Setup Menus in Admin Panel

Talent Development Program (Level Advance) Bagi Pegawai Kementerian Keuangan

Manajemen Talenta Kementerian Keuangan 2018

153 STUDENTS ENROLLED

Selamat datang peserta Workshop Pengembangan Talent

 

Materi Workshop Pengembangan Talent Kementerian Keuangan 2018

Menjadi Future Leaders Kementerian Keuangan yang Unggul dalam menghadapi era Revolusi Indrustri 4.0. atau Digital Economy

Overview/Prinsip Pengembangan Talent

Proses Bisnis Pengembangan Talent

Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama serta saran Pengembangan

Penggunaan KLC sebagai media pembelajaran Program Pengembangan Talent

 

 

 

 

 

Pendahuluan

Program Manajemen Talenta Kementerian Keuangan merupakan program yang diberikan kepada Talent dalam rangka mempersiapkan Talent untuk menduduki jabatan struktural setingkat lebih tinggi atau posisi lain yang dianggap strategis oleh Kementerian Keuangan.

Di dalam tahap pengembangan talent terdapat proses Pengembangan dan Monitoring Program yang  merupakan serangkaian aktivitas yang harus dilaksanakan oleh Talent dan Mentor dalam jangka waktu tertentu dan merupakan tahap inti dari program pengembangan. Tahap Pengembangan dan Monitoring Program terdiri dari Penyusunan IDP, Pelaksanaan Off-the-job Training, Pelaksanaan On-the-job Training, dan pelaksanaan Monitoring.

Program ini diatur dalam PMK Nomor 60/PMK.01/2016, Manajemen Talenta dimaksudkan untuk mempersiapkan Talent untuk menduduki jabatan struktural setingkat lebih tinggi atau posisi/ jabatan lain yang dianggap strategis oleh Kementerian Keuangan sehingga dapat menjadikan Talent proaktif dan mampu melaksanakan tahapan-tahapan pengembangan talent dan mentoring bersama mentor tetap maupun tidak tetap secara efektif dan tepat (effective & appropriate).

 

 

Jadwal

  1. Workshop: 11 Desember 2018
  2. Pembelajaran via E-Learning (KLC): 12 – 30 Desember 2018
  3. Mini Paper (Makalah)
    • Pemilihan Tema (via KLC): 12 – 14 Desember 2018
    • Pengumuman Tema (via KLC): 18 Desember 2018
    • Penyusunan/Pembuatan : 31 Desember 2018 – 7 Januari 2019
    • Pengumpulan (via KLC): 8 Januari 2019

 

 

 

[Update 20 Desember 2018] Pengumuman Hasil Pemilihan Tema Makalah (download)

TDP_Hasil Pemilihan Makalah_rev_2

 

Informasi Lainnya

  1. Talent dapat melihat manual penggunaan platform KLC dalam bentuk video/ppt maupun PDF yang ada pada bagian bawah laman home course ini.
  2. Terdapat 11 buah materi ceramah dalam bentuk video.
  3. Terdapat dua jenis bahan pembelajaran dalam setiap materi, yakni bahan tayang berupa video ceramah itu sendiri serta modul suplemen yang dapat di unduh.
  4. Pada setiap materi ceramah, terdapat tes formatif dalam bentuk 10-15 buah soal pilihan berganda (Quiz) yang dapat dikerjakan setelah selesai mempelajari setiap materi tersebut.
  5. Talent dapat dengan bebas membuka materi (tidak harus berurutan), namun mohon agar melihat semua ceramah serta mengerjakan semua Quiz yang tersedia.
  6. Apabila berkenan, Talent dapat memberikan review dan rating di akhir program ini.

Setelah mengikuti kegiatan ini, Talent diharapkan dapat:

  1. Memiliki kompetensi sesuai dengan target program Manajemen Talenta Kementerian Keuangan;
  2. Siap menduduki jabatan struktural setingkat lebih tinggi atau posisi/jabatan lain yang dianggap strategis oleh Kementerian Keuangan; dan
  3. Meningkatkan kemampuan diri untuk merancang Individual Development Plan (IDP) yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Pertanyaan yang sering diajukan akan diletakkan di sini.

