Setup Menus in Admin Panel

2019 E-LEARNING BASIC LEARNING DESIGN

e-Learning Basic Learning Design didesain untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Keuangan, terutama widyaiswara/pejabat/pegawai Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), dalam memahami konsep dasar dan proses bisnis terkait penyusunan desain pembelajaran.

e-Learning Basic Learning Design merupakan program pembelajaran yang seluruhnya dilakukan secara online (full e-Learning)

61 STUDENTS ENROLLED

Tujuan Program:

e-Learning Basic Learning Design didesain untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Keuangan, terutama widyaiswara/pejabat/pegawai Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), dalam memahami konsep dasar dan proses bisnis terkait penyusunan desain pembelajaran.

Program ini dirancang sedemikian rupa untuk membekali ASN di lingkungan Kementerian Keuangan, terutama widyaiswara/ pejabat/pegawai di lingkungan BPPK agar mampu menguraikan konsep dasar kurikulum, menerangkan istilah dalam analisis instruksional, dan menjelaskan desain pembelajaran dalam corporate university.

e-Learning Basic Learning Design merupakan program pembelajaran yang seluruhnya dilakukan secara online (full e-Learning)

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang akan dicapai:

Memenuhi kebutuhan kompetensi sesuai Hasil Analisis Kebutuhan Pembelajaran Jabatan untuk menunjang pelaksanaan penyusunan desain pembelajaran. Pelatihan ini dimaksudkan sebagai pengayaan kompetensi pada suatu jabatan tertentu.

Sasaran (Target Learners):

ASN di lingkungan Kementerian Keuangan, terutama widyaiswara/ pejabat/pegawai di lingkungan BPPK yang memerlukan kompetensi terkait penyusunan desain pembelajaran

a) menguraikan konsep dasar kurikulum;

  • menjelaskan pengertian kurikulum;
  • menjelaskan tujuan kurikulum;
  • menjelaskan manfaat kurikulum;
  • menjelaskan tahapan penyusunan kurikulum.

b) menerangkan istilah-istilah yang digunakan di dalam analisis instruksional;

  • menguraikan istilah-istilah di dalam analisis instruksional;
  • menjabarkan konsep taksonomi bloom di dalam penyusunan desain pembelajaran.

c) menjelaskan desain pembelajaran dalam corporate university;

  • menjelaskan manajemen pembelajaran pada Kementerian Keuangan Corporate University dari proses AKP sampai dengan Evaluasi;
  • menjelaskan desain pembelajaran pada Kementerian Keuangan Corporate University;
  • mencontohkan jenis-jenis dokumen instructional system design pada Kemenkeu Corporate University;
  • menerangkan evaluasi pembelajaran pada Kementerian Keuangan Corporate University;
  • menerangkan best practices desain pembelajaran Corporate University.

Administrasi

  1. Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Keuangan (khususnya BPPK) yang ditunjuk/ditugaskan oleh unit yang bersangkutan;
  2. Diutamakan pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan/pengembangan desain pembelajaran sesuai dengan tugas dan fungsinya pada PER-4/PP/2017, diantaranya:
    • Widyaiswara;
    • Pejabat/pegawai Bidang Perencanaan dan Pengembangan Diklat;
    • Pejabat/pegawai Bidang Penyelenggaraan;
    • Pejabat/pegawai Bidang Evaluasi dan Pelaporan Kinerja;
    • dll.

Kompetensi

  1. Pendidikan Formal (minimum) Diploma III;
  2. Sudah mengikuti DTSD Pengelolaan Diklat/Diklat Manajemen Diklat/Pelatihan Manajemen Pembelajaran/Penyegaran Manajemen Pembelajaran/Orientasi Manajemen Pembelajaran;
  3. Diutamakan bagi pegawai yang telah mengikuti Diklat TNA/Pelatihan Analisis Kebutuhan Pembelajaran.

EVALUASI LEVEL 1

Evaluasi penyelenggaraan dan evaluasi pengajar untuk program e-learning yang dilakukan secara online.

