Setup Menus in Admin Panel

E-Learning Dasar-Dasar Penyusunan APBN Angkatan IX Tahun 2020

Halo Sahabat AP. Selamat datang di course E-Learning Dasar-Dasar Penyusunan APBN. E-learning ini bertujuan untuk menjelaskan proses penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selamat belajar.

774 STUDENTS ENROLLED

PETUNJUK E-LEARNING DASAR-DASAR PENYUSUNAN APBN

apbn 9

*untuk jadwal e-learning hanya sebagai gambaran saja. Materi dan quiz dapat diakses kapan saja.

**untuk synchronous, peserta memilih salah satu sesi pada setiap mata pelajaran (alamat pilihan sesi akan diinformasikan di grup whatsapp) dan diikuti oleh peserta sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Link synchronous akan dikirim melalui email peserta.

Tujuan Program

Setelah mengikuti program pembelajaran ini, peserta diharapkan dapat menjelaskan proses penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang Akan Dicapai

Tersedianya SDM di lingkungan Kementerian Keuangan dan Kementerian/Lembaga lainnya yang memahami penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sasaran Peserta (Target Learners)

Aparatur Sipil Negara (ASN).

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu

  1. Menjelaskan hubungan perencanaan nasional dan penganggaran
    • menguraikan sistem perencanaan pembangunan nasional;
    • menjelaskan rencana kerja Kementerian/Lembaga (data pencapaian pembangunan); dan
    • menjelaskan RKA K/L dan keterkaitannya dengan rencana kerja K/L.
  2. Menjelaskan sistem penganggaran
    • menjelaskan siklus perencanaan penganggaran;
    • menguraikan pendekatan penganggaran;
    • menjelaskan penganggaran berbasis kinerja; dan
    • menguraikan penyusunan anggaran.
  3. Menjelaskan perencanaan pendapatan, belanja, dan pembiayaan
    • menjelaskan postur APBN;
    • menguraikan kebijakan pendapatan;
    • menjelaskan kebijakan belanja; dan
    • menguraikan kebijakan pembiayaan.
  4. Menjelaskan manajemen utang negara
    • menjelaskan defisit dan pembiayaan anggaran;
    • menguraikan jenis-jenis pembiayaan; dan
    • menjelaskan kebijakan utang/pinjaman.

  • Telah mengikuti E-Learning Pengantar Manajemen Keuangan Negara; dan
  • Mampu mengoperasikan komputer dan menggunakan internet.

  1. Silakan daftar di bit.ly/digitalmkn sebelum apply course ini.
  2. Cek status kepesertaan di bit.ly/pesertamkn
  3. Pastikan Anda memiliki akun klc.kemenkeu.go.id
  4. Untuk peserta dari Kementerian Keuangan, silahkan klik  login with Kemenkeu-ID dan login dengan username dan password Kemenkeu ID;
  5. Untuk peserta selain Kementerian Keuangan, silahkan klik sign up–isi data diri sesuai yang diminta–klik register–buka inbox/spam email yang didaftarkan–klik link aktivasi (link ini yang berlaku selama 24 jam);
  6. Bila email aktivasi belum masuk, segera konfirmasi di grup whatsapp;
  7. Untuk dapat mengikuti e-learning ini, peserta diharuskan untuk mengajukan aplikasi dengan mengklik tombol Apply for Course (pojok kanan atas di setiap course);
  8. Setelah mendapatkan approval dari Administrator, peserta dapat mengikuti kegiatan pembelajaran yang tersedia dengan klik Start Course;
  9. Perhatikan dan ikuti Petunjuk Teknis Pelaksanaan yang ada pada course ini.

Setelah klik start course, peserta wajib:

  1. Membaca Petunjuk Teknis Pelaksanaan (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik start course di bagian bawah)
  2. Membaca dan menyetujui Pernyataan Peserta (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah Pernyataan Peserta)
  3. Mempelajari dan menonton video pembelajaran sampai dengan selesai (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  4. Mengikuti sesi Synchronous untuk setiap mata pelajaran.
  5. Mengerjakan Quiz tiap mata pelajaran dengan nilai minimal 75. Apabila peserta ingin mengulang pengerjaan quiz, peserta dapat melakukan retake quiz.
  6. Membaca dan/atau mengunduh materi/literatur lain jika ada (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  7. Mengisi form evaluasi penyelenggaraan dan evaluasi pengajar;
  8. Mengerjakan ujian komprehensif dengan nilai minimal 60 dan kesempatan 2x retake;
  9. Memberikan review atas course ini dengan cara klik Review Course. Berikan tanda bintang dan masukan Anda;
  10. Klik FINISH COURSE untuk mendapat BADGE. Pastikan nilai terakhir untuk QUIZ 75 untuk masing-masing mata pelajaran dan ujian komprehensif dengan nilai minimal 60 serta rata-rata Nilai Akhir 65 agar BADGE keluar.
  11. Badge dapat dilihat di menu Peserta.

