Setup Menus in Admin Panel

Latsar CPNS 31: PKTBT

Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT) merupakan bagian dari kurikulum Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan Perkalan Nomor 25 Tahun 2017. Kurikulum PKTBT disesuaikan dengan unit yang membidangi pengembangan sumber daya manusia atau dalam hal penyusunan kurikulumnya diserahkan kepada unit atau instansi penyelenggara Latsar. Adapun Mata Pelatihan Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas Kementerian Keuangan yang dikembangkan adalah mata pelatihan Manajemen Keuangan Pemerintah, Manajemen Keuangan Negara, Nilai-nilai Kementerian keuangan, Tugas dan Fungsi Kemenkeu, serta Tata Naskah Dinas. Materi-materi tersebut menjadi suatu keharusan yang harus dikuasai oleh seluruh Pegawai Kementerian keuangan.

COURSE INI HANYA DIPERUNTUKAN BAGI PESERTA LATSAR CPNS GOLONGAN III PERIODE 1 KEMENTERIAN KEUANGAN.

SEBELUM MEMULAI COURSE, SILAKAN DITONTON DULU VIDEO PENGGUNAAN KLC PKTBT LATSAR DI MENU KNOWLEDGE CENTER.
https://klc.kemenkeu.go.id/video-tutorial-elearning-pktbt/

359 STUDENTS ENROLLED

  1. Peserta Pelatihan harus menonton video penggunaan KLC PKTBT yang ada pada laman home course.
  2. Bobot porsi nilai pembelajaran online ini adalah 30%, sedangkan 70% nya dari evaluasi pemahaman yang akan dilaksanakan pada saat on campus ke-2.
  3. Pelajari setiap materi dalam agenda PKTBT secara berurutan.
  4. Dalam setiap materi pelatihan, terdapat 3 bentuk cara yang dapat kamu pelajari yaitu e-book, modul berupa pdf yang dapat kamu download, serta bahan tayang.
  5. Kerjakan assignment atau penugasan dan atau Quiz dalam setiap materi karena termasuk ke dalam rangkaian penilaian.
  6. perhatikan setiap eksensi file dan ukuran file yang diterima pada setiap penugasan.
  7. Setelah anda semua menyelesaikan seluruh materi (tanda progress materi dalam layar 100%) mohon untuk tidak mengklik tombol “Finish Course” karena artinya anda tidak dapat mengakses lagi materi PKTBT. Silakan klik tombol “Back Course”.
  8. Finish Course akan dilakukan ketika Anda sudah mengikuti Ujian Pemahaman PKTBT pada  on campus ke-2.
  9. Jangan lupa kasih review dan rating courses nya ya di akhir course.

Agenda Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas CPNS  Kementerian Keuangan terdiri dari :

  1. Nilai-nilai Kementerian Keuangan
  2. Tugas Pokok, Fungsi, dan Struktur Organisasi Kemenkeu
  3. Tata Naskah Dinas
  4. Manajemen Keuangan Pemerintah
  5. Manajemen Kekayaan Negara

Kurikulum Latsar Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Keuangan mengacu kepada Perkalan Nomor 25 Tahun  2017 dengan rincian agenda sebagai berikut:

  1. Agenda Sikap Perilaku Bela Negara
  2. Agenda Nilai-nilai Dasar ASN
  3. Agenda Kedudukan dan Peran ASN
  4. Agenda Habituasi
  5. Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT)

Course Reviews

3.9

3.9
47 ratings
  • 5 stars11
  • 4 stars21
  • 3 stars13
  • 2 stars2
  • 1 stars0
  1. Nilai Nilai Kemenkeu

    5

    Materi ini telah memberikan pengetahuan bagi saya dalam mewujudkan Nilay Nilay Kemenkeu dalam kehidupan bekerja sehari hari. Mewujudkan jiwa integritas dimanapun dan kapanpun, melaksanakan profesionalisme dalam bekerja, melakukan sinergi dalam setiap tugas, melaksanakan pelayanan yang prima kapada masyarakat, serte melakukan perbaikan terus menerus demi mencapai kesempurnaan

