Setup Menus in Admin Panel

2019 Pelatihan Menulis Untuk Media Massa Ak. I

Pelatihan ini didesain untuk membekali pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan dalam menulis artikel (baik opini maupun esai) di bidang ekonomi/bisnis/keuangan dengan menggunakan bahasa Indonesia dan ejaan yang benar serta memenuhi persyaratan menulis di media massa.
Pelatihan ini di-desain untuk membekali para pegawai Kementerian Keuangan agar mampu menulis artikel (baik opini maupun essai) di bidang ekonomi/bisnis/keuangan hingga dapat dimuat di salah satu media massa (cetak/online).

Metode Pembelajaran Pelatihan ini mencakup:
1) Studi Mandiri
Dilaksanakan selama 4 hari kerja sebelum tatap muka di kelas.
2) Tatap Muka
Dilaksanakan selama 3 hari kerja
3) Action Learning (Kegiatan Setelah Tatap Muka)
Dilakukan selama 21 hari kerja setelah tatap muka selesai:
– Mandiri : 20 hari
– Tatap Muka : 1 hari

Deskripsi lengkap terkait pelatihan ini dapat dlihat dan diunduh pada file Desain Pembelajaran.

30 STUDENTS ENROLLED

Tujuan Program:

Pelatihan ini didesain untuk membekali pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan dalam menulis artikel (baik opini maupun esai) di bidang ekonomi/bisnis/keuangan dengan menggunakan bahasa Indonesia dan ejaan yang benar serta memenuhi persyaratan menulis di media massa. Pelatihan ini di-desain untuk membekali para pegawai Kementerian Keuangan agar mampu menulis artikel (baik opini maupun essai) di bidang ekonomi/bisnis/keuangan hingga dapat dimuat di salah satu media massa (cetak/online).

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang akan dicapai:

memenuhi Kebutuhan Kompetensi Jabatan sesuai Hasil AKP Jabatan.

Sasaran (Target Learners):

Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Keuangan, terutama yang berkaitan/menangani Humas/Public Relation di masing-masing unit.

a. menjelaskan jenis dan cara kerja media massa;

  • menjelaskan jenis dan cara kerja media cetak;
  • menguraikan jenis dan cara kerja media elektronik;
  • menerangkan jenis dan cara kerja media online;
  • menjelaskan persyaratan menulis di media massa;

b. mengggali ide dan membangun kreatifitas dalam menulis artikel di media massa;

  • menggali ide tulisan secara kreatif;
  • menggunakan otak kanan dan otak kiri dalam menulis;

c. menerapkan teknik menulis artikel di media massa;

  • memahami konsep dasar penulisan jurnalistik;
  • menggunakan key shortcut MS Word untuk mempercepat penulisan;
  • melakukan teknik free writing/blind writting;
  • mengimplementasikan teknik menyusun kalimat jurnalistik;
  • mensimulasikan teknik menyusun paragraf jurnalistik;

d. menggunakan bahasa Indonesia dan ejaan yang baik dan benar dalam penulisan artikel;

  • menggunakan teknik pilihan kata (diksi) yang tepat dalam penulisan artikel;
  • menggunakan tata bahasa yang baku dan tepat dalam penulisan artikel;
  • menggunakan unsur kalimat yang tepat dalam penulisan artikel;
  • menggunakan kalimat efektif dalam penulisan artikel;
  • menerapkan ejaan yang telah disempurnakan dalam penulisan artikel;

e. menulis artikel bisnis/ekonomi/keuangan di media massa;

  • menjelaskan pengertian artikel di media massa;
  • menjabarkan struktur artikel;
  • menyempurnakan draft artikel bisnis/ekonomi/keuangan;

f. merevisi dan mengedit artikel;

  • menjelaskan pengertian revisi dan editing;
  • menjelaskan cara, proses, teknik dan tahapan melakukan editing artikel;
  • menguraikan contoh artikel yang direvisi dan di-edit;
  • merevisi dan mengedit artikel;

g. memuat artikel di media massa;

  • menjelaskan ketentuan pemuatan artikel di media massa;
  • melakukan penyempurnaan artikel agar dapat dimuat di media massa;

 

Administrasi

  1. Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Keuangan yang ditunjuk/ditugaskan oleh unit yang bersangkutan;
  2. Pangkat/Golongan (minimum) II/c (Pengatur);
  3. Memiliki komitmen untuk menyelesaikan studi mandiri;
  4. Memiliki Surat Elektronik (E-mail) dan aktif menggunakannya

 

Kompetensi

  1. Pendidikan minimal Diploma III;
  2. Diutamakan Pegawai yang berkaitan/menangani Humas/Public Relation di masing-masing unit;

EVALUASI LEVEL 1

Evaluasi Penyelenggaraan Tertulis dan Evaluasi Tatap Muka serta Evaluasi Pengajar Tertulis/Online

EVALUASI LEVEL 2

Nilai Kehadiran, Nilai Aktivitas/Penyelesaian Tugas, dan Nilai Penyelesaian Action Learning

 

Komponen Penilaian:

NA = [(a x SNT) + (b x Action Learning)]

= [(40% x SNT) + (60% x Action Learning)]

 

Keterangan:

a    =  bobot nilai tertimbang

b    = bobot nilai Action Learning

 

Catatan:

Setelah selesai tatap muka, peserta diwajibkan untuk memperbaiki/menyempurnakan artikel yang dibuatnya untuk kemudian di submit ke salah satu media massa. Peserta dinyatakan telah menyelesaikan action learning apabila artikel peserta berhasil dimuat di media massa (cetak/online) dalam waktu maksimal 1 bulan (21 hari kerja) setelah selesai sesi tatap muka. Adapun pemuatan artikel tersebut harus dengan persetujuan dari atasan peserta pelatihan dan tidak mewakili pendapat/pandangan dari organisasi.

 

Penilaian untuk pemuatan artikel di media massa adalah sebagai berikut:

Media Range Nilai
Media Massa Nasional Utama (Mainstream) 90-100
Media Massa Nasional Non Utama 85-90
Media Massa Internal (resmi) 80-85

 

Pemuatan artikel di media massa dibuktikan dengan Copy atas pemuatan artikel tersebut di media massa (cetak/online) atau minimal Surat Penerimaan/Pernyataan dari Media Massa terkait bahwa artikel tersebut telah diterima untuk dimuat.

Course Reviews

5

5
2 ratings
  • 5 stars2
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. 5

    Kursus yang sangat menantang, kalo gak siap jangan ambil deh

Apply for Course
  • UNLIMITED ACCESS

Advanced Course Search Widget