Setup Menus in Admin Panel

PKTBT Latsar CPNS AK.5

347 STUDENTS ENROLLED

Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT) merupakan bagian dari kurikulum Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan Perkalan Nomor 25 Tahun 2017. Kurikulum PKTBT disesuaikan dengan unit yang membidangi pengembangan sumber daya manusia atau dalam hal penyusunan kurikulumnya diserahkan kepada unit atau instansi penyelenggara Latsar. Adapun Mata Pelatihan Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas Kementerian Keuangan yang dikembangkan adalah mata pelatihan Manajemen Keuangan Pemerintah, Manajemen Keuangan Negara, Nilai-nilai Kementerian keuangan, Tugas dan Fungsi Kemenkeu, serta Tata Naskah Dinas. Materi-materi tersebut menjadi suatu keharusan yang harus dikuasai oleh seluruh Pegawai Kementerian keuangan.

COURSE INI HANYA DIPERUNTUKAN BAGI PESERTA LATSAR CPNS GOLONGAN III PERIODE II KEMENTERIAN KEUANGAN.

SEBELUM MEMULAI COURSE, SILAKAN DITONTON DULU VIDEO PENGGUNAAN KLC PKTBT LATSAR pada link berikutΒ https://klc.kemenkeu.go.id/video-tutorial-elearning-pktbt/

 

Agenda Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas CPNSΒ  Kementerian Keuangan terdiri dari :

  1. Nilai-nilai Kementerian Keuangan
  2. Tugas Pokok, Fungsi, dan Struktur Organisasi Kemenkeu
  3. Tata Naskah Dinas
  4. Manajemen Keuangan Pemerintah
  5. Manajemen Kekayaan Negara

Kurikulum Latsar Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Keuangan mengacu kepada Perkalan Nomor 25 TahunΒ  2017 dengan rincian agenda sebagai berikut:

  1. Agenda Sikap Perilaku Bela Negara
  2. Agenda Nilai-nilai Dasar ASN
  3. Agenda Kedudukan dan Peran ASN
  4. Agenda Habituasi
  5. Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT)

Bahan tayang ini silakan dapat Anda pelajari juga, tetapi ini tidak termasuk dalam rangkaian course.

  1. Nilai-Nilai Kemenkeu
  2. Tusi Kemenkeu
  3. Tata Naskah Dinas
  4. Manajemen Keuangan Pemerintah
  5. Manajemen Kekayaan Negara

Course Reviews

3.8

3.8
255 ratings
  • 5 stars59
  • 4 stars114
  • 3 stars68
  • 2 stars11
  • 1 stars3
  1. Pedisiplinan Karakter dalam PKTBT

    5

    PKTBT dengan sistem onlinenya memang memberikan kebebasan bagi siswa untuk bisa memilih dan memulai course kapan saja ketika sudah siap, berikut juga dengan tugas yang wajib dikerjakan. Akan tetapi melihat dari pengalaman selama enam hari ini, saya menilai bahwa pendisiplinan karakter menjadi nilai utama yang ingin coba ditanamkan melalui PKTBT. Siswa diharapkan mampu bertindak secara hati-hati, selalu ingat akan tugas yang diemban, dan selalu mampu membagi waktu dengan baik agar pelaksanaan kewajiban dalam PKTBT ini dapat terlaksana dengan sempurna.

  2. Review KLC

    4

    tolong lebih dimudahkan penggunaannya

  3. Belajar Tanpa Batas

    5

    Dengan PKTBT online ini dapat mempermudah kita dalam belajar dan mengerjakan ujian kapanpun dan dimanapun

  4. 4

    Terima kasih atas ilmunya.
    Beberapa sistem perlu diperbaiki. Pada saat course 4, saya mengerjakan 2 tugas berbeda. Mungkin pas pergantian soal. Video materi penunjang mungkin perlu diupdate lagi, setahu saya itu video lama.
    Untuk tampilan, sudah cukup user friendly. Karena mengerjakan tugas ini, beberapa pekerjaan rutin dan aktualisasi jadi kurang kepegang.

  5. PKTBT Online

    5

    Mohon ke depan untuk PKTBT online sistemnya dipermudah. Jika memang belum bisa masuk ke materi selanjutnya, maka tombol “mark this unit” dinonaktifkan jadi tidak ada materi/tugas/ujian terlewat.

    Terimakasih

  6. Review Title

    4

    + modul pdf nya bagus
    + materi pendukung lain sudah diberikan dengan cukup

    – terkhusus untuk materi video, tidak semuanya berhubungan dengan tugas/kuis yang dilakukan
    – notifikasi assignment submitted terlalu di bawah, khawatirnya ada yang kelewatan melihat
    – alangkah baiknya tidak hanya manual dan FAQ penggunaan KLC saja yang diberikan, namun juga disediakan live demo tentang tata-cara penggunaan KLC didepan peserta latsar

    terima kasih atas ilmu yang bermanfaat, dan semoga e-learning yang disediakan BPPK bisa terus menjadi lebih baik.

  7. Kurang user-friendly

    2

    Kurang user-friendly, banyak kesalahan akibat tombol “mark this unit complete” yang selalu muncul. Sebaiknya tombol tersebut muncul setelah siswa mengunggah tugas.

  8. PKTBT System

    3

    Untuk sarannya, lebih baik ada preventif systemnya, Misalnya, bagi yang belum upload assignment atau ikut kuis, tidak bisa mengklik mark this unit complete ataupun next unit. begitu juga untuk button “finish course” tidak bisa diklik jika belum semuanya diselesaikan.

    terimakasih

  9. PKTBT System

    3

    preventif system sebaiknya diaplikasikan. msialnya jika belum assignment dan kuis, tidak bisa klik mark this unit complete atau next unit atau finish course tidak bisa diklik jika belum semua dilaksanakan.

    terimakasih

  10. Easy to Use

    5

    PKTBT menjadi media pembelajaran bagi siswa latsar agar memahami Kementerian Keuangan secara luas. Dengan adanya materi PKTBT, siswa mendapat pengetahuan dan ilmu baru yang dapat diaplikasikan di pekerjaan sehari-hari dengan berlandaskan aturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga, dapat berkontribusi kepada institusi dan negara dengan optimal sesuai ketentuan yang ada.

  11. User Experience

    4

    PKTBT dapat menambah kompetensi dan wawasan terkait bidang tugas dan ilmu untuk mendukung implementasi di dunia kerja. Namun sistem e-learning yang ada masih memiliki kekurangan dalam hal User Experience, dikarenakan penempatan dan pemilihan warna tombol yang kurang tepat, serta workflow sistem yang dirasa kurang efektif. Diharapkan ada perbaikan selanjutnya.

  12. Materi

    4

    Materi dibuat semenarik mungkin, jangan hanya berupa file,
    bisa dengan video-video yang menarik.
    dibuatkan juga mini Quiz yang menarik sebagai bentuk refres otak setalah pembelajaran.
    thnks

  13. PKTBT Review

    4

    Sistem PKTBT sudah bisa dibilang merupakan aplikasi yang sangat memudahkan kita dalam hal mengikuti pembelajaran. Untuk materi yang disediakan pun sudah cukup bagus. Namun untuk sekedar tambahan akan lebih bagus jika
    1.terdapat validasi pada button “mark this unit complete” yang tidak akan muncul atau menampilkan pesan error jika belum ada file yang terassignment.
    2. Memunculkan remaining time untuk masing2 materi

  14. Security warning aplikasi

    3

    Mungkin security warning di aplikasi ini bisa lebih ditingkatkan..
    setidaknya ada peringatan terlebih dahulu.
    terimakasih

  15. improvement of this application

    4

    i hope this application can be further developed to make it easier for users to use. thank you πŸ™‚

  16. Aplikasi, Materi

    5

    -Materi pdf sangat membantu sebagai bahan pelajaran, namun video perlu diganti dengan yang terbaru karena informan masih pejabat lama.
    -Klik ‘mark this unit complete’ perlu dihilangkan saat materi. Dan jika ada peserta yang terlanjur mengklik ‘complete’ sebelum tugas agar dapat tetap mengirimkan tugas dan mengerjakan kuis. Untuk itu diperlukan perbaikan sistem

  17. nice experience

    2

    ide bagus pembelajaran online, namun masih belum memiliki sifat accessible karena masih banyak bug dan permasalahan dalam step by step yang harus dilakukan oleh pengguna. sehingga masih banyaknya yang melakukan kesalahan dan kebingungan dalam mengaksesnya. diperlukan sosialisasi yang secara langsung mencoba sistem ini sehingga siswa lebih terbiasa dengan beberapa aturan yang mengikat pada sistem.

  18. PKTBT - DISIPLIN

    4

    1. Pelaksanaan PKTBT melatih peserta untuk disiplin terhadap jadwal yang sudah ditentukan. Dua hari untuk pembelajaran materi, dan satu hari untuk penugasan

    2. Melalui e-Learning PKTBT ini, para peserta yang merasa sudah memahami materi dapat melaksanakan penugasan-nya lebih awal satu hari sehingga memberi kelonggaran bagi siswa untuk dapat menyelesaikan PKTBT lebih awal

    3. Untuk sistem-nya, mohon dapat disertakan hari pembelajaran ke-sekian pada setiap materi pembelajaran, sehingga membantu mengingatkan untuk peserta

  19. Belajar Tanpa Henti dengan PKTBT

    5

    PKTBT mengajarkan kepada kita untuk belajar tanpa henti. baik buat peserta maupun penyelenggara. Makin meningkatkan pengetahuan dan pengalaman peserta dalam mengetahui mengenai Teknis Bidang Tugas di Kementerian Keuangan. Makin meningkatkan kualitas Online Learning secara umum. Dan semakin baik ke depannya.

  20. 3

    semoga bisa terus ditingkatkan..
    terimakasih

  21. Review e-learning PKTBT

    2

    – penggunaannya tidak user friendly
    – sabtu/minggu loadingnya lemot
    – petunjuknya kurang jelas, mengakibatkan sering keliru dalam memilih

  22. Pelatihan yang Efektif dan Efisien

    4

    Pelatihan ini sangat efektif dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi CPNS Kementerian Keuangan sebelum melaksanakan tugas sebagai PNS di Kementerian Keuangan, serta efisien dari segi waktu dan biaya. Terima kasih, BPPK.

  23. 4

    Sudah bagus, hanya saja untuk kedepannya agar lebih nyaman dan mudah dalam penggunaan

  24. Review E-Learning PKTBT Latsar Kemenkeu Gol III Per II

    5

    Sudah baik, pertahankan, dan tingkatkan.

  25. Cukup Baik

    3

    Sebaiknya materi dibuat lebih menaik dan interaktif, seperti ada mini quiz dan mini game terkait materi sebelum masuk ke quiz utama. Terima kasih.

