4-7 D3 Akuntansi Alih Program 2017

  58. terimakasih miss Ayu dan KLC, sangat bermanfaat dengan metode ya mudah dipahami, ditunggu video video selanjutnya Adi Triarto Ramadhan (01) Kelas 4-8 D3 Akuntansi Alih Program

  59. Semoga semester depan masih bisa berkesempatan bertemu dan dibimbing cost accounting 2 oleh Miss Ayu. Terimakasih… Dzakiyatun Niswah / 4-7 / 11 (D3 Akuntansi Alih Program)

  60. Terima kasih buat Miss Ayu dan KLC, video nya sangat membantu sekali untuk belajar Satrio Ilharno Hidayat (34) Kelas 4-7 D3 Akuntansi Alih Program

  61. Terima kasih untuk video nya Miss, ini metode paling susah dari series Departmentalization, semoga dapat menjadi manfaat. Rizki Fajar / 4-07 / 33 D-III Akuntansi AP

  62. Dari semua metode pada departementalisasi FOH, ini metode paling rumit menurut saya, miss. Untungnya sangat terbantu dengan video ini. Thaks a lot miss Ayu. ? Khusnul Khotimah – D3 AKAP Kelas 4-8/21

  63. Terima Kasih Miss Ayu atas videonya, penjelasannya sangat mudah dimengerti dan sangat membantu untuk persiapan Ujian. Ditunggu video2 untuk materi lainnya. Sukses selalu Miss ?? Mukhammad Raditya Putra H (29)/ 4-8 D3 Akuntansi AP

  64. Menyaksikan ketiga video dari Miss Ayu yang di posting di KLC merupakan sebuah kebanggaan bagi saya. Sempat membuat saya takjub karena metode yang cukup rumit ini dapat dijelaskan dengan sederhana. Saya jadi mengerti apa esensi dari ketiga metode ini dan saya merasa bersyukur Kemeterian Keuangan memfasilitasi pembelajaran dengan cara yang sangat modern. Sekali lagi saya berterima kasih kepada semua pihak yang terkait sehingga video ini dapat dilihat oleh orang banyak. Saya harap bukan hanya saya yang tercerahkan namun juga orang-orang lain yang ingin mempelajari departementalisasi FOH ini. Tegar Arryaguna (35) Kelas 4-7 D3 Akuntansi Alih Program

  65. Pas baca dibuku Carter pusing tapi pas lihat penjelasan Miss Ayu alhamdulillah jadi bisa paham. Mkasih banyak Miss ? Ahmad Romadhon (3) Kelas 4-8, DIII Akuntansi Alih Program

  66. Metode reciprocal memang metode paling rumit, namun video penjelasan ini benar-benar membantu saya dalam memahami langkah-langkah pengerjaannya. Terimakasih banyak kepada Miss Ayu, serta seluruh tim Kemenkeu Learning Center. Andre Andika Simanungkalit (4) Kelas 4-7, DIII Akuntansi Alih Program

  67. Terimakasih Miss Ayu, video pembelajaran ini sangat bermanfaat dan mempermudah kami sebagai mahasiswa untuk mengerti tentang Departementalisasi Reciprocal Method. Lebih mudah dipahami dibandingkan penjelasan di Carter. Aufarramdhani Hilman Barlian (8) Kelas 4-8, DIII Akuntansi Alih Program

  68. Enak sekali bisa selalu mendengarkan penjelasan miss Ayu kapan saja, jadi lebih mengerti langkah2 pengerjaan FOH Departementalisasi, tiap kali ada yg kurang jelas bisa diulang2 terus sampai paham☺️ Sangat membantu persiapan UAS Alhamdulillah?? Ivani Ayu Mahardhika (18) Kelas 4-08 D3 Akuntansi Alih Program

  69. Terima kasih untuk Miss Ayu, KLC dan semua tim yang terlibat. Semoga KLC kedepannya lebih diberdayakan lagi untuk menjadi Learning Center yang terdepan. Untuk materi semoga terus up to date. Ghani Fahrurozi Al Rofiq (15) Kelas 4-08 D3 Akuntansi Alih Program

  70. Terimakasih Miss Ayu atas video pembelajarannya, sangat mudah dipahami dan membantu kami dalam menghadapi ujian akhir. semoga kami semua bisa mengerjakan uas hari ini dgn hasil yg memuaskan, dan bisa membanggakan Miss Ayu as our lovely lecturer ? Panji Galih Yogaswara (30), Kelas 4-07, DIII Akuntansi Alih Program

  71. Video yang bermanfaat, sangat membantu untuk memahami materi FOH Departementalization. Terima kasih M. Farhan CN (4-07)

  72. Pas tau disebut juga metode aljabar, saya kebayang susahnya. Tapi ternyata enggak. Apalagi dibantu dengan adanya video ini. Makasih miss 🙂 Aiyu Amala (04) kelas 4-8 D3 Ak AP

  73. semakin mudah memahami reciprocal method dengan melihat video ini, terimakasih miss ayu atas penjelasannya. Ichwan Ahmad (17) 4-8

