Setup Menus in Admin Panel

E-Learning CBT Terintegrasi Penyegaran Bendahara Pengeluaran Angkatan V

Selamat datang di E-Learning CBT Terintegrasi Penyegaran Bendahara Pengeluaran.
Silakan bergabung di grup telegram t.me/sertifBP untuk mendapatkan informasi terbaru.
Setelah mengikuti program pembelajaran ini, peserta diharapkan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang menduduki jabatan Bendahara Pengeluaran atau Bendahara Pengeluaran Pembantu supaya dapat melaksanakan tugas bendahara pengeluaran atau bendahara pengeluaran pembantu sesuai peraturan yang berlaku.
Peserta akan mengikuti kegiatan pembelajaran selama 3 hari.
Selamat belajar.

1 STUDENTS ENROLLED

 

 

20191203 PETUNJUK E-LEARNING PENYEGARAN BENDAHARA PENGELUARAN

Setelah klik start course, peserta wajib:

  1. Silakan bergabung di grup telegram t.me/sertifBP untuk mendapatkan informasi terbaru.
  2. Pastikan Anda memiliki akun klc.kemenkeu.go.id
  3. Untuk peserta dari Kementerian Keuangan, silahkan klik  login with Kemenkeu-ID dan login dengan username dan password Kemenkeu ID;
  4. Untuk peserta selain Kementerian Keuangan, silahkan klik sign up–isi data diri sesuai yang diminta–klik register–buka inbox/spam email yang didaftarkan–klik link aktivasi (link ini yang berlaku selama 24 jam);
  5. Untuk dapat mengikuti e-learning ini, peserta diharuskan untuk mengajukan aplikasi dengan mengklik tombol Apply for Course (pojok kanan atas di setiap course);
  6. Setelah di approve oleh panitia penyelenggaraan, peserta dapat mengikuti kegiatan pembelajaran yang tersedia dengan klik Start Course;
  7. Membaca Petunjuk Teknis Pelaksanaan (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik start course di bagian bawah)
  8. Membaca dan menyetujui Pernyataan Peserta (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah Pernyataan Peserta)
  9. Membaca dan/atau mengunduh materi (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  10. Mengerjakan pre-test (1 kali) dan post-test (bisa retake quiz).
  11. Membaca dan/atau mengunduh materi/literatur lain jika ada (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah)
  12. Memberikan review atas course ini dengan cara klik Review Course. Berikan tanda bintang dan masukan Anda.
  13. Untuk mengecek Badge, silakan masuk ke menu peserta di kanan atas, kemudian klik Dashboard dan pilih menu Profil di kiri. Badge akan terlihat pada menu tersebut.
  14. Silakan peserta melakukan update profil di aplikasi SEMANTIK (petunjuk di tab berikutnya).

Peserta pelatihan wajib mengisi data diri pada aplikasi SEMANTIK. Adapun tata cara pengisian SEMANTIK adalah sebagai berikut:

  1. Masuk melalui website SEMANTIK dengan alamat https://www.semantik.bppk.kemenkeu.go.id/student, kemudian klik tombol log in pada pojok kanan atas layar;
  2. Masuk dengan username: NIP dan password: NIP pada layar;
  3. Isi data diri dengan lengkap (jangan ada penyingkatan nama instansi dan diisi dengan lengkap)
  4. Sesuai dgn PER-2/PP/2019, kelengkapan sertifikat diklat pada aplikasi SEMANTIK:

a. Foto Laki-laki:

      • kemeja putih, dasi merah;
      • background merah;
      • tanpa peci/topi;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

b. Foto Perempuan:

      • kemeja putih, dasi merah (jika menggunakan kerundung pendek, tetap menggunakan dasi merah. Jika menggunakan kerudung lebar/panjang, boleh tidak mengggunakan dasi)
      • background merah;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

 

c. Ukuran softcopy foto 500Kb – 1Mb;

d. Kolom jabatan diisi dengan nama jabatan grading terakhir. Misal Pengelola Data….., Penyaji Data…., Analis Anggaran…., Bendahara Pengeluaran, dll;

e. Mencantumkan no. HP dan Alamat kantor.

 

5. Klik Menu Pelatihan pada samping beranda, kemudian akan muncul nama Pelatihan, lalu klik gambar print untuk melakukan cetak form e-registrasi.

