Setup Menus in Admin Panel

2019 E-LEARNING EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN

e-Learning Evaluasi Hasil Pembelajaran didesain untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara Kementerian Keuangan, khususnya pegawai Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan dalam melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran.
Program ini dirancang sedemikian rupa untuk membekali para Pegawai Negeri Sipil di lingkungan BPPK agar mampu melaksanakan tugas dan fungsi terkait evaluasi pembelajaran secara efektif. Setelah mengikuti program pembelajaran ini peserta diharapkan dapat melaksanakan seluruh kegiatan evaluasi pembelajaran, baik dari evaluasi reaksi penyelenggaraan dan pengajar, sampai dengan evaluasi dampak pembelajaran sesuai dengan ketentuan Per-5/PP/2017 tentang Pedoman Evaluasi Pembelajaran di Lingkungan Kementerian Keuangan. Selain itu, pegawai juga diharapkan mengetahui best practice pelaksanaan evaluasi pembelajaran, serta dapat mengaplikasikannya pada kegiatan evaluasi pembelajaran di unitnya masing-masing.

e-Learning Evaluasi Hasil Pembelajaran merupakan program pembelajaran yang seluruhnya dilakukan secara online.

33 STUDENTS ENROLLED

Tujuan Program:

e-Learning Evaluasi Hasil Pembelajaran didesain untuk meningkatkan kompetensiAparatur Sipil Negara Kementerian Keuangan, khususnya pegawai Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan dalam melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran.

Programini dirancang sedemikian rupa untuk membekali para Pegawai Negeri Sipil di lingkungan BPPK agar mampu melaksanakan tugas dan fungsi terkait evaluasi pembelajaran secara efektif. Setelah mengikuti program pembelajaran ini peserta diharapkan dapat melaksanakan seluruh kegiatan evaluasi pembelajaran, baik dari evaluasi reaksi penyelenggaraan dan pelatihan, sampai dengan evaluasi dampak pembelajaran sesuai dengan ketentuan Per-5/PP/2017 tentang Pedoman Evaluasi Pembelajaran di Lingkungan Kementerian Keuangan. Selain itu, pegawai juga diharapkan mengetahui best practicepelaksanaan evaluasi pembelajaran, serta dapat mengaplikasikannya pada kegiatan evaluasi pembelajaran di unitnya masing-masing.

e-Learning Evaluasi Hasil Pembelajaranmerupakan program pembelajaran yang seluruhnya dilakukan secara online (full e-learning)

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang akan dicapai:

Memenuhi kebutuhan kompetensi sesuai Hasil AKP Jabatanuntuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi di unit masing-masing.

Sasaran (Target Learners):

Pejabat/pegawai Kementerian Keuangan khususnya BPPK yang bertugas di Bidang Evaluasi dan Pelaporan Kinerja/Bidang Pengelolaan Tes Terpadu/Subbidang Evaluasi dan Pelaporan Kinerja/Seksi Evaluasi dan Informasi.

 

  1. menjelaskan konsep dasar evaluasi hasil pembelajaran dengan baik.
    • menjelaskan konsep dasar evaluasi pembelajaran dengan baik;
    • menjabarkan model-model evaluasi pembelajaran dengan baik;
    • menguraikan evaluasi pembelajaran dan pasca pembelajaran di BPPK Kemenkeu dengan baik.
  2. melakukan evaluasi reaksi penyelenggaraan dan pengajar dengan baik.
    • menjelaskan mekanisme evaluasi penyelenggaraan dan pengajar dengan baik;
    • melakukan pengumpulan data evagara dan evajar secara online dengan tepat;
    • melakukan analisis data dengan metode IPA dengan benar;
    • menyusun rekomendasi perbaikan dengan baik;
    • melakukan pemantauan hasil rekomendasi sesuai ketentuan yang berlaku.
  3. melakukan evaluasi hasil pembelajaran dengan baik;
    • menjelaskan mekanisme evaluasi hasil pembelajaran peserta dengan baik;
    • melakukan validasi soal dengan tepat;
    • menerapkan mekanisme pelaksanaan ujian dengan benar;
    • menganalisis data hasil ujian dengan tepat.
  4. melakukan evaluasi implementasi hasil pembelajaran dengan tepat.
    • mengidentifikasi pelatihan yang dapat dievaluasi implementasi hasil pembelajarannya dengan tepat;
    • menjelaskan mekanisme evaluasi implementasi hasil pembelajaran dengan baik;
    • menginterpretasikan hasil evaluasi implementasi hasil pembelajaran dengan tepat.
  5. mengevaluasi dampak pembelajaran dengan tepat.
    • Mengidentifikasi pelatihan yang dapat dievaluasi dampak pembelajarannya dengan tepat.
    • Menjelaskan mekanisme evaluasi dampak pembelajaran dengan baik.
    • Menginterpretasikan hasil evaluasi dampak pembelajaran dengan tepat.

