Setup Menus in Admin Panel

2019 E-LEARNING TEKNIK PENULISAN ARTIKEL

E-Learning Teknik Penulisan Artikel didesain untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kementerian Keuangan mengenai dasar-dasar penulisan artikel opini di media massa.
E-Learning Teknik Penulisan Artikel merupakan program pembelajaran yang seluruhnya dilakukan secara online.

34 STUDENTS ENROLLED

Kebutuhan Strategis Unit Pengguna yang akan dicapai:

Memenuhi kebutuhan kompetensi sesuai Hasil AKP Individu untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi di unit masing-masing.

Sasaran (Target Learners):

Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kementerian Keuangan.

1. menjelaskan jenis dan cara kerja media massa;

  • menjelaskan jenis dan cara kerja media cetak;
  • menguraikan jenis dan cara kerja media elektronik;
  • menerangkan jenis dan cara kerja media online;
  • menjelaskan persyaratan menulis di media massa;

 

2. menjelaskan teknik penggalian ide dan kreativitas dalam menulis artikel di media massa;

  • menjelaskan teknik penggalian ide tulisan secara kreatif;

 

3. menjelaskan teknik menulis artikel di media massa;

  • menjelaskan jenis-jenis naskah jurnalistik;
  • menerangkan teknik free writing/blind writting;
  • menguraikan teknik menyusun kalimat jurnalistik;
  • menerangkan teknik menyusun paragraf jurnalistik;

 

4. menjelaskan penggunaan Bahasa Indonesia dan ejaan yang baik dan benar dalam penulisan artikel;

  • menerangkan teknik pilihan kata (diksi) yang tepat dalam penulisan artikel;
  • menerangkan tata bahasa yang baku dan tepat dalam penulisan artikel;
  • menguraikan unsur kalimat yang tepat dalam penulisan artikel;
  • menjabarkan kalimat efektif dalam penulisan artikel;

 

5. menulis konsep artikel opini bisnis/ekonomi/keuangan di media massa;

  • menjelaskan pengertian artikel opini di media massa;
  • menjabarkan struktur artikel opini;
  • melakukan penulisan konsep artikel opini di media massa;

 

Administrasi

  • Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Keuangan yang ditunjuk/ditugaskan oleh unit yang bersangkutan;
  • Golongan minimal II/a (Pengatur Muda);

Kompetensi

  • Pendidikan minimal Diploma I.

EVALUASI LEVEL 1

Evaluasi penyelenggaraan dan evaluasi pengajar untuk program e-learning yang dilakukan secara online.

EVALUASI LEVEL 2

Nilai Aktivitas/Penyelesaian Tugas dan Nilai Ujian Komprehensif (praktik)

Komponen Penilaian:

NA = [(a x ∑NT) + (b x NK)]

= [(50% x ∑NT) + (50% x NK)]

Keterangan:

a    =  bobot nilai tertimbang

b    = bobot nilai Ujian Komprehensif (praktik)

Ujian Komprehensif berupa praktik penyusunan konsep artikel opini bisnis/ekonomi/keuangan yang disampaikan pada hari ke-6 e-learning kepada penyelenggara e-learning.

 

Course Reviews

5

5
19 ratings
  • 5 stars19
  • 4 stars0
  • 3 stars0
  • 2 stars0
  • 1 stars0
  1. Menantang

    5

    menulis, hal yang sering dilakukan tapi malas tuk dipelajarim untuk itu, diklat ini menantang

  2. Konten

    5

    bisa ditambahkan semacam fitur mailing list untuk komunikasi antar peserta, penyelenggara, dan pengajar. Sehingga tidak perlu membuat WA Group. Selebihnya mantab

  3. 5

    E-learning ini sangat bermanfaat bagi saya, karena banyak pelajaran yang bisa saya dapat yang akan meningkatkan kemampuan menulis saya khususnya dalam bidang penulisan artikel di media massa. Terima kasih

  4. 5

    Sangat bermanfaat dan membantu sekali. Terutama dengan pembelajaran e-learning kita tidak dibatasi waktu dan jarak, sehingga bisa belajar kapan dan dimana saja. M Terima kasih BPPK dan Kemenkeu yang telah membuat terobosan bagus bagi pengembangan kapasitas SDM yang tentunya diharapkan mampu memiliki daya saying

  5. Mencerahkan

    5

    Materi kreativitas dan penggalian ide membuat ketakutan saya dalam menulis banyak berkurang.

  6. Keren

    5

    Setiap materinya mudah untuk dimengerti…

  7. Penugasan Akhir Challenging

    5

    Materi menarik, video juga oke dan tidak membosankan, hanya saja tugas akhirnya agak mengejutkan, mengingat tidak semua peserta akan ready, baik dari segi ide tulisan maupun waktu, untuk submit konsep artikel di akhir e-learning. Jadi agak mirip dengan seleksi penerimaan masuk siswa SD, yang materi tes masuknya baca tulis hitung… Namun, secara keseluruhan, oke banget…

  8. E-LEARNING TEKNIK PENULISAN ARTIKEL Mantap

    5

    materinya mantap

  9. Materi bermanfaat

    5

    Materi-materinya sudah baik dan bermanfaat untuk menggugah semangat menulis.. mungkin perlu ditambahkan materi alur mengirim naskah tulisan ke media massa, dan tips khusus agar tulisannya bisa dipublish oleh media massa.

  10. Memuaskan

    5

    Materinya yahud Slide menarik, ringkas, enak dibaca, videonya juga ringan, enak ditonton Soal sesuai dengan materi yang disajikan Bisa dikerjakan dalam sehari

  11. 5

    Materi menarik dan penyampaiannya tidak monoton.

  12. BAGUSS

    5

    paparan dan videonya baguss… bermanfaat,

  13. menulis artikel

    5

    Informasi yg disajikan di e learning bagus sekali dan lengkap sampai pada praktiknya. Tapi agak kesulitan bagi saya yg fakir kuota ?

  14. materi

    5

    materi mudah dipahami dan tahapannya mudah diikuti

  15. e learning penulisan artikel

    5

    pembelajaran disampaikan dengan lugas, lengkap, sederhana, dan mudah dipahami.

  16. 2019 E-LEARNING TEKNIK PENULISAN ARTIKEL

    5

    Metode pelatihan yang menarik dipadu dengan narasumber yang kompeten, hasilnya sungguh luar biasa, materi diklat dapat dipahami dengan mudah dan dapat dilakukan kapan pun serta di mana pun!

Apply for Course
  • UNLIMITED ACCESS

Advanced Course Search Widget