Setup Menus in Admin Panel

E-Learning Bendahara Pengeluaran APBN Tahun 2020

E-Learning Bendahara Pengeluaran APBN bertujuan untuk membentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang akan menduduki jabatan Bendahara Pengeluaran atau Bendahara Pengeluaran Pembantu supaya dapat menguraikan tugas bendahara pengeluaran atau bendahara pengeluaran pembantu sesuai peraturan yang berlaku.
Selamat belajar.

159 STUDENTS ENROLLED


  • Tujuan Program

Membentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang akan menduduki jabatan Bendahara Pengeluaran atau Bendahara Pengeluaran Pembantu supaya dapat menguraikan tugas bendahara pengeluaran atau bendahara pengeluaran pembantu sesuai peraturan yang berlaku.

Pelatihan ini menjadi prasyarat untuk mengikuti Pelatihan Persiapan Ujian Bendahara Pengeluaran APBN.

  • Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang akan Dicapai

Tersedianya SDM yang memahami tugas sebagai Bendahara Pengeluaran dan/atau Bendahara Pengeluaran Pembantu

  • Sasaran (Target Learners)

PNS, prajurit TNI, dan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang memenuhi syarat dari sisi pendidikan dan pangkat/golongan untuk diangkat sebagai Bendahara Pengeluaran/Bendahara Pengeluaran Pembantu

  • Persyaratan Adminitrasi
    • PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
    • Pangkat/ Golongan minimal Pengatur Muda Tingkat I (II/b); dan
    • Ditugaskan oleh pimpinan instansi masing-masing.
  • Persyaratan Kompetensi
    • Pendidikan minimal setara SLTA;
    • Bila tidak berasal dari Bagian Keuangan, sebaiknya telah mempelajari materi Pelatihan Pengelolaan Keuangan Satuan Kerja Pemerintah Pusat; dan
    • Menguasai penggunaan aplikasi komputer (setara MS Word, dan MS Excel) tingkat dasar.Menduduki Bendahara Pengeluaran atau Bendahara Pengeluaran Pembantu atau Bendahara Penerimaan yang sudah berstatus BNT (Bendahara Negara Tersertifikasi).

Peserta pelatihan wajib mengisi data diri pada aplikasi SEMANTIK. Adapun tata cara pengisian SEMANTIK adalah sebagai berikut:

  1. Masuk melalui website SEMANTIK dengan alamat https://www.semantik.bppk.kemenkeu.go.id/student, kemudian klik tombol log in pada pojok kanan atas layar;
  2. Masuk dengan username: NIP dan password: NIP pada layar;
  3. Isi data diri dengan lengkap (jangan ada penyingkatan nama instansi dan diisi dengan lengkap)
  4. Sesuai dgn PER-2/PP/2019, kelengkapan sertifikat diklat pada aplikasi SEMANTIK:

a. Foto Laki-laki:

      • kemeja putih, dasi merah;
      • background merah;
      • tanpa peci/topi;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

b. Foto Perempuan:

      • kemeja putih, dasi merah (jika menggunakan kerundung pendek, tetap menggunakan dasi merah. Jika menggunakan kerudung lebar/panjang, boleh tidak mengggunakan dasi)
      • background merah;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

c. Ukuran softcopy foto 500Kb – 1Mb;

d. Kolom jabatan diisi dengan nama jabatan grading terakhir. Misal Pengelola Data….., Penyaji Data…., Analis Anggaran…., Bendahara Pengeluaran, dll;

e. Mencantumkan no. HP dan Alamat kantor.

5. Klik Menu Pelatihan pada samping beranda, kemudian akan muncul nama Pelatihan, lalu klik gambar print untuk melakukan cetak form e-registrasi.

