Setup Menus in Admin Panel

You must be logged in to take this course  →   LOGIN | REGISTER NOW

UU CUKAI

Selamat Datang Siswa BC…

Program ini didesain agar peserta mampu meningkatkan pemahaman para pegawai DJBC dan Itjen Kemenkeu terkait konsep dasar pengaturan di bidang cukai dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas di bidang Kepabeanan dan Cukai. Pelatihan ini disampaikan dengan metode full e-learning.

Periode e-Learning : 15 s.d. 22 November 2019

108 STUDENTS ENROLLED
Panduan-KLC-UUCUKAI

  1. Peserta Login dengan username dan password Kemenkeu ID
  2. Update informasi tentang foto profil Anda melalui menu “Edit My Profile” dengan meng-klik nama Anda di sudut kanan atas kemudian “Change Profile Photo”
  3. Peserta diharuskan untuk melakukan aplikasi dengan mengklik tombol “Apply For Course” untuk dapat mengikuti e-Learning
  4. Setelah mendapatkan approval dari Administrator, peserta mulai mengikuti kegiatan pembelajaran yang tersedia
  5. Peserta mengakses seluruh materi pembelajaran secara sekuensial atau bertahap
  6. Peserta harus meng-klik tombol “Mark This Unit As Complete” setelah menyelesaikan suatu materi pembelajaran untuk dapat mengakses materi pembelajaran selanjutnya
  7. Peserta yang telah mengakses seluruh mata pelajaran dan menyelesaikan seluruh aktivitas e-Learning berhak mengikuti kelas klasikal
  8. Manfaatkan Menu Forum di sisi kiri bawah untuk bertanya dan berdiskusi dengan pengampu e-Learning dan peserta lain
  9. Peserta diharapkan membaca Panduan Penggunaan Kemenkeu Learning Center Bagi Peserta


Setelah mengikuti diklat ini, peserta diharapkan mampu:

    • Menjelaskan prinsip dasar cukai dengan baik
    • Menjelaskan sejarah Undang-undang Cukai dengan baik
    • Menjelaskan objek dan subjek cukai dengan baik
    • Menjelaskan perizinan cukai dengan baik
    • Menjelaskan produksi barang kena cukai dengan baik
    • Menjelaskan pelunasan cukai dengan baik
    • Menjelaskan kemudahan pembayaran dan fasilitas cukai dengan baik
    • Menjelaskan pemasukan, pengeluaran, pengangkutan, dan perdagangan barang kena cukai (BKC) dengan baik
    • Menjelaskan penagihan, pengembalian, larangan, kewenangan, dan sanksi pidana dengan baik


    1. Tidak sedang menjalani atau sedang dalam proses penjatuhan hukuman disiplin;
    2. Tidak sedang ditunjuk mengikuti diklat lain;
    3. Belum pernah mengikuti program yang sama sebelumnya;
    4. Ditunjuk oleh Sekretaris DJBC/Sekretaris Itjen Kementerian Keuangan.


Course Reviews

4.3

4.3
30 ratings
  • 5 stars13
  • 4 stars13
  • 3 stars3
  • 2 stars1
  • 1 stars0
  1. Slide Pembelajaran

    4

    Secara umum materi yang disampaikan dalam bentuk slide cukup bagus. Namun masih ada beberapa slide utk “klik”berikutnya tidak ditampilan dengan mudah untuk diketahui, kadang-kadang harus “back”dulu baru muncul icon “lanjut”. Terima kasih atas materi pembelajarannya.

  2. Bermanfaat

    5

    Materinya lengkap dan sesuai kebutuhan. Sedikit masukan: a. kalau memilih background warna kuning, teksnya jangan warna putih ya, jadi kurang jelas (Modul 7/8/9) b. Tombol navigasinya agar lebih jelas. Sering bingung sudah klik tapi kok ga ada action apapun. Overall, elearning ini mantap.

  3. DOWNLOAD MATERI

    4

    Penyajian materi secara umum bagus, poin-poin yang diambil memudahkan dalam memahami materi ditambah dengan video yang informatif. Sayangnya materi tersebut tidak bisa di download. Alangkah lebih baik jika materi bisa di download sehingga bisa dibaca-baca lagi di lain hari. Overall Nice.

  4. Terima Kasih, Terus Ditingkatkan Tampilan Materinya

    4

    Mohon diperhatikan iModulnya, beberapa iModul menjadi hilang tampilan dan tidak bisa di-klik “kembali” ketika sudah sampai ke ujung akhir scroll bar videonya, jadi harus refresh dulu.