  26. Review PKTBT

    4

    Sejauh ini sudah cukup baik namun perlu ditingkatkan terkait dengan petunjuk teknis mengingat pada saat selesai melaksanakan tugas meskipun belum saya klik back to course namun pada saat saya login langsung masuk ke materi berikutnya

  27. Rewview PKTBT

    3

    Dari Tampilan sudah cukup baik namun masih kurangnya petunjuk dalam mengerjakan PKTBT dan tidak ada peringatan apabila langkah yang diambil tidak sesuai

  28. Sangat Bermanfaat untuk Pegawai Baru Kemenkeu

    5

    Materi mudah dipelajari dan sangat bermanfaat untuk mengetahui dasar-dasar yang harus diketahui pegawai baru kemenkeu

  29. PKTBT online

    4

    Materi pembelajaran sudah baik melalui online, belajar bisa kapan saja dan dimana saja tetapi sistem pembelajaran perlu diperbaiki lagi seperti penambahan fitur keterangan peringatan konsekuensi jika mengklik langkah selanjutnya biar tidak ada kesalahan dan juga sistem durasi pengerjaan sebaiknya diatur sesuai real waktunya, misal durasi 24 jam, mulai tgl 7 jam 7 selesainya di hari selanjutnya tgl 8 jam 6.59.

  30. Review PKTBT

    5

    e-learning ini merupakan sebuah terobosan yang sangat baik. Namun, masih perlu dilakukan penyempurnaan dalam pelaksanaanya. seperti pada saat rentang waktu pelaksanaan PKTBT ini siswa diharapkan tidak mendapatkan kerjaan kantor yang banyak agar siswa dapat fokus pada materi di PKTBT.

  31. Materi & e-Learning PKTBT

    4

    1. Materi
    Materi yang diberikan dalam bentuk modul sangat komprehensif, sehingga banyak sekali pengetahuan yang dapat kita ambil setelah mempelajari modul-modulnya, mungkin selanjutnya modul tersebut bisa di akses siapa saja dalam bentuk e-book sebagai bahan belajar walaupun belum mengikuti latsar.

    2. e-Learning PKTBT
    Banyak yang protes terkait sistem ini, termasuk saya awalnya, karena jika tidak berhati-hati dan tidak membaca petunjuk yang sudah tersedia apabila salah meng-klik tombol maka resiko akan ditanggung sendiri. Tetapi setelah tahu tujuannya dimana sistem ini sengaja dibentuk sedemekian rupa, sehingga para penggunanya dituntut untuk lebih memperhatikan cara penggunaan , FAQ, dan step-step nya sesuai dengan yang sudah dijelaskan, jika mengikuti step2 tersebut maka tidak akan mengalami banyak masalah atau hambatan.

    mungkin selanjutnya bisa lebih dikembangkan lagi terkait kemudahan akses (user friendly) dan tampilannya.

    Terimakasih BPPK,

  32. BELAJAR DIMANAPUN DAN KAPANPUN

    4

    Inovasi yang dapat memfasilitasi belajar dimanapun dan kapanpun. Namun inovasi perlu juga dikembangkan agar menjadi maksimal dan lebih baik lagi.

  33. 4

    Dari KLC ini saya mendapat banyak pengetahuan, dan KLC ini dapat di akses dimana saja, dan kapanpun, namun perlu adanya perbaikan dari segi interface yang kurang “user friendly”.

  34. Bermanfaat!

    5

    Materi-materi PKTBT sangat bermanfaat bagi CPNS untuk mengenal lebih jauh tentang Kementerian Keuangan dan dunia per-ASN-an. Course yang dilaksanakan pada KLC ini sudah sangat mudah digunakan dan bermanfaat untuk diimplementasikan dalam pekerjaan sehari-hari.

  35. My Review

    3

    Tujuannya baik tapi sistemnya butuh diperbaiki supaya lebih user friendly

  36. User Friendly Please

    4

    Banyak yang menjebak fungsi buttonnya. Kalau memang tidak diperbolehkan lanjut ke unit berikutnya, mohon agar button next unit tidak bisa diklik. Tapi secara keseluruhan, inovasi yang bagus.

  37. Luar Biasa

    4

    Sudah sangat baik. Tapi lebih baik lagi kalau siswa bisa belajar dari KLC menyesuaikan dengan tempony sendiri-sendiri.

  38. REVIEW PKTBT LATSAR CPNS 3.2

    3

    Review saya untuk PKTB ini dari sisi :
    Course
    + materi lengkap dan bisa di download memudahkan untuk pembelajaran
    + ada video pembukaan sebelum memulai materi sangat bagus sebagai brainstorming sebelum memulai materi
    – untuk penugasannya akan lebih baik kalau diadakan pre test dan post test, quis, maupun mini game.

    Sistem/aplikasi
    + mudah bisa mengerjakan dimanapun dan kapanpun
    + penilaian kuis langsung muncul setelah dikerjakan
    – tidak ada “WARNING” yang muncul apabila kita meng-klik tombol yang sangat krusial seperti “start course”, “mark this unit complete” maupun “finish course”

  39. 3

    Secara keseluruhan memberikan informasi dan pengetahuan baru. Akan tetapi perlu perbaikan dalam hal petunjuk-petunjuk di KLC dan ditambah media-media pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif

  40. PKTBT Golongan 2 Gelombang 2

    4

    aplikasi sudah baik namun saja secara tampilan kadang membingungkan karena terdapat beberapa tombol yang tidak dapat diklik pada saat tampilannya muncul.

  41. 4

    ada Tsubasa ada Hyuga
    jalan jalan ke Majalengka
    akhirnya PKTBT selesai juga
    terima kasih BPPK

  42. PKTBT Latsar CPNS AK. 5

    4

    KLC ini merupakan sistem pembelajaran yang sangat baik dimana peserta dapat mengakses dimana saja, namun ada menu-menu yang terkadang membuat jalannya course ini kurang efektif. Misalnya tombol mark this complete seharusnya di lock saja jika memang assignment belum di submit.
    kemudian sebagai masukan juga, sebaiknya ada time reminder per tahapan course sehingga peserta tidak perlu mengira-ngira saat itu sudah hari keberapa ia mengikuti course pada KLC ini.
    Selain itu semua sudah sangat baik.
    terima kasih, maju terus KLC.

  43. REVIEW PKTBT LATSAR CPNS 3.2

    3

    Saya rasa PKTBT sangat bermanfaat untuk menambah kompetensi para siswa latsar terutama pembelajaran terkait pemahaman dasar dari Kemenkeu itu sendiri. PDF yang diberikan juga cukup ringkas dan dapat menggambarkan penjelasan materi secara luas. Design website juga sudah cukup menarik. Di sisi lain, saya rasa masih terdapat kekurangan dalam sistem e-learning ini terutama dalam hal teknis penggunaannya yang cukup membingungkan misalnya dalam opsi-opsi mark this unit complete, continue course, finish course, back to course yang ada di setiap halaman materi padahal sebenarnya tidak dianjurkan untuk diklik apabila memang belum waktunya. Ditambah lagi tombol opsi-opsi tersebut sangat berdekatan dan berwarna sama sehingga besar kemungkinan akan terbuka apabila jaringan sedang bermasalah. Mungkin perlu diperbaiki lagi terkait opsi-opsi tersebut. Materinya sudah friendly, mungkin sistemnya perlu diperbaiki agar lebih user-friendly. Terimakasih. πŸ™‚

  44. LATSAR MANTAB LUAR BIASA

    4

    Pembelajaran melalui e-learning mengajarkan kita untuk bertanggungjawab tanpa harus diingatkan, belajar tentang disiplin dan berhati-hati dalam mengerjakan sesuatu,

  45. Is The Best Mantap

    5

    Kekinian dan fleksibel dalam belajar.
    maju terus Kemenkeu!!!!

  46. Tingkatkan !

    5

    Menurut saya, tombol next unitnya jangan dimunculkan dulu sebelum waktunya. Misalnya, ketika mark this unit complete, next unitnya tidak perlu ada, karena kebanyakan siswa terkecoh akan next unit ini. Jika pihak KLC ingin menetapkan jadwal pelaksanaan, hal ini menjadi perhatian utama agar pelaksanaan pktbt dapat berjalan sesuai jadwal. Tetapi jika KLC memberikan kemudahan bagi siswa yang ingin menyelesaikan tugas pktbt lebih cepat dari jadwal, maka hal tersebut tidak apa-apa. Selebihnya oke kok,,tingkatkan !
    Terima kasih πŸ™‚

  47. Good, But Need Improvements

    4

    kurang user friendly, tapi cukup membantu untuk belajar.

  48. TINGKATKAN

    4

    + Materi dapat dipelajari secara offline
    + Materi mudah dipahami

    – “time remining” pada saat pengerjaan assignment sebaiknya disesuaikan dengan waktu “real” yang tersedia
    – sebaiknya ditambahkan remining time untuk masing-masing materi
    – sebaiknya ada validasi/peringatan pada button yang sensitif seperti “start course”, “mark this unit complete”, “finish course”.

  49. PKTBT Latsar CPNS AK.5

    5

    Semoga kedepan laman PKTBT semakin lebih baik lagi dan user friendly. Terima kasih

  50. Sangat OK

    5

    Materi sudah cukup relevan dan menarik tapi hanya user interface dalam course masih sedikit kurang. Secara keseluruhan sudah sangat OK.

  51. Review Course PKTBT

    5

    Sangat bermanfaat sebagai modal dasar peserta Latsar untuk bekerja

  52. Feedback PKTBT Latsar CPNS AK.5

    4

    1. Untuk penghitungan remaining time harap dibuat lebih akurat lagi, karena pada panduan soal dijelaskan bahwa maksimal pengerjaan assignment adalah pukul 23.59 di hari H sementara remaining time yang berjalan masih tetap menghitung hingga lebih dari H+1 sehingga beresiko menyebabkan peserta terlambat dalam hal submit assignment.

    2. Untuk materi yang berbentuk video seharusnya bisa diunduh juga sebagaimana modul yang berbentuk PDF atau bisa juga disediakan download link secara terpisah.

    3. Untuk nilai hasil assignment seharusnya diberikan informasi kapan dapat diakses oleh peserta latsar sesuai prinsip transparansi.

  53. Cukup Baik

    3

    Agak sedikit membingungkan dalam mengikuti e-learning ini, harus sangat berhati-hati dalam mengklik karna salah klik akan berakibat fatal (seperti menu mark this unit complete pada download materi menjadi 1 dengan upload assignment dan menu finish course yang dapat diklik walaupun belum mengikuti beberapa materi). Aturan-aturan tiap materi juga agak berbeda dan terkadang kita baru mengetahui rulesnya ketika baru membuka soal sehingga kadang pengerjaan menjadi kurang maksimal.

  54. REVIEW

    4

    Sejauh ini modul e-learning yang disediakan sudah cukup bagus

  55. Kritik dan Saran

    3

    Ilmu-ilmu yang diajarkan pada PKTBT ini sangat baik untuk menambah wawasan di Kementerian Keuangan. Namun, dari segi user friendly-nya, masih saya anggap kurang, berkaca dari pengalaman beberapa teman yang salah input maupun salah klik tombol. Mohon agar aspek user friendly dan aspek-aspek lain yang membangun diperhatikan pada pengembangan selanjutnya. Terima kasih.

  56. KLC Is The Best Mantab

    4

    KLC sangat bagus, merupakan media pembelajaran online yang terintegrasi sehingga dapat mengakomodasi mobilitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran disamping melakukan kegiatan utamanya di kantor.

