Setup Menus in Admin Panel

[E-Learning] Bendahara Pengeluaran APBN

E-Learning Bendahara Pengeluaran APBN bertujuan untuk membentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang akan menduduki jabatan Bendahara Pengeluaran atau Bendahara Pengeluaran Pembantu supaya dapat menguraikan tugas bendahara pengeluaran atau bendahara pengeluaran pembantu sesuai peraturan yang berlaku.

157 STUDENTS ENROLLED


  • Tujuan Program

Membentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang akan menduduki jabatan Bendahara Pengeluaran atau Bendahara Pengeluaran Pembantu supaya dapat menguraikan tugas bendahara pengeluaran atau bendahara pengeluaran pembantu sesuai peraturan yang berlaku.

Pelatihan ini menjadi prasyarat untuk mengikuti Pelatihan Persiapan Ujian Bendahara Pengeluaran APBN.

  • Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang akan Dicapai

Tersedianya SDM yang memahami tugas sebagai Bendahara Pengeluaran dan/atau Bendahara Pengeluaran Pembantu

  • Sasaran (Target Learners)

PNS, prajurit TNI, dan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang memenuhi syarat dari sisi pendidikan dan pangkat/golongan untuk diangkat sebagai Bendahara Pengeluaran/Bendahara Pengeluaran Pembantu

  • Persyaratan Adminitrasi
    • PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
    • Pangkat/ Golongan minimal Pengatur Muda Tingkat I (II/b); dan
    • Ditugaskan oleh pimpinan instansi masing-masing.
  • Persyaratan Kompetensi
    • Pendidikan minimal setara SLTA;
    • Bila tidak berasal dari Bagian Keuangan, sebaiknya telah mempelajari materi Pelatihan Pengelolaan Keuangan Satuan Kerja Pemerintah Pusat; dan
    • Menguasai penggunaan aplikasi komputer (setara MS Word, dan MS Excel) tingkat dasar.Menduduki Bendahara Pengeluaran atau Bendahara Pengeluaran Pembantu atau Bendahara Penerimaan yang sudah berstatus BNT (Bendahara Negara Tersertifikasi).

Peserta pelatihan wajib mengisi data diri pada aplikasi SEMANTIK. Adapun tata cara pengisian SEMANTIK adalah sebagai berikut:

  1. Masuk melalui website SEMANTIK dengan alamat https://www.semantik.bppk.kemenkeu.go.id/student, kemudian klik tombol log in pada pojok kanan atas layar;
  2. Masuk dengan username: NIP dan password: NIP pada layar;
  3. Isi data diri dengan lengkap (jangan ada penyingkatan nama instansi dan diisi dengan lengkap)
  4. Sesuai dgn PER-2/PP/2019, kelengkapan sertifikat diklat pada aplikasi SEMANTIK:

a. Foto Laki-laki:

      • kemeja putih, dasi merah;
      • background merah;
      • tanpa peci/topi;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

b. Foto Perempuan:

      • kemeja putih, dasi merah (jika menggunakan kerundung pendek, tetap menggunakan dasi merah. Jika menggunakan kerudung lebar/panjang, boleh tidak mengggunakan dasi)
      • background merah;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

c. Ukuran softcopy foto 500Kb – 1Mb;

d. Kolom jabatan diisi dengan nama jabatan grading terakhir. Misal Pengelola Data….., Penyaji Data…., Analis Anggaran…., Bendahara Pengeluaran, dll;

e. Mencantumkan no. HP dan Alamat kantor.

5. Klik Menu Pelatihan pada samping beranda, kemudian akan muncul nama Pelatihan, lalu klik gambar print untuk melakukan cetak form e-registrasi.

  1. Pastikan Anda memiliki akun klc.kemenkeu.go.id
  2. Untuk peserta dari Kementerian Keuangan, silahkan klik  login with Kemenkeu-ID dan login dengan username dan password Kemenkeu ID;
  3. Untuk peserta selain Kementerian Keuangan, silahkan klik sign up–isi data diri sesuai yang diminta–klik register–buka inbox/spam email yang didaftarkan–klik link aktivasi (link ini yang berlaku selama 24 jam);
  4. Untuk dapat mengikuti e-learning ini, peserta diharuskan untuk mengajukan aplikasi dengan mengklik tombol Apply for Course (pojok kanan atas di setiap course);
  5. Setelah mendapatkan approval dari Administrator, peserta dapat mengikuti kegiatan pembelajaran yang tersedia dengan klik Start Course;
  6. Perhatikan dan ikuti Petunjuk Teknis Pelaksanaan yang ada pada course ini.

Setelah klik start course, peserta wajib:

  1. Membaca Petunjuk Teknis Pelaksanaan (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik start course di bagian bawah)
  2. Membaca dan menyetujui Pernyataan Peserta (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah Pernyataan Peserta)
  3. Mempelajari dan menonton video pembelajaran sampai dengan selesai (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  4. Membaca dan/atau mengunduh materi (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  5. Wajib mengikuti Sesi Synchronus sesuai jadwal yang ditentukan (diperhitungkan kehadirannya)
  6. Mengerjakan Quiz tiap mata pelajaran (dikerjakan dengan nilai minimal 65). Apabila nilai di bawah 65, peserta dapat melakukan retake quiz.
  7. Membaca dan/atau mengunduh materi/literatur lain jika ada (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  8. Memberikan review atas course ini dengan cara klik Review Course. Berikan tanda bintang dan masukan Anda.
  9. Melanjutkan kelas klasikal bagi peserta yang lulus e-learning ini.

