Setup Menus in Admin Panel

2019 E-LEARNING MEKANISME PENETAPAN JABATAN DAN PERINGKAT BAGI PELAKSANA DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KEUANGAN

E-Learning Mekanisme Penetapan Peringkat dan Jabatan bagi Pelaksana di Lingkungan Kementerian Keuangan dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Keuangan mengenai Mekanisme Penetapan Jabatan dan Peringkat bagi Pelaksana Berdasarkan Sidang Penilaian, Mekanisme Penetapan Jabatan dan Peringkat bagi Pelaksana yang Ditetapkan Sebagai Pelaksana Umum Setelah yang Bersangkutan Ditugaskan Pada Jabatan Selain Pelaksana Umum atau Kembali dari Penugasan Tertentu, Mekanisme Penetapan Pertama Jabatan dan Peringkat bagi Pelaksana, Mekanisme Penetapan Kembali Jabatan dan Peringkat bagi Pelaksana.

138 STUDENTS ENROLLED

Tujuan Program:

E-Learning Mekanisme Penetapan Peringkat dan Jabatan bagi Pelaksana di Lingkungan Kementerian Keuangan dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Keuangan mengenai:

  1. Mekanisme Penetapan Jabatan dan Peringkat bagi Pelaksana Berdasarkan Sidang Penilaian;
  2. Mekanisme Penetapan Jabatan dan Peringkat bagi Pelaksana yang Ditetapkan Sebagai Pelaksana Umum Setelah yang Bersangkutan Ditugaskan Pada Jabatan Selain Pelaksana Umum atau Kembali dari Penugasan Tertentu;
  3. Mekanisme Penetapan Pertama Jabatan dan Peringkat bagi Pelaksana;
  4. Mekanisme Penetapan Kembali Jabatan dan Peringkat bagi Pelaksana.

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang akan dicapai:

Memenuhi kebutuhan kompetensi sesuai hasil AKP Individu guna menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi di unit kerja masing-masing.

Sasaran (Target Learners):

Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Keuangan yang bertanggung jawab atau memerlukan kompetensi terkait evaluasi pascapembelajaran.

a) menjelaskan mekanisme penetapan jabatan dan peringkat bagi pelaksana berdasarkan sidang penilaian;

  • menerangkan tahapan evaluasi pelaksana;
  • menerangkan tahapan sidang penilaian;
  • menerangkan tahapan penetapan jabatan dan peringkat;

 

b) menjelaskan mekanisme penetapan jabatan dan peringkat bagi pelaksana yang ditetapkan sebagai pelaksana umum setelah yang bersangkutan ditugaskan pada jabatan selain pelaksana umum atau kembali dari penugasan tertentu;

  • menerangkan tahapan pengumpulan syarat penilaian;
  • menerangkan tahapan simulasi sidang penilaian;
  • menerangkan tahapan penetapan jabatan dan peringkat;

 

c. menjelaskan mekanisme penetapan pertama jabatan dan peringkat bagi pelaksana;

  • menerangkan mekanisme penetapan pertama jabatan dan peringkat bagi pelaksana umum;
  • menerangkan mekanisme penetapan pertama jabatan dan peringkat bagi pelaksana khusus;
  • menerangkan mekanisme penetapan pertama jabatan dan peringkat bagi pelaksana tugas belajar;

 

d. menjelaskan mekanisme penetapan kembali jabatan dan peringkat bagi pelaksana;

  • menerangkan mekanisme penetapan kembali jabatan dan peringkat bagi pelaksana umum;
  • menerangkan mekanisme penetapan kembali jabatan dan peringkat bagi pelaksana khusus;
  • menerangkan mekanisme penetapan jabatan dan peringkat bagi pelaksana tugas belajar yang kembali aktif bekerja di kementerian keuangan.

Administrasi

  1. Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Keuangan;
  2. Pangkat/Golongan (minimum) II/a (Pengatur);

Kompetensi

  1. Pendidikan minimal SLTA;

EVALUASI LEVEL 1

Evaluasi Penyelenggaraan dan Evaluasi Pengajar untuk program e-learning yang dilakukan secara online.

 

EVALUASI LEVEL 2

Test Sumatif (non kelulusan) dengan minimal nilai 60.

 

Course Reviews

4.8

4.8
37 ratings
  • 5 stars31
  • 4 stars4
  • 3 stars1
  • 2 stars1
  • 1 stars0
  1. Sangat bermanfaat meskipun lumayan

    5

    Materinya lengkap beserta contoh-contohnya. Karena aturannya sangat detail, butuh upaya yg cukup keras untuk memahaminya.

