Setup Menus in Admin Panel

2019 Pelatihan Manajemen Stratejik Angkatan I

25 STUDENTS ENROLLED

Tujuan Program:

Pelatihan ini di-desain untuk meningkatkan kompetensi pegawai di Lingkungan Kementerian Keuangan terkait kerangka konseptual/teori dan implementasi manajemen stratejik guna mendukung tugas dan fungsi di unitnya masing-masing.

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang akan dicapai:

Memenuhi kebutuhan kompetensi individu yang menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi di unitnya masing-masing.

Sasaran (Target Learners):

Pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan yang ditugaskan oleh unit yang bersangkutan, khususnya yang  menangani perencanaan stratejik atau ditempatkan pada unit kerja yang menangani perencanaan stratejik di unitnya masing-masing.

a. menjelaskan konsep dasar manajemen stratejik;

  • menerangkan definisi manajemen stratejik;
  • menguraikan perkembangan manajemen stratejik;
  • menguraikan manfaat strategi;
  • menerangkan tingkatan strategi.

b. menerapkan penyusunan rencana strategis (strategic plan);

  • menjelaskan penyusunan visi misi dan nilai;
  • mengelola faktor eksternal;
  • mengelola faktor internal;
  • menerapkan proses penyusunan rencana strategis di pemerintahan dan negara lain.

 c. menerangkan rencana pengawasan dan pengukuran kinerja;

  • menerangkan manfaat pengawasan dan pengukuran kinerja;
  • menerangkan jenis-jenis pengawasan;
  • menerangkan jenis-jenis pengukuran kinerja.

d. menerapkan rencana pengawasan dan pengukuran kinerja di Kementerian Keuangan;

  • menggunakan rencana pengawasan kinerja di kementerian keuangan;
  • menjelaskan rencana pengukuran kinerja di kementerian keuangan.

e. melakukan analisis pengaruh manajemen perubahan dalam keberhasilan manajemen stratejik;

  • menerangkan pengertian dari perubaha;
  • menjelaskan jenis-jenis perubahan;
  • mengelola faktor resistensi atas perubahan;
  • menjelaskan tahapan dalam manajemen perubahan;
  • menerapkan persiapan sdm menghadapi perubahan (tahapan).

f. menjelaskan faktor-faktor dalam organisasi yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi;

  • menerangkan peran perilaku organisasi dalam keberhasilan organisasi;
  • menerangkan pentingnya kolaborasi dan network dalam tim dalam keberhasilan organisasi;
  • menerangkan peran budaya organisasi dalam keberhasilan organisasi.

g. menerangkan pengaruh kepemimpinan dalam keberhasilan organisasi;

  • menerangkan peran pemimpin dalam keberhasilan organisasi;
  • menjelaskan tipe-tipe pemimpin.

h. menyusun rencana implementasi manajemen stratejik di unit-unit Kementerian Keuangan;

  • membuat rencana implementasi manajemen stratejik di unit-unit kementerian keuangan;
  • mempresentasikan rencana implementasi manajemen stratejik di unit-unit kementerian keuangan.

Administrasi

  1. Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Keuangan yang ditugasi oleh pimpinan unit yang bersangkutan;
  2. Pangkat/Golongan minimal Pengatur (II/c);
  3. Menangani perencanaan stratejik /ditempatkan pada unit kerja yang menangani perencanaan stratejik di unitnya masing-masing.

Kompetensi

  1. Pendidikan minimal Diploma III;

EVALUASI LEVEL 1

Evaluasi penyelenggaraan tertulis dan evaluasi tatap muka serta evaluasi pengajar tertulis/online

EVALUASI LEVEL 2

Output dan aktivitas peserta selama studi mandiri akan diperhitungkan sebagai Nilai Kehadiran/Aktivitas dan Nilai Penyelesaian Tugas selama Studi Mandiri. Apabila peserta tidak mengerjakan penugasan dalam kegiatan studi mandiri, maka jumlah jamlat yang diperoleh peserta untuk mata diklat tersebut TIDAK DIPERHITUNGKAN dan tidak mendapat nilai Penyelesaian Tugas

Course Reviews

N.A

ratings
  • 5 stars0
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0

No Reviews found for this course.

Apply for Course
  • UNLIMITED ACCESS

Advanced Course Search Widget