 

Manual Penggunaan Platform KLC

Download Manual KLC

Panduan KLC - Manajemen Talenta

Course Reviews

4.6

4.6
18 ratings
  • 5 stars14
  • 4 stars3
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars1
  1. Kurikulum Manajemen Talenta

    5

    Untuk penulisan soal ujian masih banyak terdapat salah ketik, sehingga menyulitkan bagi Talent untuk menentukan apakah soat tersebut dapat dikatakan jawabannya adalah salah atau benar. Hal ini dikarenakan tidak ada petunjuk tentang soal yang seperti itu. Oleh karena itu mohon setiap soal tersebut disempurnakan terlebih dahulu pengetikannya. Selain itu, apakah penggunaan kata yang tidak lengkap pada nama unit bisa dianggap salah? hal ini juga perlu diperhatikan. Saran tambahan : sebaiknya diperlihatkan juga tentang jawaban yang benar dan jawaban yang salah, agar Talent mengetahui kesalahannya dimana. Terima kasih.

  2. memberikan gambaran yg memadai terkait tusi cross function

    5

    materi dikemas baik dengan konten aktual, sebagai sarana pembelajaran yang baik dan bermanfaat

  3. Soal dan Jawaban Quiz

    1

    -Perlu ada info kunci jawaban quiz sehingga setelah selesai menjawab dan mendapat nilai quiz, dapat mengetahui jawaban yang salah atau mereview kemungkinan soal yang salah tulis/ketik, terdapat kata/kalimat yang tidak ssuai dengan PMK No. 234/PMK.01/2015 dan PMK No. 212/PMK.01/2017

  4. Quiz sesuai Materi Cross Function

    5

    -Perlu ada info kunci jawaban quiz sehingga setelah selesai menjawab dan mendapat nilai quiz, para talent dapat mengetahui jawaban yang salah atau mereview kemungkinan soal yang salah tulis/ketik, terdapat kata/kalimat yang tidak ssuai dengan PMK No. 234/PMK.01/2015 dan PMK No. 212/PMK.01/2017

  5. Usulan dari Peserta Gen X

    4

    1. Beberapa video ceramah yang disajikan banyak yang tidak dilengkapi dengan diagram, chart, ataupun info grafis yang memadai. Video ceramah seperti itu akan menjemukan. 2. Video ceramah dari beberapa unit eselon 1 tidak menceritakan current hot issue sehingga tidak membantu peserta dalam penyusunan assignment makalah mini. 3.Ada baiknya materi video ceramah dilengkapi dengan slide atau tulisannya sehingga bahan lebih terstruktur dan fokus. 4. Quiz sebaiknya jangan disusun dengan jebakan ketelitian baca. Nomenklatur unit eselon 2 atau 3 dalam soal sebaiknya disesuaikan dengan PMK terbaru. Sebagai contoh adalah soal no 6 Setjen yi. fungsi Biro SDM. Disoal tertulis BIro Pengembangan SDM sedangkan numenklatur PMK adalah Biro SDM. Ini membingungkan karena bentuk soal benar salah.

  6. Materi Cross Function

    5

    Materi Cross Function mengarahkan secara langsung untuk mengetahui dan mengenal proses bisnis dan memberikan wawasan lebih luas lintas sektoral unit eselon1 yang lain dalam kesatuan Keluarga Besar Kementerian Keuangan.

  7. 5

    aplikasinya sudah bagus. saran sebaiknya tahap selanjutnya tidak bisa diklik jika tahap sebelumnya belum diselesaikan. misal, tdk bisa klik quiz jika blm klik mark this unit completed. terimakasih

  8. Efisien dan Efektif

    5

    Diklat ini sangat bermanfaat bagi saya khususnya karena mengajar saya untuk lebih mengenal tugas dan fungsi dari unit Eselon I lainnya sehingga menambah wawasan bahwa Kementerian Keuangan memililki tugas dan fungsi yang sangat penting sekaligus beragam dalam menjaga keuangan dan kekayaan negara. Bravo Kemenkeu !!

