Setup Menus in Admin Panel

WIDYAISWARA COMPETENCY UPDATE AK.II

Workshop ini di-desain untuk memberikan wahana pengembangan Widyaiswara, baik secara substansi teknis “Hardskill” (menjembatani IPTEK dan implementasi yang dialami unit pengguna) maupun secara “Softskill” yang dibutuhkan.

Dari sisi hardskill, sebagai Subject Matter Expert dalam memberikan program pembelajaran kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan, Widyaiswara diharapkan memiliki:

1. Perspektif internasional mengingat visi dan misi Kementerian Keuangan (termasuk seluruh unit Eselon I di bawah Kementerian Keuangan) di arahkan agar dapat memiliki daya saing dan kompetensi internasional.

2. Kompetensi teknis (rumpun keahlian) dengan perspektif Kementerian Keuangan. Dalam hal ini, Widyaiswara diharapkan memahami kebijakan-kebijakan yang diambil Kementerian Keuangan, seperti: Keuangan Negara, APBN dan tujuannya, perpajakan dan latar belakangnya, dll. Harapannya agar Widyaiswara dapat menghubungkan antara rumpun keahliannya dengan implementasi kebijakan di Kementerian Keuangan.

3. Kompetensi yang bersifat dinamis dalam arti senantiasa update dengan current issue dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagai contoh, dengan perkembangan teknologi dan informasi yang demikian pesat, dimana era ekonomi digital semakin berkembang, Widyaiswara dapat catch-up dengan perkembangan tersebut.

4. Pemahaman akan diversifikasi dan manajemen risiko serta pengelolaan kinerja. Sebagai pengelola keuangan negara, penerapan risk management di Kementerian Keuangan tentunya mutlak diperlukan. Untuk itu, Widyaiswara juga diharapkan dapat memahami enterprise risk management yang ideal, sehingga dapat memberikan suatu masukan atau pandangan terhadap implementasi di Kementerian Keuangan.

Disamping hardskill, Widyaiswara juga harus memiliki beberapa Softskill untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsinya, diantaranya: Leadership, Leader Inspiration, Communication, Negotiation Skill, Effectiveness Lecture, Decision Making, Innovation & Creativity, dan beberapa pemahaman dan implementasi dalam The Company Value.

Idealnya Widyaiswara dapat dijadikan contoh (Role Model) dalam penerapan nilai-nilai Kementerian Keuangan (Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan)

7 STUDENTS ENROLLED

Lokakarya 3 hari Widyaiswara Competency Update ini di-desain dengan tujuan untuk:

Membekali Widyaiswara dengan Hardskill yang diperlukan, diantaranya:

  • Pemahaman terkait Kebijakan Keuangan Negara, khususnya agar Widyaiswara memiliki pemahaman yang komprehensif terkait Kebijakan Pengelolaan Keuangan Negara, seperti Kebijakan Pengelolaan APBN, Kekayaan Negara, Bendahara Umum Negara, dan Pengelolaan Risiko Keuangan Negara
  • Perkembangan Ekonomi Nasional, dalam hal ini Widyaiswara diharapkan update dengan beragam perkembangan perekonomian nasional, seperti: Pertumbuhan Sektor Riil pada Perekonomian Nasional, Digital Economics dan Ekonomi Syariah
  • Penguasaan akan konsep dan implementasi dari Corporate University. Mengingat Kementerian Keuangan sedang mengembangkan Kementerian Keuangan Corporate University, diharapkan Widyaiswara menguasai konsep dan implementasi serta arah pengembangan Kementerian Keuangan Corporate University
  • Kemampuan dalam melakukan Identifikasi, Analisis dan Penyusunan Rekomendasi Kebijakan yang merupakan lingkup tugas Kementerian Keuangan

Meningkatkan Softkill yang perlu dimiliki oleh Widyaiswara:

  • Meningkatkan jiwa Kepemimpinan (Leadership), Leader Inspiration, Kerja Sama, dan Pengambil Keputusan (Decision Making)
  • Meningkatkan kemampuan Komunikasi (Communication Skill) dan Negosiasi (Negotiation Skill) sehingga mampu menyampaikan Effective Training Lecture
  • Meningkatkan pemahaman Konsep, Metode, dan Penerapan Nilai-nilai dalam Organisasi
  • Menumbuhkan semangat Inovasi dan Kreatifitas baik dalam Pembelajaran (Learning) maupun menyusun Rekomendasi Kebijakan

Dalam penyampaian materi Lokakarya tentunya dilakukan secara Blended atau Mixed, artinya dalam penyampaian materi Hardskill juga terdapat aspek atau perspektif Softskill. Hal yang sama juga dalam penyampaian materi Softskill juga terdapat perspektif Hardskill.

Peserta Widyaiswara Competency Update ini adalah para Widyaiswara di lingkungan Kementerian Keuangan.

Jumlah peserta maksimal 45 peserta ditambah dengan 10 orang sebagai Tim Observer. Pembagian peserta proporsional berdasarkan unit dan juga mempertimbangkan keseimbangan antara peserta dari Pusat (Pusdiklat) maupun dari daerah atau Balai Diklat Keuangan (BDK).

Bagi Kementerian Keuangan :

  • Mendapatkan Subject Matter Expert (Widyaiswara) selaku pengampu program-program pelatihan BPPK yang kompeten dan update dengan perkembangan dan kebijakan Kementerian Keuangan;
  • Memiliki Subject Matter Expert (Widyaiswara) dengan Softskill yang dibutuhkan.

Bagi Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan :

Dengan Subject Matter Expert (Widyaiswara) selaku pengampu program-program pelatihan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) yang kompeten dan update dengan perkembangan dan kebijakan Kementerian Keuangan serta memiliki Softskill dan Hardskill yang dibutuhkan, maka diharapkan dapat meningkatkan pelayanan BPPK kepada unit pengguna (Unit Eselon 1).

Bagi Peserta Pelatihan :

Meningkatkan Harskill dan Softskill yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai Widyaiswara Kementerian Keuangan.

Course Reviews

N.A

ratings
  • 5 stars0
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0

No Reviews found for this course.

Apply for Course
  • UNLIMITED ACCESS

Advanced Course Search Widget