  1. Pastikan Anda memiliki akun klc.kemenkeu.go.id
  2. Untuk peserta dari Kementerian Keuangan, silahkan klik  login with Kemenkeu-ID dan login dengan username dan password Kemenkeu ID;
  3. Untuk peserta selain Kementerian Keuangan, silahkan klik sign up–isi data diri sesuai yang diminta–klik register–buka inbox/spam email yang didaftarkan–klik link aktivasi (link ini yang berlaku selama 24 jam);
  4. Untuk dapat mengikuti e-learning ini, peserta diharuskan untuk mengajukan aplikasi dengan mengklik tombol Apply for Course (pojok kanan atas di setiap course);
  5. Setelah mendapatkan approval dari Administrator, peserta dapat mengikuti kegiatan pembelajaran yang tersedia dengan klik Start Course;
  6. Perhatikan dan ikuti Petunjuk Teknis Pelaksanaan yang ada pada course ini.

Setelah klik start course, peserta wajib:

  1. Membaca Petunjuk Teknis Pelaksanaan (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik start course di bagian bawah)
  2. Membaca dan menyetujui Pernyataan Peserta (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah Pernyataan Peserta)
  3. Mempelajari dan menonton video pembelajaran sampai dengan selesai (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  4. Membaca dan/atau mengunduh materi (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  5. Wajib mengikuti Sesi Synchronus sesuai jadwal yang ditentukan (diperhitungkan kehadirannya)
  6. Mengerjakan Quiz tiap mata pelajaran (dikerjakan dengan nilai minimal 65). Apabila nilai di bawah 65, peserta dapat melakukan retake quiz.
  7. Membaca dan/atau mengunduh materi/literatur lain jika ada (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  8. Memberikan review atas course ini dengan cara klik Review Course. Berikan tanda bintang dan masukan Anda.
  9. Melanjutkan kelas klasikal bagi peserta yang lulus e-learning ini.

Q: Pertanyaan

A: Jawaban

 

1. Q: saya tidak bisa login menggunakan akun Kemenkeu-ID, bagaimana ya?
A: silahkan signup dengan mendaftarkan email pribadi bapak/ibu

2. Q: kenapa saya tidak menemukan course yang saya cari?
A: setelah login di KLC, klik search (gambar kaca pembesar) di kanan atas, ketik nama pelatihan yang akan diikuti, kemudian enter

3. Q: saya sudah login KLC kok belom masuk list terdaftar peserta course ya?
A: artinya belum apply for course, silahkan cari course yang akan diikuti lalu klik apply for course

4. Q: saya kok tidak bisa login kembali ya, padahal beberapa saat lalu bisa masuk KLC?
A : pastikan setelah selesai menggunakan KLC untuk logout aplikasi, bila sudah terlanjur silahkan hubungi admin untuk direset

5. Q: apakah belajar mandiri harus sesuai jadwal yg ada?
A: belajar mandiri sifatnya fleksibel, tetapi harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan.

6. Q: saya kok tidak bisa akses Kegiatan Belajar 2 y?
A: pastikan sudah menyelesaikan kegiatan belajar 1. Untuk lanjut ke unit selanjutnya, klik mark this unit complete-next unit

7. Q: saya lupa username dan password untuk login. Bagaimana ya?
A: silakan hubungi admin yaaa

8. Q: nilai penugasan sumatif saya belum mencapai nilai minimal. Bagaimana ya?
A: silakan dipelajari materinya lalu retake quiz kembali sampai mencapai nilai minimal.


Course Reviews

4.7

4.7
31 ratings
  • 5 stars24
  • 4 stars6
  • 3 stars1
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. Pengalaman Pembelajaran E-Learning Bendahara Pengeluaran Angkatan I 2020

    5

    Pembelajaran E-Learning Bendahara Pengeluaran sangat menarik dan mudah dimengerti, materinya sangat menarik dikemas dalam bentuk video dan modul, penjelasannya mudah dimengerti. Sebagai saran, mungkin modul dapat dibuat dengan bahasa yang mudah dimengerti agar semakin meningkatkan pemahaman peserta diklat.

