Setup Menus in Admin Panel

Latsar CPNS Periode 3 : PKTBT

Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT) merupakan bagian dari kurikulum Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan Perkalan Nomor 24 Tahun 2017. Kurikulum PKTBT disesuaikan dengan unit yang membidangi pengembangan sumber daya manusia atau dalam hal penyusunan kurikulumnya diserahkan kepada unit atau instansi penyelenggara Latsar. Adapun Mata Pelatihan Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas Kementerian Keuangan yang dikembangkan adalah mata pelatihan Manajemen Keuangan Pemerintah, Manajemen Keuangan Negara, Nilai-nilai Kementerian keuangan, Tugas dan Fungsi Kemenkeu, serta Tata Naskah Dinas. Materi-materi tersebut menjadi suatu keharusan yang harus dikuasai oleh seluruh Pegawai Kementerian keuangan.

COURSE INI HANYA DIPERUNTUKAN BAGI PESERTA LATSAR CPNS PERIODE 3 KEMENTERIAN KEUANGAN.

SEBELUM MEMULAI COURSE, SILAKAN DITONTON DULU VIDEO PENGGUNAAN KLC PKTBT LATSAR DI MENU KNOWLEDGE CENTER.
https://klc.kemenkeu.go.id/video-tutorial-elearning-pktbt/

1603 STUDENTS ENROLLED

  1. Peserta Pelatihan harus menonton video penggunaan KLC PKTBT yang ada pada laman home course.
  2. Bobot porsi nilai pembelajaran online ini adalah 30%, sedangkan 70% nya dari evaluasi pemahaman yang akan dilaksanakan pada saat on campus ke-2.
  3. Pelajari setiap materi dalam agenda PKTBT secara berurutan.
  4. Dalam setiap materi pelatihan, terdapat 3 bentuk cara yang dapat kamu pelajari yaitu e-book, modul berupa pdf yang dapat kamu download, serta bahan tayang.
  5. Kerjakan assignment atau penugasan dan atau Quiz dalam setiap materi karena termasuk ke dalam rangkaian penilaian.
  6. perhatikan setiap eksensi file dan ukuran file yang diterima pada setiap penugasan.
  7. Setelah anda semua menyelesaikan seluruh materi (tanda progress materi dalam layar 100%) mohon untuk tidak mengklik tombol “Finish Course” karena artinya anda tidak dapat mengakses lagi materi PKTBT. Silakan klik tombol “Back Course”.
  8. Finish Course akan dilakukan ketika Anda sudah mengikuti Ujian Pemahaman PKTBT pada  on campus ke-2.
  9. Jangan lupa kasih review dan rating courses nya ya di akhir course.

Agenda Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas CPNS  Kementerian Keuangan terdiri dari :

  1. Nilai-nilai Kementerian Keuangan
  2. Tugas Pokok, Fungsi, dan Struktur Organisasi Kemenkeu
  3. Tata Naskah Dinas
  4. Manajemen Keuangan Pemerintah
  5. Manajemen Kekayaan Negara

Kurikulum Latsar Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Keuangan mengacu kepada Perkalan Nomor 24 Tahun  2017 dengan rincian agenda sebagai berikut:

  1. Agenda Sikap Perilaku Bela Negara
  2. Agenda Nilai-nilai Dasar ASN
  3. Agenda Kedudukan dan Peran ASN
  4. Agenda Habituasi
  5. Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT)

Course Reviews

3.9

3.9
112 ratings
  • 5 stars53
  • 4 stars23
  • 3 stars20
  • 2 stars5
  • 1 stars11
  1. lost connection

    1

    diperbaiki lagi, terutama untuk quiz. berdasarkan pengalaman tadi, sedang quiz yg waktu nya pendek tiba tiba lost connection pas dibuka kembali lagi waktunya habis. kalau bisa pas lost connection di hentikan waktunya

  2. Review Quiz

    4

    Sistem Quiznya lumayan bagus, dan Waktu pengerjaannya kalau bisa, ditambah. Kemudian, setelah mengerjakan quiz langsung keliatan hasilnya.

    Kalau bisa ada sistem reviewnya, jadi kalau ada jawaban yang salah bisa tau, dimana yang salah. Dan bisa belajar dari situ.

