Setup Menus in Admin Panel

Pelatihan IT Risk Management

Diklat IT Risk Management
Diklat ini merupakan Diklat Teknis Umum (DTU) yang diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap pegawai dalam bidang identifikasi risiko dan pengendalian pada lingkungan sistem berbasis TIK, yang antara lain juga mencakup hal yang penting seperti: Disaster Recovery Planning, dan Business Continuity Planning.

5 STUDENTS ENROLLED

Setelah mengikuti diklat ini, peserta diharapkan mampu ,

  1. menjelaskan konsep dasar Manajemen Risiko TI dengan baik;
  2. menjelaskan tinjauan Best Practices: Standar dan Framework dalam Manajemen Risiko TI dengan baik;
  3. menyusun framework Manajemen Risiko TI Berbasis RISK IT dengan tepat;
  4. menyelesaikan studi kasus terkait risk assessment untuk risiko-risiko level IT Benefit/Value Enablement dengan baik;
  5. menyelesaikan studi kasus terkait risk assessment untuk risiko-risiko level IT Programme/Project Delivery dengan baik;
  6. menyelesaikan studi kasus terkait risk assessment untuk risiko-risiko level IT Operation & Service Delivery (Infrastructure & Facility) dengan baik;
  7. menyelesaikan studi kasus terkait risk assessment untuk risiko-risiko level IT Operation & Service Delivery (Business Applications) dengan baik.

Setelah mengikuti diklat ini, peserta diharapkan mampu

  1. menjelaskan konsep dasar Manajemen Risiko TI dengan baik;
    • menjelaskan pengertian dasar risiko dan risiko TI dengan baik;
    • menjelaskan pengertian dasar manajemen risiko TI dengan baik;
    • menguraikan penghitungan risiko berdasarkan efektifitas kontrol (likelihood) atau frekuensi kejadian;
    • menjelaskan manajemen risiko TI di pemerintahan dengan baik;
    • menjelaskan penerapan PMK Manajemen Risiko di Kementerian Keuangan dalam manajemen risiko TI di pemerintahan dengan tepat.
  2. menjelaskan tinjauan Best Practices: Standar dan Framework dalam Manajemen Risiko TI dengan baik;
    • menjelaskan konsep dasar (overview) ISO 27005 dengan baik;
    • menguraikan overview framework manajemen risiko TI yang diimplementasikan di level negara: Grundschutz, Mehari, Magerit dengan tepat;
    • menjelaskan framework ISACA RISK IT dengan baik;
    • melakukan komparasi (perbandingan) antara framework dengan standar dengan tepat.
  3. menyusun framework Manajemen Risiko TI Berbasis RISK IT dengan tepat;
    • menjelaskan siklus manajemen risiko TI berbasis RISK IT dengan baik;
    • menentukan rating likehood dengan tepat;
    • menentukan impact (konsekuensi) dan ratingnya dengan baik;
    • menentukan risk appetite berdasarkan rating likelihood dan rating impact (konsekuensi) dengan baik.
  4. menyelesaikan studi kasus terkait risk assessment untuk risiko-risiko level IT Benefit/Value Enablement dengan baik;
    • menjelaskan macam-macam IT Risk Scenario yang relevan untuk IT benefit/ Value Enablement dengan tepat;
    • menjelaskan kriteria efektifitas untuk setiap IT Risk Scenario yang relevan untuk IT benefit/ Value Enablement dengan baik;
    • melakukan praktik risk assessment yang relevan untuk IT benefit/ Value Enablement dengan baik.
  5. menyelesaikan studi kasus terkait risk assessment untuk risiko-risiko level IT Programme/Project Delivery dengan baik;
    • menjelaskan macam-macam IT Risk Scenario yang relevan untuk IT programme/ Project Delivery dengan baik;
    • menjelaskan kriteria efektifitas untuk setiap IT Risk Scenario yang relevan untuk IT programme/ Project Delivery dengan tepat;
    • melakukan praktik risk assessment yang relevan untuk IT programme/ Project Delivery dengan baik.
  6. menyelesaikan studi kasus terkait risk assessment untuk risiko-risiko level IT Operation & Service Delivery (Infrastructure & Facility) dengan baik;
    • menjelaskan macam-macam IT Risk Scenario yang relevan untuk IT Operation & Service Delivery (Infrastructure & Facility) dengan baik;
    • menjelaskan kriteria efektifitas untuk setiap IT Risk Scenario yang relevan untuk IT Operation & Service Delivery (Infrastructure & Facility) dengan tepat;
    • melakukan praktik risk assessment yang relevan untuk IT Operation & Service Delivery (Infrastructure & Facility) dengan baik.
  7. menyelesaikan studi kasus terkait risk assessment untuk risiko-risiko level IT Operation & Service Delivery (Business Applications) dengan baik;
    • menjelaskan macam-macam IT Risk Scenario yang relevan untuk IT Operation & Service Delivery (Business Applications) dengan baik;
    • menjelaskan kriteria efektifitas untuk setiap IT Risk Scenario yang relevan untuk IT Operation & Service Delivery (Business Applications) dengan tepat;
    • melakukan praktik risk assessment yang relevan untuk IT Operation & Service Delivery (Business Applications) dengan baik.

  1. Pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan yangditunjuk/ditugaskan oleh unit yang bersangkutan;
  2. Pendidikan Minimal S1;
  3. Golongan Minimal III/a;
  4. Pegawai yang menangani/terkait dengan bidang TIK di unitnya masing-masing.

Evaluasi Peserta (Ada/Tidak)

  1. Catatan: Nilai Penyelesaian Tugas/Aktivitas, Nilai Kehadiran, dan Nilai Pre-test dan Post-test.

Course Reviews

N.A

ratings
  • 5 stars0
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0

No Reviews found for this course.

Apply for Course
  • UNLIMITED ACCESS

Advanced Course Search Widget