  2. Sistem kurang optimal

    2

    Masih perlu banyak perbaikan di sistem course ini. Mulai dari timeline ketika course dimulai hingga perpindahan waktu antar KB yang kurang jelas waktu dimulainya. Terkadang juga ada assignment yang sudah diupload tetapi tidak tersimpan di sistem dan akhirnya hilang sehingga KB menjadi tidak ada nilainya. Sistem penilaian juga masih kurang jelas. Semoga kedepannya bisa menjadi lebih baik. Terima Kasih

  3. PKTBT LATSAR 31

    4

    Sangat baik, e-learning ini menunjang kebutuhan akan pembelajaran masa kini yang bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun, sukses selalu untuk BPPK dan PPSDM dalam membuat terobosan2 baru dalam hal pendidikan dan pelatihan.
    Beberapa improvement yang mungkin dibutuhkan untuk e-learning PKTBT latsar ini yaitu diberikan waktu mundur yang jelas bukan hanya pada saat quiz atau assignment tapi juga saat materi, karena kami tidak tahu pasti kapan waktu 2 hari dimulai dan berakhir. Beberapa soal juga mohon direview kembali sebelum di upload karena beberapa menimbulkan kerancuan.
    terima kasih

  4. Inovasi yang perlu diperbaiki secara terus-menerus

    2

    Pelaksanaan PKTBT melalui website merupakan inovasi cara pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tuntutan zaman, sehingga perlu dipertahankan dan bahkan diperbaiki secara terus-menerus.
    Beberapa aspek yang dapat diperbaiki antara lain:
    1. Pembuatan soal ataupun tugas yang diberikan melalui proses review yang dapat menjamin konsistensi maupun kualitas soal tersebut. Kekurangan/ketidakkonsistenan informasi dapat membuat peserta kebingungan.
    2. Pemilihan materi yang diberikan diupayakan agar lebih mencerminkan kompetensi bidang tugas yang akan diemban oleh pegawai Kementerian Keuangan. Materi yang ada masih kurang representatif.
    3. Dari segi teknis, akan lebih baik jika instruksi atas mekanisme pelaksanaan PKTBT dapat ditampilkan pada setiap halaman. Mungkin dapat didesign secara program agar ketika peserta mengklik link/option yang ada maka muncul pop-up message yang menjelaskan konsekuensi dari pilihan tersebut tersebut. Hal ini karena masih banyak peserta yang salah mengklik option yang ada. Menirut hemat saya, pengalaman belajar peserta akan lebih baik lagi bila ditambahkan fitur yang memfasilitasi peserta untuk dapat langsung mengajukan pertanyaan kepada penyelenggara dan dijawab oleh penyelenggara melalui laman website ini.

  5. 4

    Isi materi pelatihan beserta tugas dan kuis sudah baik. untuk sistem cukup baik, perlu ditingkatkan lagi. terima kasih.

  6. Review PKTBT Later CPNS 3.1.

    4

    Materi yang yang diberikan sudah cukup lengkap sebagai pengetahuan dasar sebagai PNS Kementerian Keuangan. Sedikit masukan untuk modul sebaiknya diberikan variasi (i.e: flow chart/gambar) sehingga tidak full tulisan.

  7. Latsar CPNS 31 PKTBT

    4

    1. Materi yang disediakan membantu siswa latsar untuk memahami tusi bidang tugas Kemenkeu.
    2. Materi disediakan cukup ringkas dan jelas.
    3. Terdapat banyak typo pada setiap materi PKTBT.
    4. terdapat kesalahan dalam ilustrasi pada soal MKP.

  8. Review PKTBT Latsat gol 3 gelombang 1

    5

    sangat berdampak positif bagi saya, sya jadi mengerti banyak sekarang.

  9. Cukup bagus

    4

    Bagus .. sebaiknya ada reminder untuk masing masing akun agar supaya sesuai dengan jadwal ..

  10. Latsar CPNS : PKTBT

    3

    Dari segi materi sudah baik dan mampu menambah pengetahuan siswa. Namun dari segi website masih belum user friendly, semoga bisa terus dikembangkan

  11. Keren

    5

    Course nya dikemas secara apik dan modulnya mudah dimengerti.

  12. Review Latsar 3.1 Pamentas

    5

    Pamentas, mantap

  13. pktbt di kelas saja

    4

    materi pktbt saya rasa lebih jelas apabila dibahas di kelas.. karena justru materi2 ini yg butuh explore lebih jauh dengan bantuan dari widyaiswara

  14. Optimalisasi Sistem

    3

    Masih perlu ada perbaikan sistem agar lebih baik ke depannya.

