Setup Menus in Admin Panel

E-Learning Penyegaran Penyelesaian Tagihan Tahun 2020

Selamat datang di course E-Learning Penyegaran Penyelesaian Tagihan.
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta diharapkan mampu menyimpulkan tugas dan fungsi Pejabat Pembuat Komitmen selain Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Peserta akan mengikuti e-learning selama 5 hari.
Selamat belajar!!!

39 STUDENTS ENROLLED


Tujuan Program

Setelah mengikuti program pembelajaran ini, peserta diharapkan dapat menyimpulkan tugas dan fungsi Pejabat Pembuat Komitmen selain Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang Akan Dicapai

Terpenuhinya standar kompetensi kerja khusus selain kompetensi Pejabat Pembuat Komitmen pada satuan kerja untuk kompetensi selain Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sasaran Peserta (Target Learners)

Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah memiliki Sertifikat Pelatihan/Sertifikasi Kompetensi PBJ (terutama staf yang ditugaskan menjadi PPK < 2 tahun).

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu

  1. Menjelaskan rencana pelaksanaan kegiatan dan RPD
  • menjelaskan RPD bulanan;
  • menjelaskan penetapan RPD harian;
  • menjelaskan pemutakhiran RPD bulanan; dan
  • menjelaskan pemutakhiran RPD harian.
  1. Menjelaskan kebutuhan dan anggaran Pengadaan Barang/Jasa
  • menjelaskan analisis belanja (spend analysis);
  • menjelaskan kebutuhan dan paket Pengadaan Barang/Jasa; dan
  • menjelaskan rencana anggaran Pengadaan Barang/Jasa.
  1. Menjelaskan perjanjian/ kontrak yang dilakukan kepada Kuasa BUN
  • menjelaskan penerbitan Surat Penunjukan Penyedia Barang/Jasa; dan
  • menjelaskan penyampaian perjanjian/kontrak yang dilakukan.
  1. Menjelaskan dokumen bukti mengenai hak tagih kepada negara
  • menjelaskan kelengkapan dokumen tagihan;
  • menjelaskan kebenaran dokumen tagihan;
  • menjelaskan kebenaran perhitungan tagihan;
  • menjelaskan kebenaran data pihak yang berhak menerima pembayaran;
  • menjelaskan kesesuaian spesifikasi teknis dan volume barang/jasa;
  • menjelaskan kebenaran, keabsahan, serta akibat yang timbul dari penggunaan surat bukti mengenai hak tagih kepada negara; dan
  • menjelaskan ketepatan jangka waktu penyelesaian pekerjaan.
  1. Menjelaskan penerbitan SPP
  • menjelaskan pengumpulaan semua dokumen/bukti yang dibutuhkan dalam rangka penerbitan SPP;
  • menjelaskan penerbitan SPP;
  • menjelaskan penatausahaan dokumen/bukti yang dibutuhkan dalam rangka penerbitan SPP; dan
  • menjelaskan pelaporan dan penyerahan pekerjaan kepada KPA.
  1. Menjelaskan pengendalian pelaksanaan kontrak Pengadaan Barang/Jasa
  • menjelaskan persiapan pengendalian kontrak Pengadaan Barang/Jasa;
  • menjelaskan pengendalian kontrak Pengadaan Barang/Jasa; dan
  • menjelaskan reviu pelaksanaan kontrak Pengadaan Barang/Jasa.

  1. Persyaratan Administrasi
    • ASN, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
    • Pangkat/ Golongan minimal Penata Muda (III/a); dan
    • Ditugaskan oleh pimpinan instansi masing-masing.
  2. Persyaratan Kompetensi
    • Memiliki Sertifikat Pelatihan/Sertifikasi Profesi PBJ Dasar; dan

Pendidikan minimal D III.

  1. Pastikan Anda memiliki akun klc.kemenkeu.go.id
  2. Untuk peserta dari Kementerian Keuangan, silahkan klik  login with Kemenkeu-ID dan login dengan username dan password Kemenkeu ID;
  3. Untuk peserta selain Kementerian Keuangan, silahkan klik sign up–isi data diri sesuai yang diminta–klik register–buka inbox/spam email yang didaftarkan–klik link aktivasi (link ini yang berlaku selama 24 jam);
  4. Untuk dapat mengikuti e-learning ini, peserta diharuskan untuk mengajukan aplikasi dengan mengklik tombol Apply for Course (pojok kanan atas di setiap course);
  5. Setelah mendapatkan approval dari Administrator, peserta dapat mengikuti kegiatan pembelajaran yang tersedia dengan klik Start Course;
  6. Perhatikan dan ikuti Petunjuk Teknis Pelaksanaan yang ada pada course ini.
  7. Membaca Petunjuk Teknis Pelaksanaan (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik start course di bagian bawah)
  8. Membaca dan menyetujui Pernyataan Peserta (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah Pernyataan Peserta)
  9. Mempelajari dan menonton video pembelajaran sampai dengan selesai (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  10. Membaca dan/atau mengunduh materi (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  11. Mengerjakan Quiz tiap mata pelajaran. Apabila peserta ingin mengulang pengerjaan quiz, peserta dapat melakukan retake quiz.
  12. Membaca dan/atau mengunduh materi/literatur lain jika ada (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  13. Memberikan review atas course ini dengan cara klik Review Course. Berikan tanda bintang dan masukan Anda.