Peserta pelatihan wajib mengisi data diri pada aplikasi SEMANTIK. Adapun tata cara pengisian SEMANTIK adalah sebagai berikut:

  1. Masuk melalui website SEMANTIK dengan alamat https://www.semantik.bppk.kemenkeu.go.id/student, kemudian klik tombol log in pada pojok kanan atas layar;
  2. Masuk dengan username: NIP dan password: NIP pada layar;
  3. Isi data diri dengan lengkap (jangan ada penyingkatan nama instansi dan diisi dengan lengkap)
  4. Sesuai dgn PER-2/PP/2019, kelengkapan sertifikat diklat pada aplikasi SEMANTIK:

a. Foto Laki-laki:

      • kemeja putih, dasi merah;
      • background merah;
      • tanpa peci/topi;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

b. Foto Perempuan:

      • kemeja putih, dasi merah (jika menggunakan kerundung pendek, tetap menggunakan dasi merah. Jika menggunakan kerudung lebar/panjang, boleh tidak mengggunakan dasi)
      • background merah;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

c. Ukuran softcopy foto 500Kb – 1Mb;

d. Kolom jabatan diisi dengan nama jabatan grading terakhir. Misal Pengelola Data….., Penyaji Data…., Analis Anggaran…., Bendahara Pengeluaran, dll;

e. Mencantumkan no. HP dan Alamat kantor.

 

5. Klik Menu Pelatihan pada samping beranda, kemudian akan muncul nama Pelatihan, lalu klik gambar print untuk melakukan cetak form e-registrasi.

 

Q: Pertanyaan

A: Jawaban

 

1. Q: saya tidak bisa login menggunakan akun Kemenkeu-ID, bagaimana ya?
A: silahkan signup dengan mendaftarkan email pribadi bapak/ibu

2. Q: kenapa saya tidak menemukan course yang saya cari?
A: setelah login di KLC, klik search (gambar kaca pembesar) di kanan atas, ketik nama pelatihan yang akan diikuti, kemudian enter

3. Q: saya sudah login KLC kok belom masuk list terdaftar peserta course ya?
A: artinya belum apply for course, silahkan cari course yang akan diikuti lalu klik apply for course

4. Q: saya kok tidak bisa login kembali ya, padahal beberapa saat lalu bisa masuk KLC?
A : pastikan setelah selesai menggunakan KLC untuk logout aplikasi, bila sudah terlanjur silahkan hubungi admin untuk direset

5. Q: apakah belajar mandiri harus sesuai jadwal yg ada?
A: belajar mandiri sifatnya fleksibel, tetapi harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan.

6. Q: saya kok tidak bisa akses Kegiatan Belajar 2 y?
A: pastikan sudah menyelesaikan kegiatan belajar 1. Untuk lanjut ke unit selanjutnya, klik mark this unit complete-next unit

7. Q: saya lupa username dan password untuk login. Bagaimana ya?
A: silakan hubungi admin yaaa

8. Q: nilai penugasan sumatif saya belum mencapai nilai minimal. Bagaimana ya?
A: silakan dipelajari materinya lalu retake quiz kembali sampai mencapai nilai minimal.


 

 

Course Reviews

5

5
42 ratings
  • 5 stars42
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. 5

    E learning ini sangat bermanfaat dengan kondisi pendemi saat ini. jempol untuk kemenkeu

  2. E-Learning Dasar-dasar Penyusunan APBN

    5

    Sangat membantu pegawai dalam mengikuti pembelajaran dan menambah pengetahuan dasar tentang penyusunan anggaran

  3. 5

    pembelajaran yang menarik, semoga semakin berkembang mejadi lebih baik

  4. Baik.

    5

    e-Learning benar-benar menguji pemahaman, dan telah diupayakan untuk disampaikan dengan baik.

  5. E-Learning ini benar-benar menambah wawasan

    5

    Senang sekali mengikuti e-learning ini, karena banyak pengetahuan yang sebelumnya tidak diketahui menjadi tahu sekarang ini… terima kasih pusdiklat AP Kemenkeu….

