Setup Menus in Admin Panel

E-Learning Teknik Penyusunan Perjanjian

Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi DJKN, baik pada tingkatan Kantor wilayah (Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi), maupun pada kantor pusat DJKN (yang dikoordinasikan oleh Direktorat Hukum dan Humas), sering melakukan perjanjian kerjasama dengan pihak lain, seperti pemerintah daerah dan instansi/lembaga pemerintah lainnya. Untuk penyusunan perjanjian ini, diperlukan kemampuan pegawai untuk memahami ketentuan formal yang harus terpenuhi dalam menyusun perjanjian dan juga kemampuan untuk merumuskan klausula perjanjian secara tepat, terutama dari sisi hak dan kewajiban para pihak, agar sejak awal dapat dimitigasi dan diantisipasi risiko serta potensi permasalahan hukum yang mungkin timbul di kemudian hari.
Disamping itu, terkait pengelolaan kekayaan negara dan lelang, DJKN juga perlu menganalisis suatu perjanjian yang telah ada, misalnya perjanjian penjaminan yang berujung pada lelang, perjanjian pemanfaatan BMN, dan perjanjian lain, yang klausulanya bisa berdampak pada pemenuhan kewajiban para pihak, termasuk negara. Dalam menganalisis perjanjian ini, tentunya dibutuhkan juga kemampuan untuk melihat kedudukan hukum subjek dan objek perjanjian, serta kemampuan menafsirkan isi perjanjian tersebut, untuk pengambilan keputusan yang tepat.

27 STUDENTS ENROLLED

Selamat datang di E-Learning Teknik Penyusunan Perjanjian 🙂

Sebelumnya kami informasikan, untuk mengakses E-Learning ini silahkan LOGIN dengan menggunakan ID KEMENKEU Anda.

E-Learning ini bertujuan untuk membekali pegawai Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dengan pengetahuan hukum perjanjian dan teknik penyusunan perjanjian, untuk dapat menyusun perjanjian serta menganalisis draf perjanjian atau perjanjian yang akan/telah dibuat oleh DJKN dengan pihak lain, dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi DJKN.

Setelah mengikuti e-learning, peserta diharapkan mampu:

  1. Memahami ketentuan hukum perjanjian
  2. Menerapkan teknik penyusunan perjanjian tertulis
  3. Menerapkan teknik analisis perjanjian tertulis

 

Jumlah jamlat pada e-learning Teknik Penyusunan Perjanjian sebanyak 15 jamlat (5 hari), dengan perhitungan 1 jamlat = 45 menit.  Pada akhir tiap materi e-learning, Anda diwajibkan untuk mengerjakan kuis/penugasan dengan tujuan untuk melihat sejauh mana Anda memahami materi dalam e-learning ini.

 

Panduan Teknis E-Learning

Petunjuk Teknis Pelaksanaan e-learning Teknik Penyusunan Perjanjian'

Course Reviews

5

5
12 ratings
  • 5 stars12
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. 5

    Secara prinsip sudah memadai. Sebagai tambahan, seyogyanya dapat pula diberikan penjelasan materi melalui video untuk menghindari salah tafsir atas materi tertulis yang sudah ada.

  2. pelatihan yang menyenangkan, mudah dimengerti. mantap

    5

    pelatihan yang menyenangkan, mudah dimengerti. mantap

  3. 5

    Refresh pengetahuan dan bermanfaat untuk pelaksanaan tusi.

  4. 5

    Tambah pengetahuan. Mohon ada dikasih FAQ terkait materi….agar apabila ada yg kurang dimengerti, kami dapat mdmperoleh penjelasan

  5. Ilmunya bagus

    5

    Terimakasih KLC kemenkeu atas ilmunya, sangat luar biasa, namun lebih efektif dan efisien jika Teknik pembuatan perjanjian dilakukan dengan tatap muka

  6. Materinya bagus

    5

    Materinya bagus dan menarik..

Advanced Course Search Widget