Setup Menus in Admin Panel

2019 Pelatihan Penyegaran Manajemen Pembelajaran

33 STUDENTS ENROLLED

Tujuan Program:

Pelatihan ini bertujuan memberikan penyegaran kepada para pegawai BPPK terkait proses bisnis manajemen pembelajaran sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing dalam manajemen pembelajaran untuk mendukung tercapainya visi, misi, tujuan, sasaran, kebijakan, dan prioritas kegiatan BPPK.

Desain pelatihan dikhususkan bagi pegawai BPPK yang sudah memiliki pengalaman yang cukup terkait proses bisnis manajemen pembelajaran di BPPK (masa kerja di Pusdiklat ≥ 3 tahun).

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang akan dicapai:

Memenuhi Kebutuhan Kompetensi Jabatan sesuai Hasil AKP Jabatan.

Sasaran (Target Learners):

Wajib bagi pejabat/pegawai BPPK yang belum pernah mengikuti Diklat Manajemen Diklat atau Orientasi/Pelatihan Manajemen Pembelajaran dengan masa kerja di Pusdiklat ≥ 3 tahun.

Opsional bagi pejabat/pegawai yang pernah mengikuti Diklat Manajemen Diklat atau Orientasi/Pelatihan Manajemen Pembelajaran namun memerlukan penyegaran terkait manajemen pembelajaran di BPPK.

a. Menjelaskan struktur, tugas, dan fungsi BPPK;

  • menjelaskan dasar hukum kediklatan/manajemen pembelajaran;
  • menjelaskan tentang tugas dan fungsi Kementerian Keuangan;
  • menjelaskan visi dan misi BPPK;
  • menjelaskan kedudukan, tugas, dan fungsi BPPK:
  • menguraikan struktur organisasi BPPK;
  • mendeskripsikan Kementerian Keuangan Corporate University (proses bisnis, House of Kementerian Keuangan Corporate University, dan hal-hal lainnya terkait Kementerian Keuangan Corporate University);

b. Menerangkan proses bisnis dalam perencanaan dan pengembangan pembelajaran;

  • menguraikan siklus pembelajaran;
  • menjabarkan proses bisnis dan administrasi Analisis Kebutuhan Pembelajaran (AKP);
  • menjelaskan proses bisnis dan administrasi penyusunan program pembelajaran;
  • menjelaskan proses bisnis dan administrasi penyusunan desain pembelajaran;
  • mendeskripsikan proses bisnis dan administrasi pengembangan materi pembelajaran;
  • mendeskripsikan proses bisnis dan administrasi pengelolaan tenaga pengajar;
  • melakukan simulasi penggunaan aplikasi SEMANTIK dalam proses bisnis perencanaan dan pengembangan pembelajaran;

c. Mendeskripsikan proses bisnis dalam penyelenggaraan pembelajaran;

  • menjelaskan konsep penyelenggaraan pembelajaran;
  • menguraikan proses bisnis dan administrasi untuk persiapan penyelenggaraan pembelajaran;
  • menguraikan proses bisnis dan administrasi untuk penyelenggaraan pembelajaran;
  • mendeskripsikan pengelolaan action learning;
  • melakukan simulasi penggunaan aplikasi SEMANTIK dalam proses bisnis penyelenggaraan pembelajaran;

d. Menguraikan proses bisnis dalam evaluasi pembelajaran;

  • menjelaskan ruang lingkup dan aspek evaluasi pembelajaran;
  • menguraikan proses bisnis dan administrasi evaluasi pengajar dan penyelenggaraan;
  • menguraikan proses bisnis dan administrasi evaluasi hasil pembelajaran serta mekanisme validasi soal;
  • menguraikan proses bisnis dan administrasi rekomendasi perbaikan;
  • menguraikan proses bisnis dan administrasi laporan penyelenggaraan pembelajaran;
  • menguraikan proses bisnis dan administrasi evaluasi implementasi hasil pembelajaran;
  • melakukan simulasi penggunaan aplikasi SEMANTIK dalam proses bisnis evaluasi pembelajaran;

e. menjelaskan dukungan tata usaha dalam proses pembelajaran;

  • menjelaskan konsep smart classroom;
  • menguraikan dukungan Bagian Tata Usaha dalam proses pembelajaran.

Administrasi

  1. Pegawai di lingkungan BPPK yang ditugaskan;
  2. Masa kerja di Pusdiklat ≥ 3 tahun atau direkomendasikan oleh pimpinan unit terkait;
  3. Pangkat/Golongan minimal Pengatur Muda/(II/a).

 

Kompetensi

  1. Pendidikan minimal SMA/sederajat;
  2. Wajib bagi yang belum pernah mengikuti Diklat Manajemen Diklat atau Orientasi/Pelatihan Manajemen Pembelajaran. Opsional bagi pejabat/pegawai yang pernah mengikuti Diklat Manajemen Diklat atau Orientasi/Pelatihan Manajemen Pembelajaran namun memerlukan penyegaran terkait manajemen pembelajaran di BPPK.

EVALUASI LEVEL 1

Evaluasi Penyelenggaraan Tertulis/Online dan Evaluasi Tatap Muka serta Evaluasi Pengajar Tertulis/Online

EVALUASI LEVEL 2

Pretest dan Posttest

Course Reviews

5

5
5 ratings
  • 5 stars5
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. Mantappppp

    5

    Mantap jiwa. Hanya saja perimbangan soal tiap sesi kurang presisi. Ada sesi yang pertanyaannya banyak (2 dan 4), ada yang sedikit bahkan 1 soal saja. Itu saja. Lainnya mantappu jiwa

  2. TERIMA KASIH

    5

    Terima kasih atas materinya, sangat membantu. Walaupun tidak 100% dipahami, pasti ada manfaat yang didapat. Soal Uraian agak sulit dijawab apalagi tentang Hapalan, mungkin lain kali dibuat seperti Quiz saja, lebih mudah dan simple. Terima kasih,

  3. Pelatihan Penyegaran Manajemen Pembelajaran

    5

    terbaik

Apply for Course
  • UNLIMITED ACCESS

Advanced Course Search Widget