  2. Terima Kasih

    5

    Terima kasih telah menyiapkan bahan yang sangat bagus

  3. FAQ dan Pembahasan Case-Case Pemeringkatan

    5

    Terima kasih Tim KLC Kemenkeu, mohon diperbanyak pembahasan kasus-kasus penetapan jabatan dan peringkat bagi pelaksana

  4. Sangat bermanfaat untuk newbie seperti saya.

    5

    E learning ini sangat membantu, tetapi saya menemui kesulitan saat hendak menanyakan hal yang saya kurang paham, sepertinya tetap harus ada tatap muka sehingga bila ada yang ingin ditanyakan bisa langsung tau penjelasannya. Terima kasih

  5. Bagus, tapi ...

    5

    Terima Kasih atas penyajian yang modern dan menarik. Tapi kami yakin masih bisa diimprove lagi. Kesulitan yang dialami dibanding model tatap muka adalah, ketika kami mengalami kendala, buntu, mentok, gak paham dengan untaian kalimat bahasa peraturan, tidak ada sarana untuk bertanya dan saling sharing seperti di kelas. Contoh kasus yang tersaji sudah cukup bagus, namun banyak juga yang terkesan kasus berat, sehingga bikin lebih puyeng. Dan sayangnya, lagi2..gak ada tempat bertanya sasat mengalami kebuntuan (gak mudeng) Overall…keren,bagus, good job! Terima kasih utk seluruh tim yang terlibat dalam penyusunan dan penyajian materi.

  6. ok deh

    5

    mantap, lain kali jangan lupa untuk membuat lebih baik dalam penyajian video. maksudnya leih baik dalam penyajian atau pembuatan animasinya, jangan hanya tulisan saja tapi bagusnya animasi aktif yang lebih menarik

  7. okeee

    5

    bagus, tapi kedepan semoga lebih bagus lagi…masih ada beberapa slide dan pengisi suara tidak sesuai…sebagai contoh slide bagian penetapan pertama pelaksana umum…selain itu, intonasi pengisi suara kurang pas, sehingga sedikit membingungkan…..terima kasih….

  8. E-LEARNING MEKANISME PENETAPAN JABATAN DAN PERINGKAT

    5

    materi mencakup semua jenis mekanisme. soal2 contoh juga sudah mewakili materi.

  9. Mantap

    5

    Sangat menambah wawasan

  10. Review Course Peringkat dan Jabatan

    5

    Menarik dan menambah wawasan saya Soal2 berisikan kasus2 yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan penetapan peringkat dan jabatan di unit masing2. Saran agar soal2 dikemas dengan tampilan gambar dan musik2 yang manarik Terima kasih panitia dan team.

  11. Menjadi Lebih Paham

    5

    Dengan pembelajaran ini saya menjadi lebih paham tentang penetapan jabatan dan peringkat bagi pelaksana. Terima kasih….

  12. Wow.. wow.. wowwww......

    5

    Dengan metode penyajian materi eLearning pembelajaran yang dipilih ini, materi jadi lebih mudah dipahami meskipun yang harus disampaikan sebenarnya cukup rumit. Contoh2 kasus sangat membantu pemahaman. Namun demikian, masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, misalnya sinkronisasi antara suara dengan teks di beberapa slide yang ditampilkan dan juga soal quiz yang typo untuk nama inisial dari pelaksana yang dibahas.

  13. 5

    Secara keseluruhan menyenangkan belajar materi ini. Namun bahan ajar menurut saya kurang mendukung untuk yang tidak bisa langsung selesai satu modul dalam satu waktu. Karena ketika belum selesai modulnya dan log out dari KLC, nanti ketika akan melanjutkan harus memulai lagi dari awal. Tapi itu bukan masalah besar. Semoga kedepannya semakin baik untuk e-learning e-learning selanjutnya. Good Job Pusdiklat KU

  14. Pahami, Ulangi dan Teliti

    5

    Perlu berulang kali untuk mempelajari PMK-176 dan 4 highlight baru bisa menjawab soal walaupun masih dapat nilai minimal. Sangat bermanfaat dan terjadi dalam pelaksanaan sehari-hari dalam penetapan grading.

  15. Sangat Membantu

    5

    Terima kasih kepada seluruh penyelenggara E-learning Mekanisme Penetapan Jabatan dan Peringkat bagi Pelaksana di Lingkungan Kementerian Keuangan. Materi yang diberikan sangat membantu, didukung pula dengan contoh yang relevan.

  16. Excellent

    5

    E-learning ini memberikan banyak manfaat dalam menjalankan tusi selaku pengelola kepegawaian.Studi kasus untuk lebih banyak diberikan serta perlu tatap muka untuk pemahaman yang lebih baik,mengingat banyak kalimat yang digunakan tidak dapat langsung dicerna sehingga malah membuat multi tafsir dalam pemahamannya. Terima kasih atas sarana pembelajaran ini. Semoga ke depannya bisa lebih mengakomodir harapan para pihak yang diamanahkan mengelola kepegawaian

  17. Quiznya Mantab

    5

    soal2 QUiznya padat dan menantang.

