Setup Menus in Admin Panel

Orientasi Pelaksanaan Tugas Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan

Orientasi ini diselenggarakan untuk membekali para Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan agar mampu melaksanakan tugas dan fungsi melalui beberapa cakupan materi, yaitu internalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan, teknik komunikasi, kebijakan teknologi informasi dan komunikasi, pertanggungjawaban keuangan negara, penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, tata naskah dinas di Kementerian Keuangan, dan pengoperasian Microsoft Office Excel dan PowerPoint, untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi di unit masing-masing

48 STUDENTS ENROLLED

Tujuan Program:

Orientasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan.

Orientasi ini dirancang sedemikian rupa untuk membekali para Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan agar mampu melaksanakan tugas dan fungsi melalui beberapa cakupan materi, yaitu: internalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan, teknik komunikasi, kebijakan teknologi informasi dan komunikasi, pertanggungjawaban keuangan negara, penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, tata naskah dinas di Kementerian Keuangan, dan pengoperasian Microsoft Office Excel dan PowerPoint, untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi di unit masing-masing

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang akan dicapai:

Memenuhi kebutuhan kompetensi individu untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi di unit kerjanya masing-masing

Sasaran (Target Learners):

Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkugan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan

a. menerapkan internalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan;

  • Menjelaskan azas-azas hukum pidana;
  • Menjelaskan azas-azas hukum acara pidana;

b. melakukan teknik komunikasi interpersonal yang efektif yang diperlukan dalam bekerja di Kementerian Keuangan;

  • Menjelaskan tentang hukum perdata;
  • Menguraikan tentang wanprestasi;
  • Menjelaskan tentang perbuatan melawan hukum (KUH Perdata);
  • Menjelaskan tentang Alternative Dispute Resolution (ADR);

c. menguraikan kebijakan teknologi informasi dan komunikasi yang berlaku di lingkungan Kementerian Keuangan;

  • Menjelaskan pengertian good corporate governance;
  • Menjelaskan prinsip pengelolaan keuangan negara;
  • Menjelaskan prinsip pengadaan barang/jasa pemerintah;
  • Menjelaskan potensi penyimpangan terkait pengelolaan Keuangan Negara;

d. menjelaskan pertanggungjawaban keuangan negara sesuai dengan peraturan yang berlaku;

  • Menjelaskan teori tentang audit investigasi;
  • Menjelaskan proses pra-perencanaan dan perencanaan investigasi;
  • Menjelaskan tentang pengumpulan bukti dalam audit investigasi;
  • Menjelaskan langkah-langkah analisis bukti awal dalam audit investigasi;
  • Menjelaskan langkah penyusunan laporan hasil audit investigasi;
  • Menjelaskan best practice audit investigasi;
  • Menjelaskan teknik berkomunikasi dan pendalaman karakter manusia bagi audit internal, khususnya audit investigasi;
  • Melakukan simulasi pemecahan kasus sederhana terkait audit investigasi sesuai dengan prosedur audit investigasi;

e. menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam naskah dinas;

  • Menjelaskan proses pengumpulan data dan informasi;
  • Menjelaskan teknik pembuktian perkara;
  • Menjelaskan teknik interogasi, wawancara, dan cover;
  • Menjelaskan teknik pembuatan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan Pemberkasan;
  • Menjelaskan best practice pengumpulan data dan informasi;
  • Melakukan simulasi proses pengumpulan data dan informasi;

f. menerapkan dasar-dasar tata naskah dinas di lingkungan Kementerian Keuangan;

  • Menjelaskan pengertian analisis data;
  • Menjelaskan teknik-teknik analisis data;
  • Menjelaskan teknik analisis media sosial;
  • Melakukan simulasi penggunaan teknik analisis data dan media sosial untuk keperluan investigasi;

g. menggunakan Microsoft Excel untuk pengelolaan data dan penyusunan laporan;

  • Menjelaskan PP Nomor 53 Tahun 2010 secara komprehensif, khususnya yang terkait dengan investigasi;
  • Menjelaskan subjek dan objek sengketa Tata Usaha Negara (TUN) dalam kaitannya dengan PP Nomor 53 Tahun 2010 secara komprehensif;
  • Menjelaskan tentang gugatan;
  • Menjelaskan tentang hukum acara Tata Usaha Negara (TUN);
  • Menjelaskan tentang peradilan Tata Usaha Negara (TUN) dari sudut pandang Badan Kepegawaian Negara;

h. menggunakan Microsoft PowerPoint untuk presentasi;

  • Menjelaskan PP Nomor 53 Tahun 2010 secara komprehensif, khususnya yang terkait dengan investigasi;
  • Menjelaskan subjek dan objek sengketa Tata Usaha Negara (TUN) dalam kaitannya dengan PP Nomor 53 Tahun 2010 secara komprehensif;
  • Menjelaskan tentang gugatan;
  • Menjelaskan tentang hukum acara Tata Usaha Negara (TUN);
  • Menjelaskan tentang peradilan Tata Usaha Negara (TUN) dari sudut pandang Badan Kepegawaian Negara;

i. menerapkan pengintegrasian multimedia dalam file presentasi dengan software pendukung lainnya pada Microsoft PowerPoint;

  • Melakukan simulasi (role play) interogasi dan wawancara;
  • Melakukan simulasi audit investigasi dan ekspose hasil audit;

Administrasi

  1. Aparatur Sipil Negara di lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan;
  2. Pangkat/golongan minimal Pengatur/IIc;

Kompetensi

  1. Pendidikan minimal Diploma III

EVALUASI LEVEL 1

Evaluasi Penyelenggaraan Tertulis dan Evaluasi Tatap Muka serta Evaluasi Pengajar Tertulis/Online

EVALUASI LEVEL 2

Pretest dan Posttest.

Course Reviews

4

4
1 ratings
  • 5 stars0
  • 4 stars1
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. Saran

    4

    Kuncinya coba diteliti lagi hehe maaf sekadar mengingatkan 🙂

Advanced Course Search Widget