  74. Terima Kasih Miss Ayu atas video pembelajarannya , penjelasannya membuat saya mengerti perbedaan dalam departementalisasi dari ketiga metode ini . Perbanyak pembelajaran melalui video seperti ini agar lebih sering mengakses pembelajaran dibanding hal lain . Willy Satya Pratama (36)/ 4-8 D3 Akuntansi AP

  75. Terima kasih miss Ayu, papan tulisnya selalu warna warni, jadi mudah dipahami materi yang ‘algrebaic’ itu Mohammad Ridho Artha 25 kelas 4-8 D3 AkAP

  76. Setelah menonton ketiga video ternyata masing-masing video mempunyai perbedaan ya, sangat bermanfaat miss dan membantu proses belajar saya Iqbal Rifaldi (22) 3-10 / D III Akuntansi 2017

  77. Konten yang sangat bermanfaat bagi para mahasiswa. Senang sekali bisa mengetahui dan mempelajari metode resiprokal dalam waktu yang singkat. Terimakasih Miss Ayu 🙂 Meciho Cio Cilinggem (22) 3-28 / D III Akuntansi 2017

  78. Videonya bagus, ringkas dan sangat membantu pembelajaran. Terimakasih dan sukses terus Miss Ayu. Oky Redian Prima (30) 3-28 / D III Akuntansi 2017

  79. Bahan materi cukup jelas Cara penyampaian yang runtut, jelas, dan mudah dimengerti Video pembelajaran ini sangat bermanfaat untuk membantu belajar saat dikos-kosan masing-masing Terima kasih Miss Ayu??? Nurul Waheedatun Fatimah/ Kelas 3-28/ D3 Akuntansi 2017

  80. wahhh mantap sekali miss, vudeo ini sangat membantu pembelajaran. Terima kasih banyak Miss Ayu 🙂 Nila Anggraini (27)/ 3-28/ D III Akuntansi 2017

  81. Terimakasih miss, video pembelajaran ini sangat bermanfaat untuk memahami materi departementalisasi FOH. Lidya Dwi Agustira (19) 3-28 / D-III Akuntansi 2017

  82. Sangat membantu untuk belajar secara mandiri. Penjelasannya singkat dan jelas. Harus sering-sering latihan agar lebih memahami. Terima kasih Miss Ayu. Puspitha Rachmatina (31) 3-28 / D-III Akuntansi 2017b

  83. Terima kasih banyak atas penjelasannya Miss Sherly Senja Rindiani (35) 3-28 / D III Akuntansi 2017

  84. Terimakasih banyak atas materi pembelajarannya Miss,Sangat membantu saya dalam memahami materi departementalisasi FOH, Uli Natasya Girsang(36)3-28/D III Akuntansi 2017

  85. Videonya singkat namun sangat jelas, sangat membantu dalam memahami materi. Terima kasih Miss Ayu, ditunggu video video pembelajaran berikutnya.

  86. Videonya singkat namun sangat jelas, sangat membantu dalam memahami materi. Terima kasih Miss Ayu, ditunggu video video pembelajaran berikutnya. Shania Rizky Prasanto (34) / 3-28 / D III Akuntansi 2017

  87. Videonya keren karena saya bisa dengan mudah memahami materinya Terima Kasih Miss Ayu Balqis Indria Wijayanti (07/3-28) D3 Akuntansi 2017

  88. Videonya sangat membantu saya dalam memahami materi karena dapat diputar berulang-ulang, terima kasih miss? Firdausyih Candra Pangesti (13)/ 3-28/ D III Akuntansi 2017

  89. Alhamdulillah, videonya sangat bermanfaat sekali Miss Ayu, dan juga videonya keren Miss. Terima kasih banyak Miss Ayu. Muhammad Iqbal ‘Alal Maula (23) / 3-28 / DIII Akuntansi 2017

  90. videonya sangat membantu saya dalam belajar. sangat jelas dan sangat mudah dipahami.. terimakasih banyak miss ayu Bening Lauditta Irbah (08)/ 3-28/ D III Akuntansi 2017

  91. Terimakasih Miss Ayu, videonya membantu saya memahami materi Nabila Alif Azzura 24/3-28/D III Akuntansi 2017

  92. videonya sangat membantu saya dalam belajar. sangat jelas dan sangat mudah dipahami.. terimakasih banyak miss ayu Bening Lauditta Irbah (08)/ 3-28/ D III Akuntansi 2017

  93. Terima Kasih miss atas penjelasannya. Ketiga videonya membantu saya sekali untuk memahami materi 🙂 Danri Sistrida Astiani (10) / 3-28 / D III Akuntansi 2017

  94. Video pembelajaran sangat membantu dan menyenangkan untuk disimak. Terima kasih Miss Ayu untuk penjelasan yang simple namun jelas dan dapat dimengerti ☺️ Netania Bleskinta Bangun (26)/ 3-28 / DIII Akuntansi 2017

  95. WOW! Ternyata di sini bisa belajar dengan cara baru yang menarik buat saya. Video sangat membantu dan mudah dipahami. Sangat bermanfaat untuk saya. Ditunggu video video pembelajaran berikutnya Miss 🙂 Trimakasih buat video nya yang sangat keren! Lusiana DIII Akuntansi 3-28

