Setup Menus in Admin Panel

Pelatihan Dasar Tingkat II Perbendaharaan (PKN STAN) Tahun 2020

Selamat datang di course Pelatihan Dasar Tingkat II Perbendaharaan (PKN STAN).
Setelah mengikuti course ini, peserta diharapkan mampu pengetahuan, keterampilan dan sikap para pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam memahami tugas dan fungsi di bidang kebendaharaan negara sesuai peraturan yang berlaku.
Selamat belajar.

262 STUDENTS ENROLLED

 


    • Tujuan Program

membentuk pengetahuan, keterampilan dan sikap para pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam memahami tugas dan fungsi di bidang kebendaharaan negara sesuai peraturan yang berlaku.

    • Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang Akan Dicapai

Tersedianya SDM di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang dapat memahami tugas dan fungsi di bidang kebendaharaan negara sesuai dengan peraturan yang berlaku.

    • Sasaran (Target Learners)

Pegawai baru dari penerimaan/lulusan PKN STAN yang bertugas di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu

1.  Menguraikan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Perbendaharaan

a. menjelaskan tugas dan fungsi DJPb;

b. menjelaskan proses bisnis pada DJPb;

c. menjelaskan keterkaitan antar instansi (DJPb dengan intansi Kemenkeu lainnya);

d. menerangkan IKU Kemenkeu dan IKU DJPb; dan

e. menguraikan tugas dan fungsi instansi vertikal DJPb.

2.   Menjelaskan paket peraturan perundang-undangan di bidang keuangan Negara

a.  menjelaskan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara; dan

b. menjelaskan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara.

3.   Menguraikan tugas dan fungsi Direktorat Pelaksanaan Anggaran

a.  menjelaskan konsep dasar pelaksanaan APBN;

b.  menjelaskan pembinaan, monitoring, dan evaluasi pelaksanaan anggaran; dan

c.  menjelaskan tugas lainnya (revisi, analisis fiskal regional, dan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa).

4.    Menguraikan tugas dan fungsi Direktorat Pengelolaan Kas Negara

a.   menguraikan konsep dasar pengelolaan Kas Negara;

b.   menguraikan pengelolaan rekening Kas Negara;

c.   menjelaskan perencanaan kas dan optimalisasi kas;

d.  menjelaskan sistem penerimaan negara; dan

e.  menjelaskan sistem pengeluaran negara.

5.   Menguraikan tugas dan fungsi Direktorat Sistem Manajemen Investasi

a.   menjelaskan pembinaan dan monev Subsidiary Loan Agreement (penerusan pinjaman);

b.   menjelaskan pembinaan dan monev kredit program (termasuk UMi).

6.  Menguraikan tugas dan fungsi Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan BLU

a.  menjelaskan konsep pengelolaan keuangan BLU (syarat penetapan dan pencabutan BLU, RSB dan RBA BLU, konsep tata kelola BLU, investasi BLU, utang piutang BLU, penetapan Dewas BLU, pertanggungjawaban BLU); dan

b.  menjelaskan sinkronisasi pelaksanaan pembinaan PK BLU oleh Direktorat Pembinaan PK BLU dan Kanwil DJPb.

7.    Menguraikan tugas dan fungsi Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan

a. menjelaskan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP);

b. menjelaskan kebijakan akuntansi pemerintahan;

c. menjelaskan Sistem Akuntansi Pemerintahan;

d. menjelaskan penyusunan LK BUN, LK K/L, LKPD, dan LKPP;

e. menjelaskan penyusunan LK Pemerintah Konsolidasi; dan

f. menjelaskan Government Financial Statistics (GFS)/ Laporan Statistik Keuangan Pemerintah

8.   Menguraikan tugas dan fungsi Direktorat Sistem Perbendaharaan

a.  menjelaskan kebijakan pengembangan profesi di lingkungan DJPb meliputi sertifikasi Bendahara, PPK, dan PPSPM dan juga jabatan fungsional perbendaharaan;

b.  menjelaskan kebijakan forum kajian perbendaharaan; dan

c.  menjelaskan pembayaran program jaminan sosial, perhitungan pihak ketiga, dan kebijakan tuntutan ganti rugi.

9.  Menguraikan tugas dan fungsi Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan

a. menerangkan kebijakan sistem informasi dan teknologi Direktorat Jenderal Perbendaharaan; dan

b. menerangkan standar tata kelola sistem informasi dan teknologi Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

10.   Menguraikan administrasi kepegawaian dan tata cara persuratan

a.  menguraikan aturan terkait cuti;

b.  menguraikan aturan terkait disiplin pegawai;

c.  menguraikan aturan terkait Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) dan Kenaikan Gaji Berkala (KGB);

d.  menguraikan aturan terkait laporan kawin/cerai;

e.    menguraikan aturan terkait izin dan tugas belajar;

f.   menguraikan aturan terkait pemberhentian dan pensiun pegawai;

g.   menguraikan aturan terkait tata naskah dinas; dan

h.   menguraikan aturan terkait pengarsipan dokumen

11.  Menerangkan pengelolaan keuangan satker

a.  menjelaskan pengadaan barang/jasa pemerintah; dan

b. menerangkan mekanisme pencairan dana atas beban APBN.

12.  Menerangkan pengelolaan Barang Milik Negara (BMN)

a.  menjelaskan pengelolaan BMN; dan

b.  menerangkan pengelolaan persediaan.

13.   Menjelaskan aplikasi SPAN

a. mensimulasikan modul Payment Management;

b. mensimulasikan modul Budget Commitment;

c. mensimulasikan modul Spending Authority;

d. mensimulasikan modul Cash Management;

e. mensimulasikan modul General Ledger;

f. mensimulasikan modul Government Receipt;

g. menjelaskan keamanan sistem informasi;

h. menjelaskan user management; dan

i. menjelaskan online monitoring SPAN dan Dana Alokasi Khusus Fisik – Dana Desa.

 

1.    Persyaratan Administrasi

a.    Calon PNS di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan;

b.    Ditugaskan oleh pimpinan instansi masing-masing atau Bagian SDM.

2.    Persyaratan Kompetensi

a.  Pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan;

b.  Pendidikan minimal Diploma I;

c.   Merupakan lulusan dari PKN STAN.


Advanced Course Search Widget