E-Learning Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah bagi Atase Keuangan Tahun 2020
Instructors
E-Learning Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah bagi Atase Keuangan Tahun 2020
Selamat datang di course E-Learning Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah bagi Atase Keuangan. E-Learning ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Selamat belajar.
-
- Tujuan Program: menjelaskan proses pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang Akan Dicapati: Tersedianya Atase Keuangan yang mampu menjelaskan proses pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Sasaran (Target Learners): ASN yang sedang dan/atau akan ditugaskan sebagai Atase Keuangan.
- Jadwalpbj atase
*untuk jadwal e-learning hanya sebagai gambaran saja. Materi dan quiz dapat diakses kapan saja.
Untuk dapat mengikuti pelatihan ini, calon peserta yang wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut.
- ASN yang sedang dan/atau akan ditugaskan sebagai Atase Keuangan;
- Ditugaskan oleh pimpinan instansi masing-masing.
Peserta pelatihan wajib mengisi data diri pada aplikasi SEMANTIK. Adapun tata cara pengisian SEMANTIK adalah sebagai berikut:
- Masuk melalui website SEMANTIK dengan alamat https://www.semantik.bppk.kemenkeu.go.id/student, kemudian klik tombol log in pada pojok kanan atas layar;
- Masuk dengan username: NIP dan password: NIP pada layar;
- Isi data diri dengan lengkap (jangan ada penyingkatan nama instansi dan diisi dengan lengkap)
- Sesuai dgn PER-2/PP/2019, kelengkapan sertifikat diklat pada aplikasi SEMANTIK:
a. Foto Laki-laki:
-
-
- kemeja putih, dasi merah;
- background merah;
- tanpa peci/topi;
- posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;
-
b. Foto Perempuan:
-
-
- kemeja putih, dasi merah (jika menggunakan kerundung pendek, tetap menggunakan dasi merah. Jika menggunakan kerudung lebar/panjang, boleh tidak mengggunakan dasi)
- background merah;
- posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;
-
c. Ukuran softcopy foto 500Kb – 1Mb;
d. Kolom jabatan diisi dengan nama jabatan grading terakhir. Misal Pengelola Data….., Penyaji Data…., Analis Anggaran…., Bendahara Pengeluaran, dll;
e. Mencantumkan no. HP dan Alamat kantor.
5. Klik Menu Pelatihan pada samping beranda, kemudian akan muncul nama Pelatihan, lalu klik gambar print untuk melakukan cetak form e-registrasi.
Q: Pertanyaan
A: Jawaban
1. Q: saya tidak bisa login menggunakan akun Kemenkeu-ID, bagaimana ya?
A: silahkan signup dengan mendaftarkan email pribadi bapak/ibu
2. Q: kenapa saya tidak menemukan course yang saya cari?
A: setelah login di KLC, klik search (gambar kaca pembesar) di kanan atas, ketik nama pelatihan yang akan diikuti, kemudian enter
3. Q: saya sudah login KLC kok belom masuk list terdaftar peserta course ya?
A: artinya belum apply for course, silahkan cari course yang akan diikuti lalu klik apply for course
4. Q: saya kok tidak bisa login kembali ya, padahal beberapa saat lalu bisa masuk KLC?
A : pastikan setelah selesai menggunakan KLC untuk logout aplikasi, bila sudah terlanjur silahkan hubungi admin untuk direset
5. Q: apakah belajar mandiri harus sesuai jadwal yg ada?
A: belajar mandiri sifatnya fleksibel, tetapi harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan.
6. Q: saya kok tidak bisa akses Kegiatan Belajar 2 y?
A: pastikan sudah menyelesaikan kegiatan belajar 1. Untuk lanjut ke unit selanjutnya, klik mark this unit complete-next unit
7. Q: saya lupa username dan password untuk login. Bagaimana ya?
A: silakan hubungi admin yaaa
8. Q: nilai penugasan sumatif saya belum mencapai nilai minimal. Bagaimana ya?
A: silakan dipelajari materinya lalu retake quiz kembali sampai mencapai nilai minimal.
Luar biasa, bertambah ilmu dan kompetensi dengan cara yang sangat efisien…. saran, tambah video menarik seperti video video tutorial keren dari youtuber
Excellent
Pertahankan performa
Sangat membantu dan nyaman utk pelatihan secara online
KLC merupakan terobosan yang sangat inovatif, sangat membantu bagi pegawai yang ingin belajar berbagai macam pelatihan dari manapun dan untuk knowledge yang beraneka ragam….bravo BPPK dan Pusdiklat-Pusdiklat nya…agar dipertahankan dan ditingkatkan.
Sesi belajar mandiri ini sangat bermanfaat, dapat diakses kapan saja dan dimana saja