  2. overall good

    4

    perbaikan di segi video

  3. Just so so

    3

    Synchronize sangat tidak tepat jika dilakukan saat jam kerja karena bisa saja ketika jam nya tiba peserta sedang sibuk pelayanan penyuluhan dan hal penting lainnya sehingga tidak bisa mengikutinya.

  4. Bendahara Pengeluaran APBN Tahun 2020

    5

    Sangat bagus untuk pemanasan sebelum memasuki klasikal, ada sedikit gambaran mengenai Bendahara Pengeluaran APBN.

  5. Sesi Sinkron harap disempurnakan

    5

    Kehadiran Peserta juga harus disertai kehadiran pengajar. dan harus disertai dengan cara berkomunikasi yang baik. seharusnya tetap ada clasicall meeting untuk menampung sharing pengalaman peserta lain, bisa difasilitasi dengan vicon via aplikasi gratis

  6. Perbaikan Web KLC Ketika Kuis

    5

    Materi berkualitas dan mudah dipahami. Slide dan modul bagus serta kualitas video juga sudah baik. Kedepannya sistem KLC agar disempurnakan agar tidak ada lagi trouble ketika mengerjakan kuis.

  7. Diklat E-Learning Bendahara Pengeluaran 2020

    5

    Diklat yang menarik

  8. Cukup Baik

    5

    Banyak kendala saat mengakses website KLC pada jam kerja. Terutama saat quiz, beberapa kali harus retake karena quiz tidak tersubmit dengan baik serta loading pertanyaan yang sangat lama. Mohon lebih ditingkatkan. Terima kasih.

  9. Overall: Good!

    5

    Video dan slide sudah sangat baik. modul sebenernya oke, mungkin bisa diberi penjelasan dan contoh sehingga yang bukan dari bagian keuangan/bendahara bisa lebih paham/mengerti dengan cepat. Dan Web KLC-nya hmmmmmmmmmmmm. semoga dapat ditingkatkan lagi ke depannya agar tidak trouble dan lemot. Gracias!

  10. Bagus, mudah dipahami dan dimengerti

    5

    Bagus, mudah dipahami dan dimengerti

  11. Terima kasih

    4

    Terima kasih ilmunya semoga bermanfaat

  12. Pelatihan yang menantang

    5

    Pelatihan yang menantang, menarik untuk diikuti dengan penyajian yang rapi dan konten yang berurutan dengan baik. namun sekiranya perlu sedikit perbaiakan berkaian sinkronisasi antara vide0 pembelajaran, bahan ajar dan peraturan yang masih berlaku. Secara garis besar sangat direkomendasikan untuk mengikuti e-learning ini.

  13. Materi Bagus

    5

    saya senang dengan materi yang diberikan, cukup banyak dan mudah dipahami dari segi bahasa.. selain itu modul bisa didownload dan satu modul halamannya tidak banyak, jadi saya lebih bersemangat dalam membaca.. namun, saya menyadari modul tersebut masih bisa ditambah lagi isinya setelah mengerjakan kuis, ada beberapa pertanyaan yang jawabannya tidak ada di modul, walaupun hanya sedikit.. untuk sesi sychronous, sepertinya cukup baik untuk dilakukan bila ada hal-hal yang tidak diketahui.. tapi sepertinya jika ditaruh setelah kuis, lebih baik… untuk video, enak dilihat, pencahayaan pas, ekspresi widyaiswara ada yang tersenyum dan berbinar2, membuat saya senang menontonnya…

  14. PLIS BACA

    4

    modul nya oke tapi di kuis ada yang ga sesuai ama yg di modul jawabannya

  15. MANTAP

    5

    Terima kasih pengajar dan tim.

  16. TERIMA KASIH

    5

    Terima kasih panita, materi sudah cukup jelas, tidak ada pertanyaan.

  17. MANJIIWWW

    5

    Bahan tayang bagus, video menarik, terimakasih pengajar dan bppk.

  18. Mantap Mantab

    5

    Materi yang diberikan enak untuk dipelajari dan dipahami, hanya saja………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….. Waktu buat Synchronize nya itu tidak pas banget

Advanced Course Search Widget