Setup Menus in Admin Panel

e-Learning Latsar CPNS 23-2020

Course e-learning Latsar untuk peserta Latsar CPNS tahun 2020.

Silahkan join grup telegram di tautan https://t.me/Latsar2020

————————————————————————————————————————————

Latsar CPNS Tahun 2020 merupakan pelatihan yang diselenggarakan dengan metode blended learning, yakni kombinasi antara pembelajaran nonklasikal secara mandiri (e-learning) dan pembelajaran klasikal (tatap muka). Proses belajar mandiri secara e-learning dilaksanakan melalui Kemenkeu Learning Center dan pembelajaran klasikal dilaksanakan pada sesi on campus Latsar CPNS.

1 STUDENTS ENROLLED

E-Learning Latsar CPNS pada course ini terdiri dari agenda Nilai-Nilai Dasar PNS serta Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI yang merupakan bagian dari kurikulum Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan Peraturan Lembaga Administasi Negara Nomor 12 Tahun 2018.
Agenda Nilai-Nilai Dasar PNS terdiri dari lima mata pelatihan: Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Antikorupsi. Sementara itu, agenda Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI terdiri dari tiga mata pelatihan: Manajemen ASN, Whole of Government, dan Pelayanan Publik.
Perhatikan jadwal pelaksanaan course dengan saksama. Apabila jadwal pelaksanaan course telah berakhir, course otomatis tidak dapat dibuka lagi dan kuis yang belum dikerjakan akan diberikan nilai nol.

 

 

COURSE INI HANYA DIPERUNTUKAN BAGI PESERTA LATSAR CPNS  KEMENTERIAN KEUANGAN TAHUN 2020.

 

Kurikulum Latsar Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Keuangan mengacu kepada PerLan Nomor 12 Tahun  2018 dengan rincian agenda sebagai berikut:

  1. Agenda Sikap Perilaku Bela Negara
  2. Agenda Nilai-nilai Dasar PNS (diberikan secara Blended Learning)
    1. Akuntabilitas – 3 JP e-Learning, 9 JP Tatap muka
    2. Nasionalisme – 3 JP e-Learning, 9 JP Tatap muka
    3. Etika Publik – 3 JP e-Learning, 9 JP Tatap muka
    4. Komitmen Mutu – 3 JP e-Learning, 9 JP Tatap muka
    5. Anti Korupsi – 3 JP e-Learning, 9 JP Tatap muka
  3. Agenda Kedudukan dan Peran PNS (diberikan secara klasik)
    1. Manajemen ASN – 6 JP
    2. Whole of Government – 6 JP
    3. Pelayanan Publik – 6 JP
  4. Agenda Habituasi
  5. Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT) – diberikan secara Fully e-Learning
    1. Nilai-nilai Kementerian Keuangan – 4 JP
    2. Tugas Pokok, Fungsi, dan Struktur Organisasi Kemenkeu – 4 JP
    3. Tata Naskah Dinas – 8 JP
    4. Manajemen Keuangan Pemerintah – 10 JP
    5. Manajemen Kekayaan Negara – 10 JP

 

E-Learning Latsar CPNS merupakan salah satu komponen penilaian pada aspek Evaluasi Akademik di Latsar CPNS. Evaluasi Akademik terdiri dari tiga komponen penilaian:

  1. Penilaian Kehadiran Peserta (10%)
    1. Kehadiran E-Learning (5%), dihitung berdasarkan banyaknya jumlah unit course yang telah diselesaikan (ditandai dengan menekan tombol “mark this unit complete”). Jumlah unit course pada e-learning Latsar CPNS adalah 23 Nilai dihitung dengan rumus: unit course completed/jumlah unit x 100.
    2. Kehadiran Klasikal (5%), dihitung berdasarkan jumlah kehadiran di kelas saat pembelajaran klasikal untuk mata pelatihan Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, Antikorupsi, Manajemen ASN, Whole of Government, dan Pelayanan Publik.
  2. Penilaian Aktivitas Peserta (20%)
    1. Kuis E-Learning (10%), yaitu nilai rata-rata dari lima kuis pada e-Learning Latsar CPNS: kuis Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Antikorupsi.
    2. Aktivitas Klasikal (10%), yaitu nilai aktivitas di kelas saat pembelajaran klasikal untuk mata pelatihan Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, Antikorupsi, Manajemen ASN, Whole of Government, dan Pelayanan Publik.
  3. Penilaian Hasil Ujian (70%)
    1. Evaluasi Akademik Tipe A (35%), soal dalam bentuk pilihan ganda dan benar/salah yang dilaksanakan pada akhir proses pembelajaran on campus 1 Latsar CPNS. Ujian terdiri dari seratus soal yang mencakup seluruh materi agenda Nilai-Nilai Dasar PNS dan agenda Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI.
    2. Evaluasi Akademik Tipe B (35%), soal dalam bentuk ujian studi kasus yang dilaksanakan pada akhir proses pembelajaran on campus 1 Latsar CPNS. Ujian studi kasus terkait dengan implementasi agenda Nilai-Nilai Dasar PNS dan agenda Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI.

Ketiga komponen penilaian Evaluasi Akademik tersebut akan dikompilasi menjadi nilai akhir aspek Evaluasi Akademik yang akan menentukan kelulusan pada Pelatihan Dasar CPNS. Nilai batas kelulusan aspek Evaluasi Akademik sebagai berikut:

  1. Peserta dinyatakan lulus bila mendapatkan nilai akhir aspek Evaluasi Akademik di atas 70.
  2. Peserta dinyatakan remedial bila mendapatkan nilai akhir aspek Evaluasi Akademik 60,01 s.d. 70.
  3. Peserta dinyatakan tidak lulus bila mendapatkan nilai akhir aspek Evaluasi Akademik ≤ 60.

Course Reviews

N.A

ratings
  • 5 stars0
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0

No Reviews found for this course.

Advanced Course Search Widget