  3. KONEKSI TERPUTUS

    1

    Waktu saya mengerjakan quiz tiba-tiba koneksi terputus dan setelah saya reload saya harus memulai kembali dari nomor 1 dan waktu pengerjaan kembali menjadi 16 menit. Namun tiba-tiba muncul tulisan quiz timed out saat waktu masih tersisa 10 menit lebih, saya haru mensubmit pekerjaan saya yang belum terselesaikan. Tolong diperbaiki lagi sistemnya, terima kasih.

  4. cukup baik

    3

    konsep e-learning PKTBT ini sudah cukup baik, terlebih ini masih masa masa awalnya.
    namun harus selalu dilakukan perbaikan atas masalah masalah yang sering dialami seperti, server down, page error, dsb.

    selain itu konsepnya perlu sedikit diubah dan diatur sedemikian rupa untuk mengurangi peluang terjadinya human error. contoh : seharusnya, sebelum peserta melakukan submit assignment, pilihan ‘mark this unit complete’ ditiadakan saja, agar tidak terjadi salah klik yang menyebabkan kerugian bagi peserta karena kesalahan tidak dapat ditolerir.
    dibalik masalah ini, kita sebagai peserta memang harus lebih teliti dan hati hati dalam mengikuti e-learning.

    TERIMA KASIH KLC!!!
    HIDUP ADHIKARI!!!

    Salam Hormat,
    Maruatas Andar Patria Situmeang
    (Siswa LATSAR Angkatan III 2018 BDK Yogyakarta).

  5. Good

    5

    Secara overall materi sudah bagus cuman sistem nya yang kadang bermasalah

  6. 1

    lagi loading submit quiz waktu sisa 1 menitan lg tiba2 lost connection.. pas koneksi nyala lg di loading submit cuma kebaca 4 (yg keceklist hijau) jawaban soal dari 15.. semoga dapat diperbaiki kedepannya

  7. Unknown

    5

    Bagus, hanya perlu sedikit perbaikan di akses mengenai jaringan dan server agar lebi banyak orang yg bisa akses dalam waktu bersamaan dan tidak terjadi dua kali quiz

  8. kendala

    4

    ketika quiz terkadang ada masalah pada komputer lag dan jaringan, sehingga hasil quiz tidak sesuai

  9. Koneksi

    1

    Lebih lama loadingnya daripada nyari jawabannya. DC

  10. KURANG NOTIFIKASI

    3

    perlu ditambahkan notifikasi/pemberitahuan tentang apa saja yang sudah kita kerjakan, sisa berapa hari lagi tugas dikerjakan, dsb. agar siswa latsar tidak bingung dan tidak perlu lagi bertanya ke admin KLC pusat.

  11. 5

    Alhamdulillah lancar jaya selama menjalani course pktbt ini, memang amal dan ibadah mempengaruhi lancar dan tidaknya course ini hehe. Terus ditingkatkan sistemnya, dan untuk waktu sistem quiz yang tidak bisa dipause apabila terjadi disconnect dibuat agar tidak terjadi kecurangan sewaktu quiz, jadi saya bisa memahami hal tersebut. Latsar BDK Makassar….. eeeeeee WAKO.

  12. 4

    secara keseluruhan membantu, semoga untuk kedepannya tidak hanya lembar pdf yang menjadi sumber belajar, semoga ada bahan ajar lain yang lebih menarik. dan semoga ada sistem yang bisa menyimpan hasil ujian ketika koneksi terputus dan bisa dilanjutkan kembali dilain waktu.

  13. Course PKTBT Latsar

    5

    Aplikasi nya Sangat Bagus, kekurangan kekurangan di aplikasi adalah hal yg wajar
    Semoga bisa semakin baik lagiii 💪💪💪

  14. Perbaikan Sistem

    4

    Sebenarnya sudah baik sistem pembelajaran online seperti ini, tetapi mungkin saya mempunyai beberapa masukan yang mungkin bisa membangun :
    1. Membuat sistem keamanan atau kotak peringatan, ketika ada siswa latsar yang mengklik tombol mark this unit complete sebelum mengerjakan assignment, karena mungkin bisa jadi ada kesalahan / kelalaian sehingga tidak sengaja siswa tersebut memencetnya. karena saya lihat di sistem ini tidak ada sistem keamanan seperti itu, sehingga kemungkinan terjadinya kesalahan klik yang berakibat mendapat nilai 0 sangat besar.
    2. kenapa ujiannya tidak dalam bentuk pilgan atau benar salah saja?. soalnya menurut saya penugasan essay adalah penugasan yang memakan banyak waktu apalagi metodenya tulis tangan. padahal ketika sudah masuk dunia kerja yang sesungguhnya pekerjaan begitu banyak walaupun tidak semua siswa baru mengalaminya.

