Setup Menus in Admin Panel

E-LEARNING PENYEGARAN PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN

Selamat datang di course E-Learning Penyegaran Pejabat Pembuat Komitmen
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta diharapkan mampu menyimpulkan ttugas dan fungsi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam proses pengadaan barang/jasa pemerintah dan pengelolaan keuangan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Peserta akan mengikuti e-learning selama 5 hari.
Selamat belajar!!!

184 STUDENTS ENROLLED


Tujuan Program

Setelah mengikuti program pembelajaran ini, peserta diharapkan dapat menyimpulkan ttugas dan fungsi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam proses pengadaan barang/jasa pemerintah dan pengelolaan keuangan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang Akan Dicapai

Tersedianya PPK yang memahami proses pengadaan barang/jasa pemerintah dan pengelolaan keuangan pada satuan kerja yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sasaran Peserta (Target Learners)

ASN (pejabat struktural) yang sedang bertugas sebagai PPK.

Jadwal E-Learning

5-Jadwal E-Learning Penyegaran PPK

*Jadwal ini hanya sebagai gambaran pelaksanaan e-learning. Untuk mempelajari materi dan pengerjaan quiz, dapat dilaksanakan kapan saja.

  1. Persyaratan Administrasi
    • ASN, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
    • Pangkat/Golongan minimal Pengatur Muda (II/a);
    • Ditugaskan oleh pimpinan instansi masing-masing; dan
  2. Persyaratan Kompetensi
    • Pendidikan minimal SLTA; dan
    • Sedang ditugaskan sebagai PPK.

  1. Pastikan Anda memiliki akun klc.kemenkeu.go.id
  2. Untuk peserta dari Kementerian Keuangan, silahkan klik  login with Kemenkeu-ID dan login dengan username dan password Kemenkeu ID;
  3. Untuk peserta selain Kementerian Keuangan, silahkan klik sign up–isi data diri sesuai yang diminta–klik register–buka inbox/spam email yang didaftarkan–klik link aktivasi (link ini yang berlaku selama 24 jam);
  4. Untuk dapat mengikuti e-learning ini, peserta diharuskan untuk mengajukan aplikasi dengan mengklik tombol Apply for Course (pojok kanan atas di setiap course);
  5. Setelah mendapatkan approval dari Administrator, peserta dapat mengikuti kegiatan pembelajaran yang tersedia dengan klik Start Course;
  6. Perhatikan dan ikuti Petunjuk Teknis Pelaksanaan yang ada pada course ini.
  7. Membaca Petunjuk Teknis Pelaksanaan (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik start course di bagian bawah)
  8. Membaca dan menyetujui Pernyataan Peserta (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah Pernyataan Peserta)
  9. Mempelajari dan menonton video pembelajaran sampai dengan selesai (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  10. Membaca dan/atau mengunduh materi (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  11. Mengerjakan Quiz tiap mata pelajaran. Apabila peserta ingin mengulang pengerjaan quiz, peserta dapat melakukan retake quiz.
  12. Membaca dan/atau mengunduh materi/literatur lain jika ada (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  13. Memberikan review atas course ini dengan cara klik Review Course. Berikan tanda bintang dan masukan Anda.

Peserta pelatihan wajib mengisi data diri pada aplikasi SEMANTIK. Adapun tata cara pengisian SEMANTIK adalah sebagai berikut:

  1. Masuk melalui website SEMANTIK dengan alamat https://www.semantik.bppk.kemenkeu.go.id/student, kemudian klik tombol log in pada pojok kanan atas layar;
  2. Masuk dengan username: NIP dan password: NIP pada layar;
  3. Isi data diri dengan lengkap (jangan ada penyingkatan nama instansi dan diisi dengan lengkap)
  4. Sesuai dgn PER-2/PP/2019, kelengkapan sertifikat diklat pada aplikasi SEMANTIK:

a. Foto Laki-laki:

      • kemeja putih, dasi merah;
      • background merah;
      • tanpa peci/topi;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

b. Foto Perempuan:

      • kemeja putih, dasi merah (jika menggunakan kerundung pendek, tetap menggunakan dasi merah. Jika menggunakan kerudung lebar/panjang, boleh tidak mengggunakan dasi)
      • background merah;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

 

c. Ukuran softcopy foto 500Kb – 1Mb;

d. Kolom jabatan diisi dengan nama jabatan grading terakhir. Misal Pengelola Data….., Penyaji Data…., Analis Anggaran…., Bendahara Pengeluaran, dll;

e. Mencantumkan no. HP dan Alamat kantor.

