Setup Menus in Admin Panel

[E-Learning] Tata Cara Tuntutan Ganti Kerugian Negara terhadap Pegawai Bukan Bendahara-Staf

Selamat datang para peserta E-Learning Tata Cara Tuntutan Ganti Kerugian Negara Terhadap Pegawai Bukan Bendahara – Staf.
Setelah mengikuti program pembelajaran ini, peserta diharapkan mampu menjelaskan tata cara tuntutan ganti kerugian negara terhadap Pegawai Negeri Bukan Bendahara di lingkungan Kementerian Keuangan sesuai peraturan yang berlaku.
Peserta akan mengikuti program pembelajaran ini selama 5 hari.
Selamat belajar.

2 STUDENTS ENROLLED


Tujuan Program

Setelah mengikuti program pembelajaran ini, peserta diharapkan mampu menjelaskan tata cara tuntutan ganti kerugian negara terhadap Pegawai Negeri Bukan Bendahara di lingkungan Kementerian Keuangan sesuai peraturan yang berlaku.

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang Akan Dicapai

Tersedianya pegawai yang mampu menjelaskan tata cara tuntutan ganti kerugian negara terhadap Pegawai Negeri Bukan Bendahara di lingkungan Kementerian Keuangan.

Sasaran Peserta (Target Learners)

Pelaksana dan Pejabat Fungsional di lingkungan Kementerian Keuangan.

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu

  1. Menjelaskan overview kerugian negara
    • Menjelaskan dasar hukum terkait penyelesaian kerugian negara
    • Menjelaskan ketentuan peralihan penyelesaian kerugian negara
    • Menjelaskan definisi kerugian negara
    • Menjelaskan unsur-unsur kerugian negara
    • Menjelaskan subyek dan obyek kerugian negara
    • Menjelaskan pihak-pihak yang terlibat dalam penyelesaian kerugian negara
    • Menjelaskan informasi indikasi kerugian negara
    • Menjelaskan keterkaitan sanksi tuntutan ganti kerugian dengan sanksi lainnya
  2. Menjelaskan penyelesaian kerugian negara
    • Menjelaskan verifikasi terhadap informasi kerugian negara
    • Menjelaskan pelaporan kerugian negara
    • Menjelaskan peran pejabat penyelesaian kerugian negara
    • Menjelaskan peran tim penyelesaian kerugian negara
    • Menjelaskan penyelesaian kerugian negara melalui penerbitan SKTJM
    • Menjelaskan penyelesaian kerugian negara melalui penerbitan SKP2KS
    • Menjelaskan penyelesaian kerugian negara melalui majelis penyelesaian kerugian negara
    • Menjelaskan penyelesaian kerugian negara melalui penerbitan SKP2K
    • Menjelaskan pembebasan penggantian kerugian negara
  3. Menjelaskan perhitungan penentuan nilai kerugian negara
    • Menjelaskan penentuan nilai kerugian negara atas berkurangnya BMN atau barang bukan BMN
    • Menjelaskan penentuan nilai kerugian negara atas berkurangnya uang dan surat berharga
    • Menjelaskan penentuan nilai kerugian negara atas pelanggaran wajib kerja ikatan dinas
    • Menjelaskan penentuan nilai kerugian negara atas pelanggaran wajib kerja tugas belajar
  4. Menjelaskan tata cara penyetoran atas penyelesaian ganti kerugian negara
    • Menjelaskan tata cara penyetoran ganti kerugian negara
    • Menjelaskan surat keterangan tanda lunas atas dasar pelunasan

  1. Persyaratan Adminitrasi
  • Ditugaskan oleh pimpinan instansi masing-masing.

2. Persyaratan Kompetensi

  • Pendidikan minimal setara SLTA; dan
  • Menguasai penggunaan aplikasi komputer (setara MS Word, dan MS Excel) tingkat dasar.

  1. Pastikan Anda memiliki akun klc.kemenkeu.go.id
  2. Untuk peserta dari Kementerian Keuangan, silahkan klik  login with Kemenkeu-ID dan login dengan username dan password Kemenkeu ID;
  3. Untuk peserta selain Kementerian Keuangan, silahkan klik sign up–isi data diri sesuai yang diminta–klik register–buka inbox/spam email yang didaftarkan–klik link aktivasi (link ini yang berlaku selama 24 jam);
  4. Untuk dapat mengikuti e-learning ini, peserta diharuskan untuk mengajukan aplikasi dengan mengklik tombol Apply for Course (pojok kanan atas di setiap course);
  5. Setelah diapprove oleh panitia, peserta dapat mengikuti kegiatan pembelajaran yang tersedia dengan klik Start Course;
  6. Perhatikan dan ikuti Petunjuk Teknis Pelaksanaan yang ada pada course ini.