 

Tujuan Program

Setelah mengikuti program pembelajaran ini, peserta diharapkan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang menduduki jabatan Bendahara Pengeluaran atau Bendahara Pengeluaran Pembantu supaya dapat melaksanakan tugas bendahara pengeluaran atau bendahara pengeluaran pembantu sesuai peraturan yang berlaku.

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang Akan Dicapai

Tersedianya Bendahara Pengeluaran dan/atau Bendahara Pengeluaran Pembantu yang kompeten dan mempunyai sertifikat Bendahara (BNT).

Sasaran Peserta (Target Learners)

PNS, prajurit TNI, dan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang menduduki jabatan sebagai Bendahara Pengeluaran/Bendahara Pengeluaran Pembantu.

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu

  1. menguraikan proses pengujian dan pembayaran tagihan atas beban APBN
    • menjelaskan konsep pengujian tagihan atas beban APBN;
    • menguraikan proses pengujian ketepatan klasifikasi anggaran;
    • menguraikan proses pengujian atas tagihan; dan
    • menguraikan proses pengujian dokumen persyaratan administrasi belanja non pegawai.
  2. menguraikan pengelolaan uang persediaan
    • menguraikan pengajuan Uang Persediaan Rupiah Murni (UP RM);
    • menguraikan pengajuan Ganti Uang Persediaan (GUP); dan
    • menguraikan pengajuan Tambahan Uang Persediaan (TUP).
  3. menjelaskan pemotongan dan pemungutan pajak atas pembayaran tagihan belanja negara
    • menjelaskan kewajiban perpajakan bagi bendahara pengeluaran;
    • menjelaskan pemungutan dan pemotongan pajak penghasilan;
    • menjelaskan pemungutan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPN dan PPnBM); dan
    • menjelaskan pengenaan bea materai.
  4. menguraikan pembukuan dan pertanggungjawaban bendahara pengeluaran
    • menjelaskan sistem dan tata cara pembukuan;
    • menguraikan simulasi pembukuan;
    • menjelaskan pembukuan uang muka; dan
    • menguraikan penyusunan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) bendahara pengeluaran.

 

  1. Persyaratan Administrasi
    • PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
    • Pangkat/ Golongan minimal Pengatur Muda I (II/b);
    • Sudah menjabat sebagai Bendahara Pengeluaran atau Bendahara Pengeluaran Pembantu;
    • Ditugaskan oleh pimpinan instansi masing-masing
  2. Persyaratan kompetensi
    • Menguasai penggunaan aplikasi komputer (setara MS Word, dan MS Excel) tingkat dasar
    • Pendidikan minimal setara SLTA; dan

 

Q: Pertanyaan

A: Jawaban

 

1. Q: saya tidak bisa login menggunakan akun Kemenkeu-ID, bagaimana ya?
A: silahkan bapak/ibu mencoba kembali log in.

2. Q: kenapa saya tidak menemukan course yang saya cari?
A: pastikan status bapak/ibu telah log in di KLC. setelah login di KLC, klik search (gambar kaca pembesar) di kanan atas, ketik nama pelatihan yang akan diikuti, kemudian enter

3. Q: saya sudah login KLC kok belom masuk list terdaftar peserta course ya?
A: artinya belum take this course, silahkan cari course yang akan diikuti lalu klik take this course

4. Q: saya kok tidak bisa login kembali ya, padahal beberapa saat lalu bisa masuk KLC?
A : pastikan setelah selesai menggunakan KLC untuk logout aplikasi, bila sudah terlanjur silahkan hubungi admin untuk direset

5. Q: apakah belajar mandiri harus sesuai jadwal yg ada?
A: belajar mandiri sifatnya fleksibel, tetapi harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan.

6. Q: saya kok tidak bisa akses Kegiatan Belajar 2 y?
A: pastikan sudah menyelesaikan kegiatan belajar 1. Untuk lanjut ke unit selanjutnya, klik mark this unit complete-next unit

7. Q: nilai penugasan sumatif saya belum mencapai nilai minimal. Bagaimana ya?
A: silakan dipelajari materinya lalu retake quiz kembali sampai mencapai nilai minimal.


 

 

 

Course Reviews

N.A

ratings
  • 5 stars0
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0

No Reviews found for this course.

Advanced Course Search Widget