Setup Menus in Admin Panel

E-Learning Verifikasi Tagihan Belanja Barang Non Pegawai

Selamat datang peserta E-Learning Verifikasi Tagihan Belanja Barang Non Pegawai.
Setelah mengikuti program pembelajaran ini, peserta diharapkan mampu melakukan verifikasi tagihan belanja barang non pegawai sesuai peraturan yang berlaku.
Proses pembelajaran e-learning akan dilaksanakan dalam 3 hari.
Selamat belajar.

110 STUDENTS ENROLLED


Tujuan Program

Setelah mengikuti program pembelajaran ini, peserta diharapkan mampu melakukan verifikasi tagihan belanja barang non pegawai sesuai peraturan yang berlaku.

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang Akan Dicapai

Tersedianya pejabat/pegawai pengelola keuangan yang mampu melakukan verifikasi tagihan belanja barang non pegawai sesuai peraturan yang berlaku.

Sasaran Peserta (Target Learners)

Pengelola Keuangan pada satuan kerja di lingkungan Kementerian/Lembaga.

Setelah mengikuti e-learning ini, peserta diharapkan mampu

  1. Melakukan verifikasi tagihan belanja barang non pegawai sesuai aturan yang berlaku
    • menjelaskan alur dan tanggungjawab pengujian belanja; dan
    • melakukan pengujian belanja barang non pegawai pada PPSPM.

  1. Persyaratan Adminitrasi
  • Pangkat/Golongan minimal Pengatur (II/c); dan
  • Ditugaskan oleh pimpinan instansi masing-masing.

2. Persyaratan Kompetensi

  • Pendidikan minimal DIII;
  • Diutamakan bertugas sebagai pengelola keuangan pada satuan kerja di lingkungan Kementerian/Lembaga.

  1. Pastikan Anda memiliki akun klc.kemenkeu.go.id
  2. Untuk peserta dari Kementerian Keuangan, silahkan klik  login with Kemenkeu-ID dan login dengan username dan password Kemenkeu ID;
  3. Untuk peserta selain Kementerian Keuangan, silahkan klik sign up–isi data diri sesuai yang diminta–klik register–buka inbox/spam email yang didaftarkan–klik link aktivasi (link ini yang berlaku selama 24 jam);
  4. Untuk dapat mengikuti e-learning ini, peserta diharuskan untuk mengajukan aplikasi dengan mengklik tombol Apply for Course (pojok kanan atas di setiap course);
  5. Setelah diapprove oleh panitia, peserta dapat mengikuti kegiatan pembelajaran yang tersedia dengan klik Start Course;
  6. Perhatikan dan ikuti Petunjuk Teknis Pelaksanaan yang ada pada course ini.

Setelah klik start course, peserta wajib:

  1. Membaca Petunjuk Teknis Pelaksanaan (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik start course di bagian bawah)
  2. Membaca dan menyetujui Pernyataan Peserta (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah Pernyataan Peserta)
  3. Mempelajari dan menonton video pembelajaran sampai dengan selesai (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  4. Membaca dan/atau mengunduh materi (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  5. Mengerjakan Quiz tiap mata pelajaran. Apabila nilai yang diperoleh peserta kurang dari nilai minimal yang dipersyaratkan untuk melanjutkan ke unit berikutnya (minimal 60), peserta dapat melakukan retake quiz.
  6. Membaca dan/atau mengunduh materi/literatur lain jika ada (untuk lanjut ke unit selanjutnya klik mark this unit complete–next unit di bagian bawah video)
  7. Memberikan review atas course ini dengan cara klik Review Course. Berikan tanda bintang dan masukan Anda.

Peserta pelatihan wajib mengisi data diri pada aplikasi SEMANTIK. Adapun tata cara pengisian SEMANTIK adalah sebagai berikut:

  1. Masuk melalui website SEMANTIK dengan alamat https://www.semantik.bppk.kemenkeu.go.id/student, kemudian klik tombol log in pada pojok kanan atas layar;
  2. Masuk dengan username: NIP dan password: NIP pada layar;
  3. Isi data diri dengan lengkap (jangan ada penyingkatan nama instansi dan diisi dengan lengkap)
  4. Sesuai dgn PER-2/PP/2019, kelengkapan sertifikat diklat pada aplikasi SEMANTIK:

a. Foto Laki-laki:

      • kemeja putih, dasi merah;
      • background merah;
      • tanpa peci/topi;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

b. Foto Perempuan:

      • kemeja putih, dasi merah (jika menggunakan kerundung pendek, tetap menggunakan dasi merah. Jika menggunakan kerudung lebar/panjang, boleh tidak mengggunakan dasi)
      • background merah;
      • posisi badan tegak, pandangan lurus, bukan foto menyamping;

 

c. Ukuran softcopy foto 500Kb – 1Mb;

d. Kolom jabatan diisi dengan nama jabatan grading terakhir. Misal Pengelola Data….., Penyaji Data…., Analis Anggaran…., Bendahara Pengeluaran, dll;

e. Mencantumkan no. HP dan Alamat kantor.