    Namun, sistem ini menurut saya masih terdapat beberapa kekurangan teknis yaitu belum adanya penjagaan terhadap tombol “mark this unit complete” dan “finish course”. sehingga hal tersebut berpotensi terhadap berkurangnya point siswa dalam mendapatkan nilai PKTBT semaksimal mungkin.

    Dari segi proses bisnis sangatlah bagus, dan hal ini menurut saya sangatlah dibutuhkan oleh Kemenkeu dalam memberikan pelayanan edukasi di era modern seperti saat ini.

    MANTAB !!

  57. Perbaikan Sistem di KLC

    3

    Tolong sistemnya diperbaiki agar menjadi lebih mudah dan nyaman untuk digunakan, terimakasih

  58. Sudah oke sih, tapi...

    4

    Sebenarnya sudah oke, tapi… untuk materi Manajemen Kekayaan Negara masih banyak yang belum ditangkap. Mungkin karena memang materinya sebenarnya sangat luas dan kompleks, sampai waktu pengerjaan tugasnya membutuhkan dua hari. Begitu pula dengan Tata Naskah Dinas.

  59. Review PKTBT

    4

    Saat klik mark this unit complete kalau bisa ada muncul pop up sekali lagi untuk mengkonfirmasi pengguna, jadi kalau ada kesalahan tidak lgsung next ke course selanjutnya. Kemudian kalau bisa user diberi waktu untuk melakukan testing sekali, misal seminggu pertama, untuk mencoba course dummy jadi memahami bagaimana alur dan beradaptasi dengan sistem sehingga dapat meminimalisir kesalahan saat elearning sebenarnya. Terima kasih.

  60. Saran dan Masukan

    4

    Website ini sebuah terobosan yang bagus karena memuat materi-materi secara online yang dapat juga di unduh untuk kepentingan pembelajaran. Namun mohon dapat diminimalisir untuk hal-hal yang dapat menjadi sumber human error seperti pilihan “finish course” dan lain sebagainya.

  61. Keren dan Semangat Pembaharuan

    4

    Sistem yang dibuat

  62. PKTBT Latsar CPNS dengan e learning

    5

    Metode pembelajaran PKTBT latsar CPNS sudah lumayan bagus walaupun dalam beberapa waktu masih terjadi gangguan atau kesalahan. Kedepannya diharapkan lebih disempurnakan guna peningkatan pengetahuan dan kemampuan pegawai kementerian keuangan yang lebih baik.

  63. PKTBT Latsar CPNS AK.5

    4

    Optimalisasi sistem e-learning yang lebih user friendly perlu dilakukan, terutama untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan user ketika menggunakan sistem.

  64. Sebuah Testimoni

    4

    Pros :
    – mudah diakses dan mudah digunakan kapanpun dan dimanapun (asal ada koneksi);
    – dapat diakses melalui Handheld (ini sangat berguna ketika suatu waktu negara memanggil kita untuk bekerja diluar kantor/Dinas Luar)
    – dilengkapi dengan video tutorial untuk memudahkan pengguna/user/siswa/insan kementerian keuangan/calon pegawai kemenkeu/CPNS dalam mengikuti course ini;
    – overall materi yang dimuat sudah mengikuti perkembangan peraturan yang terbaru;

    Cons:
    perlu adanya pembenahan dalam hal terjadinya kesalahan atau kekhilafan pengguna/user/siswa/insan kementerian keuangan/calon pegawai kemenkeu/CPNS ketika belum melakukan assignment namun secara tidak terduga dan tidak diinginkan terpencet tombol “mark this unit complete”, hal ini dapat terjadi mengingat tingginya tingkat human error ketika rekan-rekan berada di satuan kerja masing-masing karena harus berbagi waktu untuk mengerjakan amanah dari negara, melaksanakan aktualisasi sekaligus mengerjakan PKTBT ini.

    demikian review singkat dari saya selaku pengguna/user/siswa/insan kementerian keuangan/calon pegawai kemenkeu/CPNS semoga dapat bermanfaat bagi perkembangan course ini untuk kedepannya demi kejayaan indonesia.

  65. Perbaikan system

    4

    sebaiknya system dibuat dgn validasi, supaya tidak salah klik atau salah langkah.

  66. Konsistensi

    4

    Sistem pembelajaran yang ada pada PKTBT menuntut kita untuk selalu konsisten dalam belajar, hal itu bisa terlihat dari rutinitas yang dibangun dalam sistem berbasis e-learning ini.

  67. Review KLC PKTBT

    3

    Secara keseluruhan, KLC PKTBT sudah sesuai dengan fungsinya, hanya saja perlu perbaikan agar kesalahan dalam ketidaksengajaan finish course maupun start course yang tidak sesuai jadwal dapat diminimalisir.

  68. (+) (-) PKTBT

    1

    +) Koreksi by system
    +) Bisa advance selesainya

    -) button yang disediakan tidak user friendly
    -) ada salah soal. Misalnya pada Tata Naskah Dinas Pak Taufik adalah kasubdit pengembangan, namun menyuruh Didi staf kasubbag pengembangan. Jadi sebenarnya Didi itu bawahannya Pak Taufik atau bukan? Lalu Pak Taufik itu kasubdit (eselon IV), namun adanya di Direktorat Jenderal Latsar –> kalau eselon I berupa Direktorat, tidak ada kasubdit, adanya kabid (eselon III) saja di kanwil, bawahnya kabid berupa kasie.
    -) website mudah down, kapasitasnya naikin dong atau disebar biar ngga peak season. Misal WDW deadline jam 17.00, pamentas jam 15.00
    -) Apps nya kayak ngga bisa apa2, masa belum play video udah bisa buka materi selanjutnya
    -) Butuh internet kenceng, solusi dong buat yang lagi DL susah sinyal, atau penempatan luar jawa susah sinyal.
    -) Ngga boleh ada hari kosong. Lah gimana kalau saya mendadak harus DL ngga ada sinyal sedangkan sudah start course? Kenapa ngga bebas aja yang penting selesai dalam 30 hari misalnya

  69. Ulasan Setelah Menggunakan E-Learning

    4

    Usulan Peningkatan:
    1. Tombol review dan finish hanya dimunculkan saat sudah mencapai 100% saja
    2. Tombol next dan durasi belajar disesuaikan sehingga peserta tidak bingung dalam masalah tanggal untuk ujian dan membaca materi
    3. Secara umum sudah bagus tinggal user experience nya saja yang ditingkatkan

  70. 4

    Sistem online PKTBT sudah sangat baik, jelas step-by-step nya. Sangat membantu dalam memudahkan peserta course untuk mengakses materi dimana saja dan kapan saja. Waktu yang diberikan untuk pengerjaan assignment pun cukup. Nilai kedisplinan juga ditanamkan lewat course ini, karena peserta harus bertindak hati-hati dan cekatan dalam mengakses materi juga membagi waktu.

  71. 4

    Pemberian waktu yang fleksibel membuat PKTBT menjadi lebih bebas memilih jadwal pelatihan. Materi yang diberikan sudah cukup baik, perlu ditingkatkan untuk lebih baik lagi.

  72. 4

    course pktbt latsar cpns ak.5 sudah baik, namun untuk alur penggunaannya cukup membingungkan bagi pengguna. mohon untuk lebih diperbaiki.

  73. Bermanfaat namun Perlu Ditingkatkan

    4

    Materi yang diberikan sangat bermanfaat bagi para CPNS Kemenkeu, modul yang diberikan sangat komprehensif, namun beberapa video isinya tidak terlalu menjelaskan isi materi.

    Aplikasi KLC sudah baik, tampilannya menarik, namun sebaiknya perlu ada validasi/notifikasi pengingat sebelum start course/mark this unit complete/finish course.

  74. Tampilan website KLC

    4

    Penempatan menu-menu yang terdapat pada materi menimbulkan kerancuan, seperti penempatan tombol mark this unit complete yang terlalu menonjol sementara tombol Tugas dan Quiz yang tidak terlalu terlihat, sehingga sering mengecoh peserta latsar dengan menge-klik tombol mark this unit complete sebelum mengerjakan tugas dan quiz.
    Terima kasih atas ilmu yang bermanfaat.

  75. Review PKTBT Latsar CPNS AK. 5

    3

    Secara keseluruhan, sudah baik, namun perlu perbaikan dan peningkatan dalam sistemnya yang lebih memudahkan pengguna dalam mengakses materi dan melakukan pengiriman tugas. Tombol seperti mark this unit completed dan finish this course seharusnya ditampilkan setelah pengguna dipastikan sudah selesai mengakses materi dan melakukan pengunggahan tugas.

  76. saran untuk aplikasi KLC

    3

    Masukian atau saran untuk aplikasi KLC
    1. Aplikasi tidak user friendly dan masih kaku
    2. untuk format file yang di input (pdf) dapat disetting pada sistem jika file yang di upload selain pdf sistem dapat menolak dan mengeluarkan popup bahwa file yang harus di upload adalah pdf
    3. penjelasan mengenai operasional cukup membantu, FAQ tinggal dilengkapi dan diperjelas
    4. Diharapkan adanya reminder (semacam pengingat di setiap kegiatan, sisa berapa lama kegiatan 1/2/3/4/5 selesai) agar setiap peserta dapat aware terhadap kegiatannya

  77. Pengalaman PKTBT

    4

    PKTBT secara daring merupakan cerminan dari motto baru BPPK yaitu ‘Lebih dari Diklat’. Namun banyak yang perlu diperbaiki salah satunya tampilannya yang kurang ramah pengguna. Mohon ditambahkan fitur seperti larangan dari sistem untuk mengikuti materi 2 jika belum menyelesaikan materi 1. Jadi dapat meminimalisir kesalahan karena masih banyak tombol navigasi yang membingungkan seperti “mark this unit complete” atau “next unit”. Semoga BPPK dapat terus memperbaiki sistem pembelajaran daring yang baik ini sehingga KLC menjadi portal edukasi “one stop solution” bagi seluruh pegawai Kemenkeu khususnya dan masyarakat pada umumnya.
    Salam sukses untuk kita semua.

  78. PKTBT AK.5

    3

    Tolong jika memungkinkan sistemnya diperbaiki lagi, akan lebih baik jika ditambah dialog box setelah klik fungsi2. Ditambah juga hitungan waktu dalam materi sebagai pengingat. Secara keseluruhan membantu dalam proses pembelajaran, dan mudah dalam memilih waktu.

  79. 3

    Semoga semakin diperbaiki agar lebih user friendly

  80. Review PKTBT Latsar CPNS AK.5

    3

    Secara keseluruhan online course yang diadakan sudah memberikan gambaran garis besar tugas dan fungsi Kementerian Keuangan.
    Sedikit saran, agar video tentang kekayaan negara diupdate sesuai dengan peraturan terbaru yang terkait dengan BMN.
    Terimakasih

  81. perlu diperbaiki sistemnya

    2

    masih banyak trouble yang sering terjadi dalam course ini. ketika memulai pktbt, ketika mengupload tugas, ketika menjawab kuis. mohon diperbaiki sistemnya agar menjadi lebih baik lagi dan lebih mudah digunakan.