  15. 5

    berang-berang anaknya tiga

    pktbt leh uga~

  16. MANTAPP

    5

    YA MANTAPLAH…
    MASAK GAK PULAK

  17. LUAR BIASA

    4

    POKOKNYA LUAR BIASA LAAH

  18. Waktu terlalu singkat

    2

    waktu terlalu singkat, mempertimbangkan karena masih banyak yang sibuk dengan pekerjaan di satker masing masing. saat quiz, saat pencet back mulai dari awal

  19. sistem perlu ditingkatkan lagi

    3

    antarmuka yang kurang user-friendly, yang menyebabkan banyak peserta melakukan kesalahan dalam menggunakan sistem yang seharusnya mudah digunakan,, penjadwalan yang terintegrasi dengan sistem juga seharusnya diterapkan agar peserta tidak bingung,, dan peringatan belum menyelesaikan assignment agar peserta terhindar dari nilai 0 hanya karena terlewat assignment atau quiz..

    sementara itu quiz juga banyak mengalami bug sehingga banyak peserta yang dirugikan,,

    selain itu, materi dan soal sudah disajikan dengan baik,,

    terimakasih

  20. Jos

    4

    Terimakasih KLC.
    Sedikit saran, sebaiknya dihilangkan peringatan terlalu cepat mengerjakan tugasnya, syarat maksimal mengerjakan 23.59 hari kedua, namun 23.02 sisa 11 jam mau upload tugas malah dapet peringatan itu, kan ga sinkron.
    Mungkin bisa diberikan pop up window ketika selesai melaksanakan materi yang isinya kurang lebih “silahkan logout, akses kembali materi 2 besok”, jadi peserta tidak akan salah-salah lagi memencet tombo ini itu.
    Secara keseluruhan mantapsss pol KLC!!!

  21. Penghitungan Waktu / Timing

    4

    Untuk konten dan koneksi sudah lumayan, namun untuk penghitungan waktu masih sering tidak sesuai. Seperti pada saat mengupload tugas padahal waktu sudah mau habis namun masih ada peringatan “terlalu cepat”. Malahan ini bisa membuat siswa terlambat mengumpulkan tugas.
    Selain itu, akan lebih baik kalau ada timer pengerjaan yang real time supaya tidak lupa sudah berapa hari mengakses materi tersebut.

  22. 5

    materinya bagus sesuai dengan kuis yang diberikan, lebih efektif menggunakan power point dalam hal penyampaian materinya

  23. PKTBT Latsar III

    3

    demi dewa neptunus yang makan berang berang, waktunya sangat kurang

  24. alhamdulillah

    5

    PKTBT luarrrrr biasaa!!

  25. Error terus

    1

    Di buka di hp bisa, kenapa di computer nggak bisa ANEH

  26. Good

    3

    Sebaiknya tidak perlu diatur untuk login setiap hari, namun cukup diberi jangka waktu kapan harus mulai dan diberi deadline kapan harus finish.

  27. Yaudahlah ya

    5

    Ya sesama instansi Kemenkeu mah kita saling mendukung aja, agar semuanya berjalan dengan baik.
    Jadi dengan masalah seperti koneksi terputus di KLC ini, bisa dimaklumi saja seperti kita memaklumi e-filing.
    Jadi kan sama-sama enak.
    Seperti saya yang me review ni course jadi bintang lima.

  28. keren

    5

    keren sih ini gangerti lagi udah

  29. Cukup Bagus tapi Membingungkan

    4

    Proses pembelajaran seacara e-learning sudah cukup bagus, yang membuat saya bingung adalah waktu pembelajaran, untuk membaca materi diberi waktu dua hari, bagaimana menghitung satu harinya? apakah pada waktu kita memulai course atau 1×24 jam dihitung satu hari? untuk kedepannya lebih baik lagi diberi reminder sehingga siswa tidak lupa mempelajari materi. Untuk quiz saya rasa perlu ditambah lagi waktunya dan diberi review saat selesai quiz sehingga kita tau letak kesalahannya.