  15. Review E-Learning

    4

    sudah cukup baik, hanya perlu perbaikan di beberapa fungsi pada sistem

  16. PKTBT perlu dipermudah pengoperasiannya

    3

    Apresiasi dgn pola pembelajaran e-learning. Meskipun cara mengoperasikannya kelihatannya gampang, tapi salah klik bisa susah urusannya. Sebaiknya sistem perlu diperbaiki karena salahnya bukan si user juga, tapi kurangnya informasi cara pakai website ini sehingga merugikan user yang pakai buat kuis dsb.

  17. Bug System

    4

    Terdapat ketidaksesuaian system dengan peraturan yang diberikan oleh penyelenggara yang dapat merugikan user (pengguna) dengan kata lain bad user experience

  18. Review Claudya Revina

    5

    Kembangkan sistem agar tidak terjadi eror

  19. Sistemnya ribet

    3

    Banyak tombol yang seharusnya ga di sentuh tapi di munculkan dalam web tanpa ada perbedaan antar tombolnya, UI designnya bisa diperbaiki atau dibuat lebih mudah untuk dilihat oleh user agar tidak terjadi salah – salah pencet.

  20. Pop Up Notification

    3

    Seharusnya untuk tombol-tombol yang bisa menyebabkan terjadinya Human Error dalam pelaksanaan kursus seperti “Mark this Complete” ditambahkan pop up notification sehingga bisa mencegah kesalahan yang tidak sengaja, atau lebih baik dimatikan jika memang saat itu tugas yang dilakukan belum selesai.

  21. Lebih baik bila...

    3

    Lebih baik apa bila ada kontrol waktu yang diotomasi oleh sistem, bukan peserta sendiri yang harus mengira-ngira hari ini seharusnya masuk ke materi mana. Sukses untuk pengembangan KLC 🙂

  22. Aplikasi Kurang Sempurna, Masih Banyak Yang Harus Diperbaiki

    3

    Aturannya terlalu banyak. Jika salah klik bisa berakibat kerugian kepada pengguna. Seharusnya dalam sistemnya bisa disesuaikan. Apabila memang belum mengerjakan assignment atau memang tidak seharusnya mengklik, maka pilihan klik tersebut harusnya dinonaktifkan atau dihilangkan.

  23. Sistem masih suka error

    4

    Mohon diperbaiki ke depannya

  24. Sistem

    3

    Lebih baik ada peringatan dahulu sebelum peserta mengklik tombol, finish, next unit, atau finish course, dll, karena ditakutkan tombol ter-klik secara tidak sengaja

  25. Time Limit Sering Error

    3

    Saat mengerjakan kuis, sudah setengah jalan tiba2 hang. kemudian saat saya refresh time limitnya kembali ke awal dan soal2nya pun kembali belum terjawab. tapi stlh setengah jalan lg, tiba2 time limitnya habis dan kuis pun selesai.

  26. E-LEARNING PKTB

    5

    Kemenkeu memang canggih, semoga terus diperbaiki agar e-learning ini semakin baik ke depannya 🙂

  27. E-Learning PKTBT

    5

    Kemenkeu keren, semoga lebih baik lagi kedepannya

  28. Review PKTBT Latsar CPNS 3.1

    4

    Penyelenggaraan E-Learning PKTB khususnya bagi Latsar CPNS 3.1 ini secara komprehensif sudah baik, bagus, dan sudah merepresentasikan prinsip efisiensi, efektif, inovatif dan paperless.
    Namun akan lebih baik lagi jika bagian-bagian yang terkadang masih error diperbaiki kembali sistemnya dan ketika peserta akan melakukan submit penugasan dan/atau quiz agar bisa lebih cepat tidak harus menunggu beberapa menit dan tidak ada lagi error.

  29. Tambahkan notifikasi

    4

    ditambahkan notifikasi atau informasi di sites terkait hitungan hari. agar jadwal belajar dan kirim tugas tidak terlewat. terima kasih.

  30. User friendly

    3

    Sudah baik,tapi untuk perbaikan kedepannya tolong lebih user friendly,terimakasih

  31. TERIMAKASIH LATSAR

    4

    Terimakasih telah membimbing kami.
    Selamat menghasilkan lebih banyak lagi sang pemimpi yang siap membangun negeri!

