Setup Menus in Admin Panel

[E-Learning] Pengantar Treasury Management Representative–Recruitment

E-learning Pengantar Treasury Management Representative-Recruitment merupakan e-learning yang bertujuan untuk merinci tugas terkait pemenuhan tuntutan pelayanan perbendaharaan pembinaan dan bimbingan teknis kepada satuan kerja berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

65 STUDENTS ENROLLED

 


Tujuan Program

Merinci tugas terkait pemenuhan tuntutan pelayanan perbendaharaan pembinaan dan bimbingan teknis kepada satuan kerja berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

E-Learning Pengantar Treasury Management Representative -Recruitment merupakan prasyarat untuk mengikuti Pelatihan Treasury Management Representative -Recruitment.

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang Akan Dicapai

Tersedianya SDM di Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang memahami tugas terkait pemenuhan tuntutan pelayanan perbendaharaan kepada satuan kerja berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sasaran (Target Learners)

Pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang akan ditugaskan mengikuti Pelatihan Treasury Management Representative-Recruitment.

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu

  1. Menerangkan paket peraturan perundang-undangan keuangan negara dan pelaksanaan anggaran
    • menerangkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan menerangkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara
    • menerangkan update tuntutan ganti kerugian negara/daerah.
    • menerangkan mekanisme penyaluran Dana DAK Fisik dan Dana Desa
    • menerangkan mekanisme pembayaran tagihan APBN (update PMK Nomor 178/PMK.05/2018 tentang Perubahan atas PMK Nomor 190/PMK.05/2012)
    • menerangkan penguatan peran Treasury Management Representative dalam PMK Nomor 195/PMK.05/2018 tentang Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Belanja Kementerian Negara/Lembaga
    • menerangkan PMK nomor 196/PMK/05/2018 tentang Tata Cara Pembayaran dan Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah
  2. Menerangkan pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum
    • menerangkan peraturan di bidang pengelolaan keuangan pada Badan Layanan Umum (BLU)
  3. Menerangkan paket peraturan perundang-undangan bidang pertanggungjawaban APBN
    • menerangkan peraturan perundang-undangan bidang pertanggungjawaban APBN
    • menerangkan pengantar Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat (SAPP)
  4. Menerangkan aplikasi-aplikasi di bidang perbendaharaan negara
    • menerangkan pengantar Aplikasi HAI DJPB
    • menerangkan pengantar Aplikasi SAS
    • menerangkan pengantar Aplikasi SAIBA, SIMAK BMN, Persediaan, dan E-rekon
    • menerangkan pengantar Aplikasi SAKTI
  5. Menerangkan pengembangan profesi
    • menerangkan tentang konsep Jabatan Fungsional Pembina Teknis Perbendaharaan Negara
    • menerangkan tentang konsep Jabatan Fungsional Analis Perbendaharaan Negara
    • menerangkan tentang konsep Jabatan Fungsional Pranata Keuangan APBN
    • menerangkan tentang konsep Jabatan Fungsional Analis Pengelolaan Keuangan APBN
  6. Menerangkan tentang dasar-dasar penelitian dan analytical thinking
    • Menjelaskan dasar-dasar penelitian
    • Menjelaskan analytical thinking
  7. Menerangkan pelayanan prima, teknik komunikasi, dan presentasi
    • menerangkan pelayanan prima
    • menerangkan teknik komunikasi efektif

  1. Persyaratan Administrasi
    • Berstatus PNS dan Pelaksana pada Kanwil DJPb dan KPPN
    • Pangkat/golongan minimal Pengatur Muda Tk. I (II/b);
    • Usia maksimal 53 tahun; dan
    • Direkomendasikan oleh kepala kantor.
  2. Persyaratan Kompetensi
    • Pendidikan minimal setara SLTA; dan
    • Diutamakan bagi pegawai yang ditugaskan atau diproyeksikan akan bertugas pada bidang/seksi yang melaksanakan fungsi pembinaan dan bimbingan teknis kepada satuan kerja; atau
    • Bertugas atau diproyeksikan akan bertugas sebagai Customer Service Officer atau Satker Service Officer.

Peserta pelatihan wajib mengisi data diri pada aplikasi SEMANTIK. Adapun tata cara pengisian SEMANTIK adalah sebagai berikut:

  1. Masuk melalui website SEMANTIK dengan alamat https://www.semantik.bppk.kemenkeu.go.id/student, kemudian klik tombol log in pada pojok kanan atas layar;
  2. Masuk dengan username: NIP dan password: NIP pada layar;
  3. Isi data diri dengan lengkap (jangan ada penyingkatan nama instansi dan diisi dengan lengkap)
  4. Sesuai dgn PER-2/PP/2019, kelengkapan sertifikat diklat pada aplikasi SEMANTIK:

a. Foto Laki-laki:

      • kemeja putih, dasi merah;
      • background merah;
      • tanpa peci/topi;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

b. Foto Perempuan:

      • kemeja putih, dasi merah (jika menggunakan kerundung pendek, tetap menggunakan dasi merah. Jika menggunakan kerudung lebar/panjang, boleh tidak mengggunakan dasi)
      • background merah;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

c. Ukuran softcopy foto 500Kb – 1Mb;

d. Kolom jabatan diisi dengan nama jabatan grading terakhir. Misal Pengelola Data….., Penyaji Data…., Analis Anggaran…., Bendahara Pengeluaran, dll;

e. Mencantumkan no. HP dan Alamat kantor.