 

5. Klik Menu Pelatihan pada samping beranda, kemudian akan muncul nama Pelatihan, lalu klik gambar print untuk melakukan cetak form e-registrasi.

 

Q: Pertanyaan

A: Jawaban

 

1. Q: saya tidak bisa login menggunakan akun Kemenkeu-ID, bagaimana ya?
A: silahkan signup dengan mendaftarkan email pribadi bapak/ibu

2. Q: kenapa saya tidak menemukan course yang saya cari?
A: setelah login di KLC, klik search (gambar kaca pembesar) di kanan atas, ketik nama pelatihan yang akan diikuti, kemudian enter

3. Q: saya sudah login KLC kok belom masuk list terdaftar peserta course ya?
A: artinya belum apply for course, silahkan cari course yang akan diikuti lalu klik apply for course

4. Q: saya kok tidak bisa login kembali ya, padahal beberapa saat lalu bisa masuk KLC?
A : pastikan setelah selesai menggunakan KLC untuk logout aplikasi, bila sudah terlanjur silahkan hubungi admin untuk direset

5. Q: apakah belajar mandiri harus sesuai jadwal yg ada?
A: belajar mandiri sifatnya fleksibel, tetapi harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan.

6. Q: saya kok tidak bisa akses Kegiatan Belajar 2 y?
A: pastikan sudah menyelesaikan kegiatan belajar 1. Untuk lanjut ke unit selanjutnya, klik mark this unit complete-next unit

7. Q: saya lupa username dan password untuk login. Bagaimana ya?
A: silakan hubungi admin yaaa

8. Q: nilai penugasan sumatif saya belum mencapai nilai minimal. Bagaimana ya?
A: silakan dipelajari materinya lalu retake quiz kembali sampai mencapai nilai minimal.


 

 

Course Reviews

4.9

4.9
54 ratings
  • 5 stars51
  • 4 stars3
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. Wow

    5

    alhamdulillah mendapat pencerahan tusi PPK terkait perbendaharaan.

  2. sangat menarik

    5

    lebih informatif lagi jika ditambahkan video dengan pengajar

  3. Mantul.

    5

    Sangat bermanfaat. Diperbanyak contoh kasusnya.Maju terus.

  4. Sangat bermanfaat sekali

    5

    Luaaarrrr biasa berguna

  5. Cukup Baik

    4

    Kualitas infrastruktur server perlu ditingkatkan agar tidak sering terjadi lag pada saat mengikuti Quiz, terimakasih

  6. peniliaian pelatihan

    5

    keren

  7. Materi perlu diperdalam

    4

    Masukannya Materi harus diperdalam kembali dan lebih detail terkait prakteknya di lapangan, klo bisa materi dibuatkan video nya, terima kasih

  8. E-Learning Penyegaran PPK

    5

    E-learning ini sangat baik dari kedalaman materi, sistem, dan penyelenggaraan (penyelenggara sangat responsif dan melayani). Materi yang diberikan padat dan jelas dengan bentuk yang disederhanakan, seperti penambahan contoh-contoh kasus dan video. E-learning ini memberikan banyak knowledge bidang PPK. Terima kasih

  9. Terima kasih

    5

    Terima kasih atas materi dan pengetahuna baru yang sangat bermanfaat

  10. E-LEARNING PENYEGARAN PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN SANGAT BERMANFAAT DAN MEMBERIKAN PENCERAH BARU

    5

    5 bintang, terimah kasi kepada panitia atas kesempatan yang diberikan untuk mengikuti e learning ini

  11. 5

    Sangat bermanfaat, terima kasih

  12. sangan baik

    5

    Pelaksanaan lancar dan baik. good…

  13. E-Learning Penyegaran Pejabat Pembuat Komitmen

    5

    Materinya Banyak, Bahannya Padat, dan sangat Lengkap sangat berguna bagi para PPK Mantap…

  14. 5

    Sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi sebagai PPK

  15. sanga bagus dan sangat tbermanfaat

    5

    *****

  16. E-LEARNING PENYEGARAN PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN

    5

    Sangat bermanfaat dan mendukung pelaksanaan tugas sebagai PPK dan calon PPK

  17. 5

    ilmunya sangat membantu pekerjaan. Terima kasih banyak.