  82. Review PKTBT Latsar CPNS Ak.5

    4

    Penggunaan KLC secara keseluruhan sudah bagus, mempersingkat waktu pembelajaran di kelas dan dapat diakses di mana pun. Namun, beberapa hal mengenai tombol-tombol mark this unit, atau untuk pengumpulan tugas/quiz sangat rawan. Saran saja sebaiknya ada tombol bantuan atau email yang menampung siswa yang tidak sengaja memencet tombol sebelum melampirkan tugas. Sebaiknya diberi notifikasi melalui email atau pesan berrantai untuk mengingatkan membuka KLC/PKTBT karena waktunya bukan hanya di hari kerja, tetapi juga sabtu minggu yang banyak siswa sering kelupaan.

  83. sangat menginspirasi

    1

    materi dalam PKTBT menambah wawasa tentang Kementerian Keuangan

  84. sangat menginspirasi

    1

    materi dalam PKTBT menambah wawasan tentang Kementerian Keuangan

  85. REVIEW KLC

    4

    Materi sudah bagus, namun dimohon agar aplikasi ini lebih user friendly. Tombol-tombol seperti “Mark this unit complete” dan “finish course” sebaiknya tidak ditampilkan apabila user belum selesai menggunggah tugas ataupun belum menyelesaikan seluruh materi.

  86. latsar

    5

    baik sekali , tempat belajar online mengenai kemenkeu.

  87. latsar

    5

    baik sekali , tempat belajar online mengenai kemenkeu. untuk selanjutnya agar materi dibuat lebih baik lagi . terimkasih

  88. 5

    e-learningnya keren. sekedar saran, untuk quiz yang sifatnya pilihan ganda, akan lebih baik diadakan setiap sub materi selesai, bukan setelah keseluruhan materi selesai. misal setelah selesai materi 1A, ada quiz, kemudian lanjut materi 1B, quiz lagi, dst.

  89. REVIEW PKTBT LATSAR CPNS AK.5

    4

    Penggunaan KLC secara keseluruhan kurang baik, mempersingkat waktu pembelajaran di kelas dan dapat diakses di mana pun. Namun, beberapa hal mengenai tombol-tombol mark this unit, atau untuk pengumpulan tugas/quiz sangat rawan. Saran saja sebaiknya ada tombol bantuan atau email yang menampung siswa yang tidak sengaja memencet tombol sebelum melampirkan tugas. Sebaiknya diberi notifikasi melalui email atau pesan berrantai untuk mengingatkan membuka KLC/PKTBT karena waktunya bukan hanya di hari kerja, tetapi juga sabtu minggu yang banyak siswa sering kelupaan.

  90. 4

    Dengan PKTBT bisa belajar tanpa batas ruang dan waktu. Untuk masukan, lebih baik masalah waktu lebih fleksibel karena kadang waktu mengerjakan ujian bentrok dengan jam sibuk di kantor atau waktu libur.

  91. INFORMATIF

    4

    Materi sangat bermanfaat, hanya saja terdapat beberapa bagian yang mengalami kesalahan penulisan, contohnya pada penjelasan fungsi perencanaan pada materi manajemen keuangan pemerintah.

  92. Review KLC Course PKTBT

    3

    Untuk KLC mohon agar dikembangkan lebih friendly user agar tidak menimbulkan kebingungan dari penggunanya, seharusnya sebelum klik menu finish course atau mark this unit muncul pop up atau peringatan kepada user apakah yakin untuk melakukan mark this unit tersebut dan next unit.

  93. REVIEW PKTBT GOL. 3 PERIODE 2

    5

    Secara keseluruhan sistem PKTB sudah baik. Mungkin bisa diperbaiki di sistem pelaksanaannya. Misalnya tidak perlu spare waktu selama 3 hari untuk mempelajari dan mengerjakan tugas/kuis dalam satu materi. Mungkin dikasih waktu batas pengerjaan keseluruhan lebih baik dibanding permateri.

  94. PKTBT Latsar CPNS Gel V

    2

    Sebagai masukan, sebaiknya diberi kunci jawaban quiz beserta penjelasan di akhir Course ketika seluruh peserta sudha menyelesaikan Course agar peserta dapat mengevaluasi hasil pengerjaan quiz yang mereka lakukan.

  95. 3

    Jalan-jalan ke pasar beli sate
    Akhirnya kelar PKTBT

  96. Review PKTBT Course

    3

    PKTBT cukup membantu pemahaman siswa utuk tiap-tiap materi.
    Terlalu banyak tombol sehingga bingung tombol mana dulu yang harusnya diklik. semoga websitenya bisa dibuat lebih user friendly agar tidak membingungkan pengguna. terima kasih

  97. 5

    PKTBT menjadi stimulus bagi kami untuk siap belajar kapanpun dan dimanapun dengan tetap menuntut ketelitian serta kecermatan. Selain itu PKTBT juga meningkatkan pengetahuan dan pengalaman peserta dalam mempelajari hal-hal terkait Teknis Bidang Tugas di Kementerian Keuangan sehingga kami memiliki gambaran secara umum dengan baik. Online Learning memang sangat dirasa perlu disaat sekarang ini dan PKTBT merupakan jawaban yang tepat. Semoga semakin baik ke depannya.

  98. Review KLC

    3

    Beberapa penilaian yang dapat saya berikan :
    (+) Cara penyampaian materi sudah bagus, video yang disediakan dalam pembelajaran tidak membuat bosan
    (+) Materi yang diberikan mudah untuk dimengerti
    (-) Aplikasi menurut saya masih memiliki kekurangan dalam sisi User Experience (UX) , contohnya : tidak ada pengamanan dari sisi aplikasi ketika akan melakukan continue course, yang menyebabkan course mulai dengan sendirinya, tidak ada indikator waktu yang menunjukan siswa sudah melakukan pembelajaran berapa hari .

  99. 2

    Jika kita tidak boleh meng klik tombol finish course sebelum mengikuti semua materi, lebih baik tombol tersebut ditampilkan diakhir ketika semua materi udah kita ikuti.
    tampilan tidak user friendly.
    warning sistem lebih ditingkatkan lagi sehingga kasus salah klik dapat diminimalisir.

  100. 3

    sebaiknya button “review course” dan “finish course” dimunculkan setelah progress sudah 100%. untuk meminimalisir kesalah pahaman dalam prosedur pengerjaan. dan untuk penggunaan waktu 24 jam masih membingungkan. seharusnya acuan countdown sampai pukul 00.00 hari yang sama bukan diberikan countdown sebanyak 24 jam.

  101. PKTBT Online

    3

    mohon sebagai bahan pertimbangan, sistem PKTBT dipermudah dan sebaiknya ada double check seperti kolom “are you sure” untuk memastikan sebelum memilih menu mark this unit complete atau finish course agar tidak ada materi yang terlewat apalagi hanya karena kesalahan dalam mengklik.
    terima kasih

  102. Materi Baik namun Fitur UI kurang baik

    3

    Materi yang disampaikan cukup baik. Perlu banyak perbaikan fitur yang harus disesuaikan dengan jadwal misal apabila terdapat beberapa task yg belum dikerjakan baiknya beberapa button di disable sehingga tidak dapat di klik FINISH COURSE apabila course belum selesai.

  103. Materi bagus, namun UI kurang user friendly

    3

    Materi PKTBT sangat membantu guna menambah wawasan. Namun, UI kurang user friendly

  104. Looks good but

    2

    +perkuliahan online merupakan suatu trobosan yang baik di sistem diklat instansi

    -tidak ada warning message,
    -terlalu kaku sistemnya,
    -no mercy untuk siswa yang kadang lalai dan tidak luput dari kesalahan
    -materi video kadang tidak ada relevansinya dengan assignment

    harap kedepannya diperbaiki kembali untuk sistem perkuliahan yang user friendly dan fleksibel sehingga siswa/i tidak ada tekanan dan banyak pertanyaan yang tidak perlu. Terlalu kakunya sistem membuat kecemasan yang berlebih diantara siswa/i.

    Jaya terus Kemenkeu, Kemenkeu selalu dihati

  105. Terlalu Error Prone

    3

    Webnya sebaiknya diperbaiki lagi dimana tombol “berbahaya” sebaiknya tidak ditampilkan sampai waktunya digunakan

  106. Review Course PKTBT Latsar CPNS AK.5

    3

    Keep up the good works!
    And please make it more user friendly…
    Thanks

  107. Saran untuk PKTBT Latsar CPNS

    4

    Sebaiknya website untuk e-learning ini lebih user friendly sehingga kalau ada salah klik tidak langsung berakibat fatal bagi pengguna. Selain itu sebaiknya jangan diberi tugas yang terlalu sulit karena ada beberapa CPNS yang di kantornya sangat sibuk dan pekerjaannya sangat banyak sehingga PKTBT ini menyita waktu dan menurunkan produktivitas di kantor.

  108. tampilan

    3

    Tampilan dibuat lebih user friendly lagi

  109. pktbt online

    5

    sangat membantu sebagai media pembelajaran jarak jauh

  110. PERBAIKAN SISTEM

    3

    E-learning seperti ini sebenarnya sangat bagus, namun menurut saya perlu perbaikan pada sistem yang digunakan, seperti:
    1. Antarmuka yang kurang user-friendly, hal ini menyebabkan banyak peserta melakukan kesalahan dalam menggunakan sistem yang seharusnya mudah digunakan.
    2. Penjadwalan yang terintegrasi dengan sistem agar peserta tidak bingung
    3. Peringatan belum menyelesaikan assignment
    4. Tiap mengklik tombol-tombol keramat seperti “mark this unit complete/apply for course” harusnya ada pop up yang muncul untuk menghindari kesalahan mengklik tombol.

    Selain itu, video materi juga perlu ditingkatkan lagi.
    Terakhir saya ucapkan terimakasih kepada seluruh tim yang terlibat.

  111. 5

    Alhamdulilah selesai, semoga KLC kedepan lebih baik lagi

  112. 5

    Pelaksanaan PKTBT cukup membantu karena dapat dilakukan secara fleksibel.

  113. #BELAJARTANPABATAS

    5

    #BELAJARTANPABATAS yang diwujudkan melalui aplikasi Kemenkeu Learning Center (KLC) ini merupakan inovasi yang sangat baik, namun prosedur dalam proses penggunaannya perlu disimplifikasi lagi agar tidak terjadi kesalahan saat untuk menandai mark this unit complete/start assignment/finish course yang masih ditemui kesalahan pada pratiknya. Semoga kedepannya KLC lebih baik lagi.
    Bravo BPPK,
    Bravo Kementerian Keuangan.

  114. PKTBT

    3

    PKTBT is the best MANTAP

  115. Review PKTBT

    3

    Materi yang disampaikan cukup jelas dan mudah dipahami. Waktu yang diberikan juga fleksibel sehingga masih bisa dikerjakan tanpa mengganggu pekerjaan di kantor. Namun, sistem pada website alangkah baiknya jika ditingkatkan menjadi lebih baik, seperti button-button yang ada seringkali menimbulkan kesalahan fatal seperti ketidaksengajaan menekan ‘finish course’ atau ‘mark this unit complete’ membuat tugas tidak tersubmit bahkan tidak bisa meneruskan course.