  96. WOW! Ternyata di sini bisa belajar dengan cara baru yang menarik buat saya. Video sangat membantu dan mudah dipahami. Sangat bermanfaat untuk saya. Ditunggu video video pembelajaran berikutnya Miss ? Trimakasih buat video nya yang sangat keren! Lusiana Hutagalung (20) / 3-28 / DIII Akuntansi 2017

  97. Video pembelajarannya sangat membantu, jelas dan mudah dipahami. Hanif Romadhoni Nurcholis (16)/3-28/ DIII Akuntansi 2017

  98. Video yang sangat bermanfaat, materi disampaikan dengan rapi dan santai sehingga dapat mudah dimengerti. Terimakasih banyak dan sukses selalu Miss Ayu. Agi Indrawan Nugraha (02)/ 3-28/ DIII Akuntansi 2017

  99. Terima kasih Miss Ayu atas video pembelajarannya, sangat bermanfaat dan mempermudah saya dalam memahami materi ini. Nurridha Deanti (28) / 3-28 / D III Akuntansi 2017

  100. Alhamdulillah, terimakasih miss Ayu atas video nya. Sangat membantu dalam belajar, materi yang disampaikan cukup jelas dan mudah dipahami. Ditunggu video lainnya miss. Naimatuzzahroh (25) / 3-28 / D III Akuntansi 2017

  101. Alhamdulillah… nambah ilmu terimakasih miss Ayu atas penjelasannya yang sangat membantu saya memahami materi. semoga menjadi berkah ya miss. saya Aldi Viar Rahmat Hidayat (03) / 3-28 / D III Akuntansi 2017

  102. terimakasih penjelasannya miss Ayu, videonya bagus, singkat dan jelas, sangat membantu. Febrizki Roselly Dalimunthe (12) 3-28 D III Akuntansi 2017

  103. Terima kasih miss Ayu atas video pembelajarannya. Videonya sangat membantu sekali untuk belajar. Saya kagum ternyata dengan adanya kemajuan teknologi, belajar bisa semudah ini. Athay Salsabila Putri Kurnia (05) | 3-28 | D III Akuntansi 2017

  104. Skali lagi Makasih Miss ayu atas video pmbelajarannya. Smoga ttap bermanfaat. Habiburrahman Al Farabi (15) D3 Akun 2017 3-28

  105. terima kasih miss Ayu sudah menyampaikan materi dengan jelas, semoga ilmu yang disampaikan berkah dan bermanfaat. Rizky Maulana (33) 3-28 D3 Akuntansi 2017

  106. Alhamdulillahh.. sekali lagi terima kasih untuk Miss Ayu dan kemenkeu Learning Centre yg sudah memfasilitasi kami untuk mendapat ilmu tambahan. materi yg singkat, dan mudah dicerna dapat membantu kami untuk lebih memahami materi. ditunggu video-video selanjutnya.. Khoyrul Umam (18) 3-28 / DIII Akuntansi 2017

  107. Video yang terakhir untuk Alokasi Biaya per Departemen tetapi semuanya mudah dipahami. Terutama ini karena agak ribet, tetapi Miss Ayu bisa memberikan cara matematis yang membantu kami dapat menemukan hasil dengan mudah dan cepat. Terimakasih Miss Ayu, semoga kedepannya tetap konsisten memberi yang terbaik dalam setiap video pembelajarannya. Semangat Miss Ayu 😀 Gian Mellyano Siahaija (14)/3-28/D3 Akuntansi 17

  108. Hadir miss.. ? Sedikit rumit, tapi sudah dijelaskan dengan baik ? M. Haqqul Muhkam DIII Akuntansi 2017 3-28 /21

  109. Terimakasih Miss Ayu untuk penjelasan sistematisnya, sehingga bab yang rumit ini sedikit demi sedikit bisa dipahami. Adanya video pembelajaran seperti ini membuat kami bisa belajar dimana saja dengan praktis. Semangat Miss Ayu ? Jordi Imanuel Wilander Rehjaar D III Akuntansi 2017 3-28/17

  110. Terimakasih Miss ayu, videonya membantu banget. Kita jadi bisa belajar dimana dan kapan aja asal ada koneksi internet. Btw, videonya keren Miss, mudah dipahami.. Dandy Dwi Apriliyan Pursetiadi (09) 3-28 / D3 Akuntansi 2017

  111. Sebuah terobosan yang positif dan sangat bermanfaat Terimakasih Miss Ayu, Videonya sangat membantu dalam pembelajaran, semangat dan terus maju !! Abdul Hakim At Tamimi D III Akuntansi 2017 3-28 / 01

  112. Meskipun metode Resiprokal ini berbeda dengan lainnya, saya cukup paham setelah menonton videonya Miss. Makasih Banyak Miss Ayu Wahyu Ridho Utomo D III Akuntansi 2017 3-28/37

  113. Terimakasih Miss Ayu, video nya sangat membantu memahami dengan lebih mudah, praktis, dan ngga bikin bosan saat belajar. Evi Nur Hidayati DIII Akuntansi 2017 3-28/11

  114. Walaupun kelihatannya rumit, disini jadi terlihat lebih simpel. Terimakasih Miss Ayu Ditunggu video-video pembelajaran lainnya Miss 🙂 Putri Mikha Wariswara D III Akuntansi 2017 3-28/32

  115. Menurut saya, metode Reciprocal Method adalah metode yang paling susah diantara tiga metode yang telah dijelaskan. Tapi Menjadi mudah dipahami setelah melihat dan mendengar video penjelasan dari Miss Ayu. Jadi semakin penasaran dengan video materi cost accounting selanjutnya. Terimakasih Banyak Miss Ayu.