  5. Terima Kasih

    5

    Pembuatan soal bisa direview lagi, susunan kalimat tanya atau fill the blanks diperbaiki. Seharusnya pertanyaan substansi lebih diperbanyak, bukan hanya membuat pilihan ganda yang dibedakan satu-dua kata tiap pilihan jawaban. Grazie.

  6. 4

    Beberapa slide yang dalam bentuk tidak bisa diskip, jadi ketika ingin reviu materi tertentu harus menunggu sampai videonya selesai baru bisa lanjut ke materi berikutnya.

  7. Good!

    5

    Materi agar lebih detail lagi kedepannya

  8. Terimakasih, semoga semakin baik e-learningnya.

    4

    Materi e-learningnya sangat menarik dan tidak membosankan, namun masih terdapat beberapa modul yang error sehingga harus di refresh beberapa kali. Terdapat juga beberapa pertanyaan pada quiz yang kurang spesifik maksud dari pertanyaannya dan pada bagian jawaban ada yang memiliki 2 jawaban yang benar sehingga membingungkan. Terimakasih banyak pak/bu.

  9. Terima kasih

    4

    Materi telah disampaikan dgn baik.

  10. Menurutku

    4

    konsep, kontras dan harmony presentasi (pemilihan warna, tata letak dan fungsi tombol, background, kualitas gambar) lebih diperhatikan lagi. Background music mengganggu karena bukan iringan yang cocok untuk meningkatkan konsentrasi, pastikan juga untuk memberikan menu mute background sound karena tidak semua orang bisa fokus dengan musik. terlalu banyak narasi vocal yang menyebabkan kesusahan untuk mengulang materi karena harus mencari di detik ke berapa bahasan materi yang diinginkan.

  11. Terima Kasih

    4

    Ada beberapa modul yang mudah digunakan. Diharapkan kedepannya modul dapat diunduh

  12. ....

    2

    Saya baru mulai e-learningnya… secara umum materi bagus, termasuk untuk video… sayang ada suara latar belakang yang sangat mengganggu bahkan di beberapa bagian suara itu lebih kenceng daripada suara pemateri di videonya… Mungkin saya newbie jadi gak tau gimana cara mematikan backsound tersebut…

  13. Terimakasih

    5

    Penambahan audio penjelasan pada slide sangat bermaanfat, sedikit masukan tombol akses pada setiap slide mohon dibuat lebih jelas, suoaya peserta didik lebih mudah jika ingin kembali ke materi tertentu, serta mohon dibuatkan keterangan ketika materi tersebut sudah semua diakses, sehingga menghindari materi terskip karena ketidaktahuan.

  14. It could be Better

    3

    Jikalau boleh menyampaikan sedikit saran membangun terkait e-learning ini. E-learning ini tidak mengakomodasi pace belajar orang yang berbeda-beda. Hampir seluruh materi hanya cocok untuk pembelajar dengan tipe mendengar dan tidak diberi opsi untuk mempercepat materi. Latar musik di video pembelajaran awal lebih nyaring daripada suara pemateri sehingga materi tidak dapat diterima secara optimal. E-learning yang cukup baik namun dapat diperbaiki untuk menjadi sempurna. Terima Kasih.

  15. KLC makin baik

    4

    semoga materi disampiakan dalam format yang lebih menarik, dan ada kesempatan diskusi yang lebih lama

  16. Good job...

    5

    Terima kasih Bapak Ibu atas partisipasi, antusiasme, masukan, dan apresiasinya…. Kami Tim Fasilitator berharap e learning ini memberi manfaat untuk mendukung kelancaran tugas Bapak Ibu. Salam:)

  17. Menguji Pemahaman dan Kesabaran

    3

    Saya paham untuk menguji pemahaman memang sulit dan saya mengerti mengapa muncul soal, “Jumlah pasal dalam amandemen 2007 …”

  18. E-Learning UU Cukai

    4

    Semoga pada Materi ke 5 dan 6 dapat lebih dilengkapi lagi. Terima kasih.

  19. 4

    kuisnya ada 9, waktu pengerjaan seminggu, sementara masing-masing peserta adalah pegawai yang punya pekerjaan masing-masing dan tidak semua memiliki atasan yang memberikan space waktu untuk mengerjakan e-learning ini. harap dijadikan bahan pertimbangan. terima kasih

  20. 4

    Untuk selanjutnya, semoga materi bisa dapat di unduh. terimakasih sudah difasilitasi untuk belajar tentang UU Cukai 🙂

  21. MEMUDAHKAN BELAJAR UU CUKAI

    5

    Lebih mudah memahami dengan metode e-learning

  22. Materi

    5

    Materi nya bagus, tapi sayang gak bisa di download. Mudah dan menarik untuk dipahami.

Advanced Course Search Widget