  116. 5

    Secara keseluruhan pembelajaran melalui KLC ini sangat membantu, baik dari segi materi maupun fleksibilitas waktu. Namun sedikit saran mengeni tombol “Mark this unit” yang masih sedikit membingungkan. Sebaiknya tombol “mark this unit” muncul jika siswa sudah menyelesaikan tugas/kuis sehingga tidak membingungkan.

  117. Educating yet Perplexing

    3

    Materi yang disampaikan sebenarnya sangat bermanfaat, terutama bagi CPNS. Namun, masih banyak kekurangan, baik dari dokumen yang banyak salah ketik dan tombol mark this unit complete ataupun start course yang menjadi momok bagi siswa latsar. Semoga ke depannya, tombol start course bisa dinonaktifkan sampai pada waktu yang disepakati.

  118. Tampilan Course membingungkan

    4

    Mohon di review untuk tampilan dan tombol-tombol yang dipakai untuk mengerjakan kuis dan assignment.

  119. Sangat Bermanfaat

    4

    Online course seperti ini sangat membantu bagi siswa dan cukup fleksibel dalam pengerjaannya. Sebuah inovasi dalam proses pembelajaran. Semoga aplikasi KLC selalu bisa memberikan manfaat dan bisa terus dikembangkan ke depannya agar lebih baik lagi πŸ™‚
    Semoga materi PKTBT ini bisa menambah ilmu kami dan semoga bermanfaat ke depannya.
    Terima kasih.

  120. PKTBT Latsar CPNS AK.5

    5

    KLC menjadi sarana pembelajaran baru bagi pegawai di lingkungan Kemenkeu. semoga kedepannya menjadi lebih baik lagi.

  121. 4

    aplikasi agak membingungkan untuk pemula

  122. Bagus

    5

    Tingkatkan, kejar kesempurnaan

  123. Apresiasi dan Masukan menggunakan PKTBT

    3

    Penggunaan PKTBT (E-Learning) memudahkan pegawai untuk mengakses materi pembelajaran. Selain itu, E-Learning juga memberikan keleluasaan waktu akses materi. Di samping, terdapat bahan evaluasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran melalui E-Learning KLC.

    Upaya peningkatan yang dapat dilakukan pada penggunaan fitur batas waktu akses materi dan pengerjaan tugas/kuis. Pengguna tidak terinformasikan secara langsung tentang batas waktu akses materi. Sebenarnya secara informal pengguna sudah terinformasikan, namun fitur aplikasi dapat dioptimalkan dengan menampilkan sisa waktu akses materi dan deadline tugas/kuis.

  124. Bismillah

    4

    Berdasarkan pengalaman saya setelah menggunakan Kemenkeu Learning Center (KLC). Untuk kelengkapan materi, kuis dan penugasan sudah baik. hanya saja untuk user interface website klc yang masih sangat membingungkan. step by step untuk tiap materi bisa berbeda dan seakan-akan menjebak siswa. jikalau ada keringanan berupa toleransi pasti bisa membantu, karena dari segi penggunaan juga masih sangat rumit (tidak simpel dan tidak konsisten). mohon untuk dapat diperbaiki, jikalau memang belum bisa “finish course” button diberikan warning, dan tombol2 lainnya yang “menjebak”. kasihan mereka yang masih memiliki niat untuk memiliki nilai baik tetapi terkecoh oleh button2 yang seharusnya tidak seperti itu. saya yakin pengelola klc pasti paham apa yang menjadi masalh website ini selama ini. semangat untuk pengelola, saya tunggu klc jadi lebih baik lagi. supaya memudahkan dan tidak membuat bingung para eselon2 yang sudah agak berumur juga yaa. semoga saran saya bermanfaat. mohon maaf jika ada salah kata, terima kasih.

  125. 4

    Konsepnya bagus dengan diadakan e-learning ini, diharapkan untuk kedepannya dilakukan perbaikan untuk sistem e-learning dan petunjuk yang lebih jelas. Terimakasih

  126. 4

    materi bagus, untuk tombol mungkin diberi peringatan secara pop up,

  127. Masih perlu ditingkatkan lagi

    3

    Penggunaan aplikasi masih agak rumit, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi.

  128. Website Kurang User Friendly

    5

    Tujuan dari e-Learning seharusnya memudahkan penyampaian ilmu secara lebih fleksible baik dari segi waktu maupun kemudahan akses. Seharusnya e-learning memfasilitasi para pegawai untuk dapat diikuti dengan mudah tanpa perlu takut salah klik. Banyaknya keterbatasan dalam PKTBT ini membuat metode ini menjadi jauh lebih rigid dibandingkan metode belajar konvensional sehingga menghilangkan strong point dari metode e-learning itu sendiri.

    Jika memang digunakan untuk salah satu penilaian ketaatan dan kecermatan para pegawai, maka objective dari metode ini tercapai.

    Dari segi konten materi, mungkin dapat lebih dibuat “hidup” dengan animasi-animasi, sehingga bukan hanya dalam bentuk modul.

  129. 2

    Secara keseluruhan, KLC PKTBT sudah sesuai dengan fungsinya. Materi yang disberikan juga cukup sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja perlu perbaikan agar kesalahan dalam ketidaksengajaan khususnya dalam start course yang tidak sesuai jadwal dapat diminimalisir.
    Yang saya tahu durasi course dapat di set untuk dibuka dan berakhir di tanggal tertentu, namun course justru di-open seolah-olah untuk jadi jebakan bagi para peserta course. Semoga untuk kedepannya dapat ditingkatkan kualitas pelaksanaannya. Terima kasih

  130. Peningkatan Kualitas

    2

    Secara umum, KLC PKTBT sudah sesuai dengan fungsinya. Materi yang disberikan juga cukup sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja perlu perbaikan agar kesalahan dalam ketidaksengajaan khususnya dalam start course yang tidak sesuai jadwal dapat diminimalisir.
    Yang saya tahu durasi course dapat di set untuk dibuka dan berakhir di tanggal tertentu, namun course justru di-open seolah-olah untuk jadi jebakan bagi para peserta course. Semoga untuk kedepannya dapat ditingkatkan kualitas pelaksanaannya. Terima kasih

  131. MANTAPPPSSS...

    5

    PKTBT Latsar ini sangat mempermudah proses pembelajaran materi dan pengerjaan tugas karena bisa dikerjakan dimanapun dan tanpa mengganggu jam kerja

  132. All Good

    5

    Terima Kasih PPSDM

  133. 4

    course dan materi yang disediakan sangat membantu dalam pekerjaan ..untuk aplikasi mungkin dari segi UI bisa lebih dikembangkan agar lebih user friendly ..terima kasih

  134. review

    3

    materi sudah cukup baik, namun perlu ditingkatkan untuk servernya. karena suka lama loadingnya.
    untuk video materi perlu diperbaharui karena banyak peraturan yang sudah update dari video.

  135. PKTBT REVIEW

    4

    Untuk KLC ini sangat berguna sekali dikarenakan kita dapat belajar online tanpa harus hadir di tempat tetapi harus terdapat beberapa perbaikan khususnya dalam segi keamanan sistem ketika user ingin quiz dan assignment dikarenakan sistem yang baik adalah sistem yang dapat meminimalisir kesalahan yang diperbuat oleh user.
    Secara umum, KLC ini sangatlah bagus dan berguna, merupakan terobosan yang sangatlah baik sekali semoga dapat ditingkatkan dan dapat menjadi sesuatu yang menjadi contoh bagi kementerian lain yang memiliki learning center juga.
    Pengetahuan yang didapat dari PKTBT ini sangat banyak dan semuanya bermanfaat dan juga terdapat fitur video yang memudahkan user secara umum mengetahui materi yang akan dipelajari di course selanjutnya.

  136. 3

    Kekurangan mohon disertai dengan kebijakan dan perbaikan

  137. Menuju kesempurnaan

    4

    PKTBT sudah cukup baik namun perlu ditingkatkan lagi

  138. kurang user friendly

    4

    Materi yang disampaikan di pdf dan video sudah cukup membantu, tetapi kurang user friendly. Penggunaan mark this unit complete sering salah diklik.

  139. Testimoni Penggunaan Website KLC

    4

    Secara keseluruhan penggunaan website mudah, tetapi perlu ada beberapa perbaikan untuk menyempurnakan pelaksanaan PKTBT e-learning Latsar ini. Pertama, dari segi tampilan website sudah baik, namun beberapa tombol, terutama tombol finish course yg sangat krusial terhdap pelaksanaan e-learning bisa dinonaktifkan atau tidak dimunculkan sampai akhir pembelajaran. Kedua, penjelasan untuk setiap perintah perlu diperjelas lagi, seperti perintah mark this unit dan next unit.

  140. PKTBT Latsar CPNS AK.5

    4

    Sistem sudah baik tapi perlu dilakukan penanggulangan apabila peserta salah klik ke mark this unit complete sebelum mengupload tugas sehingga peserta tidak dirugikan.

  141. Good but need to improve

    3

    -Aplikasi kurang user friendly
    -Dibutuhkan warning message yang memungkinkan user untuk melakukan review atau pemeriksaan atas aksi yang dilakukan di sistem
    -Aplikasi kurang flexibel dalam mengakomodasi kebutuhan kenyamanana penggunaan dan apabila dibuka pada hanphone tampilan masih sangat kurang baik.
    -terlalu strict to rule
    -akan tetapi terhadap kebutuhan pengaksesan secara online sudah baik

  142. Sudah Baik, Namun Perlu Beberapa Perbaikan

    4

    Secara proses bisnis, konten dan estetika sudah baik, namun perlu beberapa perbaikan, diantaranya:
    1. Notifikasi tentang progress hari ke-sekian dalam masing-masing course, untuk meminimalisir kealpaan siswa saat mengikuti course, karena terkadang siswa lupa hari ini sudah masuk hari ke berapa dari suatu course.
    2. Penambahan tombol yang eye catching terutama untuk pilihan assignment, untuk meminimalisir kecerobohan siswa dalam memilih tombol mark this unit complete sebelum nengerjakan assigment. Atau bisa juga ditambahkan dialog box pada masing-masing tombol sehingga ketika siswa meng-klik suatu tombol ada pop up pengingat apakah benar-benar yakin meng-klik tombol yang dimaksud.

  143. Perubahan Mindset

    3

    akan lebih baik lagi jika pendidikan dan pelatihan disesuaikan dengan latar belakang pendidikan peserta guna membentuk “the master of one” daripada telalu banyak standardisasi kompetensi yang hanya membentuk “jack of all trades”, karena seperti yang semua kita tahu bahwa orang timur terlalu suka bermain aman menjadi “jack of all trades” sehingga kurang memiliki kompetensi yang benar-benar kuat, bisa dalam segala hal tapi hanya sebatas bisa yang membuahkan sifat anti-kritik, lain halnya terhadap “the master of one” oleh karena fokus pada satu kompetensi mendorong orang tersebut untuk rendah hati dan haus akan kritik ang membangun, jadi pada dasarnya orang-orang yang “the master of one”-lah yang nantinya akan merubah wajah Indonesia di masa depan.