  18. REVIEW

    5

    SANGAT MEMBANTU DAN MUDAH DIPAHAMI

  19. e learning mekanisme penetapan jabatan peringkat pelaksana

    5

    Sangat membantu, belajar tanpa batas bisa dilakukan dimana saja

  20. BAGUSSS

    5

    studi kasus nya diperbanyak

  21. 2

    Sudah bagus.. hanya masukan saja : ada informasi yang tidak ada di slide namun muncul di Soal. Padahal info tsb dibutuhkan sebagai pengetahuan.

  22. Nice

    5

    Terimakasih e-learningnya… sangat bermanfaat mohon di share jawaban quizz yg benar yaa… buat pembelajaran kami juga…. kemudian slide yg di share mohon dibuat seachable bila berkenan yaa. jadi memudahkan untuk pembelajaran kami juga.. Overall.. Nice course…

  23. Izin memberikan masukan

    5

    Sangat senang sekali dapat belajar tentang mekanisme penetapan jabatan dan peringkat bagi pelaksana melalui e-learning di KLC. Mater-materi yang diajarkan adalah materi yang sangat dibutuhkan oleh pegawai yang bertanggungjawab akan penetapan jabatan dan peringkat bagi pelaksana. Materi sebenarnya sudah ada di peraturan, tetapi disini dengan adanya e-learning dapat disajikan menjadi lebih menarik. Saya yakin dibalik program pelatihan ini ada orang-orang yang bekerja keras siang bahkan sampai malam menyumbang pikiran dan tenaga sampai akhirnya program pelatihan ini dapat saya ikuti dan saya selesaikan. Kerja keras yang tujuan besarnya adalah manfaat sebesar-besarnya bagi orang yang mengikuti pelatihan ini dan juga organisasi pastinya. Saya disini atas nama pribadi sangat berterimakasih atas segala kerja keras teman-teman. Mungkin ada sedikit masukan yang dapat dilakukan agar manfaat tadi benar-benar dapat kita sama-sama rasakan. Saya rasa quiz yang diberikan disini adalah quiz yang luar biasa. Saya yakin jika ada peserta yang mendapat nilai 100 adalah peserta yang benar-benar menguasai keseluruhan masalah yang biasanya muncul dalam mekanisme penetapan jabatan dan peringkat bagi pelaksana. Yang menjadi pertanyaan dari saya adalah kenapa tidak dilaksanakan pre-test sebelumnya dengan quiz yang sama? Agar dapat memisahkan bagian mana yang sudah saya kuasai dan mana yang belum. Jika sistem yang dimiliki pelatihan dapat memisahkan itu secara otomatis maka saya akan lebih efisien dalam melaksanakan pelatihan. Sistem secara tidak langsung telah memotong waktu saya yang terbuang karena harus mempelajari lagi apa yang sudah saya tau sebelumnya. Mungkinkah dimasa yang akan datang kurikulum kita akan lebih fleksibel dan sangat cepat berubah mengikuti kebutuhan dan perubahan jaman? Apakah birokrasi tersebut dapat diotomatisasi dengan sistem informasi? Ini mungkin hanya masukan dan butuh kajian yang lebih mendalam lagi dari banyak ahli, namun saya sangat terbuka untuk berdiskusi lebih lanjut tentang hal ini. Saya yakin kita semua disini sama-sama menginginkan BPPK menjadi institusi pendidikan yang selalu menjadi lebih baik. Jika terdapat perbedaan, semua dapat diskusikan agar dapat saling memahami. Terimakasih.

  24. 5

    Materi lengkap dan jelas untuk dipahami. Terima kasih. Sukses selalu.

  25. Excellent

    5

    Semuanya udah bagus baik materi maupun penyajian, hanya mungkin untuk contoh kasus kalau bisa lebih diperbanyak jumlah contoh kasusnya. Terima Kasih

  26. Soal latihan menantang

    5

    Soal latihan yang diberikan cukup menantang, harus memahami materi untuk bisa menjawab pertanyan-pertanyaan yang diberikan.

  27. Menarik

    5

    Tampilannya menarik dan materinya diringkas dengan baik sehingga memudahkan saya mengingat ketentuan penetapan peringkat jabatan. Tantangannya karena saya mengerjakan di kantor, kadang yang tadinya sudah semangat menjadi berkurang semangatnya karena ada selingan pekerjaan lain. 🙂

  28. Mantul mantap betul

    5

    deg-degan ngerjain kuisnya, mantap, soalnya luar biasa

  29. Berat namun menuju arah yang baik

    4

    cara mempelajari terlalu text book, terlalu copy paste PMK. kalau bisa materi dibuat lebih interaktif dengan simulasi-simulasi yang benar-benar bisa membuat peserta pelatihan secara otomatis menyadari prinsip prinsip penting dalam mekanisme penetapan jabatan dan peringkat ini. tidak se-asyik kode etik, tapi boleh lah 😀

Advanced Course Search Widget