  9. Sangat Baik

    5

    Semua proses berjalan dengan baik…Video mgkn dapat dibuat sesantai mungkin dan betul2 sesuai dengan Tusi Unit Es I nya.

  10. 5

    secara keseluruhan sudah baik dan fair. masukan : agar jg disediakan materi baik video ataupun bahan paparan /soft copy dgn ukuran file yang lebih kecil. misal dlm bentuk zip, agar lebih mudah untuk di download.

  11. Evaluasi secara umum

    4

    Aplikasi cukup mendukung sebagai media pembelajaran meskipun masih perlu disempurnakan agar lebih simple penggunaannya. Salut dan terimakasih kepada para admin dan panitia yang selalu siap membantu meskipun di luar jam kerja dan hari libur. Materi quiz agar lebih proporsional antara bahan tayangan video dengan bahan suplemen terkait tusi unit eselon I. Jadwal waktu penyelenggaraan program kiranya dapat dilakukan tidak diakhir tahun sehingga peserta dapat lebih fokus dalam pelaksanaannya.

  12. KLC - Talent Development Program

    5

    KLC merupakan sarana pembelajaran yang cukup bagus, Disamping efisien juga sangat efektif. Dukungan dari tim administrasi KLC BPPK saya rasakan sangat prima baik dari segi pelayanan maupun bimbingan. apresiasi buat tim administrasi. Ada satu hal yang agak mengganjal yakni adanya kebutuhan peserta atas konfirmasi/feedback atas submit selesainya tugas/kuis. akan lebih baik jika aplikasi di KLC ini dibuatkan fiture terkait termasuk forum komonikasi inetraktif anatara pengajar/fasilitator dengan peserta diklat.

  13. 5

    KILC 2018 over all sangat baik menunjang pengembangan talenta Pejabat/Pegawai Kemenkeu. Masukan untuk Kursus Manajemen Talenta, sbb: 1) Pemampatan periode pelaksanaan program “course” mengakibatkan banyak proses yang mestinya dapat dilaksanakan dengan lebih lengkap menjadi terlewat untuk beberapa item kegiatan, seperti tidak adanya konsultasi dengan mentor tetap/tidak tetap. 2) Quiz hanya diambil dari visi misi dan tusi organisasi pada suplemen peraturan, semestinya bisa berisi pertanyaan lain sebagaimana diinformasikan oleh masing-masing Pimpinan unit eselon 1 Kemenkeu pada suplemen video yang lebih aktual dan informatif. 3) Demikian pula peserta tidak diberikan kesempatan mereview dan memperoleh jawaban Quiz mana yang benar dan yang salah. Akhirnya tidak lupa kami ucapkan terima kasih atas fasilitasinya selama ini dan sukses selalu… Semoga Manajemen Talenta Kemenkeu Makin Jaya!!

  14. Quiz

    4

    Secara umum quiz sudah disajikan dengan baik. Area perbaikan adalah masih ada salah2 ketik dan mempengaruhi jawaban yang dipilih.

  15. materi, metode dan waktu pembelajaran

    5

    Sangat efektif untuk pembelajaran bagi saya sebagai peserta, dan memperkaya pengetahuan pengelolaan keuangan negara secara komprehensif, Terima Kasih

  16. Seberapa greget dirimu..

    5

    pengalaman pertama mengikuti diklat online cukup menyenangkan, materi dikemas sedemikian rupa, kapan saja dapat dibuka dan dipelajari. namun hasil terbaik kembali pada diri sendiri…seberapa disiplin kita.

  17. Cross Function

    5

    Sangat bermanfaat untuk mengenal dan memahami tugas serta fungsi Kementerian Keuangan yang sangat luas dalam waktu yang singkat. Terima kasih…sukses KLC …GOOD LEARNING APPLICATION….

Apply for Course47 SEATS LEFT
  • 30 Days
  • 200 SEATS

Advanced Course Search Widget