Setup Menus in Admin Panel

[E-LEARNING] PENGENALAN ANALIS ANGGARAN AHLI PERTAMA KEMENTERIAN/LEMBAGA

Hallo semuanya. Selamat datang pada program pembelajaran E-Learning Pengenalan Analis Anggaran Ahli Pertama Kementerian/Lembaga.
E-Learning ini bertujuan agar peserta mampu menjelaskan tugas dan fungsi Pejabat Fungsional Analis Anggaran Ahli Pertama sesuai kompetensi yang telah dipersyaratkan secara profesional dan sesuai peraturan yang berlaku

20 STUDENTS ENROLLED


Tujuan Program

Setelah mengikuti program pembelajaran ini, peserta diharapkan mampu menjelaskan tugas dan fungsi Pejabat Fungsional Analis Anggaran Ahli Pertama sesuai kompetensi yang telah dipersyaratkan secara profesional dan sesuai peraturan yang berlaku.

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang Akan Dicapai

Tersedianya Pejabat Fungsional Analis Anggaran Ahli Pertama yang memahami tugas dan fungsinya secara professional dan sesuai peraturan yang berlaku.

Sasaran Peserta (Target Learners)

Pegawai yang telah lulus seleksi sebagai Calon Pejabat Fungsional Analis Anggaran Ahli Pertama.

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu

  1. Menjelaskan prinsip-prinsip penganggaran dalam pengelolaan APBN
    • Menjelaskan prinsip-prinsip penganggaran dalam siklus penyusunan APBN;
    • Menjelaskan prinsip-prinsip penetapan jenis dan tarif PNBP
    • Menjelaskan prinsip-prinsip penetapan ijin penggunaan sebagian dana PNBP
    • Menjelaskan prinsip-prinsip pertanggungjawaban pengelolaan PNBP; dan
    • Menjelaskan prinsip-prinsip pengawasan PNBP.
  2. Menguraikan penyusunan dokumen penganggaran
    • Menguraikan penyusunan Renja K/L (Kementerian/Lembaga)
    • Menguraikan penyusunan ADIK (Arsitektur dan Informasi Kinerja) Anggaran
    • Menguraikan penyusunan Proposal Inisiatif Baru; dan
    • Menguraikan penyusunan RBA BLU.
  3. Menguraikan penelaahan dokumen penganggaran
    • Menguraikan reviu ADIK (Arsitektur dan Informasi Kinerja)
    • Menguraikan penelaahan RDP BA BUN; dan
    • Menguraikan penyelesaian revisi anggaran.

4. Menjelaskan monitoring dan evaluasi kinerja  penganggaran aspek implementasi

    • Menjelaskan evaluasi aspek implementasi tahun sebelumnya;
    • Menjelaskan monitoring aspek implementasi tahun berjalan; dan
    • Menjelaskan perhitungan ganjaran dan sanksi (reward and punishment).

5. Menjelaskan kajian di bidang penganggaran

    • Menjelaskan Identifikasi dan perumusan masalah
    • Menjelaskan hipotesis awal terhadap permasalahan kebijakan di bidang penganggaran dalam pengelolaan APBN.

6. Menguraikan bimbingan teknis di bidang Penganggaran

    • Menguraikan analisis kebutuhan bimbingan teknis
    • Menguraikan penyiapan bahan bimbingan teknis penganggaran
    • Menguraikan bimbingan teknis penganggaran.

 

Pengangkatan yang berasal dari Perpindahan dari Jabatan Lain

  • Persyaratan Administrasi
    • Pangkat/golongan Penata Muda (III/a);
    • Ditugaskan oleh Pejabat yang Berwenang.
  • Persyaratan Kompetensi
    • Pendidikan minimal Sarjana (S1)/Diploma IV (D IV).

Perpindahan dari Jabatan Lain

  • Persyaratan Administrasi
    • Pangkat/golongan Penata Muda (III/a)
    • Ditugaskan oleh Pejabat yang Berwenang
    • Berusia maksimal 53 tahun.
  • Persyaratan Kompetensi
    • Pendidikan minimal Sarjana (S1)/Diploma IV (D IV)
    • Lulus seleksi sebagai calon Pejabat Fungsional Analis Anggaran Ahli Pertama.

  1. Pastikan Anda memiliki akun klc.kemenkeu.go.id
  2. Untuk peserta dari Kementerian Keuangan, silahkan klik  login with Kemenkeu-ID dan login dengan username dan password Kemenkeu ID;
  3. Untuk peserta selain Kementerian Keuangan, silahkan klik sign up–isi data diri sesuai yang diminta–klik register–buka inbox/spam email yang didaftarkan–klik link aktivasi (link ini yang berlaku selama 24 jam);
  4. Untuk dapat mengikuti e-learning ini, peserta diharuskan untuk mengajukan aplikasi dengan mengklik tombol Apply for Course (pojok kanan atas di setiap course);
  5. Setelah mendapatkan approval dari Administrator, peserta dapat mengikuti kegiatan pembelajaran yang tersedia dengan klik Start Course;
  6. Perhatikan dan ikuti Petunjuk Teknis Pelaksanaan yang ada pada course ini.

