Setup Menus in Admin Panel

2020 Pelatihan Penyusunan Rencana Strategis Angkatan I

Halo Sobat Pembelajar.
Selamat Datang di Sesi Studi Mandiri Pelatihan Penyusunan Rencana Strategis.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Keuangan dalam menyusun konsep rencana strategis organisasi/satuan kerja untuk periode 2020-2024.

Penjelasan lebih lengkap mengenai pelatihan ini, bisa sobat dapatkan dengan klik tab-tab di bawah ini ya.

32 STUDENTS ENROLLED

Tujuan Program:

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Keuangan dalam menyusun konsep rencana strategis organisasi/satuan kerja untuk periode 2020-2024.

Desain pembelajaran dibuat sedemikian rupa agar peserta memiliki kompetensi terkait dasar-dasar manajemen strategis, sistem perencanaan pembangunan nasional, alur proses penyusunan renstra Kementerian Keuangan, metode penyusunan visi dan misi organisasi sektor publik, analisis strategi dan resources management sehingga mampu melakukan penyusunan konsep rencana strategis organisasi/satuan kerja.

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang akan dicapai:

Pada Tahun 2019, pelatihan ini dimaksudkan untuk memenuhi hasil Analisis Kebutuhan Pembelajaran (AKP) Strategis unit Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) untuk mendukung terwujudnya organisasi yang fit for purpose di Kementerian Keuangan, terutama dalam menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menyusun konsep Rencana Strategis organisasi untuk periode 2020-2024.

Pada Tahun 2020, hasil AKP menunjukkan bahwa program pembelajaran ini diperlukan untuk memenuhi hasil AKP Jabatan, khususnya pengayaan pada jabatan-jabatan berikut:

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara:

  • Bagian Organisasi dan Kepatuhan Internal
  • Subbagian Tata Usaha Direktorat (Kantor Pusat)
  • Seksi Kepatuhan Internal

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko:

  • Pegawai pada Bagian Organisasi, Tata Laksana dan Layanan Informasi

Sekretariat Jenderal:

  • Kepala Divisi Perencanaan dan Pengembangan Layanan pada Lembaga Pengelola Dana Pendidikan
  • Kepala Subbidang Perencanaan Strategis TIK, Fungsional Tertentu Subbidang Perencanaan Strategis (Pranata Komputer), dan Pelaksana Subbidang Perencanaan Strategis pada Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan

Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan:

  • Auditor Inspektorat VII

Sasaran (Target Learners):

Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Keuangan yang memerlukan kompetensi terkait penyusunan rencana strategis

a.   menjelaskan dasar-dasar manajemen strategis;

  • menerangkan dasar-dasar Manajemen Strategis (Strategy Formulation, Strategy Mapping, Organizational Alignment, Operational Execution, dan Monitoring and Realigning).

b.   menjelaskan sistem perencanaan pembangunan nasional;

  • mengetahui dasar hukum sistem perencanaan pembangunan nasional;
  • menjelaskan keterkaitan antar dokumen perencanaan dan kinerja;
  • menjelaskan struktur rencana strategis Kementerian/Lembaga dan metode evaluasi rencana strategis Kementerian/Lembaga.

c.   menjelaskan alur proses penyusunan rencana strategis Kementerian Keuangan;

  • menjelaskan proses dan metode penyusunan rencana strategis Kementerian Keuangan (Resource Forum, Alignment Nawacita s.d. dokumen perencanaan, penganggaran, dan kinerja Kementerian Keuangan, Urgensi penyusunan Renstra Unit Eselon 1 s.d. Satker).

d.   menyusun visi dan misi organisasi sektor publik;

  • menjelaskan pengertian visi dan misi organisasi;
  • menjelaskan urgensi penyusunan visi dan misi bagi sebuah organisasi sektor publik;
  • menjelaskan metode penyusunan visi dan misi pada organisasi sektor publik;
  • melakukan simulasi penyusunan visi misi organisasi unit eselon I Kementerian Keuangan (misal: BPPK) secara group discussion.

e.   melakukan analisis strategi pada organisasi;

  • menjelaskan pengertian analisis strategi;
  • menjelaskan urgensi analisis strategi;
  • menjelaskan metode-metode implementasi analisis strategi;
  • melakukan simulasi identifikasi analisis strategi pada unit eselon I Kementerian Keuangan (misal: BPPK) secara group discussion.

f.    menguraikan manajemen sumber daya (Resources Management);

  • menjelaskan metode penyusunan kerangka regulasi dan kerangka kelembagaan;
  • menjelaskan metode penyusunan target kinerja dan alokasi pendanaan pada Renstra Kementerian/Lembaga.

g.   melakukan simulasi penyusunan visi, misi dan analisis strategi pada unit eselon I Kementerian Keuangan.

  • melakukan Pleno Discussion untuk penyusunan visi, misi dan analisis strategi pada unit eselon I Kementerian Keuangan (misal: BPPK).

Administrasi

  • Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Keuangan, yang ditunjuk/ditugaskan oleh unit yang bersangkutan;
  • Pangkat/golongan minimal Pengatur/ II/c;
  • Diutamakan pejabat/pegawai yang akan ditugaskan untuk menyusun rencana strategis organisasi di unit masing-masing;
  • Memiliki pengalaman kerja di bidang perencanaan, keuangan dan kinerja.

Kompetensi

  • Pendidikan minimal Diploma III.

EVALUASI LEVEL 1

Evaluasi Penyelenggaraan Tertulis dan Evaluasi Tatap Muka serta Evaluasi Pengajar Tertulis/Online

EVALUASI LEVEL 2

Pre-Test dan Post-Test

Course Reviews

4.7

4.7
3 ratings
  • 5 stars2
  • 4 stars1
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. Bagus!

    5

    Sangat bagus dan menyenangkan, menambah pengetahuan tentang penyusunan renstra. Terima kasih.

  2. efektif

    4

    materi peraturan dibuat dalam bentuk video atau ppt yang menarik dong..

  3. Mantap

    5

    Berharap ada kuis guna review setiap materi dan materi disusun dalam penyajian berbeda mungkin video guna tidak jenuh membaca

Advanced Course Search Widget