  116. Terimakasih Miss, Alhamdulillah saya menjadi paham

  117. Terimakasih miss, alkhamdulillah saya menjadi paham. Video yg sangat bermanfaat. Rizky Bayu Putranto DIII Akuntansi AP 2018 4-05/35

  118. Zahra Aulia Djanah 3-38: saya agak kesulitan dengan metode ini, tapi Alhamdulillah mulai mengerti karena video ini. terimakasih Miss Ayu.

  119. Terimakasih miss videonya sangat membantu proses pembelajaran. -Cakrawerdaya 3-37 (26)

  120. Afra Nur Haerani Haeba/01/3-37 terima kasih miss videonya membantu saya jadi lebih memahami materi

  121. Muhammad Akbal Antalthoniq, Kelas 3-37, No. 30 : Vidionya sangat membantu Miss, penyampaianya mudah di pahami, sehingga saya dapat lebih mengerti pengaplikasian aljabar pada Metode Reciprocal ini, Terima Kasih Miss

  122. Setelah menonton video untuk materi ini saya lebih paham perbedaan dari 3 metode departementalisasi dengan penjelasan yang mudah dipahami. Terimakasih miss. Aiyswara (05), 3-37

  123. sisca ainun nafisah (35) 3-37 videonya sangat membantu saya dalam memahami materi departementalisasi untuk metode reciprocal dan mudah dipahami, terimakasih miss

  124. Asma Syifa T/09/3-37 meskipun materi ini yang paling sulit di antara ketiganya, miss ayu membuat materinya dirasa mudah, terima kasih banyak miss

  125. I Dw Gd Dodi Brasika (23) 3-37. Terimakasih miss ayu atas penjelasannya sehingga materi FOH departementalisasi reciprocal method ini dapat saya pahami dengan lebih baik.

  126. Tirta Septia Maharani (37) 3-37 Terima kasih atas videonya miss, saya menjadi lebih paham mengenai reciprocal method, dimana merupakan metode yg menggunakan aljabar dan sedikit berbeda dengan metode-metode sebelumnya.

  127. Meta Brilian H (27) 3-37 Video pembelajaran ini sangat membantu saya untuk memahami materi departementalisasi foh reciprocal method, terimakasih miss ayu

  128. Video ini sangat membantu saya untuk belajar Miss ayu , terimakasih Mochamad bangun Setiaji (29) D3 Akun 3-37

  129. Terima kasih miss Ayu, penjelasannya mempermudah saya mempelajari metode resiprokal yang rumit ini. Ditunggu video untuk materi yang lain miss. Desti Dwi Rahmawati (13) 3-37

  130. Tiara Afifah Octavia (36) 3-37 DIII Akun Reguler. Terimakasih miss ayu, videonya bermanfaat dan membantu saya memahami reciprocal method. ?

  131. Aliyah D./06/3-37 Terima kasih Miss Ayu, videonya sangat bermanfaat dan membantu saya belajar ?

  132. Penjelasan Miss Ayu selalu jelas dan mudah dipahami, makasih Miss. Ridwan (33) kelas 3-37.

  133. Didalam video ini menjelaskan tentang departementalisasi foh menggunakan reciprocal method yg menggunakan aljabar dlm pengerjannya. Walaupun sedikit berbeda dg 2 metode sebelumnya namun penjelasan didalam video ini sangat mudah dipahami & membantu saya menjadi lebih paham materinya. Terimakasih miss Ayu! Wiasri muktika/38/3-37

  134. Terimakasih miss, videonya membuat saya menjadi lebih teliti dalam mengerjakan soal metode resiprocal. Dionisius Ksatria/15/3-37

  135. Walaupun metode reciprocal terlihat paling sulit dibanding 2 metode sebelumnya tetapi karena ada video ini jadi lebih mudah untuk dimengerti dan dipahami, terimakasih Miss video pembelajarannya, mantap betul. Muhammad Rizky Al Ayyubi/22/3-04

  136. Siti Aubrey STP (35) 3-04 Terima kasih miss atas video nya, saya awalnya kesulitan memahami alokasi biaya pada reciprocal method. Tetapi setelah melihat video ini saya jadi paham mengenai alokasi biaya nya

  137. yunida rahmadhani (38) 3-04. reciprocal method jika dibandingkan dengan metode yang lain memang metode yang paling membingungkan perhitungannya. tapi di video ini miss menjelaskannya dengan cukup jelas, saya jadi tidak bingung lagi miss, terimakasih miss ayu.

