Setup Menus in Admin Panel

[E-LEARNING] VOKASI PKN-STAN: PELAKSANAAN ANGGARAN SATUAN KERJA PEMERINTAH PUSAT

Hallo semuanya. Selamat datang pada program pembelajaran E-Learning Vokasi PKN-STAN: Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Pemerintah Pusat.

E-Learning ini bertujuan agar peserta mampu menguraikan tugas pelaksanaan anggaran satuan kerja Pemerintah Pusat sesuai peraturan yang berlaku

24 STUDENTS ENROLLED


Tujuan Program

Setelah mengikuti program pembelajaran ini, peserta diharapkan mampu menguraikan tugas pelaksanaan anggaran satuan kerja Pemerintah Pusat sesuai peraturan yang berlaku.

E-learning ini menjadi bagian dari persyaratan kelulusan pada Pendidikan Program Diploma IV Akuntansi Politeknik Keuangan Negara STAN.

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang Akan Dicapai

Tersedianya SDM yang memiliki kompetensi di bidang pelaksanaan keuangan satuan kerja Pemerintah Pusat.

Sasaran Peserta (Target Learners)

Mahasiswa Program Diploma IV Akuntansi Politeknik Keuangan Negara STAN yang akan menyelesaikan masa pendidikan.

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu

  1. Menerangkan persiapan pelaksanaan anggaran
    • menjelaskan konsep belanja negara;
    • menjelaskan penyusunan rencana kegiatan pada satuan kerja; dan
    • menjelaskan penyusunan rencana penarikan dana.
  2. Menerangkan pendapatan satuan kerja pemerintah pusat
    • Menjelaskan jenis-jenis pendapatan negara; dan
    • Menjelaskan pengelolaan penerimaan negara bukan pajak satuan kerja; dan
    • Menjelaskan pelaksanaan pendapatan perpajakan atas belanja negara.
  3. Menerangkan pelaksanaan belanja satuan kerja pemerintah pusat
    • menjelaskan prinsip pembayaran belanja negara;
    • menjelaskan mekanisme pembayaran belanja negara;
    • menjelaskan pembayaran atas prestasi pekerjaan; dan
    • menjelaskan penyusunan dokumen tagihan belanja negara.
  4. Menerangkan manajemen kas satuan kerja pemerintah pusat
    • menjelaskan pengelolaan rekening penerimaan satuan kerja;
    • menjelaskan pengelolaan rekening pengeluaran satuan kerja;
    • menjelaskan pengelolaan rekening lainnya; dan
    • menjelaskan perencanaan kebutuhan kas SKPP.

  • Persyaratan Administrasi
    • Pangkat/golongan Pengatur (II/c).
  • Persyaratan Kompetensi
    • Sedang menjalani pendidikan Diploma IV Politeknik Keuangan Negara STAN; dan
    • Menguasai penggunaan aplikasi komputer (setara MS Word, dan MS Excel) tingkat dasar.

  1. Pastikan Anda memiliki akun klc.kemenkeu.go.id
  2. Untuk peserta dari Kementerian Keuangan, silahkan klik  login with Kemenkeu-ID dan login dengan username dan password Kemenkeu ID;
  3. Untuk peserta selain Kementerian Keuangan, silahkan klik sign up–isi data diri sesuai yang diminta–klik register–buka inbox/spam email yang didaftarkan–klik link aktivasi (link ini yang berlaku selama 24 jam);
  4. Untuk dapat mengikuti e-learning ini, peserta diharuskan untuk mengajukan aplikasi dengan mengklik tombol Apply for Course (pojok kanan atas di setiap course);
  5. Setelah mendapatkan approval dari Administrator, peserta dapat mengikuti kegiatan pembelajaran yang tersedia dengan klik Start Course;
  6. Perhatikan dan ikuti Petunjuk Teknis Pelaksanaan yang ada pada course ini.

Setelah klik start course, peserta wajib:

  1. Membaca Petunjuk Teknis Pelaksanaan (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik start course di bagian bawah);
  2. Membaca dan menyetujui Pernyataan Peserta (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah Pernyataan Peserta);
  3. Mempelajari dan menonton video pembelajaran sampai dengan selesai (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video);
  4. Membaca dan/atau mengunduh materi (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video);
  5. Mengerjakan Quiz tiap mata pelajaran;
  6. Mengerjakan penugasan mandiri berupa worksheet yang dikumpulkan pada hari terakhir e-learning melalui email tugas.pusdiklatap@gmail.com (petunjuk lebih lanjut ada pada halaman penugasan mandiri)
  7. Membaca dan/atau mengunduh materi/literatur lain jika ada (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video); dan
  8. Memberikan review atas course ini dengan cara klik Review Course. Berikan tanda bintang dan masukan Anda.