Peserta pelatihan wajib mengisi data diri pada aplikasi SEMANTIK. Adapun tata cara pengisian SEMANTIK adalah sebagai berikut:

  1. Masuk melalui website SEMANTIK dengan alamat https://www.semantik.bppk.kemenkeu.go.id/student, kemudian klik tombol log in pada pojok kanan atas layar;
  2. Masuk dengan username: NIP dan password: NIP pada layar;
  3. Isi data diri dengan lengkap (jangan ada penyingkatan nama instansi dan diisi dengan lengkap)
  4. Sesuai dgn PER-2/PP/2019, kelengkapan sertifikat diklat pada aplikasi SEMANTIK:

a. Foto Laki-laki:

      • kemeja putih, dasi merah;
      • background merah;
      • tanpa peci/topi;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

b. Foto Perempuan:

      • kemeja putih, dasi merah (jika menggunakan kerundung pendek, tetap menggunakan dasi merah. Jika menggunakan kerudung lebar/panjang, boleh tidak mengggunakan dasi)
      • background merah;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

 

c. Ukuran softcopy foto 500Kb – 1Mb;

d. Kolom jabatan diisi dengan nama jabatan grading terakhir. Misal Pengelola Data….., Penyaji Data…., Analis Anggaran…., Bendahara Pengeluaran, dll;

e. Mencantumkan no. HP dan Alamat kantor.

 

5. Klik Menu Pelatihan pada samping beranda, kemudian akan muncul nama Pelatihan, lalu klik gambar print untuk melakukan cetak form e-registrasi.

 

Q: Pertanyaan

A: Jawaban

 

1. Q: saya tidak bisa login menggunakan akun Kemenkeu-ID, bagaimana ya?
A: silahkan signup dengan mendaftarkan email pribadi bapak/ibu

2. Q: kenapa saya tidak menemukan course yang saya cari?
A: setelah login di KLC, klik search (gambar kaca pembesar) di kanan atas, ketik nama pelatihan yang akan diikuti, kemudian enter

3. Q: saya sudah login KLC kok belom masuk list terdaftar peserta course ya?
A: artinya belum apply for course, silahkan cari course yang akan diikuti lalu klik apply for course

4. Q: saya kok tidak bisa login kembali ya, padahal beberapa saat lalu bisa masuk KLC?
A : pastikan setelah selesai menggunakan KLC untuk logout aplikasi, bila sudah terlanjur silahkan hubungi admin untuk direset

5. Q: apakah belajar mandiri harus sesuai jadwal yg ada?
A: belajar mandiri sifatnya fleksibel, tetapi harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan.

6. Q: saya kok tidak bisa akses Kegiatan Belajar 2 y?
A: pastikan sudah menyelesaikan kegiatan belajar 1. Untuk lanjut ke unit selanjutnya, klik mark this unit complete-next unit

7. Q: saya lupa username dan password untuk login. Bagaimana ya?
A: silakan hubungi admin yaaa

8. Q: nilai penugasan sumatif saya belum mencapai nilai minimal. Bagaimana ya?
A: silakan dipelajari materinya lalu retake quiz kembali sampai mencapai nilai minimal.


 

 

Course Reviews

4.9

4.9
9 ratings
  • 5 stars8
  • 4 stars1
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. 4

    bagus learning-nya, cuma masalah di koneksi sedikit kurang bagus

  2. Sangat Bagus

    5

    Materi dan Aplikasi di pekerjaan sehari-hari sangat sesuai…semoga semakin banyak kursus2 sejenis…

  3. 5

    Semoga kedepan ada materi secara langsung

  4. Terima kasih

    5

    Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami, khususnya diluar Kementerian keuangan untuk dapat belajar di KLC, semoga kedepan kesempatan itu selalu ada. Terima kasih untuk pembelajaran ini semoga kami dapat menjadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas kami di satker masing-masing. Luar biasa

  5. Manfaat

    5

    mengingatkan kembali dengan hal-hal yang mesti dilakukan, akan lebih baik memang jika test case.

  6. E-LEARNING PENYEGARAN PENYELESAIAN TAGIHAN TAHUN 2020 ANGKATAN 3

    5

    Terima kasih untuk ilmu yang didapatkan selama e-learning dan terima kasih juga untuk panitia/penyelenggaranya yang cepat tanggap terhadap pertanyaan-pertanyaan.

  7. Sangat berguna dan bermanfaat

    5

    Excellent

Advanced Course Search Widget