    Terima kasih KLC! semoga semakin baik kedepannya:) Semoga Latsar Gelombang III diberi kelancaran dalam menyelesaikan tugas-tugas latsar kedepan:)

  30. Kepompong

    4

    Yth. Bapak/Ibu Penyelenggara,
    Terima kasih sebelumnya atas ide dalam penerapan program e-learning ini. Menurut saya cara ini cukup efesien dalam segi waktu pembelajaran, namun tidak bisa dipungkiri bahwa dalam segi penerimaan materi tidak sejelas bila tatap muka langsung. Saya mengambil contoh dalam materi Tata Naskah Dinas. Saya menyarankan bahwa pada latsar gelombang selanjutnya dapat menjadikan TND sebagai materi yang diselingi dalam pelajaran di campus, mengingat materi ini sangat penting apalagi bagi kami, Calon ASN yang notabanenya akan berhubungan dengan administrasi. Alangkah lebih baik bila ada ahli yang mampu menerangkan secara langsung mengenai materi tersebut agar siswa dapat lebih paham.
    Selanjutnya dari segi sistem, saya ingin menyarankan pada saat quiz, mohon kiranya ada pembahasan disetiap soal yang salah, atau minimal ditunjukan nomor mana yang salah dan tentang apa agar kami dapat melakukan koreksi, karena nilai/score yang keluar dirasa kurang cukup.
    Sekian kesan dan sedikit koreksi dari Saya, semoga bisa bermanfaat dan program e-learning ini semakin baik lagi layaknya ulat yang melakukan proses untuk bisa menjadi kupu-kupu. Terima Kasih 🙂

  31. Metode belajar online sudah bagus, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, hanya mungkin yang sedikit kurang atau perlu dibenahi adalah pengawasan karena metode belajar online bisa saja melakukan tindakan yang tidak diketahui oleh lihak pengajar. Namun untuk keseluruhan sudah bagus, dengan tambahan kuis bisa mengerti cara pengaplikasiannya.

    4

    Sudah review tadi :B

  32. jos !

    5

    dibuat senang aja! semoga bermanfaat

  33. Bagus tapi..

    3

    Mengerjakan kuis tapi ga ada soalnya, cuman true/falsenya aja. Mungkin karena saya lagi dinas di antah berantah yang susah sinyal tapi apa sih yang engga buat kamu PKTBT. Untung saya anak yang hoki.

  34. Bagus sih, tapi....

    1

    saran biar “Mark This Unit Complete” itu ngga ada supaya tidak ada kejadian yang ngga sengaja kepencet. tolong juga sistemnya gimana nih, soalnya mau upload file gabisa dan alhasil timeout deh… hancur sudah pktbt saya 🙁 trus sama kalo masalah waktu kadang suka galau itu ngitung seharinya 1×24 jam dari mulai course atau gimana.

    Terima kasih sebelumnya, BPPK Jaya! 🙂

  35. Mantap

    5

    Mantap Jiwa, semoga kedepannya sistem PKTBT ini dikembangkan lebih baik lagi

  36. Lumayan

    3

    Sudah bagus, tombol untuk assignment kurang besar, kurang animasi, untuk Materi TND lampiran kurang lengkap, ada kesalahan penulisan di bagian siklus APBN (KB4)

  37. So Far So Good

    4

    Secara garis besar sudah bagus dalam memfasilitasi pembelajaran. Mungkin perlu adanya sebuah inovasi dalam pembelajaran seperti pembelajaran jarak jauh. Adanya sebuah kolom tersindiri didalam materi untuk pelajar mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang diajukan pelajar terkait materi di kolom tersebut. Semacam kolom forum sharing.

  38. LATSAR!

    5

    Mantap nih coursenya! PKTBT periode 3 memang penuh tantangan, menjamahi bulan puasa, PKTBT sembari puasa, aktualisasi dan habituasi, sekaligus membuat laporan OJT!
    Alhamdulillah bisa melaksanakan semuanya.

    Sampai jumpa di On Campus 2 konkawan!

  39. PKTBT Mantabb !!

    4

    PKTBT mencerahkanku dalam membuat nota dinas ketika disuruh oleh kasi dan alhamdulillah terbantu, terimakasih ilmunya….