EVALUASI LEVEL 2

  1. Progress penyelesaian materi (100%);
  2. Aktivitas peserta berupa nilai penyelesaian quiz dan/atau penyampaian hasil penyelesaian penugasan. Untuk aktivitas berupa penugasan, penyampaian penugasan dilakukan melalui KLC (https://www.klc.kemenkeu.go.id). Sementara itu, untuk aktivitas berupa penyelesaian quiz, nilai quiz untuk Topik yang bersangkutan minimal 60;
  3. Ujian komprehensif setelah seluruh sesi topik Waktu ujian komprehensif dilakukan sesuai dengan rundown.

Ujian komprehensif dilakukan dalam bentuk review produk desain pembelajaran dengan pembobotan sebagai berikut:

Course Reviews

4.8

4.8
32 ratings
  • 5 stars24
  • 4 stars8
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. Wawasan

    5

    Semoga menambah wawasan

  2. bagus dan membantu

    5

    materinya bagus dan interaktif. terima kasih

  3. 4

    Alhamdulillah.. Untuk Tim E-Learning tingkatkan terus.. semoga bermanfaat…

  4. Voice Over

    5

    Voice over pada bahan tayang interaktif di hari ketiga sangat membantu pemahaman materi

  5. Good Job

    5

    Good Job, meskipun ada sedikit keterlambatan materi hari ketiga dan trouble di hari keempat wwaktu ujian komphrehensif.

  6. Tingkatkan lagi kualitas e-learning KLC

    4

    Semoga elearning di KLC bisa lebih baik lagi. Dari sisi aktivitas bisa semakin bervariasi. Dari sisi evaluasi juga tidak melulu multiple choice. Di panduan KLC, disediakan berbagai jenis question yang dapat digunakan untuk variasi bentuk soal.

  7. Alhamdulillah jd lebih paham

    4

    Alhamdulillah

  8. Menarik dan Menantang

    5

    Tiga hari mengikuti pelatihan ini merupakan salah satu periode yang paling menarik dan menantang dalam hidup saya di BPPK

  9. bagus untuk panduan belajar mandiri

    5

    evaluasi pembelajarannya sesuai dengan tujuan pembelajaran, membuat saya benar-benar “belajar”. Bravo!

  10. Pelkaksanaan 2019 E-Learning Basic L:earning Design perlu ditingkatkan dengan memperhatikan kesiapan jaringan dan kendala teknis.

    4

    Good

  11. E-learning Basic Learning Design

    4

    Terima kasih sudah membuat saya faham istilah-istilah kurikulum yang sering diucapkan teman-teman di Renbang

  12. KEREN

    5

    Bisa pelatihan kapan saja dan di mana saja itu memudahkan bagi kita yang mempunyai jadual agak padat.
    Maju terus Pusdiklat KU!

  13. tetap perlu adanya tatap muka

    4

    tetap perlu adanya tatap muka

  14. Desain Pembelajaran

    4

    perlu pendalaman dengan tatap muka lagi

  15. 5

    e- learning memudahkan kita untuk bisa belajar hal baru, sip..

  16. Infrastruktur Harus Makin Baik

    5

    Content/materi pembelajaran disusun dengan sangat baik, rinci, dan komprehensif, Namun, untuk sebuah pembelajaran dengan konsep e-learning, kendala akses, kendala pengisian formulir masih butuh penyempurnaan, agar peserta bisa mengikuti pelatihan dengan baik dan tidak tersendat-sendat, mengingat e-learning dilaksanakan sembari melaksanakan tugas rutin sehari-hari.

  17. Pelatihan yang sangat luar BIASA

    5

    Alur pembelajaran jelas… tingkatkan kualitas bahan ajarnya.. mantapp…

  18. Mantap!

    5

    Semangat selalu, Tim Renbang Pusdiklat KU!

  19. BELAJAR GAK HARUS DI KELAS

    5

    WOW KEREN

  20. MENAMBAH WAWASAN

    5

    Terus ditingkatkan apa yang sudah ada

  21. BAGUS SEKALI

    5

    Diklatnya sangat ok, alangkah baiknya dibuatkan video pembelajaran untuk memudahkan peserta didik memahami materi melalui audio visual

  22. 5

    bagus banget, meskipun sedikit mengganggu jam kerja pegawai. jadi perlu dicari solusi bersama

Apply for Course39 SEATS LEFT
  • UNLIMITED ACCESS
  • 100 SEATS

Advanced Course Search Widget