  18. Cukup menantang

    5

    Menarik dan menambah ilmu, tapi tidak ada tempat untuk bertanya secara langsung

  19. Diklat ini bersifat Online

    5

    Karena diklat bersifat onlin dan hanya durasi waktu yang menjadi final, maka masih banyak waktu untuk membaca ulang

  20. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan

    5

    Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya, menurut saya kegiatan e-learning ini sangat bermanfaat terutama dalam me-refresh pengetahuan kita tentang pelaksaan pekerjaan sebagai PPK.

  21. Sangat Bermanfaat

    5

    Memberikan penyegaran ilmu yang sangat bermanfaat bagi pelaksanaan tugas sebagai PPK

  22. Materi e-learning sangat bermanfaat, dapat menambah pengetahuan untuk memperlancar tugas PPK

    5

    Materi e-learning sangat bermanfaat, dapat menambah pengetahuan untuk memperlancar tugas PPK

  23. Mencerahkan

    5

    Alhamdulillah sangat mencerahkan dan menambah banyak ilmu yang sangat bermanfaat. Sukses selalu untuk kita semua.

  24. Materi kursus sangat baik. Mendukung pelaksanaan tugas PPK.

    5

    5

  25. Superb

    5

    Sangat membantu. Materi membuat kita tahu apa tupoksi dari PPK sebenarnya

  26. E-Learning Penyegaran PPK

    5

    Mantaff….sangat bermanfaat untuk me refresh pengetahuan PPK

  27. 5

    modul pembelajaran sangat bermanfaat..walaupun banyak materinya tetap semangattt..hehehe..terkadang bikin puyeng

  28. Aplikasi KLC sangat bermanfaat

    5

    Bagus aplikasinya, sangat berguna untuk menambah wawasan

  29. Terimakasih banyak atas pelatihan E learning Penyegaran PPK,,,KLC mantap.. bintang 5 buat KLC

    5

    Bintang 5 buat KLC

  30. e-learning Penyegaran PPK

    5

    Dimasa Pandemi, e-learning ini sangat membantu kami menambah ilmu. Terimakasih Pusdiklat AP, e-learning nya sangat bagus.

  31. 5

    Sangat mudah dipahami dalam proses pembelajaran

  32. E-LEARNING PENYEGARAN PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN

    5

    Sangat bermanfaat

  33. 5

    e-Learning yang sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan

  34. Reiew E-Learning Penyegaran PPK

    5

    Selama mengikuti E-Learning hampir tidak ada hambatan yang dialaminya, karena dalam pelaksanaan nya bila terjadi akan dengan mudah menyampaikannya,karena telah disediakan alat komunikasi nerupa WA grup, yang mana apabila peserta menemuinya hambatan bisa langsung disampaikan dan segera mendapat penyelesaian. Dalam pemberitahuan terhadap perserta sebaiknya jangan mendadak, kurang beberapa hari sebelum pelaksaan apabila ada pendukung atau yang harus disiapkan sebelum pelaksanaan.Terhadap panitia saya ucapkan .terimakasih atas terlaksananya kegiatan ini dan mohon maaf bila ada salah kata-kata dalam kami berkomunikasi

  35. pengalaman pertama

    5

    ini merupakan pengalaman pertama mengikuti E-learning dengan metode seperti ini, bagus dan efektif, cocok untuk saya yang harus membagi waktu antara kegiatan penyegaran dengan kewajiban melaksanakan tusi di kantor

  36. E-LEARNING PENYEGARAN PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN

    5

    Materinya sangat banyak dan lengkap.. sangat berguna bagi para PPK

  37. elearning yang menyenangkan dan bermnfaat

    5

    sudah bagus dan memuaskan karena kita bisa menyesuaikan/mengatur sendiri jadwal training kita

  38. E-Learning yang sangat memuaskan dan sangat Baik

    5

    Sangat Baik dan Sangat Memuaskan

  39. E-Learning

    5

    Mengikuti E-Learning bisa kapan saja dan di mana saja..

  40. elearning penyegaran ppk

    5

    sangat bermanfaat

  41. KLC Kerennn... Materinya sangat bermanfaat dan aplikatif

    5

    Terima kasih kepada segenap Dosen/Pengajar/Tutor dari KLC. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kami dan menjadi amal kebaikan para penyusun materi, pembuat soal dan pengelola KLC

Advanced Course Search Widget