Peserta pelatihan wajib mengisi data diri pada aplikasi SEMANTIK. Adapun tata cara pengisian SEMANTIK adalah sebagai berikut:

  1. Masuk melalui website SEMANTIK dengan alamat https://www.semantik.bppk.kemenkeu.go.id/student, kemudian klik tombol log in pada pojok kanan atas layar;
  2. Masuk dengan username: NIP dan password: NIP pada layar;
  3. Isi data diri dengan lengkap (jangan ada penyingkatan nama instansi dan diisi dengan lengkap)
  4. Sesuai dgn PER-2/PP/2019, kelengkapan sertifikat diklat pada aplikasi SEMANTIK:

a. Foto Laki-laki:

      • kemeja putih, dasi merah;
      • background merah;
      • tanpa peci/topi;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

b. Foto Perempuan:

      • kemeja putih, dasi merah (jika menggunakan kerundung pendek, tetap menggunakan dasi merah. Jika menggunakan kerudung lebar/panjang, boleh tidak mengggunakan dasi)
      • background merah;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

 

c. Ukuran softcopy foto 500Kb – 1Mb;

d. Kolom jabatan diisi dengan nama jabatan grading terakhir. Misal Pengelola Data….., Penyaji Data…., Analis Anggaran…., Bendahara Pengeluaran, dll;

e. Mencantumkan no. HP dan Alamat kantor.

 

5. Klik Menu Pelatihan pada samping beranda, kemudian akan muncul nama Pelatihan, lalu klik gambar print untuk melakukan cetak form e-registrasi.

 

Q: Pertanyaan

A: Jawaban

 

1. Q: saya tidak bisa login menggunakan akun Kemenkeu-ID, bagaimana ya?
A: silahkan signup dengan mendaftarkan email pribadi bapak/ibu

2. Q: kenapa saya tidak menemukan course yang saya cari?
A: setelah login di KLC, klik search (gambar kaca pembesar) di kanan atas, ketik nama pelatihan yang akan diikuti, kemudian enter

3. Q: saya sudah login KLC kok belom masuk list terdaftar peserta course ya?
A: artinya belum apply for course, silahkan cari course yang akan diikuti lalu klik apply for course

4. Q: saya kok tidak bisa login kembali ya, padahal beberapa saat lalu bisa masuk KLC?
A : pastikan setelah selesai menggunakan KLC untuk logout aplikasi, bila sudah terlanjur silahkan hubungi admin untuk direset

5. Q: apakah belajar mandiri harus sesuai jadwal yg ada?
A: belajar mandiri sifatnya fleksibel, tetapi harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan.

6. Q: saya kok tidak bisa akses Kegiatan Belajar 2 y?
A: pastikan sudah menyelesaikan kegiatan belajar 1. Untuk lanjut ke unit selanjutnya, klik mark this unit complete-next unit

7. Q: saya lupa username dan password untuk login. Bagaimana ya?
A: silakan hubungi admin yaaa

8. Q: nilai penugasan sumatif saya belum mencapai nilai minimal. Bagaimana ya?
A: silakan dipelajari materinya lalu retake quiz kembali sampai mencapai nilai minimal.


 

 

Course Reviews

5

5
5 ratings
  • 5 stars5
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. Kurikulum disusun dengan sangat baik, namun video pembelajaran cukup berat untuk ditayangkan dengan kecepatan internet yang terbatas.

    5

    Kurikulum kursus disusun dengan sangat baik dengan menggunakan video pembelajaran, materi utama kursus, lampiran dokumen sebagai bahan pendukung pembelajaran, sesi tanya jawab, dan quiz di setiap akhir sesi. Namun, ukuran video yang diunggah pada setiap video pembelajaran menurut saya terlalu besar, sehingga sangat berat untuk ditayangkan jika tidak memiliki koneksi internet yang cepat. Semoga bisa menjadi lebih baik lagi.

  2. Menambah Pemahaman tentang Pelaksanaan Anggaran SKPP

    5

    Terima kasih atas e-learning yang sangat bermanfaat. Pasti berguna ketika kembali bertugas di satker masing-masing.

  3. 5

    E-learningnya sangat membantu. Terima kasih penyelenggara 🙂

Advanced Course Search Widget