  40. 5

    Pembelajaran yang menarik menurut saya. Semoga kedepannya dapat dilakukan perbaikan lagi. Sukses terus BPPK

  41. mantap

    5

    suka cara belajar yang “mobile”

  42. P K T B T

    5

    Good. Almost Perfect !!

  43. aturan

    1

    terlalu banyak aturan tentang waktu atau hari pengerjaannya. seharusnya jika memang wajib 2 hari ya setelah itu langsung saja dan di buat next ke materi selanjutnya. jadi gak bikin kelewatan atau kecepetan dalam pengerjaannya

  44. 1

    Sebenernya sudah bagus, tapi terlalu ribet dengan adanya aturan waktu-waktu pengerjaan, dan petunjuk penugasan terakhir dalam soal tertulis maksimal jam 23.59 pada hari kedua, tetapi belum jam 23.59 ternyata sudah timeout sehingga tidak bisa upload tugas.

  45. review aplikasi

    1

    control pada aplikasi mohon ditingkatkan. misalkan apabila assignment blm terkirim menu mark this unit complete blm bisa ditekan. Pada awal courses disediakan tutiroal terlebih dahulu. Serta lebih disesuaikan antara ketentuan yang telah dibuat secara tertulis dengan ketentuan pada aplikasi.

    terimakasih

  46. Alhamdulillah

    5

    Alhamdulillah PKTBT udah selesai, next course Aktualisasi RPA wkwk

  47. 2

    waktu nya tidak sesuai dengan pernyataan 🙁 jadi ada beberap yg lost padahal udh di kerjain, terus pas upload padahal udah tp blom ke upload 🙁

  48. Sangat bagus

    5

    Metode pembelajaran dan evaluasi yang bagus dan merupakan sebuah terobosan baru karena memungkinkan untuk belajar dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Namun ada sedikit kendala yaitu kadang server down sehingga sulit untuk mengakses materi maupun assignment. Terima kasih

  49. Nice Apps

    5

    Very helpful on every condition

  50. cukup bagus

    3

    peraturannya lebih jelas lagi,

  51. 3

    jadwal nya masih rancu.. agak bingung

  52. 5

    dua tiga sabun dettol
    PKTBT mantab betol

  53. Materi Kurang Menarik dan Waktu Ujian Singkat

    3

    Secara materi soal agak kaku ( kebanyakan tulisan dan tulisannya monoton) agak kurang menarik untuk dibaca. Mungkin lebih baik diberi variasi seperti gambar-gambar ,lebih berwarna (covernya aja menarik gitu , masa isinya biasa aja hehehe), dan lainnya supaya lebih menarik untuk dibaca.

    Untuk TES/ujian nya sendiri menurut saya terlalu singkat sekali waktunya, misal ada lost connection tentunya membuat soal dalam tes tidak terkerjakan sama sekali (karena waktu dalam sistem terus berjalan dan tidak pandang bulu). Jadi perlu diperhatikan lagi terutama waktu tes, karena tidak semua orang yg ikut tes ini mempunyai / berada didaerah yg kecepatan internetnya mendukung.

    Semoga kedepannya tambah baik lagi 🙂

  54. PKTBT

    5

    Mantap dan sangat mengedukasi sekali.

  55. 3

    Karena lost connection waktu nya mengulang kembali, ketika direfresh ternyata sudah time out. proses upload juga tidak bisa, akbatnya belum upload kasus terakhir

  56. Mantap

    5

    BPPK
    Lebih dari diklat, belajar tanpa batas

  57. Saran :)

    5

    Pktbt udah bagus dan keren, semoga makin baik

  58. 4

    Sebenarnya sistem sudah lumayan bagus cuman terkadang sering mati sendiri dan timeout sendiri ketika kuis. Semoga semakin berkembang untuk sistem pembelajaran seperti ini.

  59. 4

    Materinya butuh daftar isi :))), sisanya bagus

  60. the quiz is good

    5

    very good quiz

  61. Miskomunikasi durasi

    3

    Mohon untuk dirincikan durasi waktu pengerjaan, jangan sampai durasi 2 hari ditulis hanya “1 day”, tetapi ditulis “47:59:59” supaya menghindari miskomunikasi antara peserta dan sistem.