  138. Prameshwari S./27/3-04. Alhamdulillah, bisa paham. Dah keliatan deh gimana perbedaan antara ketiga metode. Awalnya, kirain tu susah soalnya kan pake hitungan aljabar kan. Tapi klo kita dah bisa nentuin persentase alokasi FOH nya, seterusnya bs lbh mudah. Miss Ayu enak ngejelasinnya, mudah dipahami. Makasih Miss

  139. Nagita Ginting (25) 3-04 reciprocal method ini adalah metode yang paling sulit diantara kedua metode lainnya. awalnyaa sayaa bngungg ngeliatt perhitungannya gimnaaaa dan terlihatt sangat rumit. tapii setelahh adaa video ini sayaa menjadi pahamm. Terimakasiihh misss

  140. zuama birohmatika/3-04/40 reciprocal atau aljabar method adalah metode yang paling sulit, perlu proses yang lebih banyak, menghitung lebih cermat tetapi peling handal dalam alokasi FOH. terimakasih Miss Ayu atas penjelasannya karna sangat mudah untuk dipahami

  141. Rodhi Roy 34/3-37. Terimakasih miss Ayu atas penjelasannya tentang metode FOH departementalisasi yang terakhir yaitu reciprocal method sehingga dapat di pahami dengan mudah dsn cepat

  142. Rizqy M Ridlwana/3-04/32 Terima kasih atas videonya, Miss Ayu. Saya menghadapi kesulitan awalnya dalam memahami Reciprocal Method, namun dengan penjelasan yang jelas, membantu saya memahami lebih mudah metode ini.

  143. Marcel Josua/3-04/20. Terima kasih Miss Ayu atas video pembelajarannya. Mulai dari direct method, step-down method hingga reciprocal method sangat membantu saya dalam memahami materi bab FOH Departementalisasi ini. Khususnya pada reciprocal method yang sedikit sulit namun saya jadi mengetahui lebih bahwa pendistribusian dapat dilakukan pada masing masing dept dan juga terdapat penjumlahan yang memakai rumus aljabar.

  144. azhar saifullah daulay 3-37. waah ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. ternyata reciprocal method mengalokasikan seluruh FOH supporting dept. kepada semua departemen lainnya. Sehingga perlu membuat persamaan dan melakukan substitusi agar mendapat hasil yang pass. terima kasih Miss Ayu

  145. Sherina Nathasya Lbs (34) 3-04. Videonya sangat membantu saya, terima kasih miss. Pada metode ini, semua hubungan timbal balik antar departemen jasa diperhitungkan dalam alokasi departemen jasa dan video ini membantu saya memahaminya dengan baik.

  146. Videonya sangat membantu saya ketika sedang belajar sendiri. Penjelasannya juga mudah dipahami. Top banget deh! Terima kasih, miss Ayu.. (Aughina SP/10/3-37)

  147. Rachma Citra (28) 3-04. Video penjelasan dari miss ayu sangat membantu saya dalam mempelajari dan mengerti materi FOH Departementalization dengan metode resiprocal. Dengan metode ini ada hubungan timbal balik antar departemen jasa, sehingga setiap departemen mendapat alokasi biaya.

  148. redhi yulianis_30_3-04 awalnya saya kurang paham tentang metode simultan, tetapi setelah melihat video dari miss, saya jadi sangat paham mengenai langkah” dan cara mengerjakan metode simultan

  149. Terima kasih Miss Ayu, videonya sangat membantu dalam memahami materi FOH Departementalisasi Reciprocal , Fernanda Anugrah wiratama (22) 3-37 D3 Akuntansi 2018

  150. Yola Ayunda Putri 3-04/37. Terima kasih atas videonya, Miss Ayu. Saya menghadapi kesulitan awalnya dalam memahami Reciprocal Method, namun dengan penjelasan yang jelas, membantu saya memahami lebih mudah metode ini.

  151. Hasna Nur Aulia 3-04/14 wah ternyata metode resiprokal tidak serumit yang saya bayangkan, belajar dari miss jadi sangat mudah… terimakasih miss.

  152. Dellia Raissa Abiyya 3-04/09 | terimakasih atas video nya miss. metode resiprokal adalah metode yang paling rumit diantara ketiga metode yang ada. metode ini mengalokasikan FOH ke semua departemen dan harus lebih teliti dalam mengerjakan soal

  153. Arfin Fajriyya 3-37/08, terima kasih Miss Ayu atas video ini, saya menjadi lebih paham lagi, jika menggunakan resiprokal method ini dalam mengalokasikan foh departemen jasa akan didistribusikan ke departemen produksi dan departemen jasa lain, setelah didistribusikan ada kemungkinan jasa itu mendapat distribusi lagi dari jasa lainnya… semoga bermanfaat

  154. Assalamualikum Miss. Ayu, Saya Zakia Nurul Hanifa 3-04/39 mengucapkan terima kasih karena dengan video ini saya bisa mengetahui bahwa FOH Departementalisasi dengan metode reciprocal method itu service departemen mengalokasikan FOH nya juga ke sesama departemen service lainnya sampai nilainya nol, namun kita bisa melakukannya dengan menggunakan aljabar

