Setup Menus in Admin Panel

2018 Pelatihan Desain Pembelajaran

Dengan ditetapkannya Peraturan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Nomor PER-4/PP/2017 tentang Pedoman Desain Pembelajaran, BPPK melakukan penyempurnaan terkait proses bisnis dan output dari Desain Pembelajaran. Implementasi dari peraturan tersebut membutuhkan peningkatan kompetensi terkait penyusunan/pengembangan desain pembelajaran bagi para Pejabat/Pegawai Kementerian Keuangan, khususnya BPPK.

Ke depannya, pelatihan ini juga diperlukan untuk memenuhi Kebutuhan Kompetensi Jabatan sesuai Hasil AKP Jabatan

Pelatihan ini di-desain untuk mencetak para pejabat/pegawai Kementerian Keuangan, khususnya BPPK, yang mampu merancang desain pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan unit pengguna sesuai dengan hasil Analisis Kebutuhan Pembelajaran (AKP).

Desain pelatihan dibuat komprehensif untuk mencakup pemberian konsep-konsep dasar (penguasaan atas konsep dasar kurikulum, prinsip dan strategi pembelajaran orang dewasa, analisis instruksional, desain pembelajaran dalam corporate university) hingga pada diskusi dengan best practice dan simulasi penyusunan desain pembelajaran.

Program pembelajaran bersifat blended learning yang mencakup:
1) Studi Mandiri
Sesi ini dilaksanakan selama 3 hari kerja sebelum tatap muka di kelas. Pada sesi ini, peserta pelatihan akan mendapat penugasan dan dikerjakan secara mandiri sebelum kegiatan tatap muka diselenggarakan. Tidak ada sesi tatap muka pada periode ini.

2) Tatap Muka
Sesi tatap muka di kelas dilaksanakan selama 4 hari kerja

3) Action Learning (Kegiatan Setelah Tatap Muka)
Sesi action learning dilakukan secara berkelompok (sesuai unit asal peserta) selama 21 hari kerja setelah sesi tatap muka,

Penyelesaian Action Learning menjadi komponen Evaluasi Peserta dengan persentase sebagaimana tertera pada bagian Evaluasi Level 2.

38 STUDENTS ENROLLED

Pelatihan ini di-desain untuk mencetak para pejabat/pegawai Kementerian Keuangan, khususnya BPPK, yang mampu merancang desain pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan unit pengguna sesuai dengan hasil Analisis Kebutuhan Pembelajaran (AKP).

Desain pelatihan dibuat komprehensif untuk mencakup pemberian konsep-konsep dasar (penguasaan atas konsep dasar kurikulum, prinsip dan strategi pembelajaran orang dewasa, analisis instruksional, desain pembelajaran dalam corporate university) hingga pada diskusi dengan best practice dan simulasi penyusunan desain pembelajaran.

Dengan ditetapkannya Peraturan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Nomor PER-4/PP/2017 tentang Pedoman Desain Pembelajaran, BPPK melakukan penyempurnaan terkait proses bisnis dan output dari Desain Pembelajaran. Implementasi dari peraturan tersebut membutuhkan peningkatan kompetensi terkait penyusunan/pengembangan desain pembelajaran bagi para Pejabat/Pegawai Kementerian Keuangan, khususnya BPPK.

Ke depannya, pelatihan ini juga diperlukan untuk memenuhi Kebutuhan Kompetensi Jabatan sesuai Hasil AKP Jabatan

Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Keuangan (khususnya BPPK), terutama pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan/ pengembangan desain pembelajaran sesuai dengan tugas dan fungsinya pada PER-4/PP/2017, diantaranya:

  • Widyaiswara;
  • Bidang Perencanaan dan Pengembangan Diklat;
  • Bidang Penyelenggaraan;
  • Bidang Evaluasi dan Pelaporan Kinerja;
  • dll.

Administrasi

  1. Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Keuangan (khususnya BPPK) yang ditunjuk/ditugaskan oleh unit yang bersangkutan;
  2. Diutamakan pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan/ pengembangan desain pembelajaran sesuai dengan tugas dan fungsinya pada PER-4/PP/2017, diantaranya:
  • Widyaiswara;
  • Bidang Perencanaan dan Pengembangan Diklat;
  • Bidang Penyelenggaraan;
  • Bidang Evaluasi dan Pelaporan Kinerja;
  • dll.
  1. Pangkat/Golongan (minimum) II/c (Pengatur);

 

Kompetensi

  1. Pendidikan minimal Diploma III;
  2. Telah mengikuti Diklat Pengelolaan Diklat/Diklat Manajemen Diklat/ Orientasi Pelaksanaan Tugas Pegawai BPPK;
  3. Diutamakan bagi yang telah mengikuti diklat TNA/AKP.

EVALUASI LEVEL 1

Evaluasi Penyelenggaraan Tertulis dan Evaluasi Tatap Muka serta Evaluasi Pengajar Tertulis/Online

 

EVALUASI LEVEL 2

Nilai Kehadiran, Nilai Aktivitas/Penyelesaian Tugas, dan Nilai Penyelesaian Action Learning

Komponen Penilaian:

NA = [(a x SNT) + (b x Action Learning)]

= [(60% x SNT) + (40% x Action Learning)]

Keterangan:

a      =   bobot nilai tertimbang

b     =   bobot nilai Action Learning

Adapun komponen penilaian action learning, mencakup:

  1. Penyelesaian Konsep Desain Pembelajaran (KAP, GBPP, SAP dan KNS) dan Laporan Desain Pembelajaran;
  2. Presentasi atas Konsep Desain Pembelajaran.

 

EVALUASI LEVEL 3

Evaluasi Pasca Diklat/Evaluasi Implementasi Hasil Pembelajaran

 

EVALUASI LEVEL 4

Penyusunan/pengembangan 2 (dua) desain pembelajaran sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Nomor PER-4/PP/2017 tentang Pedoman Desain Pembelajaran untuk masing-masing unit.

Course Reviews

N.A

ratings
  • 5 stars0
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0

No Reviews found for this course.

Apply for Course
  • UNLIMITED ACCESS

Advanced Course Search Widget