Q: Pertanyaan

A: Jawaban

 

1. Q: saya tidak bisa login menggunakan akun Kemenkeu-ID, bagaimana ya?
A: silahkan signup dengan mendaftarkan email pribadi bapak/ibu

2. Q: kenapa saya tidak menemukan course yang saya cari?
A: setelah login di KLC, klik search (gambar kaca pembesar) di kanan atas, ketik nama pelatihan yang akan diikuti, kemudian enter

3. Q: saya sudah login KLC kok belom masuk list terdaftar peserta course ya?
A: artinya belum apply for course, silahkan cari course yang akan diikuti lalu klik apply for course

4. Q: saya kok tidak bisa login kembali ya, padahal beberapa saat lalu bisa masuk KLC?
A : pastikan setelah selesai menggunakan KLC untuk logout aplikasi, bila sudah terlanjur silahkan hubungi admin untuk direset

5. Q: apakah belajar mandiri harus sesuai jadwal yg ada?
A: belajar mandiri sifatnya fleksibel, tetapi harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan.

6. Q: saya kok tidak bisa akses Kegiatan Belajar 2 y?
A: pastikan sudah menyelesaikan kegiatan belajar 1. Untuk lanjut ke unit selanjutnya, klik mark this unit complete-next unit

7. Q: saya lupa username dan password untuk login. Bagaimana ya?
A: silakan hubungi admin yaaa

8. Q: nilai penugasan sumatif saya belum mencapai nilai minimal. Bagaimana ya?
A: silakan dipelajari materinya lalu retake quiz kembali sampai mencapai nilai minimal.


Course Reviews

4.9

4.9
18 ratings
  • 5 stars17
  • 4 stars0
  • 3 stars1
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. Materi E-learning dan WI yang smart2

    5

    materi e-learning sangat bagus, menambah pengetahuan saya mengenai ilmu perbendaharaan, saya lebih mengerti apa itu bendahara pengeluaran, tugas, fungsi dan resiko yang dihadapi bendahara pengeluaran. saya ucapkan terima kasih banyak kepada Para WI Pusdiklat PA semoga makin sukses, dan makin banyak ilmu yang dapat di share ke kami.. terima kasih

  2. Mantap

    5

    Penyampaian materi via video sangat membantu. Terima kasih banyak..

  3. 5

    Sudah sangat baik. Materinya bagus, metode penyampaianya bervariasi dan menarik. Hanya untuk bagian video dirasa bisa lebih interaktif lagi.

  4. Menarik

    5

    Materi yang disampaikan cukup menarik, karena materi dibuat seringkas mungkin sehingga mudah untuk dipahami…

  5. Bagus sekali modul ini menambah efisiensi dan efektifitas diklat. Terima Kasih

    5

    Nice.

  6. E-Learning Bendahara Pengeluaran

    5

    Materi dan videonya sangat ringkas sehingga mudah dipahami

  7. Mantap

    5

    E-Learning Bendahara Pengeluaran APBN, seluruh materinya Mantap. Pengajarnya juga Mantap. Pokoknya semuanya Mantap. Terima kasih.

  8. sangat membantu

    3

    sangat mmbantu

  9. E LEARNING BENDAHARA PENGELUARAN

    5

    Materi yang diberikan sudah sangat baik dan untuk mata pelajaran tertentu seperti UP dan Pembukuan kiranya dapat diberikan materi yang lebih lengkap lagi disertai dengan contoh soal sama seperti materi yang lain Terimakasih

  10. E-Learning Bendahara Pengeluaran APBN

    5

    Sangat bagus dan mudah dipahami, kecuali aplikasi SAS saya belum begitu paham dikarenakan saya langsung menggunakan SAKTI, semoga ilmu yang diberikan dapat selalu bermanfaat. Terima kasih.

  11. Terima Kasih

    5

    Semoga lebih terus uptodate sesuai perkembangan, jaman, prinsipnya mantap, bravo

  12. 5

    tampilan bagus dan mudah dimengerti namun sayang vidio materi tidak bisa di download

  13. Terima Kasih

    5

    Sangat bagus dan mudah dipahami, kecuali aplikasi SAS saya belum begitu paham kalau tidak praktek langsung, semoga ilmu yang diberikan dapat selalu bermanfaat. Terima kasih.

  14. Video mohon bisa di download

    5

    untuk semakin meningkatkan pengetahuan peserta dan memudahkan dalam pembelajaran (serta hemat kuota internet) mohon Video pembelajaran bisa didownload terima kasih

  15. Tugas Bendahara

    5

    materi sudah lengkap dan terinci

Advanced Course Search Widget