  155. Alfredo Tarihoran 3-38/02. Saya mengucapkan terima kasih karena melalui video-video pembelajaran mengenai ketiga metode yang dapat digunakan dalam FOH Departmentalisai terutama untuk metode ketiga ini yaitu Recriprocal method yang bisa dikatakan metode yang sulit untuk dimengerti. Konsep Recriprocal Method adalah setiap service departemen akan mengalokasikan ke semua departemen termasuk sesama service departemen lainnya. Service departemen yang telah mengalokasikan budgetnya akan menerima kembali pengalokasian dari service departemen lainnya. Begitu seterusnya hingga semua budget yang dimiliki oleh service departemen “habis” atau “0”. Hal ini membutuhkan proses yang panjang dan memakan waktu yang lama sehingga dapat dilakukan dengan Metode Aljabar. Terima kasih Miss Ayu karena telah membuat video pembelajaran mengenai FOH Departementalisai untuk ketiga metode. God Bless

  156. Terimakasih Miss atas penjelasan mengenai Departementalisasi FOH – Reciprocal Method, sangat jelas sekali dan mudah dipahami. Videonya juga jelas sekali Miss serta tulisannya, sehingga indah untuk dilihat (Elwanda Nurulita 3-37/19)

  157. Mifta Sofyan/3-04/21 Ternyata metode ini tidak sesulit yang saya kira, terima kasih miss sudah menjelaskan dengan begitu detail sehingga sangat mudah untuk dipahami

  158. Sania media nosa/3-24/33 Terimakasih miss ayu telah menjelaskan dengan jelas, saya baru tau ternyata kelebihan sedikit angka di hasil akhir merupakan hal yang wajar di metode resiprokal ini.

  159. Okky Dwi Berliantonnis/3-04/26 terima kasih miss. Saya jadi mengerti mengenai metode aljabar ini.

  160. Luthfia Khairunnisa/3-04/19 terimakasih miss saya jadi mengerti bahwa metode resiprokal ini hampir mirip dengan step down, perbedaannya pd metode ini dept jasa yg sudah mengalokasikan fohnya tetap mendapat alokasi foh dr dept. jasa selanjutnya

  161. Millenia Aziza /18/3-38 Terimakasih miss ayu atas penjelasannya. Hal yang dapat saya simpulkan dari penjelasan di atas adalah : Pengalokasian foh dengan reciprocal method mengalokasikan foh dari departemen jasa ke departemen produksi dan juga ke sesama jasa. Departemen yang sudah mengalokasikan fohnya tetap mendapat alokasi dari departemen yang mengalokasikan setelahnya. Dalam mengerjakan metode ini kita menggunakan persamaan aljabar untuk menentukan jumlah yang harus dialokasikan tiap departemen. Urutan pengalikasian tidak harus diperhatikan dalam pengerjaan di metode ini.

  162. Ari Purnomo Aji (04/3-38) Terima Kasih miss atas penjelasannya dalam video pembelajar ini saya dapat menyimpulkan dalam metode reciprocal ini dalam metode ini antara depart jasa dengan depart produksi saling memberikan FOH satu sama lain , dalam metode ini FOH dialokasikan tanpa memperhitungkan berapa FOH yang dialokasikan tiap departmen jasa

  163. Terimakasih miss Ayu. Videonya bermanfaat sekali, mudah dipahami (Fadhila muthia/3-37/20)

  164. Annisa Syafira/3-04/05 Video pembelajarannya sangat edukatif dan sangat mudah dipahami

  165. Dameria Siahaan/12/3 37. Terimakasih miss singkat padat tepat sasaran

  166. Terima kasih atas penjelasannya yang sangat mudah dipahami sehingga saya paham tentang materi ini. Fauzan Mirwan Anugrah (21) / 3-37 / D III Akuntansi 2018

  167. Zayya Almas S/3-37/39 Terima kasih Miss atas videonya. Metode ini benar-benar membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Semoga nanti ujian tidak lupa, aamiin.

  168. Agnes Devita Natasya H/3-37/04 Terima kasih miss atas penjelasannya yang jelas dan mudah dipahami.

  169. Ardian Reza M/3-04/06 Terimakasih miss videonya mudah untuk dipahami

  170. Putri Natasya Fauziah/3-37/ 32 Sebenarnya metode ini sulit tapi miss bisa membuatnya menjadi lebih mudah

  171. Gerald Guthrie Christanto M/3-04/12 Terima kasih miss atas penjelasannya. Videonya sangat membantu.

  172. Nadiah Firdaussinta D/3-04/24 Terima kasih miss, videonya sangat membantu dan penjelasannya sangat mudah untuk dipahami

  173. Berkat video ini materi yg kemarin lupa jadi ingett lagi jadi lebih pahammm, terimakasih miss… Dyah Bekti /17/3-37

  174. Terimakasih Miss atas penjelasan mengenai Departementalisasi FOH – Reciprocal Method, baik dari video dan tulisannya juga jelas dan sangat mudah di pahami. (Kristina Desi R/15/3-38)

  175. Mila Fadhila N/17/3-38….Dari yang miss jelaskan, dapat disimpulkan bahwa Departementalisasi FOH Reciprocal method adalah metode yang mengalokasikan masing-masing service departemen kepada sesama service departemen, jika kita melakukannya dengan cara yang biasa, proses itu akan panjang, jadi kita bisa menggunakan metode aljabar. Terima kasih miss.

