Setup Menus in Admin Panel

E-Learning Pengantar Manajemen Keuangan Negara Angkatan VII Tahun 2020

Hallo semuanya. Selamat datang di program pembelajaran E-Learning Pengantar Manajemen Keuangan Negara.
Silakan DAFTAR di bit.ly/digitalmkn SEBELUM APPLY course ini.
CEK STATUS KEPESERTAAN DI bit.ly/pesertamkn
E-learning ini bertujuan untuk menjelaskan manajemen keuangan negara yang diterapkan di Indonesia sesuai dengan teori dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga dapat mendukung pelaksanaan tugas.

0 STUDENTS ENROLLED


    Tujuan Program

    Setelah mengikuti program pembelajaran ini, peserta diharapkan dapat menjelaskan manajemen keuangan negara yang diterapkan di Indonesia sesuai dengan teori dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga dapat mendukung pelaksanaan tugas.

    Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang Akan Dicapai

    Tersedianya SDM di lingkungan Kementerian/Lembaga yang memahami manajemen keuangan negara yang diterapkan di Indonesia sesuai dengan teori dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga dapat mendukung pelaksanaan tugas.

    Sasaran Peserta (Target Learners)

    Aparatur Sipil Negara (ASN).

    • Pejabat/staf pengelola keuangan; atau
    • Pejabat/staf lainnya yang membutuhkan kompetensi pengelolaan keuangan; dan
    • Mampu mengoperasikan komputer dan menggunakan internet.

    1. Silakan daftar di bit.ly/digitalmkn sebelum apply course ini.
    2. Cek status kepesertaan di bit.ly/pesertamkn
    3. Pastikan Anda memiliki akun klc.kemenkeu.go.id
    4. Untuk peserta dari Kementerian Keuangan, silahkan klik  login with Kemenkeu-ID dan login dengan username dan password Kemenkeu ID;
    5. Untuk peserta selain Kementerian Keuangan, silahkan klik sign up–isi data diri sesuai yang diminta–klik register–buka inbox/spam email yang didaftarkan–klik link aktivasi (link ini yang berlaku selama 24 jam);
    6. Bila email aktivasi belum masuk, segera konfirmasi di grup whatsapp;
    7. Untuk dapat mengikuti e-learning ini, peserta diharuskan untuk mengajukan aplikasi dengan mengklik tombol Apply for Course (pojok kanan atas di setiap course);
    8. Setelah mendapatkan approval dari Administrator, peserta dapat mengikuti kegiatan pembelajaran yang tersedia dengan klik Start Course;
    9. Perhatikan dan ikuti Petunjuk Teknis Pelaksanaan yang ada pada course ini.

    Setelah klik start course, peserta wajib:

    1. Membaca Petunjuk Teknis Pelaksanaan (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik start course di bagian bawah)
    2. Membaca dan menyetujui Pernyataan Peserta (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah Pernyataan Peserta)
    3. Mempelajari dan menonton video pembelajaran sampai dengan selesai (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
    4. Mengikuti sesi Synchronous untuk setiap mata pelajaran.
    5. Mengerjakan Quiz tiap mata pelajaran dengan nilai minimal 75. Apabila peserta ingin mengulang pengerjaan quiz, peserta dapat melakukan retake quiz.
    6. Membaca dan/atau mengunduh materi/literatur lain jika ada (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
    7. Mengisi form evaluasi penyelenggaraan dan evaluasi pengajar;
    8. Mengerjakan ujian komprehensif dengan nilai minimal 60 dan kesempatan 2x retake;
    9. Memberikan review atas course ini dengan cara klik Review Course. Berikan tanda bintang dan masukan Anda;
    10. Klik FINISH COURSE untuk mendapat BADGE. Pastikan nilai terakhir untuk QUIZ 75 untuk masing-masing mata pelajaran dan ujian komprehensif dengan nilai minimal 60 serta rata-rata Nilai Akhir 65 agar BADGE keluar.
    11. Badge dapat dilihat di menu Peserta.

    Peserta pelatihan wajib mengisi data diri pada aplikasi SEMANTIK. Adapun tata cara pengisian SEMANTIK adalah sebagai berikut:

    1. Masuk melalui website SEMANTIK dengan alamat https://www.semantik.bppk.kemenkeu.go.id/student, kemudian klik tombol log in pada pojok kanan atas layar;
    2. Masuk dengan username: NIP dan password: NIP pada layar;
    3. Isi data diri dengan lengkap (jangan ada penyingkatan nama instansi dan diisi dengan lengkap)
    4. Sesuai dgn PER-2/PP/2019, kelengkapan sertifikat diklat pada aplikasi SEMANTIK:

    a. Foto Laki-laki:

        • kemeja putih, dasi merah;
        • background merah;
        • tanpa peci/topi;
        • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

    b. Foto Perempuan:

        • kemeja putih, dasi merah (jika menggunakan kerundung pendek, tetap menggunakan dasi merah. Jika menggunakan kerudung lebar/panjang, boleh tidak mengggunakan dasi)
        • background merah;
        • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

    c. Ukuran softcopy foto 500Kb – 1Mb;

    d. Kolom jabatan diisi dengan nama jabatan grading terakhir. Misal Pengelola Data….., Penyaji Data…., Analis Anggaran…., Bendahara Pengeluaran, dll;

    e. Mencantumkan no. HP dan Alamat kantor.

     

    5. Klik Menu Pelatihan pada samping beranda, kemudian akan muncul nama Pelatihan, lalu klik gambar print untuk melakukan cetak form e-registrasi.

     

    Q: Pertanyaan

    A: Jawaban

     

    1. Q: saya tidak bisa login menggunakan akun Kemenkeu-ID, bagaimana ya?
    A: silahkan signup dengan mendaftarkan email pribadi bapak/ibu

    2. Q: kenapa saya tidak menemukan course yang saya cari?
    A: setelah login di KLC, klik search (gambar kaca pembesar) di kanan atas, ketik nama pelatihan yang akan diikuti, kemudian enter

    3. Q: saya sudah login KLC kok belom masuk list terdaftar peserta course ya?
    A: artinya belum apply for course, silahkan cari course yang akan diikuti lalu klik apply for course

    4. Q: saya kok tidak bisa login kembali ya, padahal beberapa saat lalu bisa masuk KLC?
    A : pastikan setelah selesai menggunakan KLC untuk logout aplikasi, bila sudah terlanjur silahkan hubungi admin untuk direset

    5. Q: apakah belajar mandiri harus sesuai jadwal yg ada?
    A: belajar mandiri sifatnya fleksibel, tetapi harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan.

    6. Q: saya kok tidak bisa akses Kegiatan Belajar 2 y?
    A: pastikan sudah menyelesaikan kegiatan belajar 1. Untuk lanjut ke unit selanjutnya, klik mark this unit complete-next unit

    7. Q: saya lupa username dan password untuk login. Bagaimana ya?
    A: silakan hubungi admin yaaa

    8. Q: nilai penugasan sumatif saya belum mencapai nilai minimal. Bagaimana ya?
    A: silakan dipelajari materinya lalu retake quiz kembali sampai mencapai nilai minimal.


     

     

    Course Reviews

    N.A

    ratings
    • 5 stars0
    • 4 stars0
    • 3 stars0
    • 2 stars0
    • 1 stars0

    No Reviews found for this course.

    Advanced Course Search Widget