Setelah klik start course, peserta wajib:

  1. Membaca Petunjuk Teknis Pelaksanaan (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik start course di bagian bawah)
  2. Membaca dan menyetujui Pernyataan Peserta (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah Pernyataan Peserta)
  3. Mempelajari dan menonton video pembelajaran sampai dengan selesai (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  4. Membaca dan/atau mengunduh materi (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  5. Mengerjakan Quiz tiap mata pelajaran. Apabila nilai yang diperoleh peserta kurang dari nilai minimal yang dipersyaratkan untuk melanjutkan ke unit berikutnya (minimal 60), peserta dapat melakukan retake quiz.
  6. Membaca dan/atau mengunduh materi/literatur lain jika ada (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  7. Memberikan review atas course ini dengan cara klik Review Course. Berikan tanda bintang dan masukan Anda.

Peserta pelatihan wajib mengisi data diri pada aplikasi SEMANTIK. Adapun tata cara pengisian SEMANTIK adalah sebagai berikut:

  1. Masuk melalui website SEMANTIK dengan alamat https://www.semantik.bppk.kemenkeu.go.id/student, kemudian klik tombol log in pada pojok kanan atas layar;
  2. Masuk dengan username: NIP dan password: NIP pada layar;
  3. Isi data diri dengan lengkap (jangan ada penyingkatan nama instansi dan diisi dengan lengkap)
  4. Sesuai dgn PER-2/PP/2019, kelengkapan sertifikat diklat pada aplikasi SEMANTIK:

a. Foto Laki-laki:

      • kemeja putih, dasi merah;
      • background merah;
      • tanpa peci/topi;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

b. Foto Perempuan:

      • kemeja putih, dasi merah (jika menggunakan kerundung pendek, tetap menggunakan dasi merah. Jika menggunakan kerudung lebar/panjang, boleh tidak mengggunakan dasi)
      • background merah;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

 

c. Ukuran softcopy foto 500Kb – 1Mb;

d. Kolom jabatan diisi dengan nama jabatan grading terakhir. Misal Pengelola Data….., Penyaji Data…., Analis Anggaran…., Bendahara Pengeluaran, dll;

e. Mencantumkan no. HP dan Alamat kantor.

 

5. Klik Menu Pelatihan pada samping beranda, kemudian akan muncul nama Pelatihan, lalu klik gambar print untuk melakukan cetak form e-registrasi.

 

Q: Pertanyaan

A: Jawaban

 

1. Q: saya tidak bisa login menggunakan akun Kemenkeu-ID, bagaimana ya?
A: silahkan bapak/ibu mencoba kembali log in.

2. Q: kenapa saya tidak menemukan course yang saya cari?
A: pastikan status bapak/ibu telah log in di KLC. setelah login di KLC, klik search (gambar kaca pembesar) di kanan atas, ketik nama pelatihan yang akan diikuti, kemudian enter

3. Q: saya sudah login KLC kok belom masuk list terdaftar peserta course ya?
A: artinya belum take this course, silahkan cari course yang akan diikuti lalu klik take this course

4. Q: saya kok tidak bisa login kembali ya, padahal beberapa saat lalu bisa masuk KLC?
A : pastikan setelah selesai menggunakan KLC untuk logout aplikasi, bila sudah terlanjur silahkan hubungi admin untuk direset

5. Q: apakah belajar mandiri harus sesuai jadwal yg ada?
A: belajar mandiri sifatnya fleksibel, tetapi harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan.

6. Q: saya kok tidak bisa akses Kegiatan Belajar 2 y?
A: pastikan sudah menyelesaikan kegiatan belajar 1. Untuk lanjut ke unit selanjutnya, klik mark this unit complete-next unit

7. Q: nilai penugasan sumatif saya belum mencapai nilai minimal. Bagaimana ya?
A: silakan dipelajari materinya lalu retake quiz kembali sampai mencapai nilai minimal.


 

 

Course Reviews

N.A

ratings
  • 5 stars0
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0

No Reviews found for this course.

Advanced Course Search Widget