Setelah klik start course, peserta wajib:

  1. Membaca Petunjuk Teknis Pelaksanaan (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik start course di bagian bawah);
  2. Membaca dan menyetujui Pernyataan Peserta (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah Pernyataan Peserta);
  3. Mempelajari dan menonton video pembelajaran sampai dengan selesai (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video);
  4. Membaca dan/atau mengunduh materi (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video);
  5. Mengerjakan Quiz tiap mata pelajaran;
  6. Membaca dan/atau mengunduh materi/literatur lain jika ada (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video); dan
  7. Memberikan review atas course ini dengan cara klik Review Course. Berikan tanda bintang dan masukan Anda.

Peserta pelatihan wajib mengisi data diri pada aplikasi SEMANTIK. Adapun tata cara pengisian SEMANTIK adalah sebagai berikut:

  1. Masuk melalui website SEMANTIK dengan alamat https://www.semantik.bppk.kemenkeu.go.id/student, kemudian klik tombol log in pada pojok kanan atas layar;
  2. Masuk dengan username: NIP dan password: NIP pada layar;
  3. Isi data diri dengan lengkap (jangan ada penyingkatan nama instansi dan diisi dengan lengkap)
  4. Sesuai dgn PER-2/PP/2019, kelengkapan sertifikat diklat pada aplikasi SEMANTIK:

a. Foto Laki-laki:

      • kemeja putih, dasi merah;
      • background merah;
      • tanpa peci/topi;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

b. Foto Perempuan:

      • kemeja putih, dasi merah (jika menggunakan kerundung pendek, tetap menggunakan dasi merah. Jika menggunakan kerudung lebar/panjang, boleh tidak mengggunakan dasi)
      • background merah;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

 

c. Ukuran softcopy foto 500Kb – 1Mb;

d. Kolom jabatan diisi dengan nama jabatan grading terakhir. Misal Pengelola Data….., Penyaji Data…., Analis Anggaran…., Bendahara Pengeluaran, dll;

e. Mencantumkan no. HP dan Alamat kantor.

 

5. Klik Menu Pelatihan pada samping beranda, kemudian akan muncul nama Pelatihan, lalu klik gambar print untuk melakukan cetak form e-registrasi.

 

Q: Pertanyaan

A: Jawaban

 

1. Q: saya tidak bisa login menggunakan akun Kemenkeu-ID, bagaimana ya?
A: silahkan signup dengan mendaftarkan email pribadi bapak/ibu

2. Q: kenapa saya tidak menemukan course yang saya cari?
A: setelah login di KLC, klik search (gambar kaca pembesar) di kanan atas, ketik nama pelatihan yang akan diikuti, kemudian enter

3. Q: saya sudah login KLC kok belom masuk list terdaftar peserta course ya?
A: artinya belum apply for course, silahkan cari course yang akan diikuti lalu klik apply for course

4. Q: saya kok tidak bisa login kembali ya, padahal beberapa saat lalu bisa masuk KLC?
A : pastikan setelah selesai menggunakan KLC untuk logout aplikasi, bila sudah terlanjur silahkan hubungi admin untuk direset

5. Q: apakah belajar mandiri harus sesuai jadwal yg ada?
A: belajar mandiri sifatnya fleksibel, tetapi harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan.

6. Q: saya kok tidak bisa akses Kegiatan Belajar 2 y?
A: pastikan sudah menyelesaikan kegiatan belajar 1. Untuk lanjut ke unit selanjutnya, klik mark this unit complete-next unit

7. Q: saya lupa username dan password untuk login. Bagaimana ya?
A: silakan hubungi admin yaaa

8. Q: nilai penugasan sumatif saya belum mencapai nilai minimal. Bagaimana ya?
A: silakan dipelajari materinya lalu retake quiz kembali sampai mencapai nilai minimal.


 

 

Course Reviews

4.3

4.3
3 ratings
  • 5 stars1
  • 4 stars2
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. Penilaian atas e-learning Analis Anggaran

    4

    Terima kasih atas penyelenggaraan e-learning Analis Anggaran. Materi sangat membantu kami untuk memahami tentang penganggaran. Memang, sangat dibutuhkan banyak diskusi dan knowledge sharing di sesi tatap muka nantinya,untuk membahas hal-hal yang sifatnya teknis. Secara umum, penyusunan modul sudah baik, mungkin perlu perhatian untuk meminimalisir kekeliruan pengetikan yang cukup banyak ditemui. Sukses selalu

  2. Bermanfaat

    5

    Terima kasih atas modul yang diberikan. Membantu kami untuk lebih memahami tugas sebagai analis anggaran d masing-masing K/L

  3. 4

    perlu peningkatan lagi karena loading terlalu lama dan terkadang error tiba-tiba waktu habis, mengulang lagi dari awal, pada waktu pengisian ternyata nilai sudah muncul.

Advanced Course Search Widget