Setup Menus in Admin Panel

E-Learning Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah

25 STUDENTS ENROLLED

 

E-Learning ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada Pegawai Negeri Sipil Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) terkait perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang alokasi dan pengelolaan dana perimbangan dan transfer ke daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam e-learning ini anda akan mempelajari tentang :

  1. Konsep Filosofi Otonomi Daerah dan Desentralisasi Fiskal
  2. Isi Pokok-Pokok Keuangan Negara dan Keuangan Daerah
  3. Pengantar Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
  4. Pengantar Transfer Ke Daerah dan Dana Desa
  5. Prosedur Mekanisme Transfer ke Daerah dan Dana Desa
  6. Pengantar Pembiayaan dan Hibah Daerah
  7. Dana Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan
  8. Sistem Informasi Keuangan Daerah
  9. Pengantar Keuangan Daerah
  10. Isi pokok visi, misi, organisasi, tupoksi dan kode etik

 

PANDUAN REGISTRASI PESERTA

Petunjuk Teknis Pelaksanaan e-learning HKPD

Course Reviews

5

5
6 ratings
  • 5 stars6
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. 5

    soal nya susah. jebakannya banyak Kritik : hanya menjelaskan peraturan mohon ditambahkan Teori-teori desentralisasi. dasar pemikiran. persentase didasarkan atas dasar apa?

  2. Overall sudah bagus

    5

    Overall sudah bagus sebagai pengenalan tentang hubungan keuangan pusat dan daerah, akan lebih baik jika pada saat tatap muka nanti ada studi kasusnya supaya lebih paham mengenai praktik di lapangannya, kemudian akan lebih menarik lagi kalau ada praktik menggunakan aplikasi SIKD dan pemanfaatannya sebagai dasar analisis dalam penyusunan kebijakan.

  3. 5

    Terima kasih atas penyelenggaraan e-Learning HKPD ini, sangat membantu untuk pegawai lebih mudah paham

  4. 5

    diklatnya bagus, materinya komprehensif.. tapi sering kali beberapa materi ada yang diulang-ulang, Secara umum, diklatnya bagus! Terimakasih

  5. 5

    Karena sifat e-learning dalam pelatihan ini adalah pengenalan awal terkait materi yang nanti akan disampaikan dalam tatap muka, mungkin sebaiknya bahan ajar dalam e-learning lebih kepada pengenalan dasar-dasar, urgensi, tujuan. Belum masuk pada tataran proses bisnis yang relatif sulit untuk dipahami terutama bagi unit di luar DJPK. Namun, secara umum konten materi dan quiz sudah cukup baik. Usul jika dimungkinkan, bisa dibuat semacam mindmap sebagai resume per materi. Terima kasih.

Advanced Course Search Widget