Administrasi

  • Aparatur Sipli Negara di lingkungan Kementerian Keuangan khususnya BPPK yang bertugas di Bidang Evaluasi dan Pelaporan Kinerja/Bidang Pengelolaan Tes Terpadu/Subbidang Evaluasi dan Pelaporan Kinerja/Seksi Evaluasi dan Informasi;
  • Pangkat/Golongan (minimum) II/a(PengaturMuda);

 

Kompetensi

  • Pendidikan Formal (minimum) Diploma I;
  • Diutamakan yang sudah mengikuti DTSD Pengelolaan Diklat/Diklat Manajemen Diklat/Pelatihan Manajemen Pembelajaran/Penyegaran Manajemen Pembelajaran/Orientasi Manajemen Pembelajaran.

EVALUASI LEVEL 1

Evaluasi penyelenggaraan dan evaluasi pengajar untuk program e-learning yang dilakukan secara online.

EVALUASI LEVEL 2

  1. Progress penyelesaian materi (100%);
  2. Aktivitas peserta berupa nilai penyelesaian quiz dan/atau penyampaian hasil penyelesaian penugasan. Untuk aktivitas berupa penugasan, penyampaian penugasan dilakukan melalui KLC (https://www.klc.kemenkeu.go.id). Sementara itu, untuk aktivitas berupa penyelesaian quiz, nilai quiz untuk Topik yang bersangkutan minimal 60;
  3. Ujian per Topik/Mata Pelajaran (tertulis-online) di setelah sesi topik/mata pelajaran sesuai dengan rundownj adwal

Course Reviews

4.8

4.8
19 ratings
  • 5 stars15
  • 4 stars4
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. Sangat bermanfaat

    5

    terima kasih, sangat bermanfaat

  2. 5

    Asyik banget…apa lagi kalo pas ngerjain quiz

  3. Pelatihan e-Learning yang OKE

    5

    Secara umum BAGUS. Pelatihan yang inovatif. Mungkin forum tanya jawab online (baik lewat KLC maupun Grup WA) saja yang perlu dimaksimalkan.

  4. Berat

    4

    sebelumnya skali ikut e learning, ujian prepost pembelajarannya lebih ringan, skrg ujian per mata pelajaran, ada penugasan, ada webinarnya juga.. lebih berat, mgkn karena baru.. merindukan pelatihan klasikal.. btw makasih atas ilmunya

  5. Kesiapan Webinar

    5

    Agar disediakan waktu khusus (dibebaskan dari penugasan kantor lain) dengan peralatan yang sudah ditetapkan (harus menggunakan webcam dan earphone) sehingga ada keseragaman untuk semua peserta.
    Secara keseluruhan sudah sangat baik, pengajar oke. Grup chat mungkin jangan dibubarkan dulu supaya ada media komunikasi apabila ada pertanyaan seputar evaluasi pembelajaran.

  6. 5

    sudah baik, terus ditingkatkan

  7. 4

    Kualitas Webinar kurang bagus, suara dan video sering putus-putus.
    Materi yang berbentuk PDF bisa diganti dengan rekaman video agar lebih mudah dipelajari dan tidak bosan.

  8. 4

    Kualitas webinar agar ditingkatkan.

  9. 5

    Untuk materi saya rasa perlu divalidasi ulang. Masih ada materi yang kedengaran suara gaduh, ada juga power point yg kurang kalimatnya.
    Tapi saya maklum, karena pasti berkejar-kejaran dengan waktu untuk menyelesaikan materi e-learning yang banyak.
    Semangat untuk e-learning yang lebih baik.
    Terima kasih.

  10. Terima kasih

    5

    sangat membantu memahami peraturan2 yang ada pada bidang evaluasi dan pengaplikasiannya

  11. Tanggapan

    5

    Pengalaman yang luar biasa mengikut e-learning. Berdasarkan pengalaman ada dua hal yang harus disiapkan dengan matang: waktu pada saat webinar dan jaringan internet yang memadai.

  12. 5

    Sangat bermanfaat karena menambah pengetahuan terkait evaluasi pembelajaran. Bahan ajar materi evaluasi dampak pembelajaran agar dapat dibuat lebih detail dan mendalam karena materi tersebut merupakan materi baru sehingga pemahaman peserta dapat lebih mendalam.

  13. Bagus

    5

    Harus bener2 fokus belajarnya

  14. 5

    lebih berat dibanding belajar klasikal, tapi sudah bagus karena ada webbinar walo kadang koneksinya tidak stabil, good job!

  15. keren......

    5

    terima kasih ilmunya….

Apply for Course67 SEATS LEFT
  • UNLIMITED ACCESS
  • 100 SEATS

Advanced Course Search Widget