  144. Perbaikan pada bentuk e-learning

    4

    Bagi kami yang kaum millenial saja untuk mengoperasikan KLC E-Learning cukup sulit dikarenakan sistem e-learning yang menggunakan wordpress sehingga tidak bisa kembali ke unit pelajaran sebelumnya saat terjadi kesalahan. Sehingga menurut saya, User Interface dan sistem yang dipakai harus lebih baik lagi. Saran, untuk diberikan data log agar pengguna tau kapan saja ia mengakses web sehingga tidak terjadi kesalahan deadline.

  145. 4

    Menurut saya E-learning PKTBT latsar CPNS Ak.5 ini telah dirasa baik, namun sistem yang ada saat ini harus dibuat lebih user-friendly agar keluhan-keluhan yang sama yang bisa diminimalisir dan tidak tidak terulang kembali.

  146. kelebihan kekurangan PKTBT

    3

    kelebihan PKTBT ini adalah materi yang diberikan telah baik, meskipun masih belum secara rinci dijabarkan. dan materi tersebut sangat berguna dalam pekerjaan khususnya mengenai Tata Naskah Dinas.

    kekurangan PKTBT ini adalah masih belum sempurnanya website KLC ini seperti banyak kesalahan peserta saat menekan button yang krusial yang menyebabkan kerugian peserta karena tidak adanya tanda peringatan ketika button tersebut ditekan. kemudian mengenai sistem pengerjaan PKTBT yang mengharuskan peserta setiap hari harus membuka KLC padahal jika pada hari tertentu peserta harus dinas luar masalah koneksi internet menjadi penghalang.

  147. Review

    4

    KLC Kemenkeu bagus, tapi kurang user friendly.

  148. Manfaat PKTBT secara Komperhensif

    4

    Memberikan tantangan yang lebih bagi CPNS untuk bisa memahami setiap tugas dan fungsi aparatur sipil negara secara utuh khususnya pada Kementerian Keuangan sehingga apa yang dikerjakan nantinya setelah menjadi PNS tidak melanggar dan bertentangan dengan setiap norma hukum yang berlaku dalam pemerintahan negara.

  149. 4

    sudah baik, mungkin bisa ditingkatkan pada proses penjelasan agar tidak ada lagi kesalahpahaman pada peserta diklat
    tambahkan Massage Button ketika tiap kali peserta menekan tombol yang ada.
    Terima Kasih

  150. 4

    Sudah bagus, hanya saja ada beberapa yang perlu diperbaiki, misalnya: jika belum upload assignment tidak dapat klik Mark This Unit Complete.

  151. 5

    Secara umum materi sangat berguna untuk pemahaman awal CPNS yang masih dalam tahap belajar mengenai apa dan bagaimana Kemenkeu itu bekerja dan berkontribusi bagi negara.
    saran perbaikan dalam kualitas dan tampilan Course yang lebih user friendly dan minimalisir error saat pengaksesan Course agar Siswa tidak kebingungan dan mempermudah pelaksanaan Course

  152. Sangat membantu memahami materi namun kurang user friendly

    4

    E-learning PKTBT ini sangat membantu untuk memahami materi dengan adanya tugas dan kuis. Namun secara sistem kurang user friendly, seharusnya tombol mark this unit complete dan tombol finish course tidak bisa diklik jika belum menyelesaikan semua tugas dan materi. Dan setelah mengklik mark this unit complete harusnya tidak langsung menuju materi selanjutnya melainkan ada pilihan untuk menuju materi selanjutnya, agar tidak menimbulkan kebingungan masalah waktu memulai materi selanjutnya.

  153. Belajar Dimanapun dan Kapanpun

    4

    PKTBT menambah pengetahuan dan wawasan. Alangkah baiknya jika aplikasi KLC di android dapat dioptimalkan sehingga kuis dan tugas dapat dilakukan pula melalui aplikasi.
    Untuk tombol ‘start course’ sebaiknya tidak dimunculkan atau diaktifkan sebelum hari dimulainya pembelajaran.
    ^_^

  154. Pengembangan Aplikasi

    3

    Materi sudah baik dan mudah untuk di download. Tetapi kedepannya untuk pengembangan mohon aplikasinya dibuat lebih user friendly agar meminimalisir kesalahan klik saat pengerjaan. Terimakasih

  155. Cukup

    3

    Materi video kurang menarik

  156. Tombol yang membingungkan

    4

    Tombol seperti finish course lebih baik tidak usah ditampilkan atau dibuat tidak bisa diklik saat course masih berjalan. Begitu juga dengan start course lebih baik dibuat tidak dapat diklik bila belum masuk waktu untuk memulai course

  157. Peningkatan Aplikasi

    4

    Aplikasi sudah bagus tetapi harus ditingkatkan lagi dengan membuat alur yang jelas, karena saat ini menurut saya alurnya agak ribet, banyak yang harus d klik dan juga seperti menu finish course seharusnya tidak boleh di klik, jika di klik akan berakibat fatal. Menurut saya, lebih baik ditampilkan di akhir saja, untuk menghindarinya.

  158. 4

    masih banyak rules yang membuat bingung, diharapkan untuk kedepannya bisa lebih baik

  159. PKTBT golongan III gelombang II

    4

    Pembelajaran melalui e-learning ini cukup bagus namun akan lebih baik jika bisa memperbaiki beberapa tampilan lama agak tidak terlalu menjebak

  160. Pelaksanaan e learning PKTBT

    3

    Ijin penyelenggara, berikut ingin menyampaikan masukan terkait penyelenggaraan e learning PKTBT ini, menurut saya memang menjadi lebih mudah karena bisa dikerjakan dimana saja, namun dalam pelaksanaan ternyata tidak semudah itu. terutama terkait sistem pada webnya, mungkin karena keterbatasan koneksi atau perangkat yang kurang mendukung sehingga malah mempersulit, karena terbatasanya waktu pekerjaan terkadang tekendala di masalah koneksi, kemudian beberapa kali eror ketika mensubmit tugas menjadi membuat bingung peserta.
    semoga menjadi lebih baik untuk kedepannya
    semangaaaaaattttttt

  161. Review

    5

    Seru dan menghibur.
    Semoga ke depan bisa lebih baik lagi.
    Terima kasih.

  162. 4

    Perlu diupdate lagi untuk menghilangkan bugs dan menambah fitur yang lebih user friendly. Lebih dari itu klc sudah banyak membantu

  163. Sangat membantu

    4

    Sangat membantu namun beberapa fungsi masih kurang user friendly

  164. Review E-Learning

    4

    Sebagai siswa latsar saya merasa portal ini sudah cukup membantu. Namun, portal ini masih perlu ditingkatkan dalam kemudahan penggunaan, karena sistem ini dirasa masih cukup menyulitkan pengguna. Kesalahan yang dilakukan pengguna seolah tidak dapat ditolerir dan menjadi kesalahan mutlak pengguna.
    Semoga portal ini dapat menjadi lebih baik ke depannya.

  165. Review Course dan Aplikasi KLC

    4

    Aplikasinya sudah lumayan baik, saran perlu ada konfirmasi (pop up) apakah sudah Yakin, ketika next course (“Mark This Unit Complete”)
    Untuk materinya sudah sangat membantu, untuk videonya mungkin perlu lebih kreatif lagi

  166. PKTBT e-learning

    4

    e-learning sudah baik dalam membantu pembelajaran PKTBT mengenai kementerian keuangan. tetapi tetap perlu ada perbaikan dalam penggunaan agar lebih mudah dan user friendly

  167. Review E-Learning

    4

    Sudah cukup bagus. Namun perlu ditingkatkan dalam kemudahan penggunaannya

  168. 4

    Mohon untuk mark this unit complete hanya bisa diklik apabila memang materi ato tugas/quiz sudah selesai, agar tidak membuat para user bingung. Begitu iuga dengan tombol finish course.

  169. Kurang User Friendly

    3

    Dari segi tampilan maupun materi yang disampaikan sudah baik, namun masih ada beberapa kekurangan terkait tombol-tombol yang seharusnya belum bisa diklik, sebaiknya dinonaktifkan terlebih dahulu. Apalagi terkait masalah input assignment yang bisa terlewat kalau tidak sengaja mengeklik tombol Mark this unit complete. Sebaiknya tombol itu bisa dinonaktifkan kalau assignment belum di-upload.

  170. 5

    PKTBT kali ini benar-benar berbeda. Dalam proses pengerjaan beberapa tugas mengharuskan saya tidak hanya belajar mandiri melalui e-book atau materi yang ada, tetapi juga diskusi aktif dengan rekan kerja dan senior baik dalam satu unit bagian maupun juga dengan bagian lain terkait. PKTBT ini memberikan banyak pengalaman baru, tidak hanya pengetahuan. Namun, belajar mandiri seperti ini membuat saya lebih cepat memahami dan mengerti karena terlibat secara langsung dalam berbagai studi kasus yang ada. Thanks KLC! Thanks BPPK! Sukses selalu

  171. review pktbt

    4

    sudah bagus namun sebaiknya langkah” pengerjaan lebih jelas

  172. PKTBT LATSAR PERIODE V

    5

    belajar dengan Kemenkeu learning center sangat menarik dan tidak membosankan. Dengan materi ajar, soal dan tugas yang berkesinambungan membuat belajar secara daring menjadi sangat efektif. terima kasih

  173. 4

    perlu peningkatan kualitas sebagai aplikasi yang digunakan oleh orang banyak

  174. Sudah bagus, namun dapat ditingkatkan lagi user friendly nya

    5

    aplikasi ini memudahkan untuk melakukan pembelajaran. karena materi bisa didownload dengan mudah dan dapat dibaca kapan saja.

  175. Perbaikan terus menerus

    4

    – Materi yang disajikan baik dalam bentuk powerpoint ataupun pdf menambah ilmu pengetahuan dan wawasan terkait penguatan kompetensi teknis bidang tugas.
    – diharapkan kedepannya tombol yang tersedia dapat mempermudah kita (user friendly), sehingga tidak ada lagi kesalahan yang terjadi karena salah klik

  176. penilaian e-learning

    3

    e-learning dirasa masih kurang efektif dibandingkan dengan metode in class. terlebih lagi terkait dengan materi teknis yang memerlukan bimbingan dari ahli yang bersangkutan.

  177. Pengalaman Mengikuti PKTBT

    5

    Aplikasi yang sangat bagus untuk membantu CPNS Kementerian Keuangan dalam memahami segala yang ada di Kementerian Keuangan. Mulai dari nilai – nilai Kementerian Keuangan, tugas dan fungsi Kementerian Keuangan, tata naskah dinas, manajemen keuangan pemerintah, dan manajemen kekayaan negara. Materi bisa di download sehingga bisa menjadi bahan untuk belajar lagi setelah PKTBT ini selesai. Saran ke depannya yaitu lebih sering diadakan sosialisasi mengenai e-learning ini untuk meminimalisir kesalahan dalam klik perintah ataupun upload data. Trimakasih πŸ™‚

  178. Waktu course fleksibel

    4

    Saran : mohon waktu pengerjaan course dapat fleksibel. Tidak semua peserta dapat mengakses course setiap hari karena kendala pekerjaan tetap dan jaringan internet. Terimakasih

  179. PRAKTIS

    5

    Simple dan dapat dipahami,mungkin untuk tambahan ada lock menu apabila jadwal materi yang belum waktunya dibuka

  180. Review PKTBT Latsar CPNS AK.5

    5

    Materinya bagus-bagus dan bermanfaat, penyajiannya juga bagus dengan ditambah video sehingga lebih efektif penyampaiannya.