5. Klik Menu Pelatihan pada samping beranda, kemudian akan muncul nama Pelatihan, lalu klik gambar print untuk melakukan cetak form e-registrasi.

  1. Pastikan Anda memiliki akun klc.kemenkeu.go.id
  2. Untuk peserta dari Kementerian Keuangan, silahkan klik  login with Kemenkeu-ID dan login dengan username dan password Kemenkeu ID;
  3. Untuk peserta selain Kementerian Keuangan, silahkan klik sign up–isi data diri sesuai yang diminta–klik register–buka inbox/spam email yang didaftarkan–klik link aktivasi (link ini yang berlaku selama 24 jam);
  4. Untuk dapat mengikuti e-learning ini, peserta diharuskan untuk mengajukan aplikasi dengan mengklik tombol Apply for Course (pojok kanan atas di setiap course);
  5. Setelah mendapatkan approval dari Administrator, peserta dapat mengikuti kegiatan pembelajaran yang tersedia dengan klik Start Course;
  6. Perhatikan dan ikuti Petunjuk Teknis Pelaksanaan yang ada pada course ini.

Setelah diapprove oleh admin, ikuti tahap berikut ini.

  1. Klik start course
  2. Membaca Petunjuk Teknis Pelaksanaan (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik start course di bagian bawah)
  3. Membaca dan menyetujui Pernyataan Peserta (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah)
  4. Membaca dan/atau mengunduh materi (bahan tayang/suplemen) (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah)
  5. Mengerjakan POST TEST (dikerjakan dengan nilai minimal 70). Apabila nilai kurang dari 70, silahkan mengulangi mengerjakan dengan klik retake quiz.
  6. Memberikan review course ini dengan cara klik Review Course. Berikan tanda bintang dan masukan Anda.
  7. Mengikuti kelas klasikal di Pusdiklat atau BDK yang telah ditentukan.
  8. Mengerjakan penugasan setelah pelatihan sesuai surat dari DJPb.

Q: Pertanyaan

A: Jawaban

 

1. Q: saya tidak bisa login menggunakan akun Kemenkeu-ID, bagaimana ya?
A: silahkan signup dengan mendaftarkan email pribadi bapak/ibu

2. Q: kenapa saya tidak menemukan course yang saya cari?
A: setelah login di KLC, klik search (gambar kaca pembesar) di kanan atas, ketik nama pelatihan yang akan diikuti, kemudian enter

3. Q: saya sudah login KLC kok belom masuk list terdaftar peserta course ya?
A: artinya belum apply for course, silahkan cari course yang akan diikuti lalu klik apply for course

4. Q: saya kok tidak bisa login kembali ya, padahal beberapa saat lalu bisa masuk KLC?
A : pastikan setelah selesai menggunakan KLC untuk logout aplikasi, bila sudah terlanjur silahkan hubungi admin untuk direset

5. Q: apakah belajar mandiri harus sesuai jadwal yg ada?
A: belajar mandiri sifatnya fleksibel, tetapi harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan.

6. Q: saya kok tidak bisa akses Kegiatan Belajar 2 y?
A: pastikan sudah menyelesaikan kegiatan belajar 1. Untuk lanjut ke unit selanjutnya, klik mark this unit complete-next unit

7. Q: saya lupa username dan password untuk login. Bagaimana ya?
A: silakan hubungi admin yaaa

8. Q: nilai penugasan sumatif saya belum mencapai nilai minimal. Bagaimana ya?
A: silakan dipelajari materinya lalu retake quiz kembali sampai mencapai nilai minimal.


Course Reviews

5

5
5 ratings
  • 5 stars5
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. Bermanfat

    5

    Halaman 6 Materi PMK 178/PMK.05/2018 seharusnya pagu di bawah 2,4M UP 100jt dan pagu di atas 2,4M sampai dengan 6M UP 200jt
    Menarik dan sangat membantu online course ini membantu saya mendapatkan ilmu dan materi dan semoga bermanfaat untuk saya menjalankan tugas ke depan.

  2. [E-LEARNING] Pengantar Treasury Management Representative–Recruitment

    5

    Ada satu materi yang belom nyantel…Penelitian…penjelasannya dicari di google malah bikin bingung… Tapi, secara keseluruhan it’s okay..

  3. Materi sangat padat

    5

    Materinya sangat padat, semoga bisa dilancarkan.

  4. MATERI TENTANG BLU

    5

    Perlu banyak belajar lagi tentang BLU. Semoga nanti di klasikal bisa lebih diperdalam.

  5. Course yang sangat baik

    5

    Coursenya sangat baik materinya juga sangat lengkap namun materinya lumayan padat/banyak, terlebih untuk pegawai yang agak sulit memiliki waktu untuk belajar. Semoga nanti di klasikal dapat lebih diperdalam.

Advanced Course Search Widget