  62. Hmm so-so

    3

    Dibalik kalebihan pasti ada kekurangan ya, e-learning dari klc memiliki banyak kelebihan contohnya: mudah pengoprasiannya, terdapat banyak sekali materi(mantap), memberikan kebebasan belajar tidak hanya di pc namun bisa di akses diponsel(which is nice).

    Namunn…. Teman saya cukup banyak yg mengalami masalah pada pengisian kuis dan assignment tiap modul yang dikarenakan kurang stabilnya internet di indonesia. Pada pengisian kuis apabila koneksi jelek dan terputus waktu pengerjaan tidak berhenti(freeze), jadi saat dia connect kembali waktu terbuang atau malah sudah timeout padahal baru beberapa soal yg dia kerjakan.untuk pengerjaan assignment terutama assignment terakhir dijelaskan bahwa pengisian terakhir 2 hari setelahnya pada pukul 23:59, tetapi waktu yg berjalan pada pengerjaan assignment tidak sesuai dengan yg ditulis, saya rasa terdapat ketidaksesuaian kata yg bisa saja menyesatkan daaannnnn, waktunya tidak detail seperti hanya menunjukkan 1day, alangkah baiknya apabila diisi dengan 48 hours left, dsb. Mungkin itu saja dari saya

    Sekian dan terimakasih 😉
    *Nb: Alhamdulillah pktbt saya lancar kok hehehe

  63. apodio gabisa finish course

    3

    ko gabisa finish course

  64. Cukup baik

    3

    Courseny keren, hanya saja perlu ada perbaikan dengan sistem

  65. 2

    Susah menentukan cara untuk melihat kapan tugas dilaksanakan. Sebaiknya tugas dan bacaan dibedakan dan tidak disatukan menjadi 1 halaman untuk mengakses tugasnya

  66. REVIEW PKTBT

    4

    ketentuan sistem penilaian yang diberikan pada setiap quiz tidak jelas, sehingga peserta tidak mengetahui letak kesalahannya dan tidak tahu berapa soal quiz yang salah. seharusnya ketentuan terkait sistem penilaian dibuat lebih jelas dan transparan lagi.

  67. 5

    bagus sekali, pemanfaatan teknologi yang sangat baik

  68. TERIMA KASIH KLC

    5

    Terima kasih untuk materi, quiz maupun assignmentnya, semoga bermanfaat untuk kedepannya.

  69. Overall Mantul, Mantab Betul

    4

    Overal mantab banget e-learningnya, hanya saja kadang ada masalah di penugasan, terkait upload, mohon disempurnakan lagi.

  70. Sistem Pembelajaran online

    4

    Sistem pembelajaran online dengan KLC sudah berjalan dengan sangat baik. Diharapkan untuk kedepannya, bisa dilakukan perbaikan perbaikan agar sistem pembelajaran online dengan menggunakan KLC bisa berjalan lebih maksimal lagi.

  71. Tampilan materi

    4

    Bagus dan menarik, bila dapat ditingkatkan akan semakin baik lagi dalam memudahkan pembelajaran

  72. 3

    Mohon diperbaiki lagi sistemnya, banyak yg mengeluh mengenai quiz.

  73. yyyyy

    5

    sangat baik sekali tingkatkan ya

  74. Saya sangat gembira dengan adanya pktbt online ini, karena sekarang sudah jamannya online. Karena sistemnya online, jadi kita disuruh survive apalagi yang berada di pelosok negeri. Saya jadi bisa nge maintain jaringan biar bisa ikutan pktbt. Wah, saya berasa jadi OC yaa :) Semangat buat temen" latsar gelombang 4, pktbt asik kok buat belajar, nggak kalah sama ruangb*elajar.com

    5

    Udah diatas, nggak perlu saya sebutin lagi 🙂

  75. 5

    mantep sih biar di kantor bisa ngisi waktu luang pas masa2 off campus :v PPSDM terbaik !

  76. yagitu

    5

    yagitu. gud deh. gud. mantap. wdw wdw is the best mantap~

  77. BAGUS

    5

    MENARIK DAN MUDAH DIPAHAMI

  78. Relatif Bagus

    5

    Selama saya mengikuti course, tidak ada masalah

Apply for Course
  • UNLIMITED ACCESS

Advanced Course Search Widget