  181. PKTBT Latsar CPNS AK.5

    3

    PKTBT is the best. Mantap.

  182. Kurang User Friendly

    4

    Sebagai system yang dapat dipakai untuk pembelajaran tentang Kemenkeu sangat bagus dan sangat membantu. Tapi untuk systemnya masih kurang user friendly karena ada beberapa tombol yang harusnya belum boleh di klik, tapi kalau tidak sengaja di klik, akan berakibat lumayan fatal. seperti mark this unit complete, finish course. Sebaiknya tombol-tombol tersebut di nonaktifkan atau di buat hanya bisa di klik apa bila sudah selesai mengerjakan tugas atau yang sudah seharusnya, hal ini untuk meminimalisir kesalahan klik pada saat mengerjakan materi PKTBT

  183. PKTBT PERIODE 5

    5

    Walaupun susah tugasnya tapi mantab lah pokoknya

  184. 4

    E-learning ini sudah membantu kami dalam mempelajari tugas dan fungsi Kementerian Keuangan

  185. Effisiensi Pembelajaran

    5

    Courses yang disediakan secara online ini sudah efisien dari segi waktu dan biaya karena bisa diakses kapan saja. Yang perlu ditambahkan yaitu tata cara step by step selama melaksanakan course karena petunjuk petunjuk yang kurang lengkap dan opsi menu yang terbuka. misalnya menu finish course yang seharusnya dilock saja agar tidak terjadi kesalahan teknis yang fatal bagi peserta.

  186. 4

    Semoga bisa lebih ditingkatkan dan dipermudah penggunaannya, terima kasih

  187. Coursenya mantab dan komplit

    5

    Coursenya sudah sesuai dengan materi yang diberikan, mempermudah dalam penerimaan materi, dan ruang lingkup pembelajaran sudah komplit.
    Yang perlu ditingkatkan adalah fleksibelitas waktu dalam mengerjakan tugas dan asignment

  188. Kurang user friendly

    3

    Dari sisi materi sudah baik karena disajikan video, materi yang mudah diakses. Namun ada sedikit kekurangan tidak ada β€œWARNING” yang muncul apabila kita meng-klik tombol yang sangat krusial seperti β€œstart course”, β€œmark this unit complete” maupun β€œfinish course”.

  189. Mengajarkan konsistensi

    4

    Menurut saya dengan adanya PKTBT memandatori kegiatan belajar peserta. Peserta diminta untuk aktif dalam membaca materi dan mengerjakan tugas selajutnya. Selain itu menumbuhkan sikap konsisten dalam diri peserta untuk tetap menjaga ritme dalam pelaksanaan PKTBT yang akan bermanfaat nantinya dalam pekerjaan di unit masing-masing

  190. 4

    Melatih komitmen siswa latsar untuk mempelajari materi-materi pktbt dan sistemnya memiliki kontrol waktu sehingga menumbuhkan sikap disiplin pada siswa latsar. Namun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, yaitu adanya sistem disable pada menu start course jika waktu mengerjakan belum dimulai serta adanya sistem disable pada tombol ‘mark this unit complete’ jika belum dilakukan submit assignment.

  191. Membantu Belajar

    4

    pada prinsipnya sangat membantu dalam pembelajaran,

    sebagai wujud apresiasi dan perbaikan kedepan beberapa yang perlu ditingkatkan diantaranya
    1. kendala upload dokumen
    2. nilai kuis saya yang tidak muncul

    pada pembelajaran klc dimulai, kami sangat tertarik ketika diawali dengan video pembelajaran, meskipun video tersebut sebagai pelengkap materi, bukan penjelasan materi inti. alangkah lebih baik materi pembelajaran disampaikan menggunakan video, sehingga penjelasan materi dapat diberikan oleh WI secara lengkap.
    penyampaian modul pdf atau bahan paparan dapat diberikan melalui tautan tanpa start course, jadi saat course dimulai siswa hanya melihat video penyampaian materi oleh WI sekaligus siswa juga dapat berinteraksi seperti penyampaian pertanyaan untuk mendapatkan pemahaman tentang materi, bisa disampaikan di kolom komentar atau modul lain yang bisa dibaca oleh seluruh siswa yang mengikuti course.

    pelaksanaan PKTBT bersamaan dengan pelaksanaan Aktualisasi sekaligus rutinitas pekerjaan sehari hari, hal tersebut perlu manajemen waktu yang baik, mungkin waktu pembelajaran dapat juga dilakukan efaluasi agar tidak terjadi kendala dalam pelaksanaanya,

    pada prinsipnya klc merupakan sebuah inovasi yang baik dan menarik,
    keinginan yang kami sampaikan diatas merupakan harapan kami ahar klc semakin baik.
    terimakasih

  192. Materi dan Tugas

    4

    Bahwa materi yang disampaikan bersifat sangat text book tetapi Tugas yang diberikan bersifat praktikal sehinggal penerapannya tidak mungkin tanpa panduan dari orang yang telah berpengalaman di bidang tersebut.

    jadi tidak sesuai dengan temanya yaitu e-learning

  193. PKTBT Latsar Gelombang V

    5

    Secara keseluruhan sistem PKTBT ini baik, namun karena banyaknya peserta yang tidak sengaja mengklik tombol finish course dan mark this unit complete sebelum waktunya, sebaiknya tombol-tombol ini tidak ditampilkan terlebih dahulu sebelum waktunya.

  194. Sangat bagus

    5

    Materi PKTBT ini sangat bagus dan bisa memperkaya pengetahuan saya, hanya saja karena dikerjakan pada saat jam kantor, banyak menyita waktu yang seharusnya diperuntukkan untuk mengerjakan urusan kantor. Sehingga saya harap, kedepannya tugas dipermudah lagi, dan jadwal untuk PKTBT diatur kembali.

  195. Review PKTBT Latsar CPNS AK.5

    3

    Supaya web KLC dikembangkan lagi

  196. Need Some Time Managerial Improvement

    3

    Due to our own task at our own place, some task can’t be filled with our best asnwer

  197. review PKTBT

    4

    Situsnya kurang user friendly, karena letak pilihan-pilihan menu yang membingungkan, sehingga seringkali ada salah klik dan berdampak pada lewatnya beberapa alur, kemudian dalam memilih file yang akan di upload, sebaiknya tombol submit belum dapat berfungsi jika belum ada file yang di upload.

  198. Materi sistematis dan mudah dipahami, videonya juga oke banget ! *thumbs up*

    5

    ……………………..β–„β–„
    ……………………β–ˆβ–‘β–‘β–ˆ
    ……………………β–ˆβ–‘β–‘β–ˆ
    ………………….β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–ˆ
    ………………..β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆ
    ..β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–„β–„β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–„
    β–“β–“β–“β–“β–“β–“β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆ
    β–“β–“β–“β–“β–“β–“β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆ
    β–“β–“β–“β–“β–“β–“β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆ
    β–“β–“β–“β–“β–“β–“β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆ
    β–“β–“β–“β–“β–“β–“β–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆ
    β–“β–“β–“β–“β–“β–“β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–‘β–ˆ
    β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–€………β–€β–€β–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆβ–ˆ

  199. PKTBT Latsar CPNS Ak. 5

    3

    informatif, namun sedikit kurang user friendly terutama dengan tombol start course yang bisa diklik sebelum waktu yang seharusnya untuk memulai course

  200. ReVIEW PKTBT

    4

    Pelajaran online ini sangat modern dan bagus untuk dikembangkan sehingga karyawan lebih memahami pelajaran dengan cara mudah , efektif dan efesien karena bisa dimana saja.

  201. Perbaikan Manajemen Sistem dan Mekanisme PKTBT

    3

    Selamat sore,

    Ijin memberikan review mengenai PKTBT. Menurut saya, penjadwalan mengenai course perlu diteliti lebih lanjut. Bagaimana course itu dapat dikerjakan dengan maksimal, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal pula. Proses pengerjaan assigment dan quiz sering berbenturan dengan proses pengerjaan tugas sesuai tupoksi masing-masing peserta prajab dan tugas aktualisasi, terlebih jika peserta prajab juga mendapat tugas untuk dinas luar dari kantornya. Hal ini menyebabkan proses pemahaman atas materi dan pengerjaan tugas serta quiz menjadi tidak maksimal. Belum lagi jika terbentur dengan jaringan internet yang membuat tugas menjadi gagal terupload.
    Untuk PKTBT periode ini, terdapat sistem tidak ada hari kosong dan deadline pengerjaan tugas. Yang menjadi masalah adalah bagaimana jika dalam pengerjaan tugas itu harus berkoordinasi atau mencari informasi dari pihak terkait namun ternyata tugas itu peserta prajab mulai di hari sabtu atau minggu, sementara deadline tugas relatif pendek bahkan tidak sampai 24 jam.
    Permasalahan lainnya adalah terkait salah akses. Dimana peserta prajab salah mengklik mark this unit complete sebelum mengupload tugas, apakah ada mekanisme lain untuk memberi kesempatan bagi peserta prajab memperbaikinya atau mengulang proses.
    Mohon untuk dilakukan review kembali mengenai mekanisme PKTBT ini, sehingga kedepannya tidak ada rasa ketidakpuasan dari peserta PKTBT karena pada dasarnya kami peserta prajab berusaha mengerjakan segala sesuatunya dengan sungguh-sungguh dengan harapan lulus dan mendapat nilai yang memuaskan.

    Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih

  202. LATSAR 5

    3

    Secara keseluruhan sudah bagus.

  203. 4

    Sebenarnya program ini lebih memudahkan kita untuk belajar materi tanpa perlu hadir di kelas sehingga lebih fleksibel dalam segi waktu dan tempat. Namun, berhubung PKTBT ini dilaksanakan bersamaan dengan aktualisasi maka saya merasa agak kurang efektif karena kita harus membagi waktu dan pikiran untuk pekerjaan rutin, aktualisasi serta PKTBT. Ke depannya saya berharap waktu pelaksanaan PKTBT lebih dikhususkan lagi dan untuk sistemnya bisa diupgrade lagi, misalkan ada peringatan/warning pada “mark this unit” apabila kita belum selesai melakukan semua penugasan.
    Salut untuk inovasi BPPK.

  204. 4

    Pembelajaran materi PKTBT secara online sangat membantu, tetapi alangkah baiknya bila lebih user friendly sehingga pembelajaran dapat lebih ditingkatkan. Terima Kasih.

  205. Review PKTBT

    4

    Terimakasih untuk materi nya. Semoga bermanfaat ilmu dan pembelajarannya untuk seluruh siswa.

  206. Course KLC

    5

    Materi mencakup hal yang dibutuhkan sebagai CPNS

  207. 2

    Sistem masih kurang user friendly, perlu ada time tracker.
    Terima kasih.

  208. Saran Terkait E-learning

    5

    Untuk tampilan interfacenya sudah cukup bagus, namun yang perlu ditingkatkan yaitu pada penggunaan tombol-tombol yang ada di dalam e-learning banyak menimbulkan kebingungan dalam penggunaannya. Contohnya pada materi kedua, ketika kita menekan back to course malah langsung masuk ke materi ketiga (pengalaman teman-teman). Padahal biasanya untuk masuk ke materi selanjutnya setelah mengklik tombol continue course. Sekian dan terima kasih.