 

5. Klik Menu Pelatihan pada samping beranda, kemudian akan muncul nama Pelatihan, lalu klik gambar print untuk melakukan cetak form e-registrasi.

 

Q: Pertanyaan

A: Jawaban

 

1. Q: saya tidak bisa login menggunakan akun Kemenkeu-ID, bagaimana ya?
A: silahkan bapak/ibu mencoba kembali log in.

2. Q: kenapa saya tidak menemukan course yang saya cari?
A: pastikan status bapak/ibu telah log in di KLC. setelah login di KLC, klik search (gambar kaca pembesar) di kanan atas, ketik nama pelatihan yang akan diikuti, kemudian enter

3. Q: saya sudah login KLC kok belom masuk list terdaftar peserta course ya?
A: artinya belum take this course, silahkan cari course yang akan diikuti lalu klik take this course

4. Q: saya kok tidak bisa login kembali ya, padahal beberapa saat lalu bisa masuk KLC?
A : pastikan setelah selesai menggunakan KLC untuk logout aplikasi, bila sudah terlanjur silahkan hubungi admin untuk direset

5. Q: apakah belajar mandiri harus sesuai jadwal yg ada?
A: belajar mandiri sifatnya fleksibel, tetapi harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan.

6. Q: saya kok tidak bisa akses Kegiatan Belajar 2 y?
A: pastikan sudah menyelesaikan kegiatan belajar 1. Untuk lanjut ke unit selanjutnya, klik mark this unit complete-next unit

7. Q: nilai penugasan sumatif saya belum mencapai nilai minimal. Bagaimana ya?
A: silakan dipelajari materinya lalu retake quiz kembali sampai mencapai nilai minimal.


 

 

Course Reviews

4.5

4.5
22 ratings
  • 5 stars18
  • 4 stars2
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars2
  1. Materinya Mantaaap

    5

    Saya sebagai pegawai yang baru menjabat sebagai PPSPM merasa sangat terbantu dengan adanya E-Learning ini sehingga dapat membantu saya memahami secara detail tugas dan fungsi PPSPM… terima kasih.

  2. BERMANFAAT

    5

    mungkin beberapa jawaban perlu dikonfirmasi

  3. 5

    Sangat bermanfaat untuk pekerjaan sehari-hari

  4. Menambah Pengetahuan.

    5

    Menambah pengetahuan pengelola keuangan.

  5. 1

    Waktu mengerjakan 3 hari terlalu singkat dan menurut kami timingnya kurang tepat karena saat ini sedang ramai-ramainya tagihan akhir tahun. Pemberitahuan kepada peserta juga mepet dan tidak semua peserta dimasukkan ke grup whatsapp yang dibuat oleh penyelenggara. Bagian kepegawaian kami juga tidak mengetahui adanya grup whatsapp tsb. Artinya, koordinasi kurang. Permintaan untuk menambahkan anggota ke grup juga tidak ditanggapi dengan sigap. Semoga semua ini dapat diperbaiki ke depannya. Karena materi kursus sangar-sangat bagus untuk menambah wawasan penguji tagihan, pengelola keuangan, bahkan pegawai kementerian pada umumnya.

  6. bermanfaat ya

    5

    Bermanfaat bagi penguji tagihan, ada baiknya kunci jawaban quiz diberikan setelah quiz diselesaikan agar saya tahu salahnya dimana

  7. kewajiban menonton video sampai selesai agar ditiadakan

    5

    ada kewajiban menonton video secara on line sampai selesai, baru dapat mengerjakan quis. padahal saya sudah download semua videonya. alhasil, harus menonton videonya 2 kali. mohon kewajiban menonton video dapat dihilangkan. selain hal di atas, materinya sudah cukup komprehensip. terima kasih atas ilmunya, Bp. Dwi Ari Wibawa dan tim pusdiklat AP.

  8. mudah dipahami

    5

    materi yg diberikan sangat penting dan mudah dipahami

  9. 5

    Mudah dipahami, diklat dengan rileks, dijamin tidak ngantuk.. 🙂

  10. keren

    5

    terima kasih atas video pembelajarannya

  11. Penyelenggaraan

    1

    Waktu yang kurang tepat dan pemberitahuan yang mendadak sehingga penyulitkan peserta yang sedang ada penugasan/kepentingan lain, sehingga tidak semua peserta ready untuk mengikuti E laerning ini

  12. review

    5

    butuh tatap muka dan diskusi

  13. SANGAT BERMANFAAT

    5

    Materi ini sangat bermanfaat dan sangat membantu tugas sebagai PPSPM

  14. Sinkronisasi antara Slide dengan Video

    4

    Perlu melakukan sinkronisasi/penyesuaian antara slide yang diunduh dengan video karena didapati ada pembahasan yang lebih lengkap di slide, sementara di video tidak disinggung. Namun sebaliknya, ada juga pembahasan yang justru lebih lengkap di video, sementara di slide tidak disebutkan. Secara keseluruhan, sudah baik. Terima kasih atas ilmu yang telah diberikan

Advanced Course Search Widget