  176. Terima kasih miss video ini sangat membantu saya sekali atas penjelasan miss yang mudah untuk dipahami dan sangat informatif videonya miss (Rizka Aprilliana Nadhira/30/3-38)

  177. Sandrio Rensus Alfreando 3-38 (33), videonya bagus banget miss, sangat mudah dipahami dan dipahami

  178. Laila Ayu Normadani 3-04/17 Terima kasih atas penjelasannya tentang reciprocal method ini. videonya benar-benar mudah untuk dipahami

  179. Terimakasih, Miss Ayu. Penjelasannya sangat membantu dan cepat dimengerti. Menurut saya, metode Resiprokal/simultaneous adalah yang paling susah. Karena harus pakai aljabar untuk service departmentnya, jadi harus sangat paham. Tetapi, setelah menonton klc ini, saya bisa paham Farida Alifia Fauziah (10) / 3-38

  180. Terimakasih miss, karena video ini saya menjadi terbantu untuk belajar uas ^^ Yasicha ella ellysa 3-38 // 37

  181. Terima kasih miss, memahami metode reciprocal menjadi lebih mudah karena menonton video ini. Semoga ilmu yang diberikan bermanfaat miss (Rifky Ainul H. (3-38))

  182. Terima kasih Miss Ayu atas penjelasannya. Sekarang saya mengerti bagaimana metode Reciprocal itu penyisihannya, dan sangat berguna untuk pemantapan materi (Three Apricia Grace/ 3-38/ 35)

  183. Pemaparan materinya sangat membantu dalam mempelajadi metode resiprokal yg rumit ini. Terima kasih miss. Lina Kurnianti/16/3-38

  184. metode simultan adalah step down tapi timbal balik kontribusi antar dept jasanya, dan 2 dept jasa bisa hingga 10x alokasi. Namun karena penggunaan aljabar membuat metode ini lebih mudah daripada step down method. terima kasih miss atas penjelasannya. Ismi Khairun Nisa/3-38/13

  185. Awalnya saya menganggap metode ini yang paling membingungkan untuk dipahami secara cepat. Namun setelah melihat penjelasan tambahan di video ini, menambah pemahaman saya mengenai metode simultan ini, ternyata ga begitu sulit karna penjelasan miss yang sangat jelas hehe thankyou miss!! (Nesya Faradhilah/3-38/22)

  186. Terima kasih miss, setelah mendengar dan melihat penjelasan miss ayu dari video ternyata metode ketiga ini bisa dibilang menyenangkan karena ada sedikit seperti menyusun puzzle dan merefresh kembali ilmu persamaan linear di sma dulu. Terima kasih miss.. (Yudhistira K/3-38/38)

  187. Terima kasih miss atas video pembelajarannya. Metode Reciprocal mengakui seluruh alokasi FOH antar sesama dept. jasa dan ada penggunaan sist. pers. linear dlm pengerjaannya ( Novrenti Yosephine P. / 3-38 / 25 )

  188. Metode resiprokal / simultan lebih sulit daripada metode2 sebelumnya apalagi jika variabelnya lebih dari dua. Namun penggunaan cara aljabar membuat metode lumayan mudah. Terima kasih atas penjelasan videonya yg bermanfaat, miss ayu. Novi Hidayanti (24) Kelas 3-38

  189. Trimakasih miss atas pemaparannya,

  190. Terimakasih miss atas videonya yang sangat membantu. Saya menjadi memahami kalau Reciprocal Method menjadi lebih mudah dihitung dengan menggunakan aljabar (Rachel Indah/3-38/26)

  191. Terima kasih miss, sangat mudah dipahami, jadi perbedaan antara step down dan direct adalah direct tidak bisa mengalokasikan sesama departemen jasa, sedangkan step down bisa mengalokasikan antar departemen jasa dengan syarat yang sudah mengalokasikan tidak mendapat alokasi lagi (Nadia Lisnur/3-38/20)

  192. Terimakasih miss atas penjelasannya. Saya jadi mengerti yg membedakan dalam metode resiprokal ini yaitu departemen jasanya saling mengalokasikan jasanya. Rofiqoh (31) Kelas 3-38

  193. Dibandingkan dengan kedua metode sebelumya, pengalokasian biaya departemen jasa menggunakan reciprocal method dilakukan secara simultan kepada dan dari departemen jasa yang lainnya. Walaupun ini metode yg paling akurat dalam menghitung FOH, metode ini juga yg paling kompleks karena adanya pengunaan fungsi aljabar, tapi dengan penjelasan dari miss Ayu saya dapat lebih mengerti materi ini. Terima kasih banyak atas penjelasannya yg sangat bermanfaat. (Nisrina Ardyanti 3-38/23)

  194. Dalam video ini saya lebih paham bahwa dalam Departementalisasi FOH – reciprocal method, kita menentukan alokasi foh dari fungsi aljabar agar lebih mudah. Dimana nanti departemen jasa bisa mengalokasikan ke jasa lainnya. Terimakasih Miss. (Muhammad Firdaus/3-38/19)

  195. Terimakasih miss atas videonya. Video ini dapat mempermudah saya untuk mempelajari dan memahami bagaimana cara-cara yang dipakai di reciprocal method ini. Rivaldo seldi asprila/29/3-38