  209. 4

    Inovasi yang dapat memfasilitasi belajar dimanapun dan kapanpun. Namun inovasi juga perlu untuk dikembangkan agar menjadi lebih baik lagi kedepannya.

  210. Informasi lengkap

    4

    Informasi dan pengetahuan mengenai kementerian keuangan dan dasar sudah memadai.
    Namun yg perlu diperbaiki adalah tampilan web nya agar lebih user friendly sehingga jumlah siswa yg melakukan kesalahan dpt berkurang.

  211. Bagus

    3

    Sistem pembelajarannya sangat efektif dan fleksibel.

  212. Aplikasinya bagus hanya......

    4

    Membantu belajar mengenai Kemenkeu dengan lengkap tetapi juga ringkas, namun…. untuk teknis UI-nya sepertinya masih perlu diperbaiki. Seperti penempatan klik mark this unit complete daaaaaan download materi. lebih baik dipisah tempat supaya tidak membuat blunder ya kecuali memang untuk menguji kejelian mata dan sepertinya developmentnya belum selesai untuk masalah rules2nya. contoh sebelum submit tugas tidak bisa mark this unit complete terlebih dahulu seharusnya. ya kecuali kalau memang mau menguji kejelian dan kehati-hatian peserta course.

    kembali lagi, untuk materi dan kuis serta tugas ok banget, ringkas dan mudah untuk dimengerti. (y)

  213. 4

    tujuan dari course ini sudah tersampaikan. materi didalamnya juga aktual dan penting bagi kami yang ingin mengenal lebih jauh tugas dan fungsi ASN.
    sedangkan untuk sistem, pada bagian tombol penting bisa dibuat pop up konfirmasi sebelum diproses.
    semoga kedepan semakin baik. terimakasih KLC πŸ™‚

  214. webnya masih ribet

    3

    langkah – langkah e-learning di webnya masih ribet, mungkin untuk berikutnya bisa menggunakan web app yang khusus buat e-learning

  215. Peningkatan User Experience web

    3

    perlunya peningkatan UX pada web, sehingga tidak membingungkan pengguna. salah satu contoh, masih banyak peserta pusdiklat yang kebingungan bahkan salah, karena masih adanya tombol-tombol yang membingungkan. Saran dari saya adanya peningkatan dari sisi UX web. sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakan web. Terimakasih

  216. Meningkatkan UX Pengguna Website

    3

    agar website lebih user friendly, memudahkan pengguna dalam menggunakan fitur website, dan tombol-tombol keramat seperti finish course dan mark this complete jika memang tidak boleh diklik sebelum waktunya dapat dihilangkan dahulu, mencegah kesalahan. dan agar disediakan admin yang bisa dihubungi, atau live chat pada webnya.
    untuk materi sudah bagus dan agar ditambahkan peraturan-peraturan pendukung, yang terkadang belum ada dimesin pencarian.
    terima kasih.

  217. Review sistem PKTBT

    3

    Ide pembelajaran secara online ini sudah sangat bagus, materinya juga cukup mudah dipahami. Namun, ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Misalnya, alangkah baiknya untuk menghindari adanya siswa yang melakukan start course sebelum jadwal, sebaiknya sistem dapat membuat agar course hanya bisa dimulai pada jadwal yang ditentukan.

  218. Tingkatkan

    4

    Sudah cukup baik, semoga dapat terus ditingkatkan

  219. Review PKTBT Ak.5

    4

    Kegiatan belajar online melalui KLC sangat menarik dikarenakan pembelajaran dilakukan melalui video serta materi dalam bentuk pdf dan mudah untuk diakses kapan dan dimana saja.
    Program e-learning ini dapat mengefisieni waktu pembelajaran

  220. Good job

    5

    Sistem ini sangat membantu siswa untuk belajar kapan pun dan di mana pun. Fleksibilitas ini yang memudahkan siswa untuk dapat memperoleh ilmu dengan baik. Good job, BPPK!

  221. User Friendliness bisa lebih ditingkatkan

    4

    Secara general sudah bagus, namun kurang user friendly.
    Untuk materi tugas, soal terkadang kurang jelas (terutama TND)

  222. 4

    Materi yang disajikan sangat bermanfaat namun masih kurang user friendly.

  223. 4

    Materi yang diberikan secara keseluruhan sudah cukup baik. Namun, untuk tampilannya menurut saya agak membingungkan.

  224. Review terhadap website klc

    4

    Tombol pada website yang seharusnya tidak boleh diklik setelah mengerjakan sesuatu harusnya didisable. Misalnya sebelum mengerjakan dan submit assignment harusnya tombol mark this unit complete di disable agar tidak bisa diklik. Sehingga tidak akan ada yang terlewat untuk mengerjakan assignment

  225. Pengalaman belajar dan latihan yang bagus

    5

    Materi dan soal latihan yang disajikan secara online memudahkan pengguna dalam mengakses dari mana saja dan menggunakan perangkat apa saja. Tampilan website yang ramah pengguna dan responsif membuat pengguna nyaman dan mudah dalam menggunakannya

  226. PKTBT MANTAP

    4

    Penting untuk menambah pengetahuan direktorat lain dan memperdalam ilmu di satuan kerja sendiri. Cukup membuat khawatir terutama bila salah memencet tombol.
    Terimakasih PKTBT πŸ™‚

  227. PKTBT Latsar CPNS AK.5

    5

    lebih efisien dan efektif

  228. PKTBT LATSAR 3.2

    4

    Materi PKTBT online ini dan kuis serta tugas dikemas sudah cukup baik, ringkas dan mudah dimengerti untuk mengetahui tupoksi ASN dan tentang Kementerian Keuangan. Namun utk tombol-tombol yang ada di dalam e-learning banyak menimbulkan kebingungan dalam penggunaannya sehingga perlu diperbaiki. Terimakasih

  229. PKTBT Latsar CPNS AK.5

    5

    memberi kemudahan kepada peserta untuk belajar kapanpun dan dimana pun,,, efisiensi

  230. PKTBT Belajar Mudah Harga Waaaaahhh

    5

    PKTBT memudahkan siswa latsar dalam menerima materi, siswa dapat tepat berkontribusi di unit kerjanya dan tetap menambah wawasan melalui materi online. Dan tentu saja PKTBT sangat efektif dan efisien dalam program pengembangan pegawai.

  231. Review

    3

    Bahan ajarnya mohon diperbaharui dan disesuaikan dengan situasi terbaru di lapangan (misalnya peraturan-peraturan).

  232. KLC Experience

    5

    Adanya KLC sangat membantu pegawai untuk mengembangkan potensi sehingga dapat menata skill dan knowledge yang sesuai dengan peta karir yang diencanakan.. Namun, terkait teknis, layout yang user friendly sangat akan membantu pegawai Kemenkeu dalam mengakses KLC

  233. Cara Kerja Courses Sulit Dipahami

    3

    mengenai materi dan pemakaian timeline sudah cukup baik. hanya saja apabila salah klik karena kurangnya petunjuk atau kurang cermat, dapat mengakibatkan kerugian kepada peserta yang pada dasarnya peserta tersebut tidak bermaksud untuk hal tersebut

  234. Review Sistem KLC

    3

    Positif :
    Membantu siswa CPNS dalam memahami tusi, anggaran, BMN sesuai dengan kondisi di Kantor masing-masing

    Negatif :
    Fitur pada KLC tidak user friendly, karena jika tidak hati-hati dengan finish course maka nilai PKTBT 0. seharusnya pada sistem terdapat warning berupa kotak dialog untuk meyakinkan jika ingin mengakhiri course ataupun jika ingin mengakhiri materi (mark this unit)

  235. Review System KLC

    3

    1. Pada dasarnya KLC dibuat dengan tujuan yang sangat baik, agar siswa dapat mengakses materi KLC di mana saja (sayangnya harus dengan jaringan yang baik)
    2. Masih ada soal typo, ada baiknya jika dilakukan pengecekan sebelum dipublish
    3. Ada baiknya jika alur system dibuat standar (misal mark unit setelah kuis dan assignment selesai), bukannya berubah ubah.
    3. Finish course bisa dimunculkan di bagian akhir

  236. KLC Review

    4

    KLC is an innovative way of learning as it enables students to learn anytime and anywhere. Nevertheless, it still needs more improvement, particularly its system which can ‘trap’ students to make unnecessary mistakes. Anyway, good luck KLC!

  237. 4

    Sedikit merepotkan mengingat kami telah memiliki beban kerja yang sesungguhnya dan terikat IKU ditambah lagi dengan tenggat waktu yang beririsan satu sama lain antara PKTBT, aktualisasi dan kerjaan di kantor. Semoga ke depan bisa ada solusi yang lebih bijak dari para pemangku kepentingan.

  238. Singkat dan Padat

    3

    Pengalaman mengikuti kursus di KLC, khususnya mengenai PKTBT Latsar ini cukup lancar. Materi yang disajikan membantu kami untuk semakin memahami secara keseluruhan mengenai Kementerian Keuangan serta tugas dan fungsinya. Tidak hanya itu, dengan mengikuti kursus ini, para peserta juga semakin mengenal unit kerjanya masing-masing dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

  239. Tingkatkan keramahan terhadap pengguna

    4

    Akan lebih baik lagi, jika bagian “mark this unit complete” tidak dapat di klik jika peserta belum menyerahkan tugas, apalagi jika sifat tugas tersebut adalah wajib.
    materinya sudah lengkap dan mudah dimengerti.

  240. Sistem PKTBT Latsar CPNS

    3

    Ketersediaan materi sudah cukup lengkap, hanya saja perlu improvement pada media pembelajarannya agar lebih user friendly

  241. alhamdulillah selesai

    5

    saya merasa sangat dimudahkan dalam pembelajaran (cause unlimited access) … πŸ™‚

  242. Bagus dan Bisa Lebih Disempurnakan

    4

    Aplikasi dan Materi yang disajikan sangat bagus namun untuk penggunaan terkait berbahayanya tombol finish course di awal sangat perlu dilakukan perbaikan yang lebih baik agar tidak aktif sebelum waktunya atau tidak aktif sebelum 100% dikerjakan.

  243. 5

    Dengan PKTBT ini banyak sekali ilmu yang didapat dan sangat membantu untuk mengetahui aturan – aturan yang ada di pemerintahan sehingga dapat dilaksanakan dengan baik dan benar serta adil.

  244. 4

    Konsep KLC sebagai terobosan sarana pembelajaran kekinian sudah sangat baik. Memang masih perlu pembenahan terutama dalam hal teknis antarmuka yang kaku dan kurang ramah pengguna. Materinya sudah mencerminkan dasar proses bisnis inti di Kementerian Keuangan dengan cukup baik, namun mungkin perlu dikembangkan menjadi lebih interaktif dengan tampilan yang lebih menarik.

  245. 3

    tombol pada aplikasi kurang user friendly

  246. Review

    3

    Memudahkan untuk belajar karena tidak terikat tempat. Tetapi untuk peletakan tombol-tombol masih kurang user friendly

Advanced Course Search Widget