  6. E-Learning Dasar-Dasar Penyusunan APBN Angkatan IX Tahun 2020

    5

    Sangat Baik

  7. Materi Keren dan Kekinian

    5

    Terima kasih atas penyelenggaraan e-learning dasar-dasar penyusunan APBN ini. Materi yang disampaikan sangat bagus dan sesuai dengan kondisi terkini saat ini. Sukses dan sehat selalu untuk rekan-rekan di Kementerian Keuangan RI.

  8. E-Learning Pengantar Manajemen Keuangan Negara Angkatan IX Tahun 2020

    5

    Metode pembelajaran yang mudah untuk diikuti serta ilmu-ilmu yang bermanfaat. Terima kasih penyelenggara dan nara sumber Kemenkeu.

  9. diklat dasar-dasar penyusunan APBN

    5

    Mantap

  10. E-LEARNING DASAR-DASAR PENYUSUNAN APBN

    5

    ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dari e-learning ini sangat bermanfaat dalam melaksanakan pekerjaan sehari hari khususnya lagi tentang sistem penganggaran, terima kasih

  11. Terbaik

    5

    Terima kasih atas pelatihannya yang luar biasa. Semoga semakin meningkat ke depannya.

  12. Terima Kasih

    5

    Terima Kasih sangat membantu.

  13. Pelatihan yang sangat bermanfaat...

    5

    Terima Kasih…

  14. MANTAP

    5

    terima kasih atas pelatihannya

  15. Penunjang wawasan untuk pengemban fungsi keuangan

    5

    Materi yang disampaikan lugas dan jelas, sesi synchronous sebagai sesi diskusi yang seru dan menambah wawasan, semoga semakin banyak program pembelajaran untuk menunjang pengemban fungsi keuangan

  16. BAGUS

    5

    Materi sangat lengkap dan bermanfaat (y)

  17. E-Learning Dasar-Dasar Penyusunan APBN

    5

    Mantap bisa nambah ilmu, terima kasih untuk semua fasilitator dan tim yang menyiapkan course ini.

  18. luar biasa

    5

    pelatihan, quiz dan kompre kali ini lebih deg2kannnn terima kasih buat semua team pengajar, materi dan pasiliator

  19. Apresiasi Tinggi

    5

    Apresiasi yang tinggi kepada KLC yang telah menyelenggarakan eLearning ini.. terima kasih atas kesempatan ini, ilmu yang diberikan dan semoga semuanya berbuah keberkahan dan kebaikan untuk kita semua di masa mendatang.. Terima kasih

  20. mantap

    5

    Pelatihan yang mudah dipahami dan bagus…

  21. Dasar-Dasar Penyusunan APBN

    5

    Sangat bagus, sangat bermanfaat. terimakasih…

  22. E-Learning Dasar-Dasar Penyusunan APBN

    5

    Sangat bermanfaat untuk tupoksi saya. Terimakasih banyak.

  23. penyelenggaraan diklat bagus

    5

    Diklat dasar-dasar penyusunan sangat bermanfaat dan penyelenggaraannya sangat bagus

  24. Angkatan IX

    5

    Terima kasih banyak elearning nya sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan saya tentang Penyusunan APBN semua proses belajar berjalan lancar dari narasumber/pemateri, video/materi dan hostnya..sukses dan kembangkan terus diklat nya.

  25. E Learning TOP BGT

    5

    Sangat membantu dalam meningkatkan kompetensi pengelolaan keuangan negara di masa pandemi Covid.

  26. 5

    Sangat baik dan bagus, terimakasih.

  27. Dasar-Dasar Penyusunan APBN

    5

    Pembelajaran E-learning ini sangat bermanfaat dan fleksibel, karena materi pembelajaran dapat diakses kapan saja. semoga lebih banyak lagi e-learning lain dengan materi yang lebih beragam lagi. terima kasih

  28. 5

    Semoga KLC semakin maju..dan ilmu yang ditransfer ke kami smoga bermanfaat

  29. ALHAMDULILLAH SELESAI

    5

    TERIMA KASIH

  30. menambah pengetahuan

    5

    E-Learning Dasar-Dasar Penyusunan APBN sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan , sangat efektif di masa pandemi ini dengan kegiatan zoom dalam penyampaian materinya. terima kasih

  31. DASAR-DASAR PENYUSUNAN APBN

    5

    Terima Kasih, menambah wawasan

  32. 5

    Terima kasih sudah menyelenggarakan diklat ini

Advanced Course Search Widget