  196. Terima kasih miss, jadi tau kalo reciprocal/simultan ini yg paling akurat, saling memberi dan disederhanakan penghitungan pakai aljabar Sabrina Elsa /32/3-38

  197. Terimakasih miss atas penjelasan nya yang sangat luar biasa, Nauval akmal/21/3-38

  198. Terimakasih miss, videonya bagus, penjelasanya mudah dipahami, dengan begitu saya jadi lebih bisa memahami, semoga bermanfaat terus. Fika Nafisa/3-38/12

  199. makasih vidionya miss,semoga jadi amal sama ibuk raihsetiawan/3-38/27

  200. Terimakasih miss, berbeda dari dua metode yg lain, metode resiprokal dalam foh departementalisasi adalah service departemen yang saling mengalokasikan biayanya satu sama lain dan dilakukan terus sampai hasilnya mendekati 0, dapat dilakukan secara matematis. Dhiny Rachmawati 3-38/07

  201. Terimakasih miss ayu atas video pembelajarannya. Didalam video ini menjelaskan tentang departementalisasi foh menggunakan reciprocal method dengan menggunakan aljabar dalam pengerjannya. Meskipun agak rumit tapi penjelasan didalam video ini sangat mudah dipahami dan sangat membantu saya dalam memahami materi Dwi Rizatul Azizah/3-38/09

  202. terimakasih miss ayu atas videonya. dari video ini saya bisa tahu bahwa reciprocal method/simultan method ini yang paling susah dibanding direct dan step down. di metode ini kita menggunakan bantuan dari aljabar untuk mempermudah pengerjaannya. selain itu metode ini menggunakan prinsip timbal balik jadi departemen jasa yang satu tetap bisa dikenai FOH dari departemen jasa yang lain meskipun departemen tersebut sudah selesai mengalokasikan. (Axel Yasmine 3-38/05)

  203. Metode resiprokal adalah metode yang paling susah dari metode-metode departementalisasi yang ada. Pada metode resiprokal ini perlu membuat persamaan terlebih dahulu untuk membantu perhitungan, dan antar departemen saling mengalokasi biaya satu sama lain. Penjelasan Miss Ayu sangat jelas dan mudah dipahami. Shafa Salwa/34/3-38

  204. Terimakasi miss Resiprokal method adalah setiap service mengalokasikan jasanya kesesama dept jasa sampai mendekati nol. Sulit. Makanya menggunakan metode aljabar yg dijelaskan miss diatas Sangat membantu miss ^_^

  205. Terimakasi miss Resiprokal method adalah setiap service mengalokasikan jasanya kesesama dept jasa sampai mendekati nol. Sulit. Makanya menggunakan metode aljabar yg dijelaskan miss diatas Sangat membantu miss ^_^ ( Dwi Mikta Anggun P/08/3-38)

  206. Melalui video ini saya mengetahui bahwa metode ini cukup kompleks jika dibandingkan dengan kedua metode lainnya. Karena departemen jasa dapat mengalokasikan biaya satu sama lain sehingga harus diketahui berapa biaya akhir yang akan dialokasikan oleh suatu departemen jasa kepada departemen-departemen produksi, melalui konsep subtitusi/eliminasi aljabar. Terima kasih Miss Ayu telah menjelaskan bab ini, sukses selalu. (Veronika Sagala/3-38/36)

  207. Terima kasih Miss Ayu, videonya sangat membantu dalam memahami materi FOH Departementalisasi Reciprocal Method. (Ferdhi H M/3-38/11)

  208. Adinda nur zakiyyah, 3-04, 02. Video nya sangat bermanfaat, terimakasih miss

  209. Wah sangat memudahkan 3-37/25

  210. Terima kasih Miss atas video pembelajarannya (Andy Kurniawan/AP405/04)

  211. Metode Resiprokal ini yang agak sulit, videonya menjadi salah satu referensi yang mudah dipahami. I Gusti Ngurah Putu Sugiantara AP4-05/14

  212. siap, terima kasih Miss. Semoga bermanfaat (AP405/28)

  213. Terima kasih Miss Ayu atas penjelasannya yang sangat membantu PJJ saat ini (Daniesh Bangkit Wijaya 4-05/08)

  214. Terimakasih Miss Ayu , dengan adanya video ini sangat membantu saya untuk memahami Departementalisasi FOH – Reciprocal Method. Puguh Wahyu Anggara AP4-05 Absensi 30

  215. Terimakasih Miss Ayu, video KLC ini sangat membantu mahasiswa dalam memahami materi. Muhammad Fajar AP405/25

  216. Terima kasih Miss atas penjelasan tentang Departementalisasi FOH – Reciprocal Method. Mhd. Bayu Aji AP4-05 (21)

  217. Videonya sangat bermanfaat dan membantu dalam belajar dan memahami materi

  218. Terima kasih Miss Ayu, video nya sangat mudah di pahami – Yudistira 4-05AP/36

  219. Terimakasih Miss, video ini sangat membantu saya untuk memahami Departementalisasi FOH – Reciprocal Method- Ferdyawan Kamajaya AP405/11

  220. Aditya Chandra AP4-05/01 – Terima Kasih Miss Ayu, videonya sangat membantu saya untuk memahami materi Departementalisasi FOH

Leave a Message