  32. 5

    di optimalisasi penggunaan javascriptnya

  33. 4

    Sudah baik memberikan akses pembelajaran dan waktu pengerjaan yg lebih fleksibel

  34. 4

    Secara keseluruhan sangat berguna, tetapi masih terjadi beberapa kendala. Terima kasih klc

  35. Terobosan yg baik

    5

    Terima kasih sudah menyediakan media pembelajaran yg baik dan memperkenalkan kami dgn konsep eLearning. Saran agar sistem dibuat lebih transparan, terutama yg bisa menunjukkan nilai dan progres kita.

  36. Inovasi PKTBT yang Lebih Baik

    4

    Terima kasih atas fasilitas yang telah disediakan dalam bentuk pembelajaran online ini. Sangat inovatif dan bermanfaat bagi pengguna. Sistem yang dibangun sudah bagus dan akan lebih baik lagi apabila nilai tugas mata pelatihan juga tertera karena nilai tugas banyak yang belum muncul dan tugas telah diupload. Terima kasih.

  37. System Development

    3

    Secara umum, sistem sudah dibuat efisien, hanya perlu ditambahkan beberapa pengembangan fitur seperti notifikasi (email/WA/SMS) untuk reminder sisa waktu pengerjaan sehingga mengantisipasi peserta yang lupa, dan perlu ditambah pop up untuk beberapa button menu seperti tombol “mark this unit complete” dan tombol “finish course”.

  38. Tingkatkan

    3

    Masih ada beberapa hal yang kurang sempurna, seperti habis log in setelah sebelumnya log out, otomatis ke materi selanjutnya padahal sama sekali belum klik lanjut materi ataupun start. Pasti kan berpengaruh di nilai bagi yang mungkin belum sempat ikut kuis atau submit tugas. Ataupun di hitungan hari. Semoga bisa segera disempurnakan. Terima kasih banyak. Mantap e-learning lanjutkan!

  39. Pengembangan Course

    4

    Dengan adanya course online seperti ini sudah bagus dalam hal efisiensi waktu diklat. Namun, perlu dilakukan pengembangan supaya lebih diperjelas mengenai waktu pengerjaan dari satu KB ke KB lainnya, karena banyak tombol tricky yang seharusnya belum waktunya dipencet, sehingga menyebabkan waktu pengerjaan menjadi berkurang.

  40. SISTEM

    4

    Ada beberapa link yang ketika di klik akan langsung menuju ke course selanjut nya. sehingga yang seharus nya besok hari mulai course, tetapi dimulai malam sebelum nya.
    harus ada pemisah antara mark this unit as complete dan next course. agar perhitungan hari pertama course selanjutnya tidak bertabrakan dengan hari terakhir course sebelum nya.
    akan lebih baik lagi jika ada notification / reminder timeline nya

  41. Lebih dikembangan

    4

    Website lebih dikembangkan dengan menu yang lebih mempermudah.

  42. 4

    Penggunaan KLC untuk media pembelajaran ini cukup bagus, namun saya sendiri masih bingung terkait timeline pengerjaan tugas di KLC.

  43. Masih Perlu Banyak Perbaikan

    3

    Modul masih perlu diperbaiki. Masih banyak ditemukan typo dan penulisan-penulisan tanda baca yang belum tepat. Literatur yang digunakan juga perlu ditingkatkan lagi, sebaiknya tidak mengutip dari Wikipedia sebab situs tersebut bukan literatur ilmiah yang diakui akademisi. Tata bahasa yang digunakan dalam halaman Q&A perlu diperbaiki, banyak kalimat yang tidak baku.

  44. 4

    Sistem klc masih ada sedikit kekurangan contohnya, langsung otomatis ke materi selanjutnya walaupun belum klik next course yang otomatis kita langsung terhitung hari ke-1 materi selanjutnya…semoga untuk kedepannya, sistem klc semakin baik.

  45. Good System

    4

    system yang bagus namun harus ada perbaikan kedepannya, terutama untuk siswa yang berada di unit pelayanan yang sudah pasti sibuk dan padat sehingga hanya mempunyai waktu yang sedikit untuk mengerjakan tugas ini.

Apply for Course
